10 Makanan Khas Spanyol yang Delicioso dan Wajib Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Alangkah sia-sianya, bila kamu tak berwisata kuliner saat di Spanyol nanti. Soalnya, Spanyol punya banyak makanan yang delicioso (enak). Bahkan, amat cocok untuk lidah orang Indonesia. Beberapa di antaranya bakal kami rekomendasikan untukmu. Simak yuk beberapa rekomendasi yang kami maksud berikut ini!

1. Churros con Chocolate

Churros con Chocolate (Copy)

Makanan ini sebetulnya bisa kita temukan di Indonesia. Namun, untuk rasa yang lebih otentik, kamu mesti mencobanya langsung dari negara asalnya. Churros sendiri dibuat dari tepung roti yang dibentuk menjadi adonan kue, lalu dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk panjang.

Adonan tersebut lalu digoreng, ditiriskan, diberi hiasan gula, dan bubuk kayu manis. Makanan ini biasanya disantap dengan cara dicocolkan ke dalam saus cokelat. Saus cokelat yang dipakai biasanya dibuat dari cokelat yang dicampur susu cair, gula, dan larutan maizena.

2. Patatas Bravas

Patatas Bravas (Copy)

Bisa dibilang kalau ini adalah kentang gorengnya Spanyol. Namun, dengan bentuk yang cukup berbeda. Pada makanan ini, kentang yang dipakai adalah kentang putih yang dipotong dalam bentuk segiempat berukuran dua sentimeter.

Kentang yang dipotong itu lantas digoreng dengan minyak goreng. Setelah itu, disajikan selagi hangat dan diberi siraman saus tomat di bagian atasnya. Makanan ini bisa kamu temui di sejumlah restoran atau bar yang ada di kota Madrid.

3. Empanadas

Empanadas (Copy)

Empanadas adalah salah satu hidangan tapas khas Spanyol. Bagi yang belum tahu, tapas merupakan jenis makanan yang disajikan dalam porsi kecil dan biasa disajikan sebagai teman minum di bar. Empenadas sendiri dibuat dari adonan patty yang diberi isian di dalamnya,

Isian yang dipakai adalah daging, keju, sayur, dan huitlacoche. Tampilan makanan ini sangatlah mirip dengan pastel yang ada di Indonesia. Makanan satu ini tak hanya bisa kamu temui di Spanyol. Sejumlah negara Amerika Latin pun juga menyediakan makanan satu ini.

Argentina salah satunya. Di negara tempat kelahiran Lionel Messi ini, Empanada biasanya memiliki isan berupa daging sapi dipotong dadu, dan dicampur dengan jinten serta paprika.

4. Crema Catalana

Crema Catalana (Copy)

* sumber: spanishsabores.com

Makanan ini adalah versi Spanyol dari crème brulle. Makanan ini sering disantap sebagai makanan pencuci mulut di kala makan siang. Crema Catalana dibuat dari cornstarch, susu, lemon, bubuk kayu manis, kuning telur, dan raspberry/stroberi.

Makanan ini bisa kamu temukan di sejumlah restoran di wilayah Katalan, khususnya Barcelona. Salah satunya adalah restoran Taverna El Glop. Restoran ini letaknya persis di Carrer de Sant Lluis, 24, 08012, Barcelona, Spanyol.

5. Pan Con Tomate

Pan Con Tomate (Copy)

Makanan satu ini juga sering disebut Pa amb tomaquet. Dalam bahasa Spanyol, makanan ini mempunyai arti “roti dengan tomat”. Makanan ini biasa dijumpai di beberapa daerah di Spanyol, seperti Valencia, Andalusia, Aragon, dan Kataunya.

Makanan ini disajikan dengan cara membakar roti hingga matang. Setelah matang, bagian atas roti itu lalu diolesi dengan saus tomat. Saat disantap, Pan Con Tomate akan disajikan bersama sosis, sayur, keju, ataupun omelet.

Menurut sejarawan Nestor Lujan, makanan ini pertama kali dikenal pada 1884. Saat itu, makanan ini dibuat oleh para petani desa saat panen tomat sedang melimpah.

6. Mallorcan Tumbet

Mallorcan Tumbet (Copy)

Seperti Empanadas, makanan satu ini juga termasuk ke dalam hidangan tapas. Mallorcan Tumbet sendiri merupakan sajian salad yang berasal dari Mallorca, Spanyol. Bahan dasar makanan ini adalah potongan kentang, terong, dan paprika merah.

Sebelum disajikan, ketiga bahan dasar itu bakal digoreng dulu dengan minyak zaitun. Setelah digoreng, ketiganya lantas disajikan bersama, serta diberi taburan tomat goreng, bawang putih, dan peterseli. Makanan ini nantinya bakal disajikan bersama daging, ikan, atau tanpa keduanya.

7. Pulpo a la Gallega

Pulpo a la Gallega (Copy)

Bagi kamu pecinta makanan laut, Pulpo a la Gallega sangat patut dicoba. Pulp a la Gallega dibuat dari daging gurita yang direbus terlebih dulu di kuali tembaga. Gurita pada makanan ini direbus dengan cara mencelup dan mengeluarkan bagian tentakelnya dari kuali sebanyak tiga kali.

Cara merebus itu dilakukan agar bagian tentakelnya melengkung. Gurita yang direbus itu lantas dipotong menjadi beberapa bagian, ditaburi garam kasar, dan diberi potongan paprika pedas serta manis. Agar makin lezat, bagian atas makanan ini pun bakal diberi siraman minyak zaitun.

Gurita pada makanan ini memiliki tekstur yang tidak terlalu matang, dan tidak terlalu kenyal. Gurita pada makanan ini pun juga tidak berbau amis sama sekali. Jadi, tak usah ragu bila hendak menyantap sajian delicioso ini.

8. Fabada Asturiana

Fabada Asturiana (Copy)

Bila kamu berkunjung ke daerah Asturias, maka kamu bakal menemukan salah satu makanan Spanyol yang enak di sana. Namanya adalah Fabada Asturiana. Sebuah olahan kacang yang cara pengolahannya mirip dengan bubur.

Kacang pada makanan ini nantinya bakal diolah bersama daging babi, puding hitam, chorizo dan juga saffron. Di Spanyol (khususnya di Asturias), Fabada Asturiana sering disajikan sebagai sajian makan besar atau sajian makan siang di kala musim dingin tiba.

9. Gazpacho

Gazpacho (Copy)

Gazpacho merupakan sajian sup tomat yang diolah bersama dengan roti, bawang putih, garam, minyak zaitun, dan vinegar. Tak seperti sup kebanyakan, sup ini justru disajikan dalam keadaan dingin. Maka tak heran, bila warga Spanyol seorng menyantap makanan ini di siang hari, utamanya saat cuaca sedang panas-panasnya.

Ada sejumlah teori tentang sejarah muncul makanan ini. Konon, makanan ini muncul seiring kedatangan orang Romawi ke Spanyol (dan juga Portugal). Saat itu, mereka membawa sebuah sajian sup berbahan roti, minyak zaitun, bawang putih, dan air yang kelak akan dikenal sebagai Gazpacho.

Di Spanyol, Gazpacho bisa ditemukan di sekitaran daerah Andalusia. Banyak sekali varian dari makanan ini. Mulai dari Gazpacho berbahan dasar alpukat, hingga yang berbahan dasar kaldu daging ataupun semangka.

10. Paella

Paella (Copy)

Siapa bilang Spanyol tak punya sajian nasi? Negara tempat kelahiran Rafael Nadal ini juga punya sajian nasi yang khas seperti Indonesia. Nama sajian itu adalah Paella. Sebuah sajian nasi yang bentuknya seperti nasi goreng khas Indonesia.

Makanan ini bisa kamu temukan di daerah Valencia, Spanyol. Di sana, Pella dibuat dengan cara memanaskan minyak zaitun terlebih dulu. Setelah itu, barulah tumis sejumlah bahan dasar dari makanan satu ini.

Seperti: daging, sayuran hijau, bawang putih, parutan tomat, kacang, paprika, rosemary, dan tentu saja nasi/beras. Dalam proses penumisannya, bahan-bahan itu nantinya bakal dicampur sejumlah bumbu. Mulai dari garam, kunyit, dan bumbu-bumbu lainnya.

Alangkah sia-sianya bila kita tak berwisata kuliner saat piknik ke Spanyol. Soalnya, Negeri Matador itu punya sejumlah makanan khas yang delicioso. Sepuluh di antaranya sudah kami rekomendasikan di artikel kali ini. Jadi, jangan sampai tidak berwisata kuliner di Spanyol, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *