Inilah 10 Makanan Khas Padang, Mana yang Paling Disuka?

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 16 Oktober 2020

Sudah pernah keluyuran sampai ke Padang? Ibu kota Provinsi Sumatera Barat ini terkenal akan keindahan alamnya. Pasti kamu tahu rumah gadang atau jam gadang kan? Kedua ikon kota tersebut sangat terkenal.

Selain itu kota Padang juga terkenal dengan kulinernya. Siapa yang tak kenal sate padang dan rendang? Kedua kuliner tersebut sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Namun makanan khas Padang bukan hanya rendang dan sate padang. Masih banyak makanan lain yang mungkin tidak kamu jumpai saat kamu berkunjung ke rumah makan padang.

Untuk kamu pencinta makanan khas padang yang ingin mencicipi kuliner selain rendang, simak ulasannya di artikel berikut ini.

1. Dendeng Batokok

Dendeng Batokok

Dendeng adalah makanan yang bisa dijumpai di beberapa tempat di Indonesia, salah satunya Padang. Daerah ini sebenarnya memiliki beberapa jenis dendeng, salah satunya yaitu dendeng batokok. Penampilan dendeng batokok lebih kering dibandingkan dengan rendang.

Keunikan dendeng batokok adalah dari cara memasaknya. Sebelum dimasak, daging biasanya akan dipukul-pukul atau diketok-ketok terlebih dulu karena itulah dendeng ini disebut dengan nama dendeng batokok. Tujuannya agar tekstur daging lebih lunak dan bumbu rempah bisa meresap ke dalam daging.

Karena proses pengolahannya maka tak heran jika dendeng batokok mempunyai rasa bumbu yang kuat. Pengolahan dendeng batokok sendiri bisa dimasak dengan cara direbus, dibakar maupun digoreng tetapi tak sampai garing.

Perbedaan lainnya, yaitu dendeng batotok kerap dilumuri lado mudo atau sambal cabe hijau. Sambal lado mudo adalah sambal yang dibuat dari cabai hijau, bawang merah, tomat hijau, serta garam yang diulek kasar. Namun demikian sebagian orang juga suka dendeng batotok dengan sambal balado biasa.

2. Rendang

Rendang

Siapa yang tak kenal rendang? Makanan ini terkenal memiliki cita rasa yang lezat dan kaya rempah. Kuliner ini masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia pada ajang World’s 50 Most Delicious Food yang dikeluarkan oleh CNN pada tahun 2011. Tentu menjadi kebanggaan untuk negara kita.

Selain enak, mengolah rendang memerlukan waktu yang cukup lama agar bumbu dan rempahnya meresap pada dagingnya secara sempurna. Bahan utama untuk rendang akan dimasak dengan bumbu dan santan kemudian dipanaskan secara berulang-ulang supaya bumbu meresap.

Biasanya olahan rendang terbuat dari daging atau ayam. Namun ternyata ada juga olahan rendang lainnya. Mungkin kamu pernah mendengar rendang telur atau jengkol? Rasanya lezat sekali. Untuk Makanan ini tepat sekali jika disantap bersama sepiring nasi hangat.

3. Sate Padang

Sate Padang

Indonesia memiliki beragam sate, dari mulai sate madura, sate lilit, sate klathak, sate maranggi, sate ragey, sate ambal atau sate loso. Daerah Padang juga memiliki sate yang biasa disebut sate padang. Ciri khas sate ini adalah bumbunya yang berbeda dari sate lain.

Umumnya sate lebih populer dihidangkan bersama bumbu kacang atau juga saus kecap. Sate padang diberikan bumbu kuah kuning yang kaya rempah yang kental. Ada tiga jenis sate padang, yakni sate Padang Kota, sate Pariaman, dan Padang Panjang.

Sate padang kota dihidangkan bersama kuah warna cokelat sedangkan sate pariaman warna kuahnya lebih merah dan memiliki cita rasa pedas. Yang terakhir sate padang panjang memiliki kuah yang cukup kental dan aroma rempahnya juga kuat. Sate padang biasa disajikan dengan irisan ketupan atau lontong.

4. Dendeng Balado

Dendeng Balado

Jika sebelumnya sudah dibahas tentang dendeng batokok, sekarang ada lagi dendeng lain yang menjadi salah satu makanan khas Padang, yaitu dendeng balado. Makanan dari Padang ini bahannya dari daging sapi yang kemudian diiris tipis-tipis dan lebar lalu dikeringkan kemudian digoreng.

Setelah digoreng daging sapi tersebut kemudian diberi bumbu dan inilah yang membedakan antara dendeng balado dengan dendeng batokok. Jika batokok memakai bumbu cabe hijau, dendeng balado menggunakan cabe merah.

Bumbu yang digunakan untuk dendeng balado, antara lain bawang putih, lada, dan ketumbar. Setelah dendeng diberi bumbu kemudian dijemur beberapa hari. Sesudahnya dendeng digoreng sehingga teksturnya menjadi kering dan renyah.

5. Gulai Gajeboh

Gulai Gajeboh

Salah satu makanan khas Padang yang menyerupai gulai tapi cara masaknya tidak menggunakan santan adalah gulai gajeboh. Kuah gulai ini tak hanya gurih tapi juga terasa pedas. Kuliner dari Padang ini kandungan lemaknya tinggi tapi rasanya begitu enak dan lezat.

Bagian sapi yang digunakan untuk gulai gajeboh adalah daging sapi bagian punuk. Makanan ini sampai mendapatkan julukan "makanan surga" dari masyarakat Minang karena enak sekali. Kuah gajeboh asam pedas atau asam padeh kata orang Minang.

Penduduk Sumatera Barat memberikan tingkatan pada gulai gajeboh. Ada cukup gurih di tingkatan pertama, yaitu kalau gulai lebih banyak berisi daging daripada lemak. Lalu ada gurih, yaitu jika lemaknya lebih banyak daripada daging. Yang terakhir gurih sekali, yaitu jika seluruh potongannya berisi lemak.

6. Kerabu Terong

Kerabu Terong

Kamu pasti sudah sering makan terong dalam berbagai olahan berbeda, tapi sudahkan kamu makan terong olahan khas Padang? Cobalah makanan khas padang yang bernama kerabu terong. Untuk kamu yang vegetarian, kuliner ini bisa jadi alternatif pilihan saat berkunjung ke Sumatera Barat

Bumbu kerabu terong cukup sederhana. Namun jangan ragukan rasanya. Rasa kerabu terong pedas dan segar karena penggunaan cabai keriting serta jeruk nipis. Kerabu terong biasanya dijadikan menu pendamping. Tujuannya untuk menyeimbangkan gizi dan rasa sesudah menyantap masakan bersantan.

7. Soto Padang

Soto Padang

Bicara soal soto, negeri ini sepertinya punya stok soto yang banyak, seperti soto lamongan, soto bandung, soto banjar, soto betawi atau soto mie bogor. Padang pun tak ketinggalan memiliki soto sendiri, yaitu soto padang dengan ciri khas penggunaan daging goreng atau dendeng untuk topping-nya.

Tak berbeda dari menu soto yang ada di daerah lainnya, soto padang pun dihidangkan bersama kuah kaldu yang gurih dan bahan lainnya. Perbedaannya terletak pada daging yang digunakan yaitu dendeng sapi. Soto ini enak sekali disajikan hangat.

Soto padang tak disajikan bersama nasi tapi sebagai gantinya ditambahkan bihun dan kentang. Untuk kuahnya, jika umumnya soto memiliki kuah berwarna hijau kekuningan, soto padang terlihat lebih bening dan segar karena hanya menggunakan kaldu sapi.

8. Kalio Dagiang

Kalio Dagiang

Tekstur kalio dagiang yang merupakan makanan khas Padang ini mirip dengan rendang. Perbedaannya terletak pada warna dan kekentalan bumbunya. Kalio dagiang memiliki warna yang lebih cerah dan bumbunya lebih encer jika dibandingkan dengan bumbu untuk rendang.

Untuk proses pembuatan, kedua makanan khas Padang ini diproses dengan cara yang hampir sama, yakni dimasak dalam beberapa jam sehingga bumbu benar-benar meresap. Kalio dagiang bahannya tidak hanya potongan daging saja, tapi menggunakan semua bagian tubuh sapi yang bisa dimasak.

Salah satu bagian daging sapi itu yaitu usus dan kikil. Kedua bagian tubuh sapi ini mempuyai tekstur yang lembut sehingga perlu dimasak dalam waktu yang tepat agar tak kehilangan tekstur lunak serta lembutnya. Ketepatan waktu masak unsur penting dalam proses memasak makanan Padang ini.

9. Cancang

Cancang

Suka makanan berbahan dasar daging serta penggemar makanan pedas? Kamu perlu untuk mencoba makanan khas Padang yang satu ini, yaitu cancang. Makanan ini dibuat dari bahan daging kambing yang cincang dan dimasak dengan santan kelapa yang ditambahkan gilingan cabai rawit dan cabai merah.

Maka jangan heran jika warna makanan ini berwarna merah kekuning-kuningan. Kuliner dari Padang ini sangat cocok untuk penyuka makanan pedas. Daging kambing yang dipakai untuk cancang adalah daging pilihan, yaitu bagian paha atas kambing. Juga diproses sedemikian rupa sampai baunya kambing hilang.

10. Nasi Kapau

Nasi Kapau

Tentu kamu hapal dengan nasi bungkus. Di Padang ada nasi bungkus khas daerah tersebut yang disebut nasi kapau. Nasi ini hampir selalu tersedia di tiap warung. Mirip dengan nasi gudeg dari Yogyakarta, nasi kapau juga memakai nangka muda untuk bahan utamanya.

Perbedaannya terdapat pada bumbunya. Jika gudeng diberi gula merah serta jinten, kapau diberi bumbu kunyit sehingga menghasilkan warna kuning yang mencolok. Nasi kapau khas Padang ini umumnya dihidangkan bersama lauk lainnya, seperti balado daging sapi, dendeng, ikan asin dan telor.

Penggemar makanan khas Padang pasti sudah familiar dengan nama-nama makanan tersebut. Untuk yang baru ingin mencoba mencicipi makanan dari daerah Padang, cobalah salah satu makanan di atas. Pasti kamu akan ketagihan. Ngomong-ngomong, apa makanan Padang yang menjadi favoritmu?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram