10 Makanan Khas Madiun Terpopuler yang Enaknya Kebangetan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa nih yang kamu ingat seputar Madiun? Apakah industri kereta apinya atau nasi pecelnya yang khas? Bicara soal nasi pecel, ternyata Madiun tidak hanya memiliki nasi pecel saja sebagai makanan khasnya. Ada sejumlah makanan khas Madiun yang enak dan cukup populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut, lho.

Nah, penasaran dengan makanan khas Madiun yang enaknya kebangetan? Keluyuran sudah merangkumnya khusus untuk kamu, nih! Jadi, kamu bisa hunting makanan-makanan yang akan kami ulas di sini ketika berkunjung ke Madiun nanti.

1. Pecel

Pecel

*Sumber: https://www.instagram.com/p/Bm3AYdnHD-i/?tagged=pecelbuwirkabul

Makanan yang wajib disantap ketika berkunjung ke Madiun sudah pasti pecel. Hampir di setiap daerah di Jawa Timur pasti memiliki pecel khasnya masing-masing. Pecel khas Madiun ini memiliki ciri khas terdapat sayur kembang turi di dalamnya. Selain itu, jika di daerah lain pecelnya disajikan bersama rempeyek atau peyek, di Madiun pecelnya disajikan dengan lempeng alias kerupuk nasi.

Sebagai pelengkap nasi pecel yang dipesan, ada juga lauk berupa ayam goreng, telur dadar, sate telur puyuh, atau hati ampela. Nasi pecel khas Madiun ini dijamin memuaskan dan bakal bikin kamu ketagihan. Tentu saja kamu bisa menemukan makanan ini dengan sangat  mudah ketika berada di Madiun.

2. Soto Kutilang

Soto Kutilang

* sumber: travelingyuk.com

Ingin makanan yang berkuah? Madiun punya Soto Kutilang, lho. Sekilas tampilan soto ini memang mirip dengan soto ayam biasa. Namun, yang membuatnya berbeda adalah ayamnya yang merupakan ayam kampung dan racikan kuah sotonya yang gurih dan segar.

Di Madiun, tempat makan Soto Kutilang yang terkenal adalah Soto Bu Topo yang berlokasi di Jalan Kutilang, Gg. Jalak No. 3, Nambangan Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun. Tempat makan ini sudah eksis sejak puluhan tahun yang lalu dan tidak pernah sepi pelanggan hingga saat ini.

Kuah Soto Kutilang ini terlihat keruh. Namun, rasanya benar-benar gurih dan sedap. Kamu bisa menambahkan sambal dan perasan jeruk nipis agar rasanya lebih mantap.

3. Nasi Jotos

Nasi Jotos

* sumber: travelingyuk.com

Kalau kamu pernah makan sego kucing (nasi kucing) khas Yogyakarta atau nasi jinggo dari Bali, makanan khas Madiun yang satu ini juga mirip dengan kedua makanan tersebut. Kemiripan nasi jotos dengan sego kucing atau nasi jinggo terletak pada porsinya yang sangat kecil dan harganya yang murah meriah.

Lauk dari nasi jotos ini sangat sederhana, yakni nasi putih, bihun, tempe, tahu, dan telur. Yang menarik adalah sambalnya. Sambal nasi jotos ini pedasnya benar-benar nendang dan membuat selera makan jadi meningkat.

Nasi jotos dijual pada sore hari. Pedagang nasi jotos umumnya mangkal di tepi jalan, tepatnya di Jalan Salak, Jalan MT. Haryono, Jalan Mangga, dan Jalan Mayjend Pandjaitan. Porsinya yang kecil sangat cocok untuk mengganjal perut sebelum makan malam.

4. Pentol Corah

Pentol Corah

Jika Jawa Barat punya aci atau cilok, Jawa Timur punya pentol. Makanan ini juga terbuat dari tepung kanji (maizena) seperti aci. Di Madiun, wajib banget untuk ngemil pentol corah ini. Pentolnya sendiri tidak dibuat dengan bentuk bulat saja, tapi ada juga bentuk kotak atau dibalut dengan tahu.

Walaupun terbuat dari tepung kanji, pentol corah ini rasanya sedap banget, lho. Kamu bisa menyantapnya dengan sambal dan kecap manis. Bahkan, kamu bisa membeli makanan ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

5. Bluder Cokro

Bluder Cokro

Lengkapi kunjunganmu ke Madiun dengan mencoba roti bluder yang legendaris, namanya Bluder Cokro. Roti ini terbilang simple seperti roti pada umumnya. Hanya saja, Bluder Cokro menjamin bahwa produknya terbuat dari bahan-bahan tradisional dan tanpa pengawet. Bluder ini memiliki beberapa varian, yakni cokelat, keju, cokelat keju, kismis, strawberry, sampai dengan Ovomaltine.

Wisatawan yang datang ke Madiun pasti menyempatkan diri untuk membeli Bluder Cokro. Bahkan, Presiden Joko Widodo saja sudah pernah menjajal makanan ini, lho. Jadi, sempatkan dirimu untuk mampir ke gerai Bluder Cokro untuk mencicipi bluder enak yang legend ini, ya!

6. Lontong Tahu Telur

Lontong Tahu Telur

* sumber: www.localguidesconnect.com

Ada banyak makanan sederhana yang sangat lezat dari Madiun, salah satunya adalah lontong tahu telur atau tahu panggung. Isi dari makanan ini sesuai namanya, yakni tahu goreng, telur dadar, dan potongan lontong. Kemudian, bahan-bahan ini disiram dengan bumbu kacang dan diberi taburan bawang goreng dan daun bawang.

Kelezatan makanan ini terletak pada bumbu kacangnya yang gurih dan sedikit manis. Jika kamu ingin mencoba lontong tahu telur khas Madiun ini, kunjungi Depot Rasa Tunggal yang terletak di Jalan Merbabu, Madiun.

7. Kue Manco

Kue Manco

* sumber: mancoketan.wordpress.com

Makanan enak di Madiun tidak hanya terdiri dari makanan utama saja, lho, tetapi kamu bisa menjumpai cemilan manis yang enak di Madiun. Kue Manco adalah kudapan manis yang cukup terkenal di Madiun. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan air, lalu adonannya digoreng dalam minyak panas.

Setelah matang, kue manco akan dicampur lagi dengan gula merah, lalu dibalut dengan taburan wijen. Hmm.. Membayangkan legitnya kue ini saja sudah bikin kita menelan air liur, ya! Kalau ingin mencoba kue ini, kunjungi sentra pembuatannya di Madiun, tepatnya di Desa Tambak Mas.

8. Wedang Cemue

Wedang Cemue

* sumber: resepnusantara.id

Beberapa waktu lalu, Keluyuran sempat membahas minuman khas Jawa Timur yang populer. Wedang Cemue masuk ke dalam daftar tersebut. Selain di Ngawi, kamu pun bisa menemukan minuman ini di Madiun. Boleh dibilang Wedang Cemue ini juga merupakan minuman khas Madiun.

Wedang Cemue sangat mirip dengan Angsle yang berasal dari Malang. Yang membedakan, isi Wedang Cemue ini lebih sederhana, yakni kacang tanah goreng, roti tawar, dan bawang goreng. Minum Wedang Cemue di malam hari bisa sekaligus menghangatkan tubuhmu, lho.

9. Brem

Brem

* sumber: id.wikipedia.org

Brem merupakan makanan khas Madiun yang sering dibeli wisatawan sebagai oleh-oleh. Kue ini terbuat dari sari ketan yang telah melalui tahap fermentasi. Bentuk kue ini adalah kotak dan biasanya berwarna putih pucat atau kuning pucat.

Begitu digigit, kamu akan merasakan sensasi manis dan asam secara bersamaan. Makanan ini bisa menjadi kudapan yang nikmat ketika minum secangkir teh.

10. Madumongso

Madu Mongso

* sumber: id.wikipedia.org

Sama seperti Wedang Cemue yang diklaim sebagai minuman khas Ngawi, madumongso juga diakui sebagai makanan khas Ponorogo. Namun, meskipun demikian Madiun turut mengklaim madumongso sebagai makanan khasnya. Intinya, walaupun daerahnya berbeda, cemilan madumongso ini masih tetap dianggap kue khas Jawa Timur kok.

Madumongso dibuat dari ketan hitam yang difermentasi sampai menjadi tape. Setelah itu, tape ketan hitam ini dimasak bersama santan kelapa dan gula sampai teksturnya lengket seperti dodol. Madumongso ini nantinya akan dikemas dengan kertas minyak warna-warni sehingga tampilannya semakin menggugah selera.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Madiun yang wajib kamu coba. Semoga semua makanan dari Madiun ini cocok dengan seleramu sehingga bisa memuaskan lidah dan perutmu, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *