10 Makanan Khas Selandia Baru Hasil Perpaduan Beragam Budaya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 November 2021

Saat traveling, mencoba makanan lokal merupakan sebuah kebiasaan yang banyak dilakukan orang-orang. Jadi, saat kamu berjalan-jalan ke Selandia Baru, hal yang tak boleh kamu lewatkan adalah mencoba makanan khas Selandia baru. Bukan hanya buah kiwi tapi juga makanan yang lainnya. Kuliner Selandia Baru terdiri dari beragam jenis, ada makanan berat, dessert juga cemilan.

Makanan, atau “kai” dalam bahasa Maori, selama ribuan tahun sudah jadi bagian penting dari budaya Maori. Mereka memiliki makanan khas juga cara memasak yang unik. Penasaran seperti apa makanan khas Selandia Baru? Yuk simak ulasannya!

Baca juga: 10 Tempat Wisata di New Zealand yang Sangat Menarik

1. Hāngi

Hāngi

Hāngi merujuk pada teknik tradisional memasak makanan dalam oven bawah tanah yang sudah lama dipraktikkan di Selandia Baru. Penduduk Maori awal adalah pembawa tradisi ini. Teknik memasaknya unik karena melibatkan pembuatan lubang besar pada tanah, kemudian melapisinya dengan batu penahan panas dan terakhir barulah menyalakan api.

Sesudah batu dipanaskan, bermacam-macam bahan diatur di dalam oven dengan hati-hati, kemudian selama beberapa jam dibiarkan dikukus hingga jadi empuk dan lezat. Dahulu, biasanya untuk mencegah uap keluar, makanan ditutupi menggunakan dedaunan dan tanah. Namun sekarang orang menggantinya dengan memakai kain, aluminium foil dan keranjang kawat.

Makanan khas yang biasa dimasak di antaranya berbagai tanaman umbi-umbian, daging, ikan, buah-buahan yang mengandung tepung serta kerang. Walaupun teknik ini masih dipraktikkan hingga sekarang, kebanyakan teknik ini dipakai saat acara-acara khusus dan pertemuan besar karena pembuatannya akan memakan waktu dan melelahkan.

Menariknya, di Rotorua, salah satu tempat dengan sumber air panas alami, suku Maori memakai mata air tersebut untuk memanaskan batu bukannya menggunakan api.

2. Domba Panggang

 Domba Panggang

Domba asal Selandia Baru sudah terkenal di seluruh dunia. Hewan ternak ini merupakan salah satu ekspor utama dari negara kiwi ini. Dagingnya bisa dibeli di banyak supermarket yang ada di luar negeri. Meskipun bisa ditemui di negara lain, tapi mencicipi daging ini di negara asalnya tentunya tak boleh dilewatkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke negeri ini.

Cobalah untuk mencicipi domba panggang saat makan siang di hari Minggu dengan ditemani wine pinot noir. Salah satu restoran yang direkomendasikan yaitu Pedro’s House of Lamb. Restoran ini mengkhususkan diri dalam seni domba panggang. Cabang restoran ini bisa ditemui di Auckland, Christchurch, dan Queenstown.

3. Māori Boil-Up

Māori Boil-Up

Māori Boil Up Selandia Baru merupakan makanan lain ciptaan dari bangsa Polinesia yang pertama kali bermigrasi ke dan mendiami Selandia Baru. Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan hampir semua jenis daging. Sementara untuk sayuran yang digunakan termasuk kumara (ubi jalar), kentang, selada air, kubis dan wortel.

Namun tidak ada aturan khusus untuk bahan-bahannya, jadi kamu bisa memvariasikan bahan-bahannya dan tetap menjadi Māori Boil Up khas Selandia Baru yang otentik dan lezat. Umumnya makanan ini dibuat di hāngi. Metode memasak ini masih digunakan dan disukai oleh penduduk Polinesia yang menjadi penduduk asli pertama dari pulau Selandia Baru.

Boil-up atau merebus merupakan teknik Māori yang unik untuk menyiapkan daging dan sayuran dengan cara merebusnya menggunakan panci besar berisi air.

Sementara untuk pilihan dagingnya, apa saja bisa dimasukkan, mulai dari sapi, babi, dan ayam sampai kambing dan domba, tetapi dagingnya harus dipotong besar-besar. Ketika dihidangkan, boil-up bisa nampak seperti kuah kental atau kuah tipis.

4. Colonial Goose

Colonial Goose

Colonial goose merupakan makanan khas Selandia Baru yang ditemukan oleh penduduk Inggris pada abad ke-19. Ini adalah usaha mereka untuk membuat ulang makanan yang berasal dari tanah kelahirannya menggunakan bahan-bahan yang tersedia di tempat tinggal mereka yang baru.

Harga angsa mahal dan juga langka, sementara daging domba dan kambing jumlahnya melimpah ruah dan tersedia untuk tiap kelas sosial. Akhirnya para pendatang asal Inggris itu makan jenis daging yang tersedia tiap kali mereka makan.

Untuk menyiapkan makanan menyerupai angsa tersebut, kaki domba atau kambing dibuang tulangnya kemudian diisi dengan campuran aprikot kering, madu, bawang bombay dan remah roti, kemudian dibumbui dengan thyme, peterseli, atau sage.

Kaki yang diisi tadi lalu diikat menyerupai angsa dan ditempatkan dalam rendaman yang berisi red wine. Sesudah itu selama kurang lebih dua jam dipanggang dalam oven. Hidangan ini populer sekali selama tahun 1980-an dan semenjak itu jadi hidangan klasik yang terkenal. Makanan ini sering dibuat untuk perayaan pertengahan musim dingin.

Sesudah matang, tali pengikatnya kemudian dilepas dan irisan tipis daging umumnya dihidangkan dengan labu dan kentang.

5. Fish and Chips

Fish and Chips

Sebenarnya fish and chips bukan asal Selandia Baru, tapi makanan takeaway ini sangat terkenal di kalangan masyarakat kiwi. Namun berbeda dengan di Inggris, di Selandia Baru di toko fish and chips biasanya orang bisa menemukan beberapa makanan laut di, sebut saja kerang, cumi-cumi, tiram, dan lain-lain yang mengalahkan ikan cod.

Ketika memesan makanan ini, kamu harus mengucapkan nama menunya seperti yang dilakukan oleh penduduk setempat. Mereka mengucapkan fish and chips sebagai 'fish n chips'. Mungkin hidangan takeaway ini adalah makanan paling terkenal di Selandia Baru.

6. Sup Labu Selandia Baru

Sup Labu Selandia Baru

Sup labu ini merupakan makanan khas Selandia Baru yang menawarkan banyak variasi. Hidangan tradisional ini paling sering dibuat dengan kombinasi labu yang dihaluskan, serai, bawang bombay, mentega, kuning telur, pala, santan, tepung, dan bumbu.

Bawang bombay dan serai ditumis menggunakan mentega sampai lunak, kemudian pure labu dimasukkan ke dalam panci bersama dengan sedikit air serta pala yang baru diparut.

Campuran tersebut kemudian direbus sebentar. Setelahnya dicampur dengan roux yang dibuat dari tepung dan santan. Menjelang akhir proses memasak ke dalam kuah ditambahkan kuning telur yang sudah dikocok. Sesudah selesai, sup dihidangkan panas dan jika diinginkan dapat dihias menggunakan crouton, potongan roti kecil yang dibakar ulang.

7. Sausage Sizzle

Sausage Sizzle

Di Selandia Baru sausage sizzle bisa merujuk pada dua hal, yaitu camilan dan acara penggalangan dana lokal. Pada dasarnya camilan ini dibuat dari sosis yang diletakkan di atas roti tawar, kemudian dilumuri dengan saus tomat ataupun mustard serta diberi taburan bawang goreng.

Sementara acara penggalangan dana merupakan tempat biasa jajanan dijual, sering diadakan di area tertutup ataupun gazebo. Penduduk lokal menggunakan sausage sizzle sebagai sarana pengumpulan uang yang dilakukan di beragam tempat, seperti di sekolah dan klub olahraga, dan bahkan juga di beberapa acara politik.

Jika sangat ingin mencoba sosis ini di Selandia Baru, pergilah ke Bunnings Warehouse yang setiap akhir pekan akan menjual sausage sizzle.

8. Pai Daging

Pai Daging

Pai daging merupakan makanan yang sudah lama ditemukan di Inggris. Namun Selandia Baru yang juga merupakan negara persemakmuran Inggris sudah sejak lama mengambil kue yang gurih ini sebagai milik negaranya. Kalau kamu belum tahu apa itu pai daging, ini adalah adalah kue dengan isian daging yang membuat ketagihan orang yang menyantapnya.

Di Selandia Baru, juru masak sering menyajikan pai daging dengan saus tomat. Pilihan isiannya tak hanya daging sapi cincang, beberapa juru masak ada juga yang mengisi pai dengan segala macam rempah-rempah Asia juga daging lain seperti daging domba, babi, dan steak.

9. Kiwiburger

Kiwiburger

Burger sudah menjadi makanan yang banyak ditemukan di berbagai negara. Negara Selandia Baru juga memiliki varian sendiri seperti juga es krimnya. Nama burger ini adalah kiwiburger. Burger-nya sendiri dibuat dari patty daging sapi yang juicy, telur, keju, bawang bombay, selada, tomat, dan buah bit serta ditambah saus tomat juga mustard.

Kiwiburger sudah muncul di berbagai menu restoran burger terkenal selama bertahun-tahun, seperti Fergburger, BurgerFuel, dan Burger Wisconsin. Semuanya menawarkan cita rasa klasik mereka sendiri.

10. Madu Manuka

Madu Manuka

Makanan khas Selandia baru yang sering jadi suvenir juga hadiah yang bagus sesudah berjalan-jalan di negara kiwi ini sangat mudah untuk didapatkan. Madu manuka bisa dijadikan oleh-oleh khas Selandia Baru yang juga dapat dikonsumsi.

Madu ini berasal dari pohon manuka. Dibandingkan dengan madu biasa, madu ini lebih berat dan rasanya lebih tajam. Sepulang dari Selandia Baru, kamu bisa membawa madu manuka untuk keluarga juga teman-teman dan saudara. 

Selandia Baru adalah negeri yang terkenal dengan domba dan kiwinya. Selain itu, negara ini juga sering dijadikan lokasi syuting film-film Hollywood. Tambahan lain adalah makanan khas Selandia baru yang unik.

Jika kamu berencana berjalan-jalan ke negeri kiwi ini, sepertinya mencicipi makanan khas Selandia Baru akan merupakan jadi keharusan. Mungkin kamu ingin mencoba makanan penduduk aslinya. Pastinya ini akan jadi petualangan kuliner yang menarik, bukan?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram