Sedapnya 10 Makanan Khas Solo yang Menggugah Selera Ini

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 1 Mei 2020

Kuliner bisa dilakukan di mana saja, terutama saat kamu berkunjung ke kota atau negara yang belum pernah kamu singgahi sama sekali. Kamu harus mencicipi berbagai kuliner dari daerah yang kamu datangi tersebut.

Solo adalah salah satu daerah yang punya kuliner lezat. Apabila kamu berencana berkunjung ke Solo dalam waktu dekat, maka kamu harus mencoba semua makanan khas Solo setibanya di sana. Biar kamu nggak bingung menentukan pilihan, Keluyuran akan memberi list makanan khas Solo yang sedap dan menggugah selera berikut ini.

1. Nasi Liwet

Nasi Liwet

* sumber: food.detik.com

Belum ke Solo kalau belum menyantap nasi liwet. Boleh dibilang bahwa nasi liwet ini adalah nasi campurnya Wong Solo. Bahkan, dari sekian banyak makanan khas Solo, nasi liwet menjadi salah satu makanan yang paling banyak dicari oleh wisatawan yang datang dari luar Solo.

Nasi liwet sendiri adalah nasi putih yang diolah dengan santan agar rasanya lebih gurih. Nasi gurih ini nantinya akan disajikan di atas daun pisang bersama dengan lauk lain, seperti sayur labu siam, suwiran ayam, dan telur rebus yang dimasak opor.

Di Solo, kamu bisa dengan mudah menemukan tempat makan yang menjual nasi liwet. Namun, salah satu kedai nasi liwet yang paling populer adalah Nasi Liwet Wongso Lemu di Jalan Teuku Umar.

2. Serabi

Serabi

* sumber: solo.korinatour.co.id

Beberapa daerah di Indonesia memiliki kue serabi khas. Akan tetapi, daerah yang paling terkenal dengan kelezatan serabinya adalah Solo. Rasanya kurang afdol jika kita berkunjung ke Solo tanpa mencicipi serabinya.

Serabi ini adalah kue sejenis pancake yang dibuat dari adonan olahan tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan. Adonan ini nantinya dimasak di atas anglo menggunakan panci seukuran serabi yang akan dibuat. Sebagai variasi, serabi khas Solo juga ditambah dengan meses cokelat, keju, atau potongan buah nangka.

Dari sekian banyak serabi yang dijual di Solo, hanya Serabi Notosuman lah yang paling terkenal. Kamu bisa membeli Serabi Notosuman ini di Jalan Muhammad Yamin No. 28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta.

3. Selat Solo

Selat Solo

* sumber: indonesia.go.id

Sudah pernah mencoba makanan khas Solo yang pernah disajikan pada Raja Salman ketika beliau berkunjung ke Indonesia? Jika belum, kamu wajib mencoba Selat Solo ini ketika kamu berkunjung ke Solo. Hidangan ini cukup unik karena merupakan perpaduan antara makanan citarasa Eropa dengan Indonesia.

Isi dari Selat Solo sendiri adalah daging yang diolah menjadi sejenis steak, lalu disajikan dengan telur, buncis, wortel, dan kentang. Sebelum disajikan, makanan akan disiram dengan kuah semur. Rasanya benar-benar nikmat dan cocok banget dengan lidah masyarakat Indonesia.

Tempat makan Selat Solo yang paling terkenal adalah Warung Selat Mbak Lies, tepatnya berada di Jalan Veteran, Gang II No. 42, Serengan, Kota Surakarta.

4. Brambang Asem

Brambang Asem

* sumber: solo.tribunnews.com

Tidak ingin menyantap makanan yang terlalu berat? Tenang saja, Solo juga punya makanan yang bisa menjadi pengganjal perut, namanya brambang asem. Makanan ini terbuat dari daun ubi jalar yang direbus, lalu disiram dengan bumbu yang terbuat dari bawang merah, cabai rawit, dan terasi.

Brambang asem sangat cocok bila disantap bersama tempe gembus, olahan tempe yang terbuat dari ampas tahu. Sekilas tampilannya mirip dengan plencing sayur, tetapi rasanya berbeda, lho. Selain bisa dinikmati secara langsung, brambang asem juga bisa dijadikan lauk untuk disantap dengan nasi putih.

5. Tengkleng

Tengkleng

* sumber: www.primarasa.co.id

Siapa yang bisa menolak kelezatan tengkleng? Makanan legendaris dari Solo nikmatnya nggak tertolong deh! Seporsi tengkleng biasanya berisi tulang belulang sapi yang dimasak dengan kuah kuning kaya rempah. Kamu tidak perlu khawatir karena di tulang-tulangnya masih terdapat daging atau lemak kok.

Kenikmatan akan semakin terasa ketika kamu menggigit langsung daging yang masih menempel di tulangnya. Gurihnya kuah tengkleng juga akan membuatmu semakin bersemangat menyantapnya. Penasaran dengan kelezatan makanan ini? Kamu bisa menemukan tempat makan di Solo yang menjual menu tengkleng ini dengan mudah.

6. Timlo

Timlo

* sumber: phinemo.com

Secara tampilan, timlo memang mirip dengan sup ayam. Akan tetapi, setelah melihat bahan-bahan di dalamnya, timlo ini lebih mirip dengan soto. Lantas, rasa timlo lebih mirip dengan sup atau soto, ya?

Timlo memiliki kuah yang lebih mirip dengan sup. Namun, bahan-bahan di dalam timblo memang serupa dengan bahan yang biasa dipakai membuat soto, seperti so’un dan suwiran ayam. Selain so’un dan ayam, timlo juga berisi telur kecap, wortel, dan sosis. Kuah yang dipakai untuk membuat timlo adalah kuah kaldu yang rasanya sangat gurih. Timlo cocok sekali untuk sajian makan siang maupun untuk santapan malam yang wajib dicoba saat berkunjung ke Solo.

7. Kupat Tahu

Kupat Tahu

* sumber: www.idntimes.com

Satu lagi makanan khas Solo yang bisa dibilang legend, yakni kupat tahu. Makanan ini cukup sederhana karena isinya hanyalah tahu goreng, mie, ketupat, dan tauge yang disiram dengan bumbu kecap manis cair. Namun, rasa kupat tahu ini luar biasa istimewa! Kamu dijamin ketagihan kalau sudah mencoba kupat tahu.

Kalau kamu adalah penyuka makanan pedas, kamu bisa request ke pedagang kupat tahu untuk menambahkan potongan cabai rawit lebih banyak. Hmm.. Makanan ini bisa menjadi pengganjal perut yang nikmat dan murah meriah.

8. Sate Buntel

Sate Buntel

* sumber: food.detik.com

Sate adalah makanan yang dimiliki oleh beberapa daerah, ada Sate Madura, Sate Ponorogo, sampai Sate Padang. Solo juga memiliki hidangan sate yang khas, namanya sate buntel. Sate yang satu ini terbuat dari daging kambing yang dicincang halus, lalu dibungkus dengan lemak kambing dan dibakar sampai matang.

Bumbu sate buntel ini cukup simple, yaitu kecap manis, bawang merah, dan tomat. Pada dasarnya, tanpa menggunakan bumbu pun sate buntel ini sudah memiliki cita rasa yang gurih. Sate buntel juga nikmat jika disantap bersama dengan tongseng kambing.

9. Lenjongan

Lenjongan

* sumber: solovely.id

Usai menyantap makanan berat, kini saatnya kamu mencicipi makanan penutup khas Solo, yaitu lenjongan. Lenjongan sendiri berisi beberapa jenis jajan pasar yang rasanya legit, seperti tiwul, gethuk, cenil, ketan item, ketan putih, dan klepon.

Sebagai pemanisnya, penjual akan menyiramkan gula merah cair ke atas jajanan yang umumnya disajikan di atas daun pisang tersebut. Sampai saat ini, lenjongan masih bisa ditemukan dengan mudah di sejumlah pasar tradisional di Surakarta.

10. Wedangan

Wedangan Omah Lawas

* sumber: surakarta.go.id

Jika Yogyakarta punya ‘angkringan’, Solo juga punya kuliner serupa, namanya Wedangan. Makanan khas Solo yang satu ini benar-benar mengajakmu untuk merakyat. Kamu akan merasakan sensasi menikmati makanan ini sambil lesehan.

Wedangan sendiri berisi nasi kucing, nasi porsi kecil yang sudah berisi lauk sederhana. Nasi kucing ini nantinya akan disantap bersama aneka sate, seperti sate kerang, sate usus, sate kikil, dan sate telur puyuh. Menikmati wedangan ini akan terasa semakin nikmat jika kamu juga memesan wedang kopi atau wedang jahe hangat.

Bagaimana? Sudah siap untuk mencicipi makanan khas Solo ini? Ada banyak makanan lezat yang harus kamu coba ketika berada di Solo. Kamu pun bisa menambah referensimu dengan mengunjungi artikel tempat makan hits di Solo ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram