Keluyuran / Wisata Jawa Barat / Kalau ke Subang, Jangan Lupa Mencicipi 10 Makanan Khas Ini

Kalau ke Subang, Jangan Lupa Mencicipi 10 Makanan Khas Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 September 2019

Subang adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang harus kamu kunjungi. Selain kaya akan tempat wisata, daerah penghasil nanas ini juga punya beragam makanan khas. Kamu harus mencobanya bila kamu hendak ke daerah satu ini.

Jangan bingung dengan makanan apa saja yang harus diicip saat di Subang nanti. Di artikel ini Keluyurun bakal memberikan beberapa rekomendasi makanan khas Subang yang wajib kamu coba sebagai berikut:

1. Dodol Nanas

Dodol Nanas (Copy)

* sumber: www.suherlin.com

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, kalau Subang adalah penghasil buah nanas. Di sana, nanas tak hanya dijual begitu saja. Buah tersebut juga diolah lagi menjadi makanan lezat lainnya. Dodol nanas adalah salah satunya.

Pada makanan satu ini, nanas Subang diolah dengan cara diparut. Setelah itu dicampur dengan tepung ketan dan gula hingga berbentuk adonan dodol. Adonan dodol yang sudah jadi lantas diolah di dalam ketel besar, hingga menjadi dodol nanas yang lezat.

2. Cokelat Nanas

Cokelat Nanas (Copy)

Sumber: https://twitter.com/yunwidia

Tak hanya dijadikan dodol, nanas Subang pun juga rupanya bisa dijadikan makanan lain yaitu coklat nanas. Proses pembuatan makanan ini tak jauh beda dengan coklat pada umumnya. Yang membedakan hanyalah isian coklatnya yang berupa selai nanas.

Cita rasa coklat ini cukup unik. Dalam tiap gigitannya, kamu bakal merasakan sensasi manisnya coklat yang berpadu dengan asamnya selai nanas. Tak hanya cocok dikonsumsi langsung, makanan satu ini juga bisa kamu jadikan buah tangan. Untuk membelinya, kamu bisa datang ke toko Cokelat Chocobos yang ada di Kampung Ciseuti, Jalancagak, Subang.

3. Bubuy Ayam

Bubuy Ayam (Copy)

Sumber: https://twitter.com/dbubuy_maatik

Bubuy ayam adalah makanan khas Subang yang cukup tradisional. Bubuy ayam sendiri dibuat dari daging ayam yang sebelumnya telah dipendam di dalam bara. Sebelum dipendam dalam bara, daging ayam bakal dibumbui terlebih dahulu serta dibungkus dengan daun pisang.

Kalau kamu mau menyantap makanan ini, sebaiknya kamu harus memesannya sehari sebelumnya. Pasalnya, proses pembuatan makanan ini cukup lama sehingga kamu tak bisa memesannya secara mendadak.

Kalau kamu tertarik untuk mencoba, sila datang ke restoran D’Bubuy Ma Atik yang ada di Jalan Letjen Suprapto, Karanganyar, Subang.

4. Nasi Liwet Subang

Nasi Liwet Subang (Copy)

* sumber: putratravel.net

Kalau mau makanan yang agak berat, makanan khas Subang ini cocok untuk dicoba. Cara penyajian nasi liwet khas Subang sendiri tak jauh beda dengan nasi liwet di daerah lain. Nasi liwet khas Subang bisa disajikan langsung di atas daun pisang atau diletakkan di dalam sebuah kastrol.

Untuk lauknya, makanan khas Subang ini biasanya disajikan bersama lauk ikan nila goreng, sambal terasi dan lalapan. Kalau mau mencicipi makanan ini, kamu bisa datang ke restoran Nasi Liwet Kang Nana yang ada di Jalan Otto Iskandardinata No. 16, Subang.

5. Oncom Dawuan

Oncom Dawuan (Copy)

* sumber: pasundanekspres.co

Sesuai namanya, makanan satu ini merupakan sajian oncom yang berasal dari Dawuan, Subang. Oncom satu ini tidak dibuat dari kacang kedelai. Tetapi, dari kacang tanah yang berkualitas dan bebas dari hama.

Oncom Dawuan tak hanya bisa kamu konsumsi langsung. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai buah tanganmu nanti. Apalagi, saat ini sudah banyak yang menjual Oncom Dawuan yang bertekstur kering. Oncom Dawuan kering sendiri amat cocok dibawa pulang karena sifatnya yang tahan lama. Untuk membeli oncom istimewa ini, kamu bisa datang saja langsung ke area kecamatan Dawuan.

6. Keripik Nanas

Keripik Nanas (Copy)

Masih ada satu olahan nanas lainnya yang bisa kamu santap di Subang, selain dodol dan coklat nanas tentunya. Makanan tersebut adalah keripik nanas. Makanan ini dibuat dari nanas Subang yang sudah matang, dan kemudian diolah dengan sedemikian rupa.

Untuk menjadi keripik nanas yang lezat, nanas Subang dikupas dan direndam terlebih dahulu. Setelah itu, dipotong tipis-tipis dan digoreng hingga kering. Seperti halnya makanan khas Subang sebelumnya, makanan satu ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh nanti.

7. Tutut Soding

Tutut Soding (Copy)

* sumber: mysuhendi.tumblr.com

Tutut atau keong sawah sudah lazim dijadikan santapan di sejumlah daerah di Jawa Barat. Subang termasuk salah satunya. Di daerah ini, ada satu sajian tutut ternama yang wajib dicoba. Tutut Soding adalah yang kami maksud.

Ini adalah sajian tutut yang diolah dan dijual langsung oleh pemiliknya, Mang Soding. Tutut buatan Mang Soding sendiri direkomendasikan karena rasanyanya yang lezat, serta daging tututnya yang empuk. Kelezatan tutut satu ini terletak pada penggunaan bumbu rempah di dalam tutunya.

Tutut satu ini pun juga tidak berbau lumpur saat disantap. Hal itu lantaran tutut satu ini telah direndam dulu semalaman, sebelum akhirnya diolah bersama bumbu rempah. Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja datang ke restoran Tutu Soding yang ada di Ciberes, Subang.

8. Gepuk Warisan Nini

Gepuk Warisan Nini (Copy)

Serupa dengan tutut, gepuk juga bisa kamu temukan di Subang. Adapun gepuk di Subang yang harus kamu coba adalah Gepuk Warisan Nini. Nama gepuk ini sendiri terilhami dari resep gepuknya yang memang berasal dari nini (nenek) si pembuat.

Kelebihan gepuk ini tak hanya dari teksturnya yang empuk. Cita rasa rempah yang kuat adalah kelebihan lainnya yang dimiliki gepuk khas Subang ini. Gepuk Warisan Nini sendiri terdiri atas dua macam, yaitu gepuk ayam dan sapi.

Kamu bisa mencoba kedua jenis gepuk itu langsung saat di Subang. Atau, menjadikannya sebagai buah tanganmu kelak. Silakan datang langsung ke toko resminya yang ada di Jalan Martha, Cisalak, Subang, bila kamu penasaran seperti apa cita rasa dari Gepuk Warisan Nini.

9. Abon Jantung Pisang

Abon Jantung Pisang (Copy)

Abon biasanya dibuat dari daging ayam ataupun sapi. Tapi tidak dengan abon satu ini. Abon khas Subang ini dibuat dari bahan tak biasa jantung pisang. Jantung pisang pada abon ini sendiri diolah dengan cara yang tak jauh berbeda dengan abon pada umumnya.

Jangan khawatirkan cita rasa abon satu ini. Pasalnya, cita rasa abon ini sama enaknya dengan abon-abon lainnya yang sudah ada di pasaran. Penggunaan jantung pisang membuat abon ini bisa disantap oleh siapa saja termasuk kamu yang vegetarian.

10. Ikan Lapan Crispy

Ikan Lapan Crispy (Copy)

* sumber: putratravel.net

Subang tak hanya menghasilkan buah nanas semata. Daerah satu ini juga salah satu penghasil ikan lapan. Sebuah ikan yang bentuknya kecil mirip ikan teri dan biasanya hidup di sungai-sungai. Ikan ini tak hanya dikonsumsi atau dijual mentah-mentah oleh masyarakat Subang.

Masyarakat Subang juga lazim mengolah ikan ini menjadi santapan lain. Salah satunya adalah Ikan Lapan Crispy. Ini adalah sajian ikan lapan yang diolah dengan mencampurkan ikan dengan tepung crispy lalu kemudian digoreng.

Makanan satu ini cocok untuk dijadikan camilanmu kala di Subang. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai lauk untuk santap nasimu kelak.

Subang mempunyai sejumlah makanan khas yang bisa kamu coba. Dan beberapa di antaranya yang sudah kami rekomendasikan di atas. Apakah kamu tertarik untuk mencicipinya? Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar