10 Makanan Khas Probolinggo yang Menggoda untuk Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kota Probolinggo sepertinya akan mengingatkan kita pada Gunung Bromo karena banyak dari mereka yang mendaki gunung tersebut datang melalui jalur Cemoro Lawang di Kabupaten Probolinggo. Tapi kota ini tak hanya jadi jalur untuk mendaki Gunung Bromo saja, di sini juga terdapat beragam kuliner yang layak kamu cicipi.

Ingin tahu apa saja makanan khas Probolinggo yang mesti dicoba? Keluyuran sudah merangkumnya untuk kamu, simak ulasannya berikut ini ya!

1. Soto Kraksaan

Soto Kraksaan

* sumber: just4intan.wordpress.com%20

Makanan khas Probolinggo yang akan kita bahas di awal berupa soto. Seperti kita tahu soto sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Di Indonesia, soto banyak ragamnya, ada soto banjar, soto Madura, soto bandung, soto lamongan dan daerah Probolinggo juga memiliki soto khasnya.

Nama soto dari daerah Probolinggo adalah soto kraksaan. Sebenarnya soto Kraksaan ini hampir serupa dengan olahan soto lain pada umumnya. Bedanya soto kraksaan dengan soto lain yaitu kuah sotonya yang memakai santan.

Selain itu, ada lagi yang membuat soto kraksaan khas, yaitu penggunaan ayam yang dijadikan bahan untuk soto. Pilihan ayam untuk soto kraksaan adalah ayam jantan. Untuk membuat kuahnya, ayam jantan  dimasak menggunakan santan kemudian ditambahkan serbuk kelapa yang sudah disangrai.

Yang menjadikan soto ini semakin khas yaitu tambahan irisan kentang yang sudah dikukus terlebih dahulu dan juga tambahan kerupuk udang. Di Probolinggo terdapat beberapa tempat yang menjajakan menu Soto Kraksaan. Salah satunya ada di arah utara Masjid Agung Ar Raudlah.

2. Kepiting Olok

Kepiting Olok

Apakah kamu penggemar kepiting? Makanan khas Probolinggo yang selanjutnya berbahan dasar kepiting. Untuk penggemar seafood pastinya penasaran ingin mencoba makanan dari Probolinggo ini. Nama makanannya adalah kepiting olok.

Makanan ini diberi nama kepiting olok karena kepiting yang dimasak untuk makanan ini adalah kepiting muda. Cara pengolahannya, yaitu mula-mula kepiting dicuci bersih lalu dikukus terlebih dulu agar terpisah dari cangkangnya.

Selain kepiting, ada juga bahan tambahan lain untuk menu makanan khas Probolinggo ini, yaitu udang dan juga bumbu-bumbu lain yang dimasukan ke dalam cangkang supaya rasanya menjadi semakin meresap dan menyatu.

Dengan tambahan bumbu-bumbu tadi kepiting olok akan menghasilkan rasa gurih serta manis. Tekstur kepitingnya lembut karena kepiting yang dipilih untuk masakan ini adalah kepiting yang masih muda. Dipastikan kamu akan lahap makannya ketika menyantap makanan khas Probolinggo ini.

3. Nasi Campur Nyak Nyong

Nasi Campur Nyak Nyong

Kalau kamu penyuka nasi campur, ada tempat di kota Probolinggo yang bisa kamu singgahi untuk merasakan nikmatnya nasi campur. Sajian ini merupakan salah satu makanan yang paling digemari oleh masyarakat Probolinggo. Penjual nasi campur ini juga dikenal dengan nama Nasi Campur Klenteng.

Di warung yang menjajakan nasi campur ini, kamu akan mendapatkan selain nasi juga beberapa lauk, contohnya, empal kuah, serundeng, dendeng yang diberikan tambahan siraman kuah yang cukup kental juga di sisi piring akan ditambahkan sedikit sambal.

Rasanya sulit untuk menolak makanan khas Probolinggo ini. Terlalu menggoda untuk diabaikan. Jika kamu ingin mencicipi nasi ini, datanglah ke Jalan WR. Supratman, Probolinggo. Di sana kamu akan bisa mendapatkan Nasi Campur Nyak Nyong dengan harga sekitar Rp12.500 saja.

4. Ketan Kratok

Ketan Kratok

Probolinggo yang terkenal juga sebagai kota santri ini, memiliki makanan yang berbahan dasar ketan. Orang-orang yang mencoba makanan ini akan merasa ketagihan. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini tidak terlalu istimewa, hanya berupa kacang kratok.

Biasanya di daerah Probolinggo, kacang kratok diolah bersama dengan sayur lodeh juga dicampurkan dengan ketan. Cara penyajian ketan katrok ini yaitu dengan diberikan taburan parutan kelapa serta ditambahkan pemanis  gula merah yang telah di cairkan.

Jadi saat kamu mencoba kuliner dari Probolinggo yang bernama  ketan kratok ini, kamu akan merasakan sensasi gurih, asin juga manis. Karenanya tak ada salahnya kalau kamu datang ke Probolinggo cobalah cicipi makanan yang satu ini.

5. Nasi Glepungan

Nasi Glepungan

Nasi Glepungan adalah menu nasi yang harus dicoba ketika kamu berkunjung ke Probolinggo.  Dalam tiap porsi nasi glempung terdapat banyak menu makanan, contohnya tahu penyet, ikan asin, tempe, sambel, lalapan serta nasi glepungan yaitu nasi yang dicampur dengan sari-sari jagung.

Semua makanan tersebut dihidangkan dalam dalam satu piring. Nasi glepungan tampak sederhana tapi cita rasanya sangat menggugah selera. Setelah lelah berjalan-jalan di kota Probolinggo, nasi campur ini sangat cocok untuk dijadikan pengisi perut kamu yang kelaparan.

6. Anggur Prabu Bestari

Anggur Prabu Bestari

* sumber: pelakuwisata.blogspot.com%20

Selain makanan olahan, kota Probolinggo juga memiliki makanan khas lainnya berupa buah. Kamu akan bisa menikmati buah ini saat berkunjung ke Probolinggo. Namanya adalah Anggur Prabu Bestari. Bahkan buah ini jadi salah satu ikon dari kota probolinggo.

Anggur ini dibudidayakan di daerah jalan Mastrip, Desa Wonoasih, di Kabupaten Probolinggo. Pembudidayaan ini sudah berlangsung selama kurang lebih 80 dekade. Wow! Lumayan lama juga, ya. Anggur Prabu Bestari juga mempunyai beraneka jenis dan umumnya dibuat jadi minuman jus buah.

Seperti apa rasa jus Anggur Prabu Bestari saat dinikmati di cuaca siang yang panas? Yang pasti akan terasa segar sekali. Jadi kalau kamu penasaran dengan rasa Anggur Prabu Bestari, jangan lupa untuk singgah di kota Probolinggo.

7. Nasi Jagung Merpati

Nasi Jagung Merpati

* sumber: www.idntimes.com%20

Sebelumnya di atas sudah dibahas beberapa jenis nasi yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke kota Probolinggo. Ternyata kota ini masih memiliki makanan khas yang juga berupa nasi tapi sedikit berbeda dari nasi yang sebelumnya dijelaskan. Apakah itu? Namanya nasi jagung merpati.

Namanya unik bukan? Apakah hubungan nasi, jagung dan merpati? Jadi nasi jagung merpati merupakan nasi yang dibuat dari jagung. Nasi ini merupakan salah satu nasi jagung legendaries di Probolinggo yang sangat populer. Nasi ini sudah populer semejak tahun 1982.

Proses pembuatan nasi jagung dimulai dengan menumbuk jagung terlebih dahulu. Setelah itu jagung kemudian dikukus sampai mekar dan empuk. Umumnya nasi jagung ini disajikan dengan beragam lauk contohnya perkedel, urap, telur balado, atau sambal terong. Ya, miriplah dengan nasi rames.

8. Proll Tape

Proll Tape

Makanan khas Probolinggo yang satu ini merupakan olahan dari tape. Apa kamu pernah mendengar kue proll tape? Banyak orang yang mengatakan kalau jalan-jalan ke Probolinggo, tak akan lengkap jika tak mencicipi proll tape.

Proll tape sendiri merupakan jenis makanan tradisional yang bahannya adalah tape singkong yang dicampur dengan tepung terigu, telur, susu sapi, mentega serta gula. Kue ini juga diberikan topping seperti kismis dan keju. Kue ini bisa kamu temukan di pusat toko oleh-oleh di Probolinggo.

9. Rawon Nguling

Rawon Nguling

Mungkin kamu sebelumnya pernah mendengar nama Rawon Nguling yang terkenal di Jawa Timur. Namun tahukah kamu kalau rawon ini ternyata asalnya dari Probolinggo. Tepatnya, rawon ini asalnya dari  daerah kecamatan Nguling, di Probolinggo.

Rumah makan Rawon Nguling merupakan rumah makan legendaris dan tak pernah sepi pengunjung. Tiap hari rumah makan ini ramai dengan pembeli terutama saat memasuki jam makan siang. Kamu harus siap-siap melihat tempat ini penuh dengan pengunjung.

Yang membuat orang ketagihan adalan perpaduan antara rawon dengan nasi yang juga ditambah dengan sambel bajak. Kalau kamu mau berkunjung ke rumah makan ini dan mencicipi rawonnya, datanglah ke jalan Raya 75, Tambak Rejo, Tongas, Probolinggo.

10. Bakso Pak Eddy

Bakso Pak Eddy

Satu lagi makanan dari Probolinggo yang selalu dicari banyak penikmat kuliner, yaitu Bakso Pak Eddy. Warung bakso ini terletak di Jalan Soekarno Hatta. Sejak awal berjualan bakso racikan Pak Eddy ini tak berubah dan selalu terasa enak.

Warung bakso yang terkenal ini sudah berdiri semenjak tahun 1997. Hebatnya lagi, bakso Pak Eddy ini juga menjadi langganan para artis yang datang ke kota Probolinggo. Bakso Pak Eddy isinya beragam contohnya, bakso urat yang berbentuk segitiga. Ada juga telur, ati, serta tahu isi juga bakwan goreng.

Kuliner dari kota santri ini ternyata cukup beragam dan menggugah selera. Ada beragam jenis makanan yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke kota ini. Dari mulai bakso hingga rawon semuanya ada di kota Probolinggo. Jadi, kapan kamu berencana singgah di kota ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *