keluyuran web banner

Inilah 10 Makanan Khas NTB yang Siap Menggoyang Lidahmu

Ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra - Diperbaharui 14 April 2020

Kali ini, kami akan mengajak kamu jalan-jalan ke Nusa Tenggara Barat atau disingkat NTB. NTB adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian barat kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi yang beribu kota Mataram ini dikenal memiliki beberapa destinasi wisata yang eksotis. Salah satu destinasi yang paling terkenal adalah pantainya.

Tidak heran jika banyak wisatawan asing yang berlibur ke NTB. Tidak hanya menyimpan tempat wisata yang indah, NTB juga memiiki beberapa makanan khas yang wajib kamu coba. Nah, buat kamu yang berencana akan pergi ke NTB, kamu harus catat nih makanan khas apa saja yang akan kamu coba di sana.

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

Buat kamu pecinta ayam dan makanan pedas, jangan lupa untuk mencicipi ayam taliwang khas NTB. Ayam taliwang adalah ayam bakar dengan bumbu pedas khas NTB. Yang berbeda dari ayam bakar lainnya adalah ayam taliwang disajikan dalam bentuk satu ekor ayam, bukan ayam yang dipotong-potong menjadi beberapa bagian.

Selain itu ayam taliwang juga diproses melalui dua kali pembakaran. Pertama, ayam taliwang dibakar setengah matang lalu dicelup bumbu, kemudian dibakar kembali. Hal menarik yang membuat ayam taliwang ini cukup unik adalah menggunakan terasi khas Lombok. Sehingga kunci kelezatan ayam taliwang adalah bumbu pedas dan terasinya. Rasanya tentu saja pedas, gurih, dan aroma bakar yang khas.

2. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung

Mungkin kamu pernah mencicipi plecing kangkung dari daerah lain, tapi plecing kangkung khas NTB ini berbeda dari yang lainnya. Perbedaan utamanya terdapat pada ukuran kangkungnya. Plecing kangkung ini menggunakan kangkung Lombok yang ukuran batangnya lebih besar dan daunnya yang lebih lebar.

Selain itu, cita rasa khas plecing kangkung terletak pada racikan bumbu dan bahan yang digunakan. Plecing kangkung khas NTB ini disajikan dengan toge dan sambal terasi  yang khas. Perpaduan rasa kangkung yang empuk dan rasa terasi Lombok yang khas membuat plecing kankung ini terasa istimewa. Biasanya plecing kangkung dinikmati dengan ayam taliwang dan nasi putih hangat.

3. Kelaq Kelor

Kelaq Kelor

Bagi kamu yang belum pernah mendengar tentang makanan ini mungkin akan terasa aneh. Jika biasanya daun kelor dibiarkan tumbuh liar, tapi di NTB, daun kelor dibuat menjadi makanan sehari-hari. Sayur daun kelor ini disebut kelaq kelor. Kelaq kelor diolah menjadi sayur dengan kuah bening dan biasanya disantap denagn nasi putih dan sambal terasi.

Saat kamu mencicipi kelaq kelor, kamu akan memiliki pengalaman makan yang berbeda. Daun kelor juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh lho! Mulai dari anti peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga untuk menjaga kesehatan mata. Bagaimana? Penasaran dengan rasanya?

4. Sate Pusut

Sate Pusut

Buat kamu penggemar sate, kamu wajib mencicipi sate pusut khas NTB. Sate pusut adalah sate lilit yang terbuat dari daging sapi. Bentuknya tebal dan oval. Biasanya sate pusut disajikan untuk acara hajatan atau saat hari raya. Sate ini menggunakan tusukan bambu lebar dan dibakar. Selain dibakar, sate pusut juga bisa digoreng.

Yang membuat sate ini unik adalah ditambahkan serpihan kelapa. Sehingga membuat rasanya gurih dan manis. Jika kamu tertarik untuk mencicipi sate pusut, kamu bisa datang langsung ke warung makan pinggir jalan yang dapat dengan mudah kamu temukan jika datang ke NTB.

5. Sate Bulayak

Sate Bulayak

* sumber: www.masakandapurku.com

Masih membahas soal sate, tapi kali ini adalah sate bulayak. Salah satu sate khas NTB ini terbuat dari daging sapi atau daging ayam. Yang membuat sate bulayak berbeda dari sate lainnya adalah menggunakan bumbu khas suku Sasak yaitu salah satu suku di NTB. Selain itu, sate ini juga telah dicampur dengan racikan buah asam.

Sate bulayak disajikan dengan bulayak, yaitu lontong khas Lombok. Bentuk bulayak juga berbeda dari lontong pada umumnya. Ukuran bulayak lebih kecil dan memanjang, terbuat dari beras ketan. Bulayak dibungkus menggunakan daun aren dengan cara dililit secara spiral, sehingga membuat lontong ini lebih mudah dibuka.

Bumbu sate bulayak menggunakan bumbu kacang pada umumnya. Setelah itu direbus dengan santan dan rempah-rempah khas sehingga membuat rasanya pedas.

6. Sate Rembiga

Sate Rembiga

* sumber: www.wartantb.com

Karena NTB disebut juga sebagai bumi sejuta sapi, tidak heran jika provinsi ini memiliki banyak kuliner olahan sate. Kali ini adalah sate khas NTB lainnya yaitu sate rembiga. Sate rembiga adalah sate daging sapi khas NTB. Yang membuat sate ini unik adalah daging sapinya yang ditumbuk dan direndam dengan bumbu-bumbu khas sehingga menghasilkan rasa sate yang berbeda.

Selain itu, daging yang digunakan pun berasal dari sapi ternak yang dibiarkan bebas dan dibiarkan mencari makan rumput sendiri. Tesktur daging sate rembiga itu sangat empuk, rasanya pedas dan manis. Karena sebelum dibakar sudah direndam dengan bumbu, sehingga saat disajikan, sate ini tidak perlu menggunakan bumbu apa pun.

7. Jaje Tunjak Poteng

Jaje Tunjak Poteng

* sumber: merahputih.com

Jaje tunjak poteng adalah makanan khas NTB yang memiliki cita rasa manis. Karena makanan ini terbuat dari tape. Jaje tunjak poteng terbuat dari tape ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan diolah dengan cara dikukus. Hal unik yang membuat jaje tunjak poteng berbeda dari makanan lainnya adalah dari proses pembuatannya.

Masyarakat NTB yang menbuat jaje tunjak poteng harus dalam keadaan suci atau sedang tidak menstruasi. Selain itu pemberian ragi untuk ketan harus dilakukan setelah sholat karena dalam keadaaan suci. Biasanya, makanan ini disajikan saat acara-acara besar seperti lebaran, pernikahan, maulid nabi, atau untuk menjamu tamu kehormatan. Jaje tunjak poteng paling nikmat disantap sambil minum kopi atau teh.

8. Nasi Kotaraja

Nasi Kotaraja

* sumber: kuliner-tradisional.kampung-media.com

Nasi kotaraja adalah nasi campur yang terdiri dari nasi putih, sayur rarit, dan sambal sebit. Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari Desa Kotaraja yang ada di Lombok, NTB. Sayur rarit adalah sayur yang terbuat dari olahan daging sapi dengan bumbu khas NTB. Sedangkan sambal sebie adalah sambal yang terbuat dari cabe rawit hijau yang dicampur juga dengan bumbu khas NTB.

Selain itu, ada campuran biji kedelai goreng dan plecing yang akan menambah kelengkapan makanan ini. Nasi kotaraja paling cocok dinikmati untuk makan siang.

9. Sayur Ares

Sayur Ares

* sumber: tradisionalindonesiafood.blogspot.com

Jika biasanya orang lain mengonsumsi buah pisang dan mengambil daunnya untuk pembungkus makanan. Berbeda dengan masyarakat NTB yang memanfaatkan batang pisang sebagai makanan khas mereka yaitu sayur ares. Sayur ares terbuat dari pelepah pisang muda dan kuahnya terbuat dari santan.

Rasa dari sayur ares ini adalah gurih dan manis. Sekilas terlihat seperti gulai sayur nangka karena memiliki kuah berwarna oren yang cukup kental. Sayur ares juga biasanya ditambahkan dengan daging. Selain unik, sayur ini juga tidak diperbolehkan menggunakan penyedap rasa lho! Karena akan merusak cita rasanya. Jika kamu tertarik, kamu bisa mencicipinya di warung makan pinggir jalan saat kamu berkunjung ke NTB.

10. Timbu dan Dahi

Timbu dan Dahi

Timbu dan dahi adalah ikon makanan khas Dompu yang berada di NTB. Timbu adalah nasi bambu yang diolah dengan cara dibakar dan dahi adalah tape ketan hitam. Timbu memiliki bentuk seperti lontong. Kedua makanan ini wajib dimakan secara bersamaan karena akan menghasilkan perpaduan rasa yang pas.

Rasanya yang gurih dan legit akan membuat kamu ketagihan. Makanan ini biasanya dijual di pasar dan umumnya disajikan untuk acara-acara hari besar.

Itulah beberapa makanan khas NTB yang wajib kamu coba jika berkunjung ke sana. Kira-kira makanan mana nih yang bikin kamu penasaran dengan rasanya? Jika kamu tahu makanan khas NTB lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram