9 Makanan Khas Pematangsiantar untuk Para Food Traveler

Ditulis oleh Siti Hasanah

Disebut juga Kota Siantar, Pematangsiantar merupakan sebuah kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Letak kota ini hanya berjarak sekitar 128 km dari Kota Medan dan sekitar 50 km dari Kota Parapat.

Kota Pematangsiantar kerap kali jadi kota perlintasan untuk wisatawan yang akan berlibur ke Danau Toba. Oh iya, kota ini juga merupakan kota kelahiran Wapres RI ke-3, Adam Malik.

Seperti kota-kota lain di Indonesia, Pematangsiantar juga memiliki makanan khas yang menawarkan makanan dengan rasa yang unik. Apa saja makanan khas Pematangsiantar? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 10 Makanan Khas Sumatera Utara yang Unik dan Patut Dicoba

1. Nasi Galung

Meski mungkin tak sepopuler nasi Padang maupun nasi uduk dari Jakarta, nasi galung juga termasuk kuliner yang lezat dan menarik. Makanan khas Pematangsiantar ini mirip dengan nasi rame.

Namun, nasi rames khas dari Pematangsiantar ini menggoda selera karena lauknya berbumbu rempah. Kalau kamu penggemar nasi rames, pasti tak akan asing lagi saat mencicipi nasi galung ini.

Asal nasi rames yang jadi makanan khas Pematangsiantar ini dari kuliner Medan. Sepintas konsep nasi galung yang merupakan kuliner khas Pematangsiantar ini tampak sama dengan nasi Padang.

Akan tetapi, kalau dilihat lebih jelas lagi, kebanyakan lauk serta sayuran yang terdapat dalam nasi galung tidak sama dengan nasi padang.

Untuk menikmati nasi galung, paling lezat jika disantap dengan ikan manyung, ayam ataupun daging sapi yang diolah dengan berbagai bumbu.

Tambahan sambal akan menambah nikmat nasi galung ini. Kuliner yang satu ini menjadi bukti dari perpaduan antara kuliner Padang dengan kuliner Malaysia.

2. Roti Ganda

Roti GandaSumber: ksmtour.com

Jika berkunjung ke Pematangsiantar, salah satu kuliner terkenal yang banyak direkomendasikan adalah roti ganda. Makanan ini hanya bisa dijumpai di daerah Pematangsiantar.


Dibandingkan dengan roti pada umumnya, roti ganda mempunyai bentuk yang berbeda. Bentuk roti ganda ini unik dan bentuknya hampir sama dengan bentuk setengah lingkaran.

Isi roti ini beragam, ada mentega, meses, keju, gula dan beragam jenis selai. Ada isian khas dari roti ini, yaitu meses dan kacang. Sepotong roti ganda dijual mulai dari harga Rp9.000 sampai Rp17.000 per bungkusnya.

3. Ikan Mas Naniura

Jika di Jepang dikenal kuliner bernama sushi, di Pematangsiantar ada ikan mas naniura. Makanan ini adalah sushi-nya orang Batak karena proses pembuatan makanan ini cukup unik.

Proses pembuatannya dimulai dengan membersihkan ikan mas yang mentah, kemudian untuk mematangkannya ikan direndam dalam air perasan jeruk purut yang asam.

Dengan proses pengolahan yang seperti ini, kandungan protein ikan masnya akan tetap utuh karena tak terkena panas dari proses pemanggangan atau penggorengan. Makanan ini dihidangkan dengan bumbu kuning yang membuatnya jadi lebih khas.

4. Mie Gomak

Mie GomakSumber: cookpad.com

Mie Gomak memang bisa ditemui di Medan atau Sibolga. Namun kalau kamu berjalan-jalan ke Kota Pematangsiantar, jenis olahan mie ini tak akan susah untuk ditemukan. Mie yang bentuknya mirip dengan spaghetti ini diolah dengan bumbu khas Sumatera Utara.

Di Pematangsiantar, mie gomak merupakan salah satu makanan yang legendaris. Orang-orang yang berlibur ke Sumatera Utara, rela pergi jauh untuk mencicipi mie gomak Pematangsiantar. Mie gomak dibuat dari mie lidi yang bentuknya mirip dengan pasta dan dimasak dengan rempah-rempah khusus.

Terdapat dua jenis mie gomak untuk kamu cicipi. Jenis pertama yaitu mie gomak kering yang bentuknya hampir sama dengan spaghetti Italia.

Yang membedakan adalah rasa serta sayuran yang ditambahkannya. Selain itu, ada juga mie gomak kuah yang diberi bumbu dengan andaliman serta santan kental.

Untuk mencicipi mie gomak juga tidaklah sulit. Itu karena hampir di tiap sudut kota dan jalanan Pematangsiantar bisa ditemukan penjual mie gomak. Harga mie gomak cukup terjangkau, sekitar Rp 3.000 sampai Rp 5.000 per porsinya.

Baca juga: Keluyuran ke Danau Toba, Kunjungi 10 Tempat Wisata di Parapat!

5. Roti Ketawa

Ingin mencoba camilan dari Kota Pematangsiantar, kamu bisa mencoba jajanan pasar dari kota ini yang penampilannya mungkin tak asing lagi. Salah satu jajanan yang juga bisa buat camilan sehari-hari adalah roti ketawa atau roket.

Meski namanya roti, bentuknya bulat-bulat kecil seperti onde-onde. Roti ketawa juga diberi taburan wijen sehingga mirip sekali dengan onde-onde.

Yang membedakan adalah teksturnya. Onde-onde lebih chewy sedangkan roti ketawa renyah. Disebut roti ketawa karena bentuknya yang seperti orang ketawa karena roti tersebut dibelah jadi empat sisi. Makanan ini sudah hadir semenjak puluhan tahun lalu. Diperkirakan roti ini sudah ada semenjak 1978.

Kalau ingin mencicipi roti ketawa, tak sulit karena di tiap sudut jalan kota ini bisa ditemukan penjual roti ketawa. Roti ketawa terasa nikmat kalau disantap hangat di cuaca yang dingin.

Umumnya roti ini dihidangkan dengan secangkir kopi ataupun teh. Harga roti ketawa harganya mulai dari Rp10.000 per bungkusnya.

6. Babi Panggang

Kalau mencari makanan non-halal di kota Pematangsiantar yang direkomendasikan, kamu bisa coba babi panggang. Makanan khas Pematangsiantar ini banyak dijumpai dijual di tiap sudut kota.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram