10 Makanan Khas Kuningan yang Enak dan Paling Legendaris

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 14 April 2020

Kabupaten Kuningan punya rentetan kuliner yang bisa memanjakan lidah Anda. Ya, kali ini Keluyuran akan membahas tentang 10 makanan khas Kuningan yang populer di kalangan masyarakat luas dan tentunya wajib untuk Anda coba.

Apalagi bila Anda berkunjung ke Kabupaten Kuningan bersama sanak saudara, kerabat atau teman. Semua makanan yang masuk ke dalam daftar ini sangat direkomendasikan untuk dinikmati bersama-sama agar kelezatannya semakin terasa. Berikut daftar makanan khas Kuningan yang tidak kalah lezat dari makanan khas daerah lainnya di Jawa Barat.

10 Makanan Khas Kuningan

1. Kwecang

kwecang

* sumber: tuangyu.blogspot.com

Salah satu makanan khas Kuningan yang terkenal adalah kwecang. Kwecang ini mirip dengan bacang. Tetapi, bacang memiliki citarasa gurih dan biasanya berisi potongan daging atau sayuran, sedangkan kwecang khas Kuningan ini adalah versi manisnya.

Kwecang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan air apu dan dibungkus menggunakan daun bambu, sama dengan bacang. Kwecang biasa disajikan dengan gula pasir sebagai cocolannya. Ada yang mau coba?

2. Hucap

hucap

* sumber: www.indonesiakaya.com

Selanjutnya, ada hucap. Hucap yang merupakan akronim atau kependekan dari tahu kecap adalah menu sarapan khas Kuningan yang satu porsinya terdiri dari tahu yang disiram dengan bumbu kacang, diberi kecap dan taburan bawang goreng.

Sajian khas Kuningan ini memiliki saus kacang yang lebih kental, dengan rasa asin, manis hingga asam dan pedas. Dan uniknya, saus kacang dari hucap ini lebih dominan rasa rempahnya dibandingkan dengan saus kacang yang ada pada kupat tahu.

Berdasarkan pengalaman dari KompasTravel, sajian khas Kuningan ini dapat dibeli dari penjual kupat tahu yang ada di Kuningan. Hmmm, ada yang tertarik untuk mencicipi?

3. Nasi Kasreng

nasi kasreng

* sumber: jalladha.blogspot.com

Tak ketinggalan, ada nasi kasreng yang sudah menjadi salah satu makanan khas Kuningan yang juga tidak kalah populer. Seporsi nasi kasreng ini terdiri dari nasi, lalapan toge, taburan udang rebon dan gorengan sebagai lauknya. Tak lupa juga ada tambahan sambal terasi di sajian ini agar rasanya semakin nikmat.

Masih menurut radarcirebon, nasi kasreng ini awalnya dijual oleh seorang wanita bernama Kasrih di Terminal Luragung Kuningan, tepatnya puluhan tahun silam. Nasi kasreng dengan lauk sederhana ini biasanya laku dibeli oleh para pedagang di Pasar Luragung, kernet, kuli hingga supir angkutan umum.

Kini, nasi kasreng yang legendaris tidak hanya dijual di kawasan Luragung saja, namun sudah menyebar hampir di seluruh kawasan Kuningan. Nasi kasreng yang ada saat ini juga dinikmati dengan berbagai macam lauk pauk lainnya, selain lauk pauk yang sudah menjadi ciri khasnya.

4. Ketempling

ketempling

* sumber: seputarkuningan.blogspot.com

Makanan khas Kuningan lainnya adalah ketempling. Ketempling yang berbahan dasar singkong ini adalah camilan favorit para warga Kuningan. Ketempling ini memiliki bentuk bulat dengan warna kekuningan. Teksturnya renyah dan rasanya juga gurih.

Oh ya, ketempling memiliki nama lain, yakni gemblong. Ketempling sendiri memiliki dua varian rasa yakni rasa oncom dan rasa polos atau original. Ketempling banyak diburu oleh para pelancong yang datang ke Kuningan karena rasanya yang lezat. Wah, ada camilan yang cocok buat nemenin nonton drama Korea kesayangan, nih. Mau?

5. Tahu Lamping

tahu lamping

* sumber: beritahati.com

Selanjutnya ada tahu lamping. Dari segi penampilannya, tahu khas Kuningan yang juga disebut dengan tahu kopeci ini mirip dengan tahu Sumedang yang sudah tersohor hingga ke seantero Nusantara sebagai salah satu makanan khas Sumedang yang paling banyak dicari dan digemari masyarakat.

Tahu lamping memiliki tekstur yang berbeda dari tahu Sumedang. Tahu Sumedang memiliki tekstur yang renyah di bagian kulitnya, sedangkan tahu lamping tidak. Baik daging maupun kulit tahunya sama-sama lembut. Serupa dengan tahu Sumedang, tahu lamping juga memiliki cita rasa gurih yang menggoyang lidah.

Akan semakin nikmat bila sajian ini dinikmati selagi hangat bersamaan dengan lontong dan cabai rawit. Nah, kalau Anda mampir ke Kabupaten Kuningan, jangan lupa untuk mencicipi tahu lamping atau tahu kopeci ini, ya.

6. Rujak Kangkung

rujak kangkung kuningan

* sumber: cookpad.com

Kalau Anda bosan dengan rujak buah, Anda dapat mencoba mencicipi rujak kangkung khas Kuningan. Ya, Kabupaten Kuningan punya rujak kangkung yang siap memanjakan lidah Anda dengan kelezatannya. Rujak kangkung yang memiliki cita rasa pedas ini disiram dengan menggunakan bumbu yang menggunakan asam jawa dengan rasa yang lebih segar.

Terbayang, kan, rasa dari rujak kangkung ini seperti apa? Anda penasaran ingin mencoba sajian rujak unik dari Kecamatan Cibingbin Kuningan ini?

7. Golono

golono

* sumber: www.instagub.com

Kalau Ciamis punya galendo yang terbuat dari ampas minyak dan Kabupaten Majalengka punya ampas kecap yang diolah menjadi tumis ampas kecap hingga nugget ampas kecap, Kabupaten Kuningan punya makanan yang dinamakan golono, lho. Golono adalah gorengan khas Kuningan yang berbahan utama ampas tahu.

Golono dibuat dengan cara mencampurkan ampas tahu dengan berbagai macam bumbu seperti cabai rawit, garam, daun bawang hingga penyedap rasa. Kemudian, ampas tahu dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng. Hasilnya, terciptalah gorengan gurih yang memiliki tekstur garing di luar dan lembut di dalamnya.

Masih menurut Radarcirebon, golono juga biasanya dijadikan salah satu lauk pauk dalam nasi kasreng legendaris khas Kuningan. Wah, bisa dibayangkan betapa lezatnya gorengan satu ini jika dicampur dengan nasi hangat dan sambal terasi, ya. Sudah pasti bikin ketagihan!

8. Peuyeum Ketan

tape ketan ember

* sumber: travel.kompas.com

Kabupaten Kuningan juga punya peuyeum ketan atau tape ketan unik yang 'dibungkus' dengan menggunakan ember berukuran sedang maupun kecil. Tape ketan atau peuyeum ketan sendiri terbuat dari beras ketan berwarna putih yang difermentasi. Tape ketan ini warnanya berubah menjadi warna hijau setelah matang sempurna.

Tape ketan khas Kuningan memiliki rasa yang manis dan legit. Tape ketan dibakar dengan menggunakan kayu bakar agar cita rasanya tetap terjaga. Oh ya, tape ketan ini ternyata menggunakan daun jambu air sebagai pembungkusnya, lho. Unik sekali, bukan?

Biasanya tape ketan ini banyak dijual di pusat oleh-oleh di Kuningan. Salah satunya di toko oleh-oleh yang cukup terkenal di Kuningan yaitu Jelita Oleh-Oleh. Siapkan dana lebih karena meskipun harga oleh-oleh di Kuningan cukup terjangkau, namun dikhawatirkan Anda kalap hingga memborong banyak buah tangan.

9. Kue Satu

kue satu

* sumber: infokuningansite.wordpress.com

Kue satu juga merupakan makanan khas Kuningan yang tidak boleh terlewatkan untuk dicicipi. Kue satu adalah kudapan yang terbuat dari kacang hijau yang disangrai, ditumbuk lalu dicampur dengan gula halus. Adonan kue satu kemudian dicetak dengan menggunakan cetakan dari kayu.

Setelahnya, kue satu tidak dipanggang ataupun digoreng, melainkan dijemur di bawah terik matahari sampai kuenya benar-benar kering. Anda sudah pernah mencoba kue satu?

10. Keripik Gadung

makanan khas kuningan keripik gadungjpg

* sumber: resepnusantara.id

Terakhir, ada keripik gadung. Keripik gadung sendiri terbuat dari umbi tanaman gadung yang sebenarnya beracun bila pengolahannya tidak tepat. Namun, tentu keripik gadung yang ada di Kuningan ini sudah diolah dengan tatacara yang baik dan benar.

Keripik gadung diolah dengan cara digoreng. Sebelum digoreng, umbi gadung dibersihkan terlebih dulu dari racunnya untuk kemudian diiris tipis, lalu dicuci bersih. Keripik umbi gadung khas Kuningan ini mulai sulit ditemui karena cara pengolahan umbi gadung yang cukup rumit. Oh ya, keripik gadung biasanya tersedia dalam varian rasa asin nan gurih. Tergiur untuk mencicipi keripik ini?

Itulah kesepuluh makanan khas Kuningan yang enak dan tentunya wajib untuk Anda coba. Nah, bagaimana, adakah salah satu di antara makanan dalam daftar di atas yang menarik minat Anda untuk mencicipinya? Jika ada, jangan lupa sampaikan langsung di kolom komentar yang ada di bawah, ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram