Keluyuran / Maluku Utara / Inilah 7 Makanan Khas Maluku Utara yang Wajib Dicoba

Inilah 7 Makanan Khas Maluku Utara yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Juli 2019

Kalau sedang menghabiskan waktu berlibur di satu tempat wisata pastinya ada satu hal yang sangat wajib dicoba yaitu kuliner khas daerah tersebut. Setuju? Maka dari itu, pada kesempatan kali ini Keluyuran akan membahas tentang Makanan khas dari Maluku Utara.

Hal pertama yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata Maluku pastinya teringat akan keindahan alamnya yaitu pantai. Nah, berkaitan dengan itu pula maka makanan khas Maluku ini kebanyakan tidak jauh dari hasil lautnya yaitu ikan. Penasaran ada apa saja? Berikut ini adalah berbagai makanan khas Maluku Utara yang wajib kamu coba.

1. Papeda

Papeda (Copy)

Makanan khas dari Maluku Utara yang pertama adalah Papeda. Papeda adalah bubur sagu yang disajikan dengan ikan tongkol yang dibumbui dengan kunyit atau dengan ikan kuah kuning. Papeda memiliki tekstur seperti lem berwarna putih yang lengket sehingga cara memakannya pun cukup unik yaitu diseruput dan tidak perlu dikunyah.

Fakta menarik tentang makanan khas dari Maluku Utara ini adalah manfaatnya, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, membersihkan paru-paru juga mengurangi resiko kanker usus. Hal ini dikarenakan Papeda adalah makanan yang kaya akan serat, rendah kolesterol, bernutrisi dan cocok untuk kamu yang sedang diet karena dinilai lebih sehat daripada nasi putih.

2. Ikan Kuah Pala Banda

ikan kuah (Copy)

Ikan Kuah Pala Banda merupakan makanan khas dari Banda yang menjadi salah satu kuliner kebanggaan dari masyarakat setempat. Makanan khas satu ini biasanya terbuat dari ikan kakap atau kerapu segar yang dibumbui dengan pala, merica, dan rempah-rempah lainnya. Kalau ditanya soal rasa, pastinya Ikan Kuah Pala Banda ini bisa membuat kamu jadi ketagihan karena rasa asam bercampur pedasnya yang sangat khas.

3. Ikan Komu Asar

ikan asar (Copy)

Ikan Komu Asar pada umumnya terbuat dari ikan cakalang, ikan ekor kuning atau ikang tongkol. Cara membuat Ikan Komu Asar ini sebenarnya cukup sederhana tapi memerlukan waktu yang lama yaitu sekitar 4-5 jam. Pertama-tama, ikan mentah yang segar dibersihkan isi perutnya lalu daging ikan ditusuk dengan bambu memanjang mengikuti bentuk ikan. Setelah itu ikan siap masuk proses pengasapan, ikan dikatakan matang jika sudah tidak ada kadar air dalam daging. Ikan Komu Asar yang sudah matang biasa disajikan dengan nasi putih dan sambal colo-colo.

4. Nasi Jaha

nasi jaha (Copy)

Salah satu makanan khas Maluku Utara yang mesti kamu coba adalah Nasi Jaha. Kuliner satu ini memang agak mirip dengan Nasi Lemang dari Sumatera Barat. Terbuat dari beras biasa, beras ketan, santan, dan garam secukupnya yang dimasak di dalam bambu.

Bambu yang digunakan sebelumnya dimasukan daun pisang terlebih dahulu agar menjadi pembungkus dari Nasi Jaha ketika sudah matang. Cara memasaknya cukup unik karena masih bergaya tradisional yaitu bambu yang sudah diisi kemudian dibakar langsung. Apabila sudah matang secara merata, Nasi Jaha pun siap untuk disantap.

5. Nasi Kuning Ikang Telur

nasikuning (Copy)

Mungkin kamu bingung, apa sih bedanya nasi kuning biasa dengan Nasi Kuning Ikang Telur khas Maluku Utara? Nah, sesuai dengan namanya, Nasi Kuning Ikang Telur ini terdiri dari nasi kuning, ikang tongkol yang sudah dibumbui gula merah, kecap, dan merica lalu telur rebus.

Kalau soal rasa, bisa dibilang kalau ikan tongkolnya inilah yang membuat rasa nasi kuning ini menjadi lebih spesial. Kalau kamu tertarik mencobanya, nasi kuning ini biasa disantap oleh warga sebagai menu sarapan. Jadi, jangan sampai bangun kesiangan, ya, kalau nggak mau kehabisan.

6. Halua Kenari

haluakenari (Copy)

Halua Kenari adalah makanan khas Maluku Utara yang mesti dicoba untuk kamu yang mau ngemil sehat. Kenapa? Karena kenari tergolong dalam kacang-kacangan yang mengandung omega tiga sehingga baik untuk tubuh.

Halua Kenari ini terbuat dari kenari yang dicampur gula merah. Rasanya yang manis dan legit ini menjadikannya cocok untuk teman minum teh atau kopi pada sore hari. Selain itu, Halu Kenari sangat cocok untuk jadi oleh-oleh khas Maluku Utara.

7. Kopi Sibu-sibu

kopisibusibu (Copy)

Untuk kamu pecinta kopi nusantara, kalau sedang berlibur ke Maluku Utara jangan lupa untuk mencoba Kopi Sibu-sibu. Kata Sibu-sibu sendiri  berasal dari Bahasa Maluku yang memiliki arti sepoi-sepoi.

Minuman khas Maluku ini menggunakan kopi jenis robusta yang diolah secara tradisional sehingga aroma asli kopinya masih terjaga. Uniknya dari kopi ini adalah di akhir penyajian, kopi ini ditaburi bubuk cengkeh dan diberi tambahan potongan kenari di atasnya.

Dari semua makanan khas Maluku Utara yang ada di atas, manakah yang bikin kamu penasaran untuk mencoba? Semoga artikel ini cukup bermanfaat ya untuk kamu yang sedang kepikiran untuk liburan di Maluku

Selain makanan khas Maluku Utara yang sudah kami rekomendasikan di atas, kami juga ada beberapa artikel tentang tempat wisata di Maluku Utara yang tidak kalah menarik.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar