10 Makanan Khas Rembang yang Wajib Kamu Cicipi Saat Liburan

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Rembang sebuah daerah yang terletak di pesisir pantai, yang pasti terkenal dengan wisata sejarahnya seperti Lasem yang terkenal dengan nuansa Tionghoanya. Tetapi Rembang juga memiliki olahan makanan yang khas yang mesti kamu cicipi saat berkunjung ke Kota Rembang.

Penasaran dengan makanan khas Rembang? Simak beberapa makanan khasnya yang sudah kamu rangkum berikut ini.

1. Lontong Tuyuhan

Lontong Tuyuhan

Lontong adalah makanan yang mestinya sering dan pernah kamu cicipi sebelumnya, tetapi lontong tuyuhan yang merupakan khas dari Rembang memiliki rasa dan juga bentuk yang berbeda. Kuliner lontong tuyuhan merupakan makanan yang sarat akan nilai spiritualitas dalam bentuknya.

Lontong Tuyuhan memiliki bentuk segitiga, yang menurut penjelasan sejarahnya bentuk segitiga itu memiliki makna yang dalam. Tiga sudut pada lontong menggambarkan cinta kepada Tuhan, cinta kepada alam, dan cinta kepada makhluk hidup. Selain memiliki makna yang dalam lontong ini juga lezat.

Lontong ini biasanya dimasak dengan ayam kampung, tetapi sekalipun ayam yang digunakan adalah ayam kampung, tapi dagingnya tidak alot. Kuah lontong tuyuhan terbilang pas tidak terlalu kental dan juga tidak terlalu encer. Oh iya, nama Tuyuhan merupakan nama desa dari tempat lontong berasal.

2. Sate Srepeh

Sate Srepeh

Sate mungkin makanan yang sering kamu cicipi, tapi apa kamu sudah pernah mencoba sate srepeh khas Rembang? Sate srepeh memiliki perbedaan pada bumbu satenya. Sate srepeh disajikan dengan menggunakan bumbu kuah yang berasal dari rempah rempah dan juga santan.

Daging yang digunakan biasanya adalah daging ayam yang kemudian di siram dengan bumbu kuah yang bersantan. Sate ini bisa kamu makan bersama dengan lontong. Jika kamu tertarik kamu bisa makan di  satu warung makan yang sudah cukup terkenal yaitu Sate Srepeh Pak No.

Tempat makan sate yang ini cukup terkenal , lokasinya berada di Jalan Dr. Wahidin No. 09 Rembang. Kamu bisa datang ke tempat makan ini pada pukul 06.30 – 10.00 WIB, lalu mereka buka kembali pada pukul 15.00 – 21.00 WIB. Jadi jangan lewatkan untuk mencicipinya ya!

3. Kelo Mrico

Kelo Mrico

Kelo dalam bahasa Jawa Rembang berarti sayur yang berkuah, sedangkan Mrico adalah merica. Kedua kata itu mengandung makna makanan yang berkuah dengan rasa merica. Bahan untuk sayur berkuah ini adalah ikan laut, dan merupakan makanan khas dari desa wisata Tasikharjo, kecamatan Kaliori.

Ikan yang digunakan untuk sup kelo mrico ini adalah ikan dukang atau juga disebut dengan ikan sembilang. Pada kuliner ini memiliki bumbu kuah berarna kuning dengan rempah dari merica yang sangat dominan. Rasa yang dihasilkan dari merica itu terasa sedap dan juga pedas.

4. Urap Latoh

Urap Latoh

Kata urap biasanya digunakan pada makanan yang menggunakan parutan kelapa. Latoh merupakan sejenis tanaman rumput laut yang betuknya seperti daun cemara yang berwarna hijau. Latoh dapat dengan mudah kamu temukan di sepanjang pesisir pantai Kota Rembang.

Latoh sendiri menjadi satu hasil bagi nelayan di Kota Rembang, terutama di daerah Sarang. Latoh dimasak dengan dicampurkan bersama parutan kelapa, dan sangat niikmat jika kamu memakannya bersama dengan nasi liwet yang hangat dan didampingi lauk pauk yang lainnya.

Tanaman rumput lautnya sendiri memiliki rasa yang asin jika kamu makan, sehingga rasanya akan terasa unik di lidah. Urap latoh dapat kamu temukan di warung-warung makan yang berada di Kota Rembang. Kamu bisa menyantap urap latoh dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Asem-Asem Sapi

Asem-Asem Sapi

Kuliner yang satu ini merupakan makanan olahan dari daging sapi. Daging sapi dimasak dengan cara disayur yang memiliki kuah yang segar, dan potongan daging sapi dengan ukuran besar. Sekalipun ukurannya besar dagingnya memliki tekstur yang lembut saat kamu memakannya.

Kuah dari asem asem dihasilkan dari tulang sapi, sekalipun begitu kamu akan melihat kuahnya yang jernih tanpa adanya lemak dari tulang dan daging sapinya. Kuliner ini terasa segar dimulut dengan adanya tambahan dari asam jawa dan daun salam, serta dapat kamu tambahkan cabe hijau.

6. Soto Rembang

Soto Rembang

Saat kamu mendengar kata soto, tentunya kamu akan langsung ingat dengan tampilan dan juga rasanya. Soto rembang memiliki santan pada kuahnya yang membuatnya terasa lebih gurih dan nikmat. Tambahan santan pada kuahnya yang kuning membuatnya terasa lebih kental.

Pada soto Rembang ini kamu bisa menggunakan daging ayam atau daging sapi sebagai bahan utamanya. Selain daging biasanya juga ditambahkan kol, tauge dan soun putih, serta taburan bawang goreng dan seledri. Kamu bisa menikmati kuliner ini dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Telur Rajungan

Telur Rajungan

Kuliner ini seperti namanya, memiliki bahan utama berupa telur dari hewan rajungan. Kuliner yang satu ini cocok buat kamu yang senang dengan makanan laut. Rajungan sendiri merupakan binatang yang mirip dengan kepiting jika kamu melihatnya dengan sekilas, tetapi keduanya berbeda.

Telur rajungan biasanya diolah dengan bumbu rempah yang khusus untuk menghilangkan bau amisnya. Walau banyak yang menyangka kuliner ini sebagai makanan mewah, tetapi sesungguhnya harganya masih terjangkau, sekitar Rp10.000 untuk satu porsinya.

8. Sayur Mangut

Sayur Mangut

Sayur mangut adalah makanan yang tebilang cukup dikenal di Kota Rembang. Sayur mangut merupakanan hidangan yang berbahan dasar ikan. Daging ikan dimasak dengan cara diberi bumbu kuning. Menu ini merupakan makanan yang sering dicari oleh wisatawan yang datang ke Rembang.

Sensasi yang kamu rasakan akan berbeda, dengan olahan lain yang sama menggunakan santan. Masakan ini biasanya disajikan dengan menggunakan kepala dari ikan mangut. Kamu bisa mendapatkan sayur ikan mangut di sekitar komplek pelabuhan Tasikagung Rembang.

9. Jadah

Jadah

Jadah merupakan makanan yang berbahan dasar beras ketan yang dimasak bersama santan. Jadah diolah dengan cara menumbuk beras ketan yang telah dikukus terlebih dahulu bersama bahan yang  lainnya. Setelah halus akan dicetak dengan bentuk persegi , kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Jadah memiliki rasa yang gurih dari campuran santan kelapanya dan juga rasa manis. Jadah yang dibungkus dengan daun pisang memberi aroma harum pada makanannya Di Rembang sendiri jadah memiliki beberapa sebutan seperti gemblong, kamu bisa menemukan makanan ini di pasar tradisional.

10. Dumbeg

Dumbeg

Satu lagi makanan dari Rembang yang menggunakan beras ketan sebagai bahan dasarnya. Camilan itu bernama dumbeg, adonannya dari beras ketan air dari pohon nira, dan juga gula pasir. Makanan ini biasannya dibungkus dengan menggunakan daun lontar, dengan bentuk seperti terompet.

Dumbeg memiliki rasa gurih dan juga manis, camilan ini dapat kamu temukan di pasar-pasar tradisional. Selain itu kue ini juga biasa disajikan pada saat ada acara sedekah desa atau juga sedekah laut. Penganan ini dijual dengan harga yang cukup murah jika kamu berminat untuk mencobanya.

Itulah makan-makan yang dapat kamu cicipi saat berkunjung ke Kota Rembang. Penganan ini akan mudah kamu temui karena merupakan makanan yang khas dari Kota Rembang. Jadi jangan lupa untuk mencoba mencicipi beberapa kuliner ini, dijamin kamu tidak akan menyesal. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *