Yuk, Cobain 10 Makanan Unik dan Enak Khas Sukabumi Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain mochi, Kota Sukabumi juga ternyata punya ragam jenis makanan khas yang bisa Anda cicipi. Pada kesempatan kali ini, Keluyuran akan memberikan informasi mengenai 10 makanan khas Sukabumi yang wajib untuk Anda coba dan tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Kota Sukabumi.

Kebanyakan makanan dari Kota Mochi ini tidak kalah unik dan enak dari daerah-daerah lainnya di Jawa Barat. Nah, Anda penasaran, makanan apa saja yang masuk ke dalam daftar? Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini. Oh ya, sebelumnya, jangan lupa juga untuk menyimak artikel 10 Makanan Khas Jawa Barat yang membahas mengenai makanan khas Sunda lainnya.

1. Sate Aci

sate aci sukabumi

* sumber: cookpad.com

Sate aci adalah salah satu makanan khas Sukabumi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Jika Anda bosan dengan sate berbahan daging ayam atau sapi, Anda bisa mencoba sate berbahan dasar tepung kanji ini.

Sate aci khas sukabumi ini dibuat dengan cara memasak tepung kanji dengan api kecil sembari diaduk hingga mendidih. Setelahnya, adonan sate aci ditusuk menggunakan tusuk sate yang biasa digunakan untuk sate pada umumnya. Sate aci kemudian siap dihidangkan dengan bumbu kacang.

Sate aci ini bisa jadi alternatif Anda yang nggak suka makan daging, tapi ingin mencoba sensasi makan sate dengan bumbu kacang yang lezat. Anda mau mencoba?

2. Bubur Ayam Sukabumi

makanan khas sukabumi bubur ayam sukabumi

* sumber: resepmakansedap.info

Siapa yang tidak kenal dengan bubur ayam? Semangkuk bubur ayam ini pasti selalu menjadi teman Anda setiap sarapan, bukan? Tahukah Anda bahwa Kota Sukabumi punya bubur ayam khas-nya sendiri. Bubur ayam khas Kota Sukabumi ini memiliki perbedaan yang tak terlalu kentara dengan bubur ayam khas Cianjur.

Bedanya, bubur Ayam dari Sukabumi menambahkan cakwe sebagai topping-nya. Sementara bubur ayam dari Cianjur cukup ditambahkan kerupuk saja.

Kaldu bubur ayam Sukabumi tak dicampur dengan daun bawang seperti bubur khas Kota Cianjur, melainkan hanya ditabur di bagian atasnya. Bagaimana, apakah Anda sudah pernah mencicipi bubur ayam khas Sukabumi ini?

3. Nasi Uduk Ungu

nasi uduk ungu sukabumi

* sumber: www.tribunnews.com

Kota Sukabumi juga ternyata punya makanan khas yang unik, lho. Adalah nasi uduk ungu yang cukup populer di kalangan pecinta kuliner. Nasi uduk ungu ini dijual di sebuah resto makanan yang cukup tersohor di sana.

Nasi uduk Sukabumi sendiri dilengkapi dengan lauk pauk yang sama dengan nasi uduk kebanyakan, yakni menggunakan tempe, telur dadar, tahu hingga daging ayam. Hanya saja, warna nasi uduk ini berbeda dari yang lain, yaitu berwarna ungu.

Warna ungunya ternyata dihasilkan dari campuran ubi ungu, lho. Hmmm unik juga ya? Anda tertarik untuk mencoba nasi uduk ungu ini?

4. Roti Priangan

roti priangan sukabumi

* sumber: pegimakan.id

Selanjutnya, ada roti priangan yang sudah ada sejak puluhan tahun silam. Roti priangan ini merupakan roti tradisional yang hanya ada di Sukabumi. Salah satu hidangan roti yang paling populer dan banyak dicari adalah roti tanduk. Roti yang dinamakan tanduk, karena bentuknya menyerupai tanduk.

Roti tanduk ini tersedia dengan isian mentega dan susu. Nah, kalau Anda berkunjung ke Kota Sukabumi, jangan lupa untuk mencicipi roti priangan tradisional yang satu ini, ya.

5. Bolu Pisang Sukabumi

bolu pisang

* sumber: www.ayobogor.com

Bolu pisang juga adalah salah satu makanan khas Sukabumi yang cukup digandrungi. Sesuai namanya, adonan bolu pisang ini dicampur dengan buah pisang. Sehingga, rasa yang dihasilkan juga unik dan tentu saja enak. Rasa manis dan legit dari bolu pisang ini benar-benar sanggup membuat Anda ketagihan.

Kini, bolu pisang sendiri tidak hanya memiliki satu rasa original saja, namun bolu pisang dengan aneka topping seperti keju hingga selai stroberi juga telah beredar di pasaran.

6. Geco

geco sukabumi

* sumber: tipsorangsehat.blogspot.com

Geco atau tauge-tauco dijuluki sebagai makanan sejuta umat. Satu porsi makanan khas Sukabumi ini terdiri dari toge, tahu, mie, tauco dan juga ketupat. Sekilas, tampilannya agak mirip kupat tahu, namun geco ini tentu saja berbeda dari kupat tahu, karena menggunakan tauco.

Geco ini merupakan makanan lawas yang sejak dahulu sudah digemari dan masih eksis hingga saat ini. Kalau Anda bertandang ke Kota Sukabumi, Anda wajib mencoba hidangan ini.

7. Nasi Uduk Hijau

nasi hijau

* sumber: jajanangurih.blogspot.com

Serupa dengan nasi uduk berwarna ungu, nasi uduk hijau juga meraih popularitas tinggi dan menjadi salah satu makanan khas Kota Sukabumi yang banyak dicari.

Jika nasi uduk ungu menggunakan ubi ungu sebagai pewarna alami nasi, nasi uduk hijau menggunakan bayam yang terkenal bagus untuk kesehatan tubuh. Tak ada yang berbeda di antara keduanya selain penggunaan bahan untuk pewarna nasi tadi. Serupa dengan nasi uduk ungu, nasi uduk hijau juga disajikan dengan telur dadar, tahu, tempe hingga daging ayam juga kerupuk bawang.

8. Leor

leor

* sumber: merahputih.com

Leor adalah salah satu makanan khas sukabumi yang juga wajib untuk Anda coba. Leor khas Kota Mochi Sukabumi ini terbuat dari daging sapi bagian pipi. Leor ini dikabarkan memiliki rasa yang mirip dengan semur daging pada umumnya.

Nah, buat Anda yang suka daging sapi, makanan dari Kota Seribu Bubur yang satu ini wajib untuk Anda cicipi. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba leor?

9. Deblo

deblo

* sumber: cookpad.com

Deblo adalah salah satu makanan khas Sukabumi yang mulai sulit ditemukan. Makanan ini terbuat dari singkong yang direbus terlebih dulu, sebelum akhirnya ditumbuk hingga dengan kunyit dan juga bawang putih yang sudah dihaluskan.

Deblo juga ditambahkan bumbu penyedap rasa dan merica, sehingga punya rasa gurih yang nikmat. Setelah singkong untuk adonan deblo ini ditumbuk, adonannya kemudian dibentuk menjadi pipih lalu digoreng.

Setelah itu, kuliner tradisional ini dapat disajikan dan dinikmati. Anda penasaran ingin mencicipinya? Anda dapat membuat deblo singkong ini sendiri di rumah, lho.

10. Sagon Bakar

sagon bakar sukabumi

* sumber: lagimakan.com

Terakhir, ada sagon bakar yang juga menjadi salah satu makanan khas Sukabumi. Budaya Indonesia menyebutkan, Sagon bakar khas Sukabumi ini terbuat dari parutan kelapa yang kemudian dibentuk menjadi persegi panjang. Sagon bakar ini memiliki rasa yang gurih khas kelapa dan bisa membuat Anda ketagihan.

Salah satu sagon bakar yang cukup populer di Kota Sukabumi adalah sagon bakar Ciaul. Sudah pernahkah Anda mencoba penganan yang satu ini? Kalau belum, tentu saja Anda harus mencicipinya, terutama jika Anda berkunjung ke Kota Sukabumi.

Itulah kesepuluh makanan khas Sukabumi yang wajib untuk Anda coba. Kalau Anda akan berkunjung ke Kota Sukabumi, pastikan untuk mencoba ragam kuliner yang masuk di dalam daftar, agar perjalanan Anda di Kota Sukabumi semakin lengkap dan tentunya meninggalkan kesan yang baik.

Oh ya, selain daftar 10 makanan khas Sukabumi, Keluyuran punya rekomendasi tempat camping di Kota Sukabumi yang bisa Anda kunjungi. Selengkapnya, simak dalam artikel 10 Tempat Camping di Sukabumi ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *