Inilah 8 Makanan Khas Malang yang Sayang Jika Dilewatkan

Ditulis oleh Reisa Caroline - Diperbaharui 2 Juni 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor Permanen Tutorialpot.com

Malang menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di jawa timur yang memiliki banyak objek wisata menarik, hal inilah yang menjadikan kota yang satu ini memiliki banyak pengunjung setiap tahun nya.

Memang sangat wajar, karena kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang dapat menghibur semua kalangan. Ada banyak tempat yang cocok untuk Anda kunjungi baik dengan teman, pasangan atau pun orang tua.

Di kota ini Anda akan di bingungkan dengan banyak nya destinasi wisata yang tersedia. Bagi anda para yang suka dengan nuansa alam, kami sangat menyarankan untuk berkunjung ke Batu, Malang. Di sana udara nya sangat sejuk dan dingin, sehingga sangat cocok untuk Anda yang biasa tinggal di perkotaan yang memiliki cuaca panas.

Bukan hanya hiburan alam nya saja yang dapat memanjakan kita, di sini Anda bisa bermain beraneka macam wahana. Bagi Andayang suka dengan wahana permainan yang memacu adrenalin, Anda dapat berkunjung ke Jatim Park 1. Di sana banyak sekali wahana permainan yang akan memacu adrenalin Anda.

Selain itu, ada juga Jatim Park 2 yang di khusus kan untuk wisata edukasi, jika Anda dan keluarga suka melihat keindahan flora dan fauna, Anda dapat berkunjung kesini. Setiap melakukan kunjungan wisata di malang, rasa nya akan sangat sayang jika kita tidak mencicipi makanan khas di sana.

Terlebih lagi bakwan dan bakso malang nya yang melegenda tentu akan membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan. Selain kedua makanan di atas, ada banyak lagi makanan khas Malang yang bisa Anda cicipi.

Tapi kalau Anda nggak sempat berlibur ke Malang, cobain yuk buat sendiri bakwan atau bakso malang sesuai dengan resep masakan Indonesia di rumah.

Nah, untuk Andayang ingin wisata kuliner di kota ini, kami sangat menyarankan 8 jenis makanan yang sangat cocok untuk Anda cicipi. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Cwie Mie

Cwie Mie
*

Dari nama nya tentu Anda akan langsung berpikir kalau makanan yang satu terbuat dari mie. Iya benar, mie lezat yang satu ini merupakan makanan yang dulu nya di buat oleh keturunan orang tionghoa yang bermukim di kota malang dan sekitar nya.

Mie ini juga di kenal dengan nama lain yaitu mie pangsit, karena memang menu mie ini di sajikan dengan pangsit yang memiliki cita rasa yang lezat. Menu Cwie Mie terdiri dari mie, taburan ayam, daun bawang, kuah dan pangsit.

Jika Anda berminat mencicipi nya Anda bisa menemukan makanan ini dengan mudah karena cukup banyak penjual yang menjajakan makanan ini di sekitar kota malang.

2. Bakso Malang

Bakso Malang

Nah menurut kami, makanan ini adalah yang paling spesial di malang. Bakso malang sendiri memiliki cita rasa yang unik di bandingkan dengan bakso lain nya yang pernah dicoba. Mungkin karena suhu yang dingin menjadikan bakso sangat pas apabila kita mengonsumsinya, terlebih saat malam hari.

Karena rasa hangat akan kita dapat kan ketika menyantap bakso lezat yang ada di kota malang. Kita bisa memilih aneka jenis bakso yang kita sukai mulai dari bakso urat, bakso daging, sampai bakso yang memiliki aneka jenis isian juga terdapat di malang.

3. Bakso Bakar

bakso bakar

Bagi Anda yang memang sangat gemar menyantap aneka bakso, tidak ada salah nya untuk membeli bakso bakar ini. Umum nya bakso bakar memiliki tekstur yang sedikit kasar, karena memang sengaja di tambahkan urat daging agar rasa nya berbeda dengan bakso pada umum nya.

Biasa nya bakso bakar di jadikan camilan karena rasa nya yang sedikit pedas dan sedap. Cukup banyak penjual yang menjajakan makanan ini di pinggir jalan.

4. Angsle

Angsle

Nuansa dingin saat pagi atau malam hari di kota malang tentu sangat menyejukkan. Akan sangat pas jika Anda memilih angsle untuk Anda jadikan teman menghabiskan waktu malam Anda bersama kekasih.

Angsle sendiri biasa di jajakan saat malam hari, Anda bisa membeli nya di pinggir atau restoran yang banyak tersebar di kota malang. Bagi Anda yang belum pernah mencicipi nya, angsle sendiri adalah wedang khas malang yang memiliki cita rasa yang manis dan hangat.

Menu wedang angsle terdiri dari kacang tanah yang di sangrai, roti, kacang hijau yang di rebus dan jahe yang di geprak. Cita rasa minuman ini sangat pas jika Anda jadikan teman menghabiskan waktu malam Anda di kota malang.

5. Tahwa

Tahwa

Minuman yang satu ini sekilas mirip kelapa kopyor yang di beri air jahe. Tahwa sendiri merupakan minuman yang terdiri dari kembang tahu yang di rendam dalam air yang sudah di campur dengan jahe dan gula merah.

Minuman ini juga sangat pas jika Anda jadikan menu untuk menghabiskan waktu malam Anda di kota malang. Dengan mengonsumsi minuman ini badan kita akan langsung hangat sehingga sangat cocok untuk udara dingin di kota Malang.

6. Pecel Pincuk

Pecel Pincuk

Untuk menu makanan yang satu ini sangat pas untuk di jadikan menu sarapan. Cita rasa gurih yang terdapat di pecel ini akan sangat pas jika kita padukan dengan 1 gelas teh hangat.

Bagi Anda yang belum paham apa itu pincuk, adalah alas daun pisang yang sisinya di tusuk dengan lidi, sehingga daun pisang ini bisa di jadikan alas untuk pecel yang satu ini. Daun pisang sendiri di pilih sebagai alas karena akan terasa lebih sedap dan gurih.

Pecel pincuk sendiri terdiri dari bayam, kacang panjang, tauge, remahan peyek dan irisan tempe atau tahu kemudian di siram dengan bumbu kacang.

7. Soto Lombok

Soto Lombok

Walaupun makanan ini menggunakan nama lombok, bukan berarti makanan ini dari lombok ya. Soto lombok sendiri merupakan makanan khas Malang, lombok sendiri dalam bahasa jawa merupakan arti kata dari cabai.

Akan tetapi bukan karena kedua hal itu nama lombok di pilih untuk soto ini. Nama soto lombok sendiri di pilih karena warung dari soto ini terdapat di jalan lombok kota Malang. Dan Warung soto lombok sendiri sudah buka mulai tahun 1955.

Cita rasa yang di miliki soto lombok tentu sangat lezat, sangat pas jika Anda jadikan soto ini sebagai menu makan siang atau malam Anda. Untuk isian soto lombok sendiri terdiri mulai dari irisan kentang, daun kol, tauge, suwiran daging ayam kampung, telur rebus yang kemudian di siram dengan kuah hangat.

8. Orem – Orem

Orem – Orem
*

Belum pas rasa nya jika berkunjung ke malang akan tetapi belum mencicipi orem – orem. Di Malang sendiri produksi tempe nya cukup banyak, sehingga banyak sekali kuliner yang terbuat dari tempe.

Salah satu nya iya orem – orem ini, orem – orem adalah makanan yang terdiri dari tempe yang di iris kecil – kecil, tauge, ketupat, suwiran daging ayam kampung dengan perpaduan kuah santan yang gurih.

Cita rasa yang di miliki makanan ini hampir sama dengan sayur lodeh yang biasa kita makan. Oh iya, dahulu makanan ini hanya di hidangkan saat momen-momen tertentu, misal saat hajatan pernikahan dan syukuran.

Kalau Anda tertarik mencicipi kuliner nusantara dan nggak punya waktu banyak untuk berlibur keliling Indonesia, jangan ragu mencoba resep masakan Indonesia di rumah dan sajikan hidangan enak untuk orang-orang tersayang.

Nah, itulah 8 jenis makanan khas malang yang bisa Anda jadikan tujuan wisata kuliner saat berkunjung ke Malang. Kalau ada makanan enak lainnya yang recommended, tuliskan di kolom komentar bawah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram