12 Minuman dan Makanan khas Pakistan yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 8 September 2021

Pakistan terkenal dengan warganya yang ramah-ramah dan murah senyum. Tidak hanya itu, negara yang merupakan bagian dari sub-benua India ini juga terkenal sebagai destinasi wisata kuliner bagi para food traveler. Mengapa? Karena makanan khas Pakistan enak-enak. Tentunya nggak kalah lezat dari makanan khas India yang sebenarnya memang tak jauh berbeda karakteristiknya.

Nah, pada kesempatan kali ini, Keluyuran akan membahas mengenai 12 minuman dan makanan khas Pakistan yang kaya rasa dan tentunya wajib untuk kamu coba kala berkunjung ke sana. Penasaran, apa sajakah minuman dan makanan tersebut? Simak pembahasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Chicken Karahi

karahi makanan khas pakistan

* sumber: migrationology.com

Yang pertama, ada chicken karahi. Chicken karahi ini adalah sajian ayam dengan bumbu pedas khas Pakistan. Sesuai namanya, sajian ini dimasak dengan menggunakan karahi alias wajan dengan bentuk bulat dan agak dalam.

Butuh waktu sekitar setengah sampai satu jam untuk memasak menu chicken karahi ini. Biasanya, chicken karahi disantap bersamaan dengan naan, yakni roti khas India dan negara-negara tetangganya, Namun tak jarang, chicken karahi juga dinikmati dengan nasi.

For your info, sebenarnya bukan hanya daging ayam saja yang bisa digunakan untuk memasak sajian karahi ini, melainkan juga daging kambing atau bahkan domba. Kalau domba atau kambing digunakan untuk memasak karahi, maka nama menunya adalah gosht karahi.

2. Halwa Poori

halwa poori makanan khas pakistan

* sumber: migrationology.com

Halwa Poori adalah makanan khas Pakistan yang terdiri dari roti poori dan halwa atau halva. Roti poori sendiri adalah roti yang terbuat dari adonan yang dibentuk bulat dan cukup tipis, namun tetap pluffy sehingga rotinya mudah untuk dilipat.

Sedangkan halwa adalah makanan manis yang terbuat dari tepung semolina yang biasanya digunakan untuk pembuatan pasta dan couscous. Tepung semolina sendiri berasal dari gandum durum. Selain tepung semolina dan campuran bahan lainnya, halwa bisa juga dibuat menggunakan bahan-bahan seperti putih telur, sirup gula dan wijen.

Halwa Poori juga biasanya disajikan dengan kari kacang arab. Sajian ini umumnya dinikmati sebagai menu sarapan di Pakistan. Tertarik untuk mencoba?

3. Seekh Kebab

seekh kebab makanan khas pakistan

* sumber: theculturetrip.com

Selanjutnya, ada seekh kebab. Makanan ini  berupa daging sapi yang ditusuk dengan alat semacam besi untuk kemudian di panggang di atas bara api sampai matang. Daging sapi sebelumnya telah diberi berbagai macam bumbu agar rasanya lezat.

Ya, tidak seperti kebab di Indonesia yang dagingnya dibungkus dengan menggunakan tortilla atau roto pita dan diberi tambahan sayuran, di Pakistan, kebabnya hanya terdiri dari daging yang dipanggang, hampir mirip dengan kebab Turki aslinya. Nah, seekh kebab ini tidak hanya bisa dinikmati secara langsung. Tak jarang, warga Pakistan juga menikmati kebab ini bersama nasi.

4. Nihari

nihari

* sumber: foodyoushouldtry.com

Pakistan juga terkenal dengan sajian daging yang dimasak secara perlahan dan disajikan saat masih panas-panasnya saat makan siang atau bahkan sarapan. Daging yang digunakan sebagai bahan utama nihari adalah daging sapi, kambing atau bahkan domba.

Tak ketinggalan, sumsum tulang juga ditambahkan ke dalam sajian berkuah yang kaya rempah ini. Nihari yang dulunya dibawa oleh muslim dari India yang bermigrasi ke ibukota negara Pakistan pada tahun 1947 ini umumnya dinikmati dengan aneka roti yang lezat.

Kabarnya, nihari juga bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit seperti demam hingga flu. Mau mencoba makanan yang satu ini?

5. Kabuli Pulao

kabuli pulao

* sumber: foodyoushouldtry.com

Kabuli pulao sebenarnya merupakan hidangan khas Afghanistan. Namun, makanan berupa nasi yang dimasak dengan rempah-rempah dan diberi potongan daging sapi atau kambing ini juga sudah menjadi makanan yang biasa disantap warga Pakistan, terutama di wilayah Peshawar, sebagai menu makan siang mereka.

Kabuli pulao dapat kamu temukan di berbagai restoran mewah atau bahkan di kedai sederhana yang ada di pinggir jalan. Oh ya, hidangan yang satu ini menggunakan saffron untuk memberikan aroma yang menggugah selera serta warna yang cantik.

6. Sajji

sajji

* sumber: foodyoushouldtry.com

Berasal dari salah satu provinsi di Pakistan, yakni Balochistan, sajji merupakan makanan yang sangat terkenal di negara tersebut. Tidak hanya bisa ditemukan di tempat asalnya, sajji bisa dinikmati hampir di setiap wilayah di sana.

Sajji sendiri adalah hidangan berupa daging ayam atau domba utuh, umumnya tanpa kepala dan kaki. Daging tersebut diisi dengan nasi dan dimarinasi menggunakan garam atau saus yang terbuat dari pepaya hijau.

Kemudian, dagingnya ditusuk menggunakan besi panjang dan dimasak dengan cara dipanggang di arang. Sehingga aroma yang dihasilkan sangat amat menggugah selera. Nah, hidangan lezat yang satu ini biasa dinikmati dengan beragam jenis roti di Pakistan. Salah satunya adalah naan.

7. Haleem

haleem makanan khas pakistan

* sumber: theculturetrip.com

Haleem adalah makanan sejenis semur daging yang populer di Timur Tengah dan sub-benua India. Termasuk di Pakistan. Makanan ini berbahan utama jelai, gandum, daging dan kacang-kacangan. Bahan-bahan tersebut juga dicampur dengan aneka rempah.

Makanan ini dimasak selama lebih dari lima jam hingga kuahnya mengental. Rasanya sangat kaya akan rempah-rempah. Oh ya, daging yang digunakan sebagai bahannya adalah daging sapi, kambing, domba atau ayam yang dicincang. Di Saudi Arabia, haleem dikenal dengan nama harissa. Di Pakistan sendiri makanan yang satu ini dikonsumsi saat sarapan atau makan siang.

8. Chicken Jalfrezi

chicken jalfrezi

* sumber: foodyoushouldtry.com

Chicken jalfrezi adalah makanan khas Pakistan yang dimasak dengan teknik memasak dari China. yang rasanya tidak kalah enak dengan makanan lainnya yang ada di Pakistan. Makanan ini dibuat dengan cara menggoreng semua bahan berupa potongan daging ayam, paprika dan cabai hijau hingga bawang merah menggunakan minyak panas sampai mengental. Chicken jalfrezi ini biasa disantap dengan naan atau bahkan nasi.

9.  Aloo Paratha

paratha

* sumber: paratha

Ada satu lagi, nih, menu sarapan favorit orang Pakistan. Namanya aloo paratha. Paratha sendiri adalah adonan yang dibentuk bulat tipis lalu digoreng dengan minyak panas. Sedangkan aloo paratha adalah paratha yang diberi isian kentang, bawang yang dibubuhi bumbu masala.

Adonan paratha yang tipis ini membuat teksturnya menjadi garing namun tetap lengket dan liat saat dibelah atau digigit. Aloo paratha sendiri banyak dijual di kedai-kedai makanan yang ada di Pakistan.

10. Lassi

lassi

* sumber: migrationology.com

Nah, jika tadi kita sudah membahas makanan, kini saatnya untuk bicara soal minuman khas Pakistan. Salah satu minuman yang paling terkenal di sana adalah lassi. Lassi sendiri merupakan minuman segar yang terbuat dari yoghurt dengan campuran air dingin dan gula.

Penjual lassi juga biasanya mudah ditemukan di berbagai sudut kota di Pakistan. Kita bahkan bisa melihat langsung proses pembuatan lassi yang unik dengan mata kepala sendiri. Tak jarang, warga Pakistan juga menggunakan buah-buahan untuk menambah kesegaran dari minuman unik satu ini.

11. Falooda

falluda

* sumber: en.wikipedia.org

Minuman unik lainnya yang bisa kamu nikmati saat berada di Pakistan adalah falooda. Falooda sendiri berbahan utama sirup atau air mawar, selasih, susu  dan vermicelli atau sejenis pasta yang serupa dengan bihun.

Minuman yang satu ini juga kadang diberi tambahan es krim, lho. Falooda tidak hanya dikenal di Pakistan saja, melainkan juga negara-negara lain yang ada di sub-benua India. Tertarik untuk mencoba minuman bercitarasa unik nan menyegarkan ini?

12. Noon Chai

teh pink

* sumber: www.straitstimes.com

Jika Jepang terkenal dengan teh hijaunya yang enak, di Pakistan ada noon chai. Noon chai adalah teh berwarna pink yang sebenarnya berasal dari Kashmir yang juga merupakan bagian dari sub-benua India. Namun, noon chai juga sangat amat populer di Pakistan sana.

Dan ternyata, noon chai sendiri berbahan utama daun teh hijau yang dicampur dengan susu, sejumput garam dan baking soda. Nah, karena rasa tehnya terbilang asin, di Pakistan sendiri biasanya noon chai ini diberi tambahan gula agar rasa asinnya tidak terlalu kentara.

Itulah daftar makanan dan minuman khas Pakistan yang kaya rasa. Adakah di antara kamu yang ingin mencicipi semua makanan di atas? Oh ya, jika kamu memiliki informasi mengenai makanan atau minuman khas Pakistan yang tidak kalah enak dan belum masuk dalam daftar, silakan langsung sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram