10 Makanan Khas Portugal Kombinasi antara Makan Laut dan Darat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 Oktober 2021

Makanan khas Portugal merupakan representasi dari bagaimana keahlian memasak suatu negara dalam memanfaatkan lokasi geografis dan keragamannya. Memiliki akses ke Laut Atlantik dan Mediterania, membuat masakan Portugal menjadi beragam dengan menggunakan unsur-unsur dari laut dan darat.

Banyak makanan khas Portugal yang menekankan penggunaan ikan, daging, minyak zaitun, roti, tomat, bumbu-bumbu dan rempah-rempah. Makanan negara ini dibuat menggunakan bahan-bahan sederhana dan disiapkan dengan sempurna.

Cita rasa masakannya segar dan menyehatkan. Kalau ingin tahu apa yang harus kamu cicipi saat berada di Portugal, simak makanan khas Portugal berikut ini!

1. Caldo Verde

Caldo Verde

Caldo verde berasal dari utara Portugal. Makanan khas Portugal ini adalah sup yang terkenal dan ikonik di negara ini. Sup ini asalnya dari kalangan petani. Mereka menggunakan bahan-bahan yang mereka punyai untuk membuat sup caldo verde.

Sup ini bisa dinikmati kapan pun walapun sup caldo verde paling popular di musim dingin. Warna supnya hijau dan dibuat dari kol hijau gelap khusus yang tak banyak tersedia luar perbatasan Portugal.

Kol hijau bisa diganti dengan collard greens atau kale. Kombinasi antara pure kentang, irisan sosis chouriço dan minyak zaitun lokal Portugis melengkapi sup yang rasanya lezat dan hangat ini. Supnya sederhana, tapi penuh dengan rasa dan teksturnya enak. Di Portugal, hidangan ini disantap dengan roti jagung.

2. Cozido à Portuguesa

Cozido à Portuguesa

Cozido Portuguesa merupakan makanan khas Portugal yang berupa hidangan tradisional. Makanan ini sangat dihargai baik di dalam maupun di luar negeri. Bahan dasar dari resep ini yaitu stew daging, kacang polong, sosis, dan beragam sayuran, menghasilkan sajian yang penuh warna, aromatik, serta rasa yang sangat lezat. Ini adalah hidangan yang ideal untuk hari-hari di musim dingin.

Stew tradisional untuk penyuka hidangan daging ini berisi beragam daging yaitu sapi, ayam, babi, dan bermacam sosis. Ada juga beberapa sayuran, seperti wortel, kentang, kol serta kacang-kacangan.

Di tiap daerah terdapat sedikit variasi dalam resepnya, khususnya dalam hal kombinasi bahan, namun inti dari makanan tradisional ini tetap tak berubah dan hidangan ini bisa ditemukan di seluruh negeri.

3. Sardinhas Assadas

Sardinhas Assadas

Ini merupakan comfort food yang terkenal di Portugal dan menjadi daya tarik utama saat festival. Sardinhas assadas adalah ikan sarden yang dipanggang di atas api terbuka dan diberi bumbu hanya dengan garam laut kasar, minyak zaitun serta cuka.

Akan sangat sulit untuk menolak sepiring daging sarden yang baru dipanggang dengan rasa smoky-nya, khususnya selama musim panas.

Ikan panggang ini terasa renyah di luar dan dagingnya sangat lembut dan mudah hancur. Makanan tradisional ini dihidangkan dengan paprika, tomat, bawang merah, dan selada. Biasanya akan ditemani dengan bir atau segelas wine Portugis.

Pengunjung bisa menikmati sarden panggang ini di sebagian besar restoran di yang ada di seluruh negeri. Jika berkunjung ke Lisbon selama bulan Juni saat festival Santos, maka pengunjung akan dibombardir oleh aroma sarden panggang yang luar biasa.

4. Peixinhos da horta

Peixinhos da horta

Walaupun makanan khas Portugal banyak menggunakan daging dan makanan laut, peixinhos da horta merupakan menu vegetarian untuk mereka yang tak menyantap daging. Secara harfiah arti namanya adalah 'ikan kecil dari kebun'. Peixinhos da horta adalah sayuran dicabut dari tanah, kemudian dilapisi tepung dan digoreng sampai renyah hingga berwarna cokelat keemasan.

Hasilnya adalah produk jadi yang mirip dengan ikan kecil berwarna-warni. Sayuran yang umum digunakan adalah buncis, tapi labu dan paprika juga terkadang bisa digunakan. Selama berabad-abad orang Portugal sudah membuat makanan ini.

Bahkan mereka memperkenalkannya kepada orang Jepang saat misionaris Jesuit pada abad ke-16 mendarat di tepi pantai Jepang. Akhirnya gaya menggoreng ini berubah jadi tempura yang sekarang banyak dikenal dalam masakan Jepang.

5. Francesinha

Francesinha

Jika diminta memilih satu makanan khas Portugal di Porto, maka pilihannya pasti francesinha. Bisa dikatakan makanan ini paling penting dalam kuliner daerah Porto. Francesinha adalah sandwich yang disiram dengan saus yang terbuat dengan roti, ham yang direndam, linguica (sosis Portugis), dan daging sapi panggang.

Sebelum disiram dengan saus tomat dan bir yang kental, sandwich ditutupi dengan keju cair dan di atasnya diberi telur goreng. Kalau ini belum cukup mengenyangkan biasanya sandwich dihidangkan dengan kentang goreng yang banyak.

Secara harfiah kata francesinha berarti "wanita Prancis kecil" atau dalam bahasa Portugis "frenchie". Sandwich ini terinspirasi oleh sandwich croque-monsieur Prancis dan diadaptasi menjadi makanan Portugal. Sekarang hidangan ini menjadi identik dengan Kota Porto.

6. Bacalhau

Bacalhau

Dalam makanan khas Portugis mungkin bacalhau adalah hidangan paling terkenal. Bacalhau merupakan hidangan nasional Portugal dan jenis ikan yang paling sering dikonsumsi di Portugal. Istilah ikan cod dalam bahasa Portugal disebut bacalhau. Namun dalam konteks makanan, bacalhau secara khusus merujuk pada cod kering dan asin.

Jenis hidangan ini sudah diproduksi selama lebih dari 500 tahun sebagai cara untuk mengawetkan ikan cod sebelum ditemukannya pendinginan. Tak hanya mempertahankan nutrisi, mengeringkan dan mengasinkan ikan cod juga meningkatkan rasanya.

Bacalhau merupakan bagian penting dari warisan kuliner Portugal. Hidangan ini kerap hadir dalam pertemuan sosial dan beberapa wilayah di Portugal. Ikan cod kering ini dihidangkan sebagai bagian dari makanan tradisional malam Natal. Makanan ini jadi populer di negara-negara Katolik Roma lainnya sebagai hidangan Prapaskah.

7. Espetada

Espetada

Hidangan tradisional Portugis ini merupakan spesialisasi Pulau Madeira. Espetada dibuat dari potongan daging sapi yang besar yang direndam dalam garam dan bawang putih, lalu ditusuk di atas batang bay leaf. Tusukan tersebut diletakkan di atas bara panas hingga daging menjadi matang.

Ketika piknik atau pesta di Madeira, espetada merupakan hidangan paling popular untuk dihidangkan. Espetada kerap kali dihidangkan menggunakan tusuk sate yang digantungkan dari pengait secara vertikal sehingga jus dari daging beraroma tersebut bisa menetes ke piring berisi irisan tebal roti kering.

Untuk pengganti daging sapi bisa juga digunakan sosis, daging babi, dan cumi-cumi. Namun jika daging diganti, makanan tersebut bukan lagi makanan khas Madeira. Espetada merupakan makanan musim panas karenanya disarankan untuk menyantapnya dengan ditemani segelas sangria dingin.

8. Bifanas

Bifanas

Bifanas adalah sandwich lainnya yang menjadi makanan khas Portugal. Sandwich babi tradisional Portugal ini sangat popular sehingga makanan ini akan ditemukan di mana-mana di negara ini. Sandwich Portugal ini dibuat dari daging babi yang diasinkan kemudian dihidangkan dalam roti putih yang renyah.

Bumbunya yang digunakan untuk daging ini adalah rempah-rempah termasuk bawang putih, paprika, dan minuman anggur putih. Roti ini kulitnya garing di bagian luar sedangkan bagian dalamnya lembut.

Untuk makanan lengkap ketika makan siang atau makan malam, bifanas bisa dihidangkan dengan semangkuk sup serta kentang goreng. Bisa juga dihidangkan dengan bir sebagai camilan larut malam.

Konon resep asli bifana Portugal asalnya dari Vendas Novas, yaitu sebuah kota kecil yang berada di wilayah Alentejo. Letaknya di antara Lisbon dan Evora. Walaupun resep aslinya tidak banyak diketahui, tiap restoran bifana mengklaim mereka membuat versi aslinya sendiri.

9. Açorda de Marisco

Açorda de Marisco

Makanan khas Portugal ini merupakan hidangan pedesaan yang asalnya dari wilayah Alentejo di Portugal dan kemungkinan asalnya dari wilayah Arab. Cara membuatnya yaitu dengan menumbuk roti dengan ketumbar, bawang putih, cuka, dan minyak zaitun dalam kaldu seafood. Makanan ini dihidangkan dengan telur.

Resep hidangan tradisional Portugal ini bisa bervariasi tergantung wilayahnya. Penduduk setempat, khususnya buruh tani, menyesuaikan hidangan ini dengan menggunakan bahan-bahan murah lainnya yang sesuai kebutuhan mereka.

Di sepanjang pantai, sering kali udang serta makanan laut lainnya ditambahkan ke dalam resep sehingga menghasilkan sup makanan laut yang lezat.

10. Dobrada

Dobrada

Dobrada atau dobradinha merupakan makanan khas Portugal yang juga populer di Brasil. Walaupun ada beberapa variasi resep, biasanya makanan ini dibuat menggunakan kombinasi buncis, babat, paprika, bawang putih, pasta tomat, wortel serta bawang bombay.

Asal dobrada dari bagian utara negara Portugal. Sesudah jadi, hidangan ini sering diberikan hiasan berupa peterseli dan mint, lalu dihidangkan dengan nasi putih. Dobrada selama bertahun-tahun mendapatkan kepopulerannya dan sekarang dihidangkan di restoran serta rumah-rumah di seluruh Portugal dan Brasil.

Makanan khas Portugal banyak menggunakan makanan laut karena letak geografisnya. Kuliner dari negara ini juga dipengaruhi oleh budaya lain, seperti Arab. Selain ikan, daging dan sayuran juga masuk dalam bahan makanannya.

Untuk penyuka makanan laut, sepertinya makanan khas Portugal akan cocok di lidah. Mungkin kamu akan tertarik mencoba sardinhas assadas atau bacalhau. Penyuka jeroan, bisa mencoba dobrada. Kamu mau coba cicip yang mana?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram