10 Makanan khas Maldives yang Menggugah Selera

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 23 September 2021

Maldives atau Maladewa adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Hindia yang dikenal sebagai surga liburan bagi wisatawan dari berbagai negara di dunia. Selain keindahan alamnya luar biasa, Maldives juga memiliki beragam kuliner unik dan enak yang menggugah selera.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi salah satu tempat wisata populer di dunia tersebut, kamu wajib mencoba beberapa sajian khas yang akan Keluyuran bahas dalam artikel di bawah. Apa saja itu? simak makanan khas Maldives yang menggugah selera berikut ini yuk!

1. Garudhiya

Sajian khas Maldives yang pertama adalah Garudhiya. Seperti kita ketahui Maldives adalah negara kepulauan yang kaya akan hasil laut. Garudhiya adalah hidangan ikan dengan kuah kaldu bening. Kuah kaldu yang digunakan biasanya berasal dari daging ikan Tuna seperti ikan Tuna ekor kuning, ikan Cakalang, ikan tuna kecil, dan Tuna Fregat.

Cara pembuatannya sendiri cukup sederhana, yaitu dengan merebus ikan tuna bersama bumbu rempah lain seperti potongan bawang bombay, cabai, daun kari, dan perasan jeruk limau untuk menambah kesegaran dan cita rasa yang unik. Garudhiya sendiri biasanya di sajikan bersama nasi atau Roshi, yaitu roti berbentuk tipis yang khas mirip dengan Chapati dari India.

2. Bajiya

Bajiya adalah camilan khas yang cukup menjadi favorit masyarakat Maldives. Bajiya biasanya disajikan sebagai teman minum teh. Bahan utama sajian khas ini terdiri dari adonan tepung, dan isian berupa daging ikan tuna yang ditumis dengan berbagai rempah seperti bawang bombay, jahe, daun kari, Raanbaa, Githeyo mirus atau cabe khas Maldives, kayu manis, kapulaga, bumbu kari, dan jeruk nipis.

Sepintas sajian ini memang mirip dengan pastel yang ada di Indonesia dan Samosa khas Timur tengah. Meski demikian, cita rasa yang ditawarkan sajian ini sangat berbeda. Mengingat rempah-rempah yang digunakan pun memiliki perbedaan.

3. Mas Huni

Mas HuniSumber: finmail.com

Sajian khas Maldives selanjutnya yang cukup terkenal bernama Mas Huni. Mas Huni adalah menu sarapan yang cukup menjadi favorit masyarakat di sana. Selain rasanya yang unik, proses pembuatannya cukup sederhana.

Mas Huni sendiri berbahan dasar ikan Tuna segar yang dicincang halus kemudian dicampur dengan aneka bumbu seperti bawang merah, kelapa parut, cabai hijau khas India, dan perasan jeruk lemon untuk menambah cita rasa.

Hidangan yang satu ini biasanya disantap bersama Roshi yang baru keluar dari pemanggang dan teh manis panas pada pagi hari. Jika kamu termasuk orang yang menjalankan hidup sehat, menu yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat saat kamu berada di Maldives.

4. Gulha

Sajian ringan lain yang menjadi ciri khas dari negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di kawasan Asia ini adalah Gulha.

Gulha adalah camilan berbentuk bola-bola kecil berisi daging Tuna cincang segar atau kalengan, yang dicampur dengan berbagai bumbu seperti bawang bombay, kelapa parut, cabai, kunyit, perasan jeruk lemon, daun kari, dan tepung terigu untuk membentuk adonan.

Sajian ini biasanya dibuat dengan cara digoreng atau dipanggang. Gulha memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Camilan ini biasanya disajikan dengan secangkir teh manis panas ketika sarapan atau saat bersantai bersama keluarga.  

5. Mas Riha

Sajian unik lainnya yang menjadi ciri khas dari kepulauan Maldives adalah Mas Riha. Mas Riha adalah sajian berupa kari yang terdiri dari tiga bahan utama, yaitu ikan, kelapa, dan pati. Selain memiliki cita rasa yang lezat, waktu untuk menyajikan makanan ini pun hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit.

Sajian ini biasanya disantap dengan nasi putih. Meski demikian, orang Maldives sendiri kerap menyajikan hidangan ini dengan Roshi dan teh panas saat sarapan.

Ikan yang biasa digunakan untuk sajian ini biasanya adalah Ikan Tuna Cakalang, Ikan Tuna Sirip Kuning, dan ikan Tuna Kecil. Campuran santan dan rempah-rempah khas membuat makanan ini terasa gurih dan nikmat.

6. Fihunu Mas

Ikan adalah salah satu bahan utama yang kerap digunakan untuk membuat berbagai sajian khas Maldives. Salah satunya adalah Fihunu Mas. Sajian yang satu ini cukup disukai oleh masyarakat Maldives.

Fihunu Mas sendiri adalah sajian ikan bakar marinasi dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti bawang putih, cabai Habanero, merica, santan, bubuk cabai, lada hitam, biji-bijian, jinten, jeruk lemon dan daun kari.

Cara pembuatan sajian ini pun terbilang cukup mudah. Ikan yang telah disayat pada kedua bagian sisinya diberi bumbu marinasi. Kemudian dipanggang sampai kedua sisinya matang sempurna. Fihunu Mas sendiri sangat nikmat disajikan bersama nasi atau Roshi.

7. Huni Roshi

Huni Roshi adalah roti berbentuk pipih yang berbentuk mirip dengan Chapati yang ada di India. Huni Roshi biasanya disantap dengan berbagai lauk pauk lain. Masyarakat sendiri kerap menjadikan Huni Roshi sebagai pengganti nasi. Untuk membuat sajian ini, bahan utama yang digunakan adalah tepung dan kelapa parut.

Berbeda dengan Roshi, Huni Roshi memiliki tekstur yang sedikit lebih tebal dan lebih renyah. Selain itu, Huni Roshi juga tidak menggunakan ragi seperti yang biasa digunakan saat membuat roti. Hal inilah yang membuat sajian ini cocok untuk menemani berbagai hidangan yang memiliki cita rasa manis atau gurih.

8. Bis Keemiya

Bis Keemiya adalah sejenis pastry dengan berbagai isian seperti telur, daging ikan tuna, dan kubis, yang telah diberi bumbu rempah-rempah. Sajian ini cukup populer di Maladewa.

Sepintas sajian ini terlihat mirip dengan Samosa, yang memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Bis Keemiya sendiri memiliki cita rasa gurih dan manis yang berasal dari sayuran dan ikan yang telah dibumbui.

Masyarakat di sana kerap menyajikan camilan ini dengan secangkir teh panas atau kopi. Sebagai salah satu sajian khas, Bis Keemiya sangat mudah ditemui di berbagai tempat di Maldives. Mulai dari pedagang kaki lima, kafe, bahkan di berbagai restoran.

9. Rihaakuru

Jika di Korea Selatan terdapat Gochujang, di Maldives terdapat pasta ikan yang bernama Rihaakuru. Rihaakuru merupakan saus kental berwarna coklat yang terbuat dari ikan Tuna. Hampir setiap hari, masyarakat Maldives kerap menyajikan hidangan tradisional yang satu ini untuk membuat berbagai hidangan.

Rihaakuru sendiri adalah sajian yang berasal dari nenek moyang masyarakat Maldives yang masih bisa dinikmati hingga saat ini. Masyarakat sendiri kerap menggunakan Rihaakuru untuk membuat sajian yang lezat dan khas seperti Rihaakuru Riha, Rihaakuru Folhi, Tomato Rice, Rihaakuru Dhiya, Rihaakuru Garudhiya, Kulhlhafilaafathu Satani, dan Theluli Rihaakuru.

10. Chicken Biryani

Chicken BiryaniSumber: presscs.com

Hidangan terakhir yang tidak kalah menarik untuk dicicipi adalah Chicken Biryani. Chicken Biryani merupakan hidangan khas berbahan dasar ayam dan nasi yang telah dibumbui dengan rempah-rempah khas dari Maldives.

Selain memiliki cita rasa yang lezat, hidangan ini memiliki aromatik yang cukup kuat dan menggugah selera. Penambahan bahan seperti Sultana, buah anggur khas Turki dan Almond laut pada nasi menambah keunikan cita rasa sajian yang satu ini.

Chicken Biryani sendiri menjadi hidangan khas yang cukup terkenal dan disukai oleh masyarakat yang ada di sana. Sajian ini juga kerap ditemukan di berbagai kafe dan restoran yang ada di Maldives.

Nah, itulah 10 makanan khas Maldives yang telah Keluyuran rangkum khusus untuk kamu. Jika kamu memiliki kesempatan untuk berpelesir ke Maldives, sajian yang telah dibahas di atas bisa menjadi rekomendasi yang cukup menarik untuk kamu coba. Selain menjadi favorit masyarakat di sana, sajian khas tersebut terkenal memiliki cita rasa yang lezat.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram