10 Makanan Khas Malaysia yang Enak dan Wajib Dicoba

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 1 Mei 2020

Siapkah Anda untuk melancong ke negara tetangga, Malaysia? Sudahkah Anda mempersiapkan segala kebutuhan untuk berlibur di Negeri Jiran tersebut? Soal makanan Anda tidak perlu khawatir karena umumnya hidangan khas Malaysia memiliki citarasa yang tidak jauh berbeda dari hidangan khas nusantara. Selain itu, harga makanan di Malaysia pun tidak terlalu mahal.

Sebelum berkunjung ke Malaysia, catatlah beberapa makanan khas Malaysia yang berhasil dirangkum oleh tim Keluyuran berikut ini. Karena tak afdol rasanya jika tidak mencicipi berbagai macam kuliner yang sangat lezat ini saat berada di Malaysia.

1. Nasi Lemak

makanan khas malaysia nasi lemak

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan menu makanan yang satu ini. Pasalnya, menu nasi lemak memang sudah banyak dijual di beberapa rumah makan yang ada di Indonesia. Nasi lemak terbuat dari nasi yang direndam di dalam krim kelapa, kemudian nasi tersebut akan dikukus hingga matang.

Tak hanya itu saja, beberapa rempah seperti pandan, jahe, dan sereh juga digunakan untuk menyedapkan aroma nasi lemak ini. Nasi lemak akan disajikan bersama lauk ayam goreng, telur rebus, tumis kangkung, rendang sapi goreng, sambal goreng teri kacang, dan sambal sotong.

Rasa dari nasi lemak ini sangat gurih dan sedikit mirip dengan nasi uduk, nasi campur, atau nasi gemuk khas Jambi. Dijamin, perut Anda akan langsung terisi penuh setelah menghabiskan sepiring nasi lemak ini.

2. Nasi Kandar

Nasi Kandar

Selain nasi lemak, ada pula menu nasi lain khas Malaysia yang rasanya sangat lezat, yakni Nasi Kandar. Menu makanan ini terdiri dari nasi putih yang disiram dengan kuah kare kental yang gurih dan disajikan dengan aneka lauk, seperti cumi-cumi goreng, telur, daging kambing, daging sapi, jeroan, udang goreng, dan ayam goreng.

Nasi Kandar juga dilengkapi dengan sayuran, seperti tumis terong atau pare. Menu Nasi Kandar biasanya dijual oleh pedagang keturunan dari India. Keistimewaan lain dari Nasi Kandar adalah pembeli bisa memilih beberapa jenis kuah kare yang tersedia di rumah makannya.

3. Nasi Daun Pisang

Nasi Daun Pisang

Walaupun ini berasal dari India, tetapi Nasi Daun Pisang sudah menjadi makanan khas Malaysia yang patut dicoba ketika berkunjung kesana. Sama seperti “nasi pincuk” yang ada di Jawa Timur – Indonesia, Nasi Daun Pisang ini juga dibungkus dengan daun pisang.

Menu makanan ini merupakan nasi putih dengan bumbu kari yang dihidangkan bersama lauk rendang kambing, rendang ayam, dan macam-macam sayuran. Sepintas tampilan dan lauk dari Nasi Daun Pisang ini hampir sama dengan Nasi Padang, ya?

4. Palak Paneer

Palak Paneer

Hindangan yang satu ini juga banyak dijual oleh pedagang-pedagang keturunan India. Palak Paneer adalah kuah kari berwarna hijau. Kenapa hijau? Karena kuah kari ini diolah dengan bayam segar. Di samping itu, kuah kari tersebut juga diberi tambahan keju kambing.

Palak Paneer biasa disantap bersama roti khas India, seperti chapatis atau bhaturas. Meskipun tampilan dari hidangan ini mungkin sedikit aneh, tapi rasanya dijamin membuat Anda ketagihan sehingga ingin membelinya kembali.

5. Asam Laksa Penang

Asam Laksa Penang

Jika Singapura memiliki menu makanan laksa yang khas, Malaysia juga memiliki hidangan yang sama dengan nama Asam Laksa Penang. Menu makanan ini terdiri dari mi atau bihun yang disiram dengan kuah kental asam pedas. Kemudian, hidangan ini ditaburi dengan topping ikan mackerel segar, selada, nanas, mentimun, dan cabai.

Usut punya usut, Asam Laksa Penang adalah kombinasi dari masakan Cina dengan Melayu. Makanan ini memiliki rasa pedas yang segar dan tentu sangat lezat. Bagi Anda penggemar masakan pedas, tentu tidak boleh sampai melewatkan kuliner yang satu ini.

6. Sang Har Kuey Teow

Sang Har Kuey Teow

Apakah Anda pernah menyantap Chinese Food bernama Ta Mi Goreng? Nah, Sang Har Kuey Teow ini hampir sama tampilannya dengan Ta Mi Goreng, lho. Akan tetapi, tekstur mi kering yang satu ini jaug lebih kecil dari Ta Mi.

Sang Har Kuey Teow sejenis bihun yang digoreng kering dan disiram dengan kuah berkaldu yang sudah dicampur dengan telur. Untuk menambah kenikmatannya, hidangan ini juga disajikan bersama udang segar yang dimasak bersama kuah.

7. Murtabah

Murtabah

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar nama ‘Murtabah’? Terpikirkah dalam benak Anda bahwa Murtabah adalah makanan yang sangat serupa dengan martabak telur? Ya, rupa dan cara memasak Murtabah memang sama dengan martabak telur yang biasa dijual di Indonesia.

Rasanya tidak kalah dengan martabak telur negeri kita sendiri. Makanan ini banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima di daerah Penang pada malam hari. Maka dari itu jika Anda kangen dengan martabak khas Indonesia, maka tidak ada salahnya untuk mencoba murtabah ini.

8. Chi Chong Fan

Chi Chong Fan

Nah, yang satu ini adalah makanan dari Kanton. Akan tetapi, makanan ini juga banyak dijual di Malaysia. Chi Chong Fan adalah sejenis kwetiau yang digulung dan disajikan dengan saus khusus dan saus sambal. Makanan ini biasa dijadikan appetizer. Selain itu, Chi Chong Fan juga kerap kali dijumpai dalam menu Yam Cha dan Dim Sum di beberapa Chinese Restaurant.

9. Mee Siam

Mee Siam

Mee Siam adalah salah satu makanan khas negeri jiran yang sudah mendapatkan label “Trully Malaysia” dari pemerintah setempat. Ini merupakan misua/bihun yang disajikan dengan kuah asam pedas yang mirip dengan kuah laksa.

Menu makanan ini akan semakin sedap jika ditambah potongan daun bawang segar di atasnya. Tak ketinggalan, sedikit perasan jeruk nipis akan membuat Mee Siam menjadi semakin sedap. Tak heran jika makanan ini banyak diburu oleh para wisatawan asing di Malaysia. Anda tertarik untuk turut mencicipi Mee Siam?

10. Air Batu Campur

Air Batu Campur

Apakah minuman favorit Upin & Ipin ketika berkunjung ke kedai Uncle Muthu? Ya, air batu campur! Minuman yang sekilas mirip dengan es campur atau es teler di indonesia ini merupakan salah satu minuman khas negeri Jiran yang tidak boleh terlewatkan.

Minuman ini terdiri dari es serut yang ditambah dengan kacang merah, agar-agar, kolang kaling, nata de coco, cendol, dan bahan-bahan lainnya. Terkadang, es krim dan durian juga dimasukan ke dalamnya sehingga sering disingkat menjadi ABCD (Air Batu Campur Durian).

Air batu campur juga dikenal dengan sebutan ais kacang di Singapura karena di sana kacang merah menjadi topping utama dari minuman ini. Jika Anda sedang kepanasan, maka minuman ini sangat wajib untuk Anda cicipi.

Usai sudah ulasan mengenai makanan khas Malaysia dari Keluyuran. Saat sedang berkunjung ke Malaysia, apa makanan khas disana yang menjadi favorit Anda? Jika ada makanan khas Negeri Jiran yang belum diulas di sini, yuk, tulis di kolom komentar.

Oh ya, selain mencoba makanan khas Malaysia di atas, jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Malaysia untuk orang tersayang di tanah air. Bukan hanya souvenir, diantaranya ada juga  snack Malaysia yang terkenal dan cocok untuk oleh-oleh, lho! Selamat berlibur di Malaysia!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram