9 Makanan Khas Pematangsiantar untuk Para Food Traveler

Ditulis oleh Siti Hasanah

Rasa babi panggang ini katanya lezat sekali karena menggunakan bumbu berupa rempah-rempah yang khas. Rasa makanan ini gurih dan garing di bagian luar, tapi di tengahnya terasa lembut.

Cara memasak babi panggang Pematangsiantar ada cara khusus, tidak sembarangan. Babi diproses dengan cara tradisional memakai bara arang serta pada bagian perutnya diberi isian aneka rempah khas, di antaranya andaliman. Harga seporsi babi panggang biasanya mulai dari Rp27.000 sampai Rp80.000.

7. Mie Goyang

Mie Goyang Siantar adalah hidangan khas Kota Pematangsiantar. Makanan ini diolah dengan cara yang beragam dan dengan bumbu serta nama yang berbeda-beda.

Terdapat makanan berbahan mie lainnya yang juga disebut dengan mie goyang. Sementara mie goyang yang satu ini sudah ada semenjak puluhan tahun lalu.

Makanan ini termasuk sajian non-halal karena salah satu bahannya adalah daging babi. Untuk mendapatkan makanan ini mudah karena bisa dijumpai dijual di kios-kios yang ada di pinggir jalan. Nama goyang diberikan karena makanan ini bisa menggoyang lidah yang menikmatinya.

8. Mie Sop

Mie SopSumber: genpi.co

Selain mie goyang dan mie sop, Kota Pematangsiantar juga memiliki olahan mie lainnya yang tak kalah lezatnya yang bernama mie sop. Nama makanan khas Pematangsiantar ini berbeda-beda. Ada yang menyebutnya miso, miesop atau mieso. Nama ini merujuk pada makanan yang sama.

Makanan yang dihidangkan dengan kuah ini juga bisa kamu jadikan santapan saat bulan Ramadan sebagai menu untuk berbuka puasa. Biasanya warung mie sop dapat dijumpai berdiri di daerah perkampungan yang letaknya lumayan jauh dari kota.

Untuk warga Sumatra Utara, makanan yang satu ini sudah sangat familier. Namun bagi para wisatawan, mungkin agak aneh melihat penampilan mie dan rasanya karena mie ini bukan soto juga bukan bakso dan bukan juga mie ayam atau mie rebus.

Walaupun demikian, makanan ini banyak penggemarnya dan paling enak jika disantap dengan sate kerang, sate telur puyuh, sate jengkol, dan perkedel kentang. Setiap warung mie sop mempunyai bumbu khasnya masing-masing yang ditambahkan ke dalam kuah panasnya.

Adapun pilihan mie untuk mie sop adalah mie hun serta mie kuning. Selain itu bentuk mie kuning yang digunakan untuk mie sop lebih tipis dibandingkan mie kuning yang biasa.


Untuk penyuka pedas, kamu bisa menyantap mie sop dengan tambahan sambal cabai rawit yang akan menambah nikmat makanan ini.

Harga mie sop tidak mahal dan masih terjangkau. Seporsi mie ini dijual dengan harga kira-kira Rp10.000 sampai Rp15.000.

9. Lontong Mie

Lontong MieSumber: yummy.co.id

Makanan khas Pematangsiantar yang terakhir di daftar ini adalah lontong mie. Kuah dari lontong mie sangat gurih sehingga bisa membuat air liur menetes. Tekstur mie dan lontongnya yang lembut membuat makanan ini akan lebih enak jika dinikmati bersama dengan pangsit atau wonton.

Sering kali lontong mie diberi taburan daging babi yang jadi ciri khas dari makanan yang satu ini. Ini membuat lontong mie masuk kategori makanan non-halal.

Itulah 9 jenis makanan khas Pematangsiantar yang direkomendasi untuk para foodies yang tertarik mencoba makanan dari kota ini. Jenis makanannya beragam dari berbagai olahan mie sampai ikan. Tak ketinggalan jenis roti-rotian juga ada.

Kalau ingin mencicipi makanan khas Pematangsiantar ini, kamu tak harus berada di kota ini karena sebagian bisa juga dijumpai di kota lain, seperti mie gomak. Jadi, makanan mana yang ingin kamu cicipi terlebih dulu?

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram