Keluyuran / Kuliner Singapura / 10 Makanan Khas Singapura yang Enak dan Wajib Dicoba

10 Makanan Khas Singapura yang Enak dan Wajib Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Mei 2019

Singapura punya sejumlah makanan khas di dalamnya. Tentu ini adalah kabar baik buatmu yang ingin wisata kuliner di Singapura. Dari makanan ringan hingga yang berat, bisa kamu jumpai dan kamu santap selama di Singapura nanti.

Di artikel ini, Keluyuran bakal memberikan rekomendasi makanan khas Kota Singa tersebut. Sejumlah rekomendasi tersebut bisa kamu lihat di bawah ini.

10 Makanan Khas Singapura

1. Fried Carrot Cake (Chai Tow Kway)

Chai Tow Kway

* sumber: thehungrybackpackers.wordpress.com

Dari namanya, kamu mungkin mengira kalau makanan ini berbahan dasar wortel. Namun, kamu salah. Pasalnya, makanan ini dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang dipotong-potong sedemikian rupa. Bahan dasar tersebut nantinya dikukus bersama lobak putih, lalu digoreng bersama telur dan daun bawang. Makanan satu ini bisa kamu temui di sejumlah hawker atau pusat jajanan kaki lima di Singapura.

2. Roti Prata

Roti Prata

* sumber: ridhaskitchen.wordpress.com

Bagi kamu pecinta penganan roti, maka makanan satu ini patut untuk dicoba. Ini adalah roti yang bentuknya serupa roti India/Arab dengan pinggirannya yang bersisik, serta dibuat dengan cara digoreng. Roti ini lazimnya digoreng di atas wajan hingga warnanya kecokelatan.

Supaya lebih lezat disantap, roti ini biasanya disajikan bersama dengan saus kari yang pedas. Roti ini juga bisa disajikan bersama keju, telur, bahkan dengan pisang.

3. Popiah

Popiah

* sumber: www.misstamchiak.com

Bisa dibilang, kalau ini adalah versi Singapura-nya lumpia khas Semarang. Ini tak lepas dari bentuknya yang mirip makanan khas Ibukota Jawa Tengah tersebut. Adapun yang menjadi pembeda adalah kulit yang dipakainya.

Pada makanan ini, kulit yang dipakai bentuknya agak tipis. Dari segi isian, Popiah punya isian berupa tauge, lobak kukus, telur, omlet telur, timun, udang, dan kacang. Makanan ini lazimnya disantap bersama dengan sambal ataupun saus manis.

4. Hokkien Prawn Mee

Hokkien Prawn Mee

* sumber: www.misstamchiak.com

Ini adalah makanan yang recommended untuk para pecinta mi atau bihun. Makanan satu ini merupakan penganan berbahan mi kuning atau bihun yang ditumis dengan sejumlah bahan. Bahan-bahan yang digunakan biasanya adalah telur, kecap asin, tauge, bawang putih, cumi, dan udang.  Setelah ditumis, semua bahan tersebut lalu direbus bersama seafood di dalam kuah kaldu. Barulah setelah itu digoreng hingga kuahnya tersisa sedikit saja.

Ada nilai sejarah tersendiri dibalik makanan ini. Konon, makanan ini tercipta dari tangan para pelaut dari Tiongkok Selatan pada masa silam. Itu mengapa terdapat nama “Hokkien” pada makanan satu ini. Kalau kamu mau menyantap makanan ini, kamu bisa mengunjungi Kim’S Famous Fried Hokkien Prawn Mee yang ada di Jalan Eunos 62B, Singapura

5. Mi Siam

Mi Siam

* sumber: mayakitchenette.com

Masih ada satu sajian mi lain yang bisa kamu coba di Singapura nanti. Mi Siam adalah nama makanan tersebut. Mi satu ini berbahan dasar mi beras tipis yang digoreng dengan sejumlah bahan. Bahan-bahan yang dipakai biasanya tak jauh dari pasta udang dan rempah-rempah khusus.

Setelah matang, mi ini biasanya akan dibubuhi sejumlah bahan. Misalnya: kacang kering, telur rebus, saus kacang kedelai asin, dan daun bawang Tiongkok.

6. Laksa Singapura

Laksa Singapura

* sumber: eatwhattonight.com

Tak hanya di Indonesia, Singapura juga menjadikan laksa sebagai makanan khasnya. Di Singapura, laksa dibuat dengan cara merebus mi beras bersama udang kering dan susu kelapa. Ketiga bahan tersebut direbuskan ke dalam saus pedas kental yang kaya aroma pedas.

Setelah matang, bahan-bahan tersebut lantas diberi  tauge dan tiram segar. Selain itu, ditambahkan pula potongan tipis mentimun, ikan, udang, sambal cabai, serta potongan daun laksa.

7. Chili Crab

Chili Crab

* sumber: www.epicurious.com

Untuk pecinta kepiting, makanan khas Singapura ini wajib untuk dicoba. Ini adalah hidangan kepiting yang dilumuri saus dan bumbu berbahan cabai yang kental. Walau bumbunya berbahan cabai, cita rasa kepiting ini tidak pedas,  cocok untuk yang tidak suka pedas.

Agar lebih lezat, kamu bisa menambahkan taburan bawang putih dan cuka beras pada menu satu ini. Bahkan, kamu juga bisa menyantapnya dengan kue Mantau khas negeri Tiongkok. Makanan khas Singapura ini bisa kamu jumpai di berbagai tempat makan. Salah satunya adalah restoran Singapore Seafood Republic yang ada di 26 Sentosa Gateway, #02-138 Festival Walk, Singapura.

8. Fish Soup

Fish Soup

* sumber: hellosingaporetours.com

Sesuai namanya, ini adalah makanan khas Singapura berbentuk sup ikan. Adapun ikan yang dipakai adalah ikan bilis atau yang biasa disebut anchovy. Ikan tersebut lazimnya disajikan dengan udang, sayuran, dan juga bihun. Bahkan, di beberapa tempat makan, sup ini malah ditambahi dengan susu, sehingga membuat kuahnya memutih.

Ada sejumlah hawker yang menyajikan makanan satu ini. Salah satunya adalah Maxwell Food Centre yang ada di 1 Kadayanallur Street, Singapura.

9. Rojak

Rojak

* sumber: www.camemberu.com

Bisa dibilang, kalau makanan ini adalah rujak dengan kearifan lokal khas Singapura. Rujak Singapura ini dibuat dari sejumlah bahan, seperti: lobak, nanas, tauge, sotong panggang, timun, kacang yang telah dihancurkan, dan cakue. Semua bahan tersebut dicampur bersama saus kental yang gelap. Ini membuat Rojak memiliki rasa yang lezat, asam, dan manis dalam tiap gigitannya.

Sudah banyak tempat makan Singapura yang secara khusus menyediakan makanan ini. Salah satunya adalah Lau Hong Ser Rojak yang ada di 281 Onan Rd. #02-14, Singapura.

10. Pulut Hitam

Pulut Hitam

* sumber: delishar.com

Bila Rojak adalah rujak a la Singapura, maka Pulut Hitam adalah versi Singapura dari bubur ketan hitam. Analogi itu tak lepas dari bahan dasar dan bentuk dari makanan satu ini yang mirip dengan bubur ketan hitam.

Pulut Hitam dibuat dari beras hitam. Bahan tersebut membuat makanan ini kental akan warna kehitamannya. Di Singapura, makanan ini biasanya disajikan bersama dengan susu kelapa yang harum. Di beberapa tempat, makanan ini juga dilengkapi potongan buah lengkeng di bagian atasnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar