10 Makanan Khas Serang yang Terkenal Paling Nikmat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada yang kurang rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tapi tidak mencicipi kuliner atau makanan khas dari daerah tersebut. Terutama saat ingin mengunjungi banyak tempat, pasti kita butuh tenaga untuk menjalaninya. Salah satu caranya adalah mengisi perut dengan kuliner khas daerah tersebut.

Nah, salah satu daerah yang memiliki kuliner nikmat adalah kota Serang, Banten. Pada artikel kali ini, kamu akan diajak untuk mengetahui tentang apa saja kuliner khas Serang. Penasaran? Yuk, simak 10 makanan khas Serang yang paling nikmat berikut ini.

1. Sate Bandeng

Sate Bandeng (Copy)

* sumber: pesonaindonesia.kompas.com

Umumnya sate menggunakan daging ayam, sapi, atau kambing sebagai bahan dasarnya. Tapi sate kali ini berbeda, Serang memiliki sate unik menggunakan ikan bandeng sebagai bahan utamanya. Sehingga sate bandeng menjadi salah satu makanan khas Serang. Sate bandeng khas Serang ini tidak memiliki duri, jadi membuat penikmatnya tidak akan kesulitan saat makan ikan.

Proses pembuatannya menghancurkan daging ikan terlebih dahulu supaya terpisah dari kulitnya. Kemudian dicampur dengan santan dan bumbu rempah lalu daging ikan dimasukkan ke dalam kulit ikan bandeng sehingga terlihat seperti utuh kembali.

Sate bandeng merupakan makanan khas serang yang cukup tahan lama karena diawetkan dengan cara dibakar. Hingga kini sate bandeng menjadi makanan yang wajib dicoba bagi wisawatan yang berkunjung ke Serang.

2. Pecak Bandeng

Pecak Bandeng (Copy)

Makanan khas Serang lainnya yang berbahan dasar ikan bandeng adalah Pecak Bandeng. Hampir sama seperti sate bandeng, proses pembuatan Pecak Bandeng dengan cara dibakar tetapi tidak dihancurkan.

Hal yang istimewa dari Pecak Bandeng adalah sambalnya yang dicampur langsung dengan ikan bandeng. Rasa sambalnya yang khas terasa sangat pedas dan segar. Biasanya disajikan dengan sayur asem atau lalapan berupa timun dan daun kemangi sebagai pelengkapnya.

3. Rabeg

Rabeg (Copy)

Makanan berkuah khas Serang ini memiliki rasa gurih, manis dan pedas yang akan membuat kamu ketagihan. Rabeg khas Serang berbahan dasar daging atau jeroan kambing dengan kuah hitam kecokelatannya yang khas.

Masakan ini beraroma khas Timur Tengah yang pada zaman dahulu disajikan untuk penghuni istana secara turun temurun. Sekilas makanan ini mirip dengan semur, tetapi rabeg memiliki rasa yang lebih khas dan lebih kuat.

4. Nasi Bakar Sum-sum

Nasi Bakar Sum-sum (Copy)

* sumber: www.indonesiakaya.com

Nasi merupakan makanan utama masyarakat Indonesia. Terdapat beragam olahan nasi dari berbagai daerah termasuk di Serang. Makanan khas Serang yang menggunakan nasi sebagai bahan utamanya adalah nasi bakar sum-sum.

Makanan ini memiliki sejarah yang cukup unik. Berawal dari tahun 1941 yang dimana para pekerja tukang potong hewan di Serang melihat sisa-sisa tulang yang dibuang begitu aja. Mereka pun membawa tulang-tulang tersebut dan membuat  pembeli tertarik. Pada bagian dalam tulang, ada sum-sum yang dimanfaatkan untuk dicampur di dalam nasi bakar.

Kejadian tersebut berlangsung hingga sekarang dan menjadi salah satu makanan khas Serang yang paling banyak dicari.  Umumnya nasi bakar sum-sum menggunakan nasi kuning yang dilengkapi dengan sambal kacang. Nasi bakar sum-sum khas Serang dibungkus menggunakan daun pisang.

5. Nasi Belut

Nasi Belut (Copy)

* sumber: topmedia.co.id

Sesuai dengan namanya, makanan khas Serang yang satu ini menyajikan nasi dengan belut goreng kering yang dibalut dengan bumbu rempah khas Serang. Supaya lebih nikmat, belut goreng tersebut di geprek atau digepuk  saat jeroannya dibersihkan. Sehingga membuat rasa dagingnya empuk atau lunak.

Selain itu disajikan dengan sambal khas yang pedas dan lalapannya. Biasanya nasi belut dilengkapi dengan tempe atau tahu.

6. Gerem Asem

Gerem Asem (Copy)

* sumber: resepmasakankabayan.blogspot.com

Gerem asem adalah makanan khas Serang yang menggunakan daging ayam atau bebek sebagai bahan utamanya. Makanan ini memiliki rasa khas yaitu pedas dan asam. Walaupun rasanya pedas dan asam, makanan ini tidak akan membuat perutmu bermasalah. Gerem asem sangat cocok dimakan saat siang hari.

Sekilas makanan ini terlihat seperti sop. Biasanya dicampur dengan sayuran dan cabe rawit yang dibiarkan utuh sehingga membuat tampilannya lebih menarik. Dicampur dengan tetesan jeruk nipis yang akan mmebuat rasanya segar saat disantap.

7. Pasung Merah

Pasung Merah (Copy)

Selain makanan berat, Serang juga memiliki makanan ringan yang cukup unik. Salah satunya adalah pasung merah. Makanan ringan ini adalah jajanan pasar paling populer di Serang dan biasanya disajikan dalam acara pernikahan, syukuran, atau khitanan. Makanan ini dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk kerucut atau corong.

Pasung merah terbuat dari campuran gula merah dan tepung beras. Kue ini bertekstur kenyal dan wangi. Rasanya yang manis dan legit akan membuat kamu ketagihan!

8. Ketan Bintul

Ketan Bintul (Copy)

Makanan ringan lainnya yang berasal dari Serang adalah Ketan Bintul. Rasa ketannya yang gurih dan lembut membuat Ketan Bintul menjadi makanan favorit terutama saat bulan puasa. Ketan Bintul terbuat dari beras ketan yang diolah menjadi adonan padat. Umumnya makanan ini berbentuk bulat pipih dan ada juga yang berbentuk persegi.

Makanan ringan ini dikukus dengan santan kental. Ketan Bintul disajikan dengan serundeng yang terbuat dari kelapa parut berwarna kecokelatan sehingga membut rasanya nikmat. Bahkan untuk menambah sensasi makan yang nikmat, ketan ini disajiakn dengan kuah rendang sapi atau kerbau.

9. Emping Melinjo

Emping Melinjo (Copy)

Emping adalah salah satu makanan khas Serang yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Sebenarnya makanan ini mirip dengan keripik karena bentuknya yang tipis. Terbuat dari melinjo yang disangrai dengan pasir panas lalu digepuk sehingga menjadi tipis atau gepeng. Kemudian di jemur hingga kering dan digoreng.

Emping umumnya memiliki rasa asin dan gurih. Tapi kini emping memiliki rasa yang bervariasi mulai dari yang gurih hingga rasa manis. Emping sangat coock disantap sebagai pelengkap nasi goreng atau dijadikan sebagai camilan saja.

10. Lepet

Lepet (Copy)

* sumber: food.detik.com

Lepet adalah makanan khas Serang yang terbuat dari beras ketan yang berisi kacang tanah. Makanan ini dibungkus dengan daun kelapa muda atau daun janur kering. Penggunaan daun janur dipilih supaya tangan tidak lengket saat memakannya. Bentuknya memanjang seperti lontong. Setelah dibentuk dengan daun janur, lepet diikat dengan tali rafia dan dikukus selama 4 jam.

Rasanya lembut, kenyal dan cocok dinikmati saat sore hari sambil santai. Biasanya lepet bisa ditemukan sebagai jajanan pasar khas Serang.

Nah, kamu sudah tahu kan makanan khas Serang apa saja yang harus kamu coba. Jika kamu berkunjung ke Serang, jangan lupa untuk mencicipi beberapa makanan di atas ya! Bagi kamu yang tahu mengenai makanan khas Serang lainnya atau pernah mencicipi salah satu makanan di atas, silahkan berbagi dengan kami dikolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *