10 Makanan Khas Palu yang Paling Enak dan Patut Dicoba

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 14 April 2020

Kalau nanti kamu ke Palu, maka jangan lupa untuk berwisata kuliner. Pasalnya, ibu kota Sulawesi Tengah ini punya banyak sekali makanan yang lezat. Hampir segala jenis makanan tersedia di sini, mulai dari makanan ringan hingga yang berat.

Di artikel ini, kami bakal merekomendasikan beberapa makanan di sana. Ini dilakukan agar kamu tidak terlalu bingung harus makan apa saja saat di Palu nanti. Tanpa menunggu lama lagi, yuk simak saja langsung rekomendasinya di sini!

1. Kerak Sagu

Kerak Sagu

Makanan ini merupakan versi Palu-nya dari Kerak Telor Jakarta. Ini tak lepas dari bentuknya yang sama dengan makanan khas orang Betawi itu. Adapun yang menjadi letak pembedanya adalah bahan bakunya.

Pada Kerak Sagu, bahan utama yang dipakai adalah sagu. Bahan utama itu nantinya bakal dicampur kelapa parut dan dituangkan ke atas loyang panci berminyak. Agar makin mantap, telur ayam atau bebek yang telah dikocok bakal dimasukkan pada adonan tersebut.

Di Palu, makanan ini sudah termasuk makanan populer. Jadi, kamu tak bakal kesulitan untuk menemukan Kerak Telor-nya Palu satu ini.

2. Labia Dange

Labia Dange

Seperti makanan sebelumnya, makanan ini pun juga berbahan dasar sagu. Bedanya, sagu pada makanan ini dimasak bersama dengan gula merah ataupun ikan. Cara memasaknya pun unik, di mana makanan ini dimasak menggunakan wajan yang ada di atas tungku tanah liat.

Makanan ini memiliki cita rasa yang renyah dan gurih. Tambahan gula atau ikan pada makanan ini membuat cita rasanya kian lezat. Untuk bisa mendapatkan makanan ini, kamu bisa datang langsung ke wilayah Jembatan Kuning.

3. Kapurung

Kapurung

* sumber: www.resepsedapku.com

Ini adalah makanan khas Palu lainnya yang berbahan dasar sagu. Sebetulnya, ini adalah makanan khas Sulawesi Selatan, yang kebetulan bisa didapatkan di Palu. Makanan ini dibuat dengan cara mengolah tepung atau sari sagu bersama dengan sayuran dan ikan ataupun ayam.

Terkadang, makanan ini juga diberi irisan mangga, kaldu ayam, dan daging udang di dalamnya. Perpaduan bahan yang ada pada makanan ini membuat cita rasanya sangat gurih. Sudah banyak warung/kedai yang menjual makanan ini di Palu. Salah satunya adalah kedai yang ada di Jalan Basuki Rahmat.

4. Sambal Ikan Roa

Sambal Ikan Roa

Kalau kamu mau sambal bercita rasa unik, maka makanan ini patut dicoba. Sesuai namanya, ini merupakan sambal dengan bahan dasar ikan roa. Bagi yang belum tahu, ikan roa merupakan sejenis ikan yang lazim ditemukan di Sulawesi Tengah; provinsi tempat Palu berada.

Sambal roa sendiri dibuat dengan cara menghaluskan daging ikan roa, lalu dicampur dengan cabai rawit, bawang merah, dan putih, serta minyak goreng. Ikan roa serta bahan campuran tersebut lantas digoreng di atas wajan berminyak panas selama satu jam.

5. Uta Kelo

Uta Kelo

Uta Kelo merupakan sebuah sayuran dengan bahan tak biasa, daun kelor. Pada makanan ini, daun kelor diolah dengan cara dicampur dengan santan. Sesudah itu, ditambahkan sejumlah bumbu, seperti rempah, cabai merah, bawang merah, dan cabai keriting.

Tak jarang, taburan ebi dan potongan terong juga dimasukkan ke olahan sayur ini. Penggunaan santan dan cabai pada sayur ini membuat cita rasanya begitu gurih dan pedas. Konon, bila kamu menyantap sayur ini, kamu bakal merasa rindu dan kembali ke desa Suku Kaili berada, tempat sayu ini berasal.

6. Milu Siram (Binte Biluhita)

Milu Siram

Sebetulnya, makanan ini juga termasuk makanan khas Gorontalo karena kamu juga bisa menemukan makanan ini di Gorontalo. Namun, tak ada salahnya kan mencoba makanan ini di Palu? Milu Siram sendiri merupakan sup yang berbahan dasar jagung yang diracik bersama ikan, udang, dan bumbu-bumbu tertentu.

Makanan ini memiliki cita rasa asin bercampur manis dan pedas. Konon, makanan satu ini bisa menghancurkan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuhmu. Hal itu tak lepas dari kandungan karotenoid, bioflavonoid, dan vitamin C yang terkandung pada jagung; bahan dasar makanan ini.

7. Kaledo

Kaledo

Bisa dibilang, ini adalah sup kakinya kota Palu. Kaledo sendiri memang sebuah sup dengan bahan dasar tulang kaki. Hanya saja, tulang kaki pada makanan ini bukanlah tulang kaki sapi. Tetapi, tulang kaki lembu Donggala, terutama bagian ruas tulang lututnya.

Bagian ruas tulang lutut lembu Donggala sendiri dipercaya memiliki sumsum yang banyak. Ini membuat cita rasa sup ini kian lezat. Berbeda dengan sup kaki sapi, sup khas Palu ini tidak dikonsumsi dengan nasi. Tetapi, dikonsumsi bersama dengan beberapa buah ubi.

8. Duo Sale

Duo Sale

Tak hanya Sambal Ikan Roa, Palu punya satu sambal lainnya yang patut dicoba. Sambal tersebut adalah Duo Sale. Serupa dengan Sambal Ikan Roa, sambal ini juga menjadikan ikan sebagai bahan dasar. Hanya saja, ikan yang dipakai sambal ini adalah sambal ikan teri.

Sebelum diolah bersama bahan-bahan lainnya, ikan teri pada makanan ini bakal digoreng setengah matang. Sesudah itu, baru digoreng lagi bersama bumbu yang dibuat dari cabai, bawang merah, dan tomat.

Selain sebagai sambal cocolan, Duo Sale juga dipakai sebagai lauk teman santap nasi. Sambal ini memiliki cita rasa manis, pedas, dan gurih. Aromanya pun harum, sehingga kamu pun bakal semakin nikmat untuk menyantapnya.

9. Kue Paranggi

Kue Paranggi

Kalau kamu mau menyantap makanan yang lebih ringan, makanan ini amat disarankan untuk disantap. Secara bentuk, kue ini lumayan mirip dengan kue apem. Bahan dasar kue ini sendiri adalah gula merah yang dicampur sejumlah bahan lainnya.

Dalam adonan kue ini, gula merah bakal dicampur dengan soda kue, tepung terigu, dan minyak. Kue ini bisa bertahan hingga seminggu lamanya. Jadi, kue ini bisa kamu bawa sebagai buah tangan, selain dikonsumsi langsung tentunya.

10. Banua Cokelat

Banua Cokelat

Suka sajian cokelat? Coba saja makanan ini! Berbeda dengan cokelat pada umumnya, cokelat ini memiliki cita rasa pahit yang lumayan pekat. Cita rasa tersebut bakal memberikanmu sensasi rasa cokelat yang sebenarnya; agak manis dan punya rasa pahit yang pekat.

Cokelat ini sendiri memang dibuat dari cokelat asli. Tepatnya, dari biji kakao asli provinsi Sulawesi Tengah. Selain cocok dikonsumsi langsung di sana, cokelat ini juga bisa kamu bawa pulang. Silakan datang ke toko resminya di Palu, bila kamu berminat menjadikannya buah tangan.

Kini, Banua Cokelat tak hanya menyajikan rasa original dengan kepahitan yang pekat. Ada sejumlah varian rasa baru yang tekandung pada cokelat satu ini. Susu, keju, kacang mete, dan kayu manis adalah beberapa di antaranya.

Berwisata kuliner di Palu adalah pilihan tepat. Pasalnya, banyak sekali makanan khas yang lezat di ibukota Sulawesi Tengah tersebut. Sepuluh di antaranya sudah kami rekomendasikan di atas. Kalau kamu tahu makanan khas lainnya yang patut dicoba di Palu, silakan tuliskan di kolom komentar. Semoga rekomendasi di atas bisa membantumu saat bersantap ria di Palu, ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram