15 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 2 Juni 2021

Kalau lagi jalan-jalan ke Sulawesi Selatan, makanan apa yang Anda cari? Tentu saja makanan-makanan enak dari Makassar, bukan? Pasalnya, Makassar adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan. Jadi, sangat wajar jika makanan di provinsi ini memang didominasi oleh makanan khas Makassar.

Nah, sebelum Anda mengunjungi tempat makan enak di Makassar dan sekitarnya, Keluyuran ingin mengajak Anda mencari tahu seputar 10 makanan khas Sulawesi Selatan yang bakal bikin Anda ketagihan. Makanan apa sajakah yang ada di daftar ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini, yuk!

1. Coto Makassar

Coto Nusantara Tempat Makan Enak Di Makassar

Makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib dicicipi saat berada di provinsi tersebut adalah Coto Makassar. Anda memang bisa menemukan makanan ini hampir di seluruh kota di Indonesia. Akan tetapi, rasanya kurang afdol jika kita tidak mencicipi makanan ini langsung dari daerah asalnya.

Coto Makassar adalah makanan yang berbahan dasar jeroan dan daging sapi. Bahan-bahan tersebut direbus dalam air yang dipakai untuk mencuci beras bersama dengan kacang tanah yang dihaluskan.

Setelah itu, ada tambahan bumbu-bumbu lainnya yang membuat cita rasa Coto Makassar ini semakin lezat. Makanan berkuah ini memang paling nikmat dimakan bersama ketupat atau buras.

2. Jalangkote

Jalangkote Makanan khas Sulawesi Selatan

Dari segi tampilan, Jalangkote ini memang mirip sekali dengan kue pastel. Bahkan, isinya pun juga sama, yakni wortel, kentang, so’un, telur rebus, dan daging. Semua bahan-bahan yang menjadi isi Jalangkote ini dimasak dan dibumbui agar rasanya lebih gurih. Jika dirasakan, rasa Jalangkote dan pastel memang sangat mirip.

Ada perbedaan antara pastel dan jalangkote. Kue yang cocok untuk buka puasa ini memiliki kulit dengan tekstur yang lebih tebal dibanding pastel. Di samping itu, jika ketika kita menyantap pastel menggunakan cabe rawit, Jalangkote ini dinikmati dengan saus yang terbuat dari cuka dan cabe.

3. Sop Konro

Sop konro

Satu lagi hidangan dari Makassar yang harus Anda coba ketika singgah di provinsi Sulawesi Selatan. Adalah Sop Konro yang merupakan sup dengan cita rasa yang sangat kuat. Sup ini terbuat dari iga sapi atau daging sapi yang direbus hingga teksturnya sangat empuk. Penggunaan rempah-rempah, seperti ketumbar, membuat rasa dari Sop Konro terasa lebih sedap.

Makanan berkuah dengan warna kecoklatan ini juga hadir dalam versi berbeda, yaitu konro bakar. Nantinya, daging iga sapi yang sudah dibakar akan disajikan dengan kuah Sop Konro. Tentu saja rasa Sop Konro ini bakal bikin Anda ketagihan dan ingin terus menerus menyantap hidangan ini.

4. Nasu Palekko

Nasu Palekko

* sumber: www.indonesiakaya.com

Mungkin Anda belum pernah mendengar nama makanan khas Sulawesi Selatan yang satu ini. Adalah Nasu Palekko disajikan dengan daging bebek atau sapi yang dibumbui sedemikian rupa sehingga rasanya sangat gurih dan mirip seperti rendang. Nasu Palekko lebih populer jika dibuat dari daging bebek.

Pemilihan bebeknya pun tidak bisa sembarangan karena harus menggunakan bebek yang masih muda agar dagingnya tetap empuk saat dimakan. Nasi Palekko sendiri bisa Anda temukan dengan mudah di Pinrap, Pangkajene, Pirang, dan Kabupaten Wajo.

5. Pisang Epe

Pisang Epe

* sumber: sidomi.com

Saatnya mencari cemilan ketika berada di Sulawesi Selatan! Jika Anda merasa bahwa perut sudah kenyang dan masih sanggup untuk ngemil, beli saja makanan yang juga bisa menjadi kudapan dari Sulawesi Setalan.

Pisang Epe adalah cemilan yang bahan dasarnya dari buah pisang. Pisang kepok setengah matang nantinya akan dibakar sembari sesekali dibolak-balik. Kemudian, pisang akan ditekan sampai pipih dan kembali dibakar lagi di atas bara api sampai warnanya mulai kecoklatan.

Setelah pisang matang, maka pisang yang baru dibakar tadi akan diletakkan di atas piring. Terakhir, Pisang Epe bakar akan disiram dengan gula merah cair. Harum dan lezatnya Pisang Epe ini memang benar-benar membuat kita ingin segera mencicipi nikmatnya Pisang Epe dari Sulawesi Selatan ini. Lengkapi dengan minuman hangat seperti teh atau kopi agar semakin nikmat.

6. Kapurung

Kapurung

* sumber: www.resepsedapku.com

Masih ingat dengan Papeda yang menjadi makanan khas Papua dan Maluku? Ternyata di Sulawesi Selatan juga ada makanan yang mirip dengan Papeda, lho, namanya adalah Kapurung. Makanan ini juga terbuat dari tepung sagu yang dimasak dengan sayuran dan ikan atau daging.

Walaupun Kapurung tergolong sebagai makanan tradisional, tetapi makanan ini cukup populer di Sulawesi Selatan. Anda bisa menemukan hidangan ini di warung kaki lima sampai restoran. Kapurung bisa ditemukan di beberapa daerah di Sulawesi Selatan, seperti Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

7. Buras

Buras

Yang satu ini adalah makanan khas Sulawesi Selatan yang biasa menjadi pendamping untuk menyantap Coto Makassar, Sop Konro, dan Sop Saudara. Buras ini agak mirip dengan lontong dan ketupat. Makanan ini terbuat dari beras dan juga dibungkus dengan daun pisang. Perbedaannya dengan lontong hanya pada bentuknya saja.

Selain dinikmati dengan beberapa makanan utama dari Makassar, Buras juga bisa dinikmati dengan taburan bumbu yang terbuat dari kelapa, cabe, gula, dan garam. Bukan cuma bisa dijumpai saat Bulan Ramadhan saja, Buras bisa ditemui kapan saja.

8. Mie Titi

Mie Titi

* sumber: selerasa.com

Ternyata makanan khas Sulawesi Selatan juga ada yang mirip dengan Chinese food, lho. Adalah Mie Titi, makanan yang mirip dengan Tamie, Chinese food. Cita rasa Mie Titi berbeda dengan mie-mie lainnya karena bahan utamanya adalah mie kering.

Mie tersebut akan disiram dengan kuah kental yang mirip cap tjay dan berisi ayam, jamur, udang, cumi, sawi, telur, dan wortel. Tambahkan sambal dan perasan jeruk nipis agar rasa Mie Titi yang akan dimakan ini lebih mantap.

9. Gogoso

Gogoso

* sumber: www.dapoeryuyu.com

Berikutnya, ada sebuah makanan dari Sulawesi Selatan yang mirip dengan kue lemper. Gogoso terbuat dari ketan yang berisi daging dan dibungkus dengan daun pisang. Bedanya jika lemper dikukus sampai matang, Gogoso ini dibakar hingga matang. Aroma daun pisangnya yang harum merasuk ke dalam makanan ini.

Pada umumnya, Gogoson akan disajikan bersama telur asin. Akan tetapi, Anda juga bisa langsung memakannya karena isi dari makanan ini adalah daging.

10. Sokko (Songkolo)

Sokko (Songkolo)

* sumber: ksmtour.com

Sokko atau Songkolo adalah makanan yang dibuat dari beras ketan putih, tapi bisa juga menggunakan beras ketan hitam. Setelah dimasak hingga matang, beras ketan tadi diberi taburan kelapa parut yang sudah dimasak sehingga rasanya lebih gurih.

Untuk menyantap Songkolo, biasanya bisa menggunakan ikan asin atau telur asin. Pada awalnya, makanan ini mungkin terasa sedikit aneh di lidah karena kita belum biasa menyantap ketan dengan telur asin atau ikan asin. Namun, lama-lama rasanya akan terasa enak di lidah kita.

11. Putu Cangkiri

Putu Cangkiri

* sumber: www.seruni.id

Apa yang ada dibenak Anda ketika mendengar makanan khas Makassar satu ini? Manis atau asin? Ya, cemilan yang dibuat dari ketan ini memiliki rasa manis yang siap membuat ngiler siapapun.

Ada dua varian warna kue Putu Cangkiri ini yakni putih dan merah. Jika Anda memilih Putu Cangkiri putih, artinya kue tersebut memiliki rasa manis yang berasal dari gula putih biasa. Nah, untuk Putu Cangkiri berwarna merah maka rasa manisnya berasal dari gula merah. Mau mencobanya?

12. Baje Canggoreng

Baje Canggoreng

* sumber: www.seruni.id

Biasanya kacang memiliki rasa yang gurih atau sedikit asin. Namun beda halnya dengan Baje Canggoreng. Ini adalah cemilan yang berasal dari Sulawesi Selatan dengan menggunakan bahan dasar kacang. Tak hanya kacang, Baje Canggoreng ini juga terbuat dari gula merah. Saat Anda mengigitnya, maka rasa gurih dicampur manis gula merah pun akan langsung lumer di mulut Anda. Pokoknya lezat dan sedap!

13. Kue Dange

Kue Dange

* sumber: www.seruni.id

Kudapan satu ini juga tidak boleh Anda lewatkan ketika bertandang ke Sulawesi Selatan, tepatnya di Makassar. Kue Dange sekilas terlihat seperti kue pukis, ya? Kue ini memiliki rasa legit manis yang lumer di lidah Anda.

Wajar saja kue ini manis, sebab Kue Dange ini ada gula merahnya dan dikombinasikan dengan rasa yang gurih dari parutan kelapa. Cemilan ini sudah sulit ditemukan lho. Namun, Anda akan banyak menemukan penjual Kue Dange di daerah Pangkep.

14. Doko-Doko Cangkuling

Doko-Doko Cangkuling

* sumber: www.seruni.id

Masih bersama cemilan manis asal Sulawesi Selatan, kali ini Doko-Doko Cangkuling menjadi salah satu makanan khas rekomendasi dari Kami. Pecinta manis harus mencicipi cemilan ini!

Kue ini dibuat dari kombinasi tepung beras, kentang, gula, tepung, dan juga santan. Yang membuat Anda ketagihan adalah ketika menggigit Doko-Doko Cangkuling maka Anda akan merasakan gula merah yang lumer manis di lidah Anda. Nikmat, deh pokoknya!

15. Cucuru

Cucuru

* sumber: www.seruni.id

Mengingat cemilan dan makanan khas Sulawesi Selatan yang lezat dan manis maka Anda tidak boleh melewatkan yang namanya Cucuru. Beberapa orang menyebut kudapan ini dengan nama Cucuru Tekne. Cucuru sendiri merupakan makanan yang dibuat dari tepung beras dan juga gula merah. Bentuknya bulat imut dan rasanya manis. Jika Anda mencicipi kue ini, maka Anda akan ketagihan ingin makan lagi dan lagi!

Nah, inilah ragam makanan khas Sulawesi Selatan yang harus Anda cicipi ketika berada di provinsi tersebut. Ada beragam hidangan yang wajib Anda coba selain Coto Makassar dan Sop Konro. Selain kuliner khas Sulawesi Selatan, ketahui juga makanan khas dari Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat dan juga Sulawesi Tenggara yang tidak kalah enaknya.

Bila Anda ingin menambahkan, silahkan tulis rekomendasi makanan dari Sulawesi Selatan lainnya di kolom komentar.

 

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram