Wisata Kuliner di Medan? Cobain Aja 10 Makanan Khas Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain mengunjungi tempat wisatanya, mencoba kuliner di Medan adalah pilihan tepat. Hal itu tak lepas dari banyaknya kuliner di ibu kota Sumatera Utara tersebut. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, bisa kamu temui di kota tersebut.

Beberapa makanan di antaranya akan coba Keluyuran rekomendasikan di artikel ini. Beberapa rekomendasi di sini diharapkan dapat membantumu untuk tahu makanan apa saja yang harus kamu santap di Medan nanti. Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak rekomendasinya di sini.

1. Lontong Medan

Wisata Kuliner di Medan? Cobain Aja 10 Makanan Khas Ini 1

* sumber: indonesian-medan-food.blogspot.com

Ini adalah sajian lontong khas Medan. Dalam sajian ini, lontong yang telah dipotong bakal disajikan bersama mi, tauco, sambal teri kacang, kuah sayur, dan kerupuk. Terkadang, potongan telur dan perkedel juga ditambahkan pada makanan khas ini.

Lontong sayur amat cocok untuk menu sarapanmu kala di Medan nanti. Sudah banyak yang menjual makanan khas ini. Salah satunya adalah Lontong Kak Lin yang ada di Jalan T. Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara.

2. Soto Medan

Wisata Kuliner di Medan? Cobain Aja 10 Makanan Khas Ini 2

* sumber: www.pimentious.com

Selain Lontong Medan, kamu juga bisa sarapan dengan menu makanan khas satu ini. Soto Medan sendiri merupakan hidangan soto dengan ciri khas berupa kuahnya yang berwarna kuning kehijauan; berbahan dasar jintan, santan, dan rempah.

Isian soto ini lumayan variatif. Ada tauge, bihun, potongan telur rebus, daging ayam, tomat, dan juga kerupuk. Soto ini bisa disantap langsung ataupun bersama dengan lauk tambahan lainnya. Adapun lauk tambahan yang biasa disantap adalah perkedel kentang dan rempeyek udang.

3. Bihun Bebek

Wisata Kuliner di Medan? Cobain Aja 10 Makanan Khas Ini 3

*Sumber: https://www.instagram.com/hidupuntukmakan/?hl=id

Sesuai namanya, ini adalah sajian bihun yang diberi lauk daging bebek. Bihun yang dipakai pada sajian ini adalah bihun kuah. Adapun kuah yang dipakai sajian ini biasanya terdiri atas dua jenis, yaitu: kuah herbal dan kuah kaldu.

dalam semangkuk makanan ini, kamu bisa merasakan nikmatnya bihun kuah dan daging bebek yang disajikan bersama lada; minyak bawang; kecap asin; dan taburan bawang goreng. Untuk menyantap makanan ini, kamu bisa datang ke restoran Bihun Bebek Kumango yang ada di Jalan Kumango No. 15, Kesawan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

4. Mi Gomak

Wisata Kuliner di Medan? Cobain Aja 10 Makanan Khas Ini 4

* sumber: www.masakanpraktisrumahan.com

Boleh dikata kalau ini adalah spageti versi kota Medan. Ini tak lepas dari tekstur mi ini yang mirip dengan spageti. Adapun Mi Gomak sendiri dibuat dengan cara diaduk dengan tangan alias di-gomak. Itulah mengapa mi ini diberi nama Mi Gomak.

Mi Gomak diolah dan disajikan bersama dengan bumbu rempah Andaliman. Andaliman merupakan bumbu khas orang Batak yang memiliki aroma yang kuat. Mi ini bisa disajikan dalam beragam bentuk, mulai dari yang rebus hingga yang berbumbu kacang.

5. Kari Bihun Tabona

Wisata Kuliner di Medan? Cobain Aja 10 Makanan Khas Ini 5

* sumber: www.goodindonesianfood.com

Selain Bihun Bebek, kamu bisa menyicipi olahan bihun lainnya di Medan. Olahan yang dimaksud adalah Kari Bihun Tabona. Sajian ini dibuat dengan cara menaruh bihun bersama  kentang rebus dan daging ayam di mangkuk. Setelah itu, barulah disiram dengan kuah kari yang tidak terlalu kental.

Kuah kari pada makanan ini dibuat dari jintan, ketumbar, dan kayu manis. Bahan-bahan tersebut membuat kuahnya begitu harum. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan agak sedikit pedas. Makanan khas Medan ini bisa kamu temukan di Rumah Makan Tabona yang ada di Jalan Mangkubumi No. 17, A U R, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20212.

6. Bakso Lembu

Wisata Kuliner di Medan? Cobain Aja 10 Makanan Khas Ini 6

* sumber: resepnusantara.id

Bila bakso pada umumnya berbahan dagi ayam atau sapi, maka itu tidak berlaku pada bakso satu ini. Bakso satu ini justru dibuat dari daging lembu. Bagi yang belum tahu, lembu adalah sejenis sapi yang telah dikebiri dan kemudian dipakai untuk membajak sawah.

Daging lembu pada bakso ini nantinya bakal diolah dengan sejumlah bumbu rempah. Penggunaan rempah tersebut membuat cita rasa baksonya makin khas dan enak. Bakso unik ini bisa kamu temui di Bakso Amat yang ada di Jalan Ir. H. Juanda Baru No. 112, Hamdan, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara.

7. Kwetiau Goreng Porsea

Wisata Kuliner di Medan? Cobain Aja 10 Makanan Khas Ini 7

* sumber: hirogosomewhere.com

Mau sarapan kwetiau khas Medan? Kalau ya, maka sebaiknya kamu mencoba Kwetiau Goreng Porsea. Tak seperti kwetiau pada umumnya yang kaya akan topping, kwetiau satu ini topping-nya tergolong minim. Kwetiau ini hanya menampilkan telur yang sebelumnya telah dicampur kwetiau saat dimasak di wajan.

Walau begitu, cita rasa kwetiau ini patut diacungi jempol. Dalam setiap suapannya, kamu bakal menemukan cita rasa gurih yang bercampur dengan kenyalnya kwetiau. Kwetiau Goreng Porsea bisa kamu temukan di kedai resminya yang ada di Jalan Porsea No. 16, Pasar Baru, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

8. Rujak Kolam

Wisata Kuliner di Medan? Cobain Aja 10 Makanan Khas Ini 8

* sumber: travelingyuk.com

Menyantap sajian pedas nan segar adalah pilihan tepat saat siang hari tiba di Medan. Adapun sajian pedas nan segar yang bisa disantap adalah Rujak Kolam. Rujak ini dibuat dari beragam buah-buahan segar yang dipotong sedemikian rupa.

Jeruk Bali, Ubi, Pepaya Mengkal, Nanas, Jambu Biji, dan Jambu Air adalah beberapa buah tersebut. Semua buah segar tersebut nantinya bakal disirami dengan bumbu rujak yang dibuat dari gula aren; terasi Medan; asam Jawa; dan cabai rawit.

Pada bumbu rujak ini, cabai yang dipakai jumlahnya tidak tanggung-tanggung. Bagaimana tidak, dalam satu racikan bumbu rujak, cabai yang dipakai bisa sampai tujuh buah!

9. Kolak Durian

Wisata Kuliner di Medan? Cobain Aja 10 Makanan Khas Ini 9

* sumber: www.dutamedan.com

Kalau mau sajian yang lebih dingin dan manis, Kolak Durian bisa kamu santap saat di Medan nanti. Sesuai namanya, makanan ini merupakan sajian kolak dengan durian sebagai bahan dasarnya. Durian tersebut nantinya bakal dipadupadankan dengan sejumlah bahan lainnya. Santan, gula aren, ketan, dan alpukat adalah beberapa bahan yang dimaksud.

Agar lebih terasa dingin, es batu yang dibentuk kecil-kecil bakal dimasukkan ke dalam semangkok santapan yang nikamt untuk berbuka puasa ini. Kalau kamu tertarik mencobanya, kamu bisa datang ke Kolak Durian Nayla yang ada di Jalan Dr. Mansyur, Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

10. Es Krim Tip Top

Wisata Kuliner di Medan? Cobain Aja 10 Makanan Khas Ini 10

* sumber: myperjalanankuliner.blogspot.com

Ini adalah sajian es krim paling tua di kota Medan. Bagaimana tidak, es krim enak ini sudah ada di ibu kota Sumatera Utara itu sejak 1934 silam. Dari 1934 hingga sekarang, cara membuat es krim ini tidaklah berubah. Ini membuat cita rasa Es Krim Tip Top begitu otentik dibanding es krim lainnya yang lebih modern.

Dibanding es krim lainnya, Es Krim Tip Top memiliki tekstur yang lebih padat. Es krimnya pun tidak mudah cair, serta cita rasa manisnya begitu pas. Es krim ini bisa kamu santap di Tip Top Restaurant yang ada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 92 A-B, Kesawan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

Demikianlah beberapa rekomendasi makanan khas Medan dari kami. Selamat berwisata kuliner di Medan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *