12 Makanan Khas Perancis yang Unik dan Populer, Mau Coba?

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah kamu sedang merencanakan liburan ke Perancis? Ingin mengunjungi menara Eiffel atau menikmati pertunjukan budaya disana, tentunya tidak akan terlepas dari mencicipi beberapa makanan khas Perancis yang enak dan terkenal. Mulai dari makanan berat sampai makanan ringan yang akan membuat kamu penasaran.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Perancis atau sekedar ingin mengenal masakan khas Perancis, berikut beberapa daftar makanan khas Perancis yang unik dan populer di bawah ini.

1. Ratatouille

Ratatouille (Copy)

Membaca kata Ratatouille mungkin mengingatkan kita dengan film kartun yang menceritakan sesekor tikus asal Perancis yang bisa memasak. Terlepas dari hal itu, Ratatouille adalah makanan yang terdiri dari kombinasi sayuran yang biasanya disajikan sebagai lauk atau sebagai isian crepes.

Ratatouille terdiri dari terong, wortel, paprika, bawang putih, bawang bombay, dan bumbu-bumbu yang dikukus dengan sedikit lemak. Ratatouille adalah makanan khas Perancis yang diakui secara internasional yang berasal dari wilayah tenggara Perancis. Sayuran-sayuran tersebut biasanya dimasak terlebih dahulu dan kemudian dipanggang dalam oven.

2. Beef Bourguignon

Beef Bourguignon (Copy)

Beef Bourguignon adalah makanan tradisional khas Perancis yang telah populer secara internasional. Makanan yang satu ini adalah sup potongan daging sapi yang dimasak dengan anggur merah, sayuran, jamur, dan bumbu.

Makanan ini menggunakan anggur merah untuk melembutkan daging dan dimasak dalam waktu yang lama. Makanan ini khas dari Burgundy, yaitu daerah di mana peternakan sapi dan anggur merah terkenal.

3. Croissant

Croissant (Copy)

Bagi kamu yang sering nongkrong di coffee shop, biasanya sudah tidak asing lagi dengan roti yang satu ini. Salah satu roti asal Perancis yangb paling populer di dunia ini adalah croissant. Aroma menteganya yang segar dan khas membuat rasanya sangat nikmat untuk sarapan sambil ditemani secangkir kopi hangat.

Roti croissant asli terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, telur, dan ragi. Biasanya croissant tidak memiliki isian, tapi ada juga yang berisi cokelat, keju, dan almond. Bentuknya yang menggelembung merupakan tanda roti croissant yang bagus.

4. Nicoise Salad

Nicoise Salad (Copy)

Nicoise salad adalah salad khas Perancis yang paling terkenal dan disajikan di dunia. Makanan ini berasal dari daerah Provence yang dapat disajikan sebagai lauk atau makanan ringan. Biasanya salad ini terdiri dari selada, tomat, telur rebus, ikan tuna, kacang hijau, dan zaitun Nicoise Cailletier.

Salad ini memiiki banyak variasi lainnya. Jika kamu bosan dengan salad biasa, mungkin kamu bisa mencoba Nicoise salad jika kamu sedang berada di Perancis.

5. Macarons

Macarons (Copy)

Kue terlaris yang paling dicari di Perancis ini berbentuk bulat yang khas dengan variasi rasa dan warnanya. Mulai dari rasa almond, cokelat, lemon, karamel, madu, bahkan ada yang rasa mawar. Warna-warnanya yang lucu dan cantik membuat macarons banyak diburu wisatawan dan menjadi salah satu makanan ringan yang terkenal di dunia.

Bentuknya yang seperti sandwich mini ini terbuat dari tepung almond, gula dan putih telur. Tekstur kue ini lembut, enak dan membuat kamu mendapatkan dua gigitan saat menyantapnya. Jadi sangat wajib dicoba jika kamu berkunjung ke Perancis.

6. Steak Tartare

Steak Tartare (Copy)

Jika kamu ingin mencari pengalaman makan yang tidak biasa, kamu harus mencoba Steak Tartare di Perancis. Steak Tartare adalah tenderloin daging sapi yang dipotong sangat kecil dengan bumbu khas dan disajikan secara mentah. Selain menggunakan daging sapi, ada beberapa juga yang menggunakan daging kuda.

Sebagai pelengkapnya ditambahkan telur dan kentang goreng. Orang Perancis sangat menyukai Steak Tartare dan ini adalah salah satu makanan yang ideal bagi kamu pecinta daging. Tentunya pembuatan Steak Tartare harus menggunakan daging sapi segar untuk menghindari timbulnya risiko penyakit.

7. Escargots

Escargots (Copy)

Apakah kamu ingin mencoba sesuatu yang cukup aneh dan tidak biasa? Jika ya, kamu harus mencoba Escargots. Escargots adalah makanan khas Perancis yang menggunakan siput matang yang dimasak dengan saus mentega.

Disajikan dalam cangkang sehingga membuat kamu harus menusuk ke dalam cangkang untuk mendapatkan dagingnya. Hampir mirip seperti makan kerang jika di Indonesia. Di Perancis, Escargots biasanya disajikan untuk hidangan malam natal, atau acara spesial lainnya.

8. Soupe a l’oignon

Soupe a l’oignon (Copy)

Soupe a l’oignon adalah sup tradisional Perancis yang terbuat dari bawang dan kaldu sapi. Biasanya dilengkapi dengan keju meleleh sebagai topping dan dipadukan dengan sepotong roti besar. Sup Perancis cenderung lebih kental dibanding sup Indonesia, tentunya rasanya pun tidak kalah enak dan gurih. Wajib di coba jika kamu sedang berada di Perancis.

Rasa luar biasa sup ini didapatkan dari karamelisasi bawang yang kadang ditambahkan sejenis minuman anggur pada akhir proses memasaknya. Untuk kuah bervariasi termasuk ada yang hanya menggunakan air, menambahkan susu atau mengentalkannya dengan telur atau tepung.

9. Coq Au Vin

Coq Au Vin (Copy)

Makanan Perancis klasik ini merupakan hidangan ayam yang direbus dengan anggur, jamur, bacon, bawang, dan sedikit alkohol. Coq au vin yang berarti “ayam jantan dalam anggur” ini adalah simbol masakan khas Perancis yang menurut legenda resepnya berasal dari kemenangan Julius Caesar.

Makanan khas Perancis yang satu ini membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasaknya dan tentu saja akan membuat tekstur dagingnya lembut dan harus kamu coba jika kamu ke Perancis ya!

10. Quiche Lorraine

Quiche Lorraine (Copy)

Salah satu makanan khas Perancis lainnya adalah Quiche Lorraine. Makanan ini adalah kue pai asin dan menjadi makan siang favorit warga Perancis. Quiche Lorraine terbuat dari telur, susu, pala, daging panggang, dan krim. Bahan-bahan tersebut memberikan rasa daging asap yang khas dan telah sangat populer, sehingga kamu dapat menemukannya di toko roti atau restoran di Perancis.

Makanan ini juga memiliki varian rasa mulai dari tuna, bacon, salmon, dan sayur. Teksturnya tebal dan bentuknya lingkaran seperti pizza. Sehingga saat dipotong, makanan ini sekilas terlihat seperti telur dadar khas Padang lho!

11. Tartiflette

Tartiflette (Copy)

Tartiflette terbuat dari kentang, bacon, bawang, reblochon, dan keju Savoyard. Makanan khas Perancis yang satu ini diproses dengan cara dipanggang dan biasanya dihidangkan selama musim dingin, dan disantap selagi hangat.

Ada variasi lain yang disebut croziflette yang di mana kentangnya diganti dengan crozet yaitu pasta soba kecil.

12. Cassoulet

Cassoulet (Copy)

Cassoulet adalah makanan khas Perancis yang terbuat dari kacang putih yang direbus perlahan dengan daging. Biasanya menggunakan daging babi atau bebek, tetapi bisa juga menggunakan sosis, daging angsa, atau daging kambing. Makanan ini biasanya disajikan di dalam sejenis pot yang dipanggang secara tradisional.

Cassoulet telah dinikmati selama berabad-abad oleh keluarga pedesaan dan hingga kini masih menjadi makanan yang nikmat dan sempurna untuk disantap saat musim dingin.

Setelah mengenal beberapa makanan khas Perancis, kira-kira mana nih yang pertama kali akan kamu coba? Unik-unik bukan makanan khas Perancis di atas? Tertarik untuk mencoba semuanya? Jika kamu tahu mengenai makanan khas Perancis lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *