Keluyuran / Sumatera / 15 Makanan Khas Sumatera Selatan yang Wajib Dicicipi

15 Makanan Khas Sumatera Selatan yang Wajib Dicicipi

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Agustus 2019

Daerah Sumatera Selatan terkenal dengan kebudayaannya yang beragam. Dengan keberagaman budayanya, Sumatera Selatan menjadi daerah yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satunya yang mencolok adalah pilihan makanan yang beraneka ragam. Perpaduan khas Melayu, Tionghoa dan Lokal pun cita rasa kuliner yang ada di Sumatera Selatan.

Kuliner khas Sumatera Selatan juga sangat populer dan memiliki penggemar dari berbagai daerah. Tidak heran kalau banyak pendatang dari berbagai kota selalu menyempatkan diri untuk mencicipi atau membawa pulang makanan khas Sumatera Selatan sebagai oleh-oleh. Bagi kalian yang ingin berlibur ke wilayah Sumatera Selatan wajib mencicipi makanan khas daerah ini. Intip ulasan dari Keluyuran, yuk!

1. Pempek

Pempek

* sumber: blog.reddoorz.com

Pempek merupakan makanan ringan yang diolah dari olahan daging ikan dan tepung. Pempek disajikan dengan potongan timun, udang kering, dan kuah cuko. Olahan pempek penuh dengan variasi, misalnya pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek adaan, pempek keriting dan lainnya. Kalian tidak akan dibuat bosan dengan berbagai macam olahan pempek. Bagi kalian yang mau berlibur ke Sumatera Selatan, pempek makanan wajib yang kalian harus coba.

2. Martabak Palembang

Martabak Palembang

Martabak satu ini hampir sama dengan martabak telur yang ada di daerah lain. Hanya saja, martabak Palembang memiliki cara penyajian yang berbeda. Martabak telur disiram dengan kuah kari yang kaya akan rempah dan beberapa potongan kentang. Cita rasa martabak yang gurih dan kuah aroma khas rempah-rempahan ini akan membuat kalian ketagihan. Martabak Palembang cukup mudah ditemui di daerah Sumatera Selatan.

3. Mie Celor

Mie Celor

Kalian yang suka jajanan dalam bentuk mie, pasti akan jatuh cinta sama Mie Celor. Tekstur mie cukup tebal seperti udon lalu disiram dengan kaldu udang dan cicampur dengan sayur-sayuran segar seperti toge serta daun bawang. Mie celor cocok untuk menjadi santapan makan siang bagi kalian yang berkunjung ke Sumatera Selatan.

4. Laksan

Laksan

* sumber: palembang.blog

Makanan satu ini cocok menjadi santapan di pagi hari. Bentuk laksan mirip dengan pempek lenjer setebal 2 cm tetapi memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah di gigit. Laksan disajikan dengan kuah santan dan juga daun seledri. Laksan mudah ditemui di pasar pagi sekitar wilayah Sumatera Selatan.

5. Tekwan

Tekwan

* sumber: review.bukalapak.com

Tekwan adalah bakso ikan versi Sumatera Selatan. Bedanya, tekwan menggunakan kuah kaldu ikan bening. Tekwan disajikan dengan hasil olahan ikan yang sama dengan pempek lalu ditambah bihun, jamur kuping, dan kuah kaldu ikan. Rasanya yang khas dengan taburan udang kering dan daun bawang menambah cita rasa dalam makanan ini.

6. Kue Lapan Jam

Kue Delapan Jam

* sumber: travelingyuk.com

Kue yang sering dijumpai di hari raya ini terbilang cukup unik. Sesuai namanya, kue ini membutuhkan waktu delapan jam dalam proses pembuatannya. Kue dikukus selama delapan jam dan setelah itu baru bisa disantap. Kue ini berbahan dasar 28 butir telur dan susu kental manis. Kalian harus sabar ya menunggu selama delapan jam untuk menyantap kue manis ini.

7. Kemplang

Kerupuk Kemplang

* sumber: www.antarafoto.com

Kemplang adalah kerupuk khas Sumatera Selatan yang wajib kalian nikmat. Olahan ikan tenggiri di dalam kemplang menambah cita rasa yang khas saat menyantapnya. Kemplang sangat populer dan biasanya dijadikan oleh-oleh khas Sumatera Selatan. Kemplang mempunyai dua macam olahan yaitu kemplang panggang dan kemplang goreng. Jika mampir ke Sumatera Selatan jangan lupa membawa kemplang untuk oleh-oleh dan di santap bersama keluarga di rumah.

8. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

* sumber: yopiefranz.id

Cuaca yang panas di Sumatera Selatan membuat kalian ingin mencari minuman dingin. Es kacang merah khas Sumatera Selatan bisa menjadi solusi. Banyak penjual es kacang merah di jalanan maupun toko penjual pempek. Es serut dan sirup serta topping yang bervariasi dalam es kacang merah ini dapat mamanjakkan lidah kalian.

9. Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak

Tempoyak adalah sambal khas dari Sumatera Selatan. Tempoyak dibuat dari daging durian yang difermentasi. Pengolahan sambal tempoyak dengan cara ditumis bersama campuran cabai dan bawang. Rasa durian fermentasi menjadikan sambal tempoyak cocolan yang nikmat untuk menemani nasi putih hangat.

10. Pindang Patin

Pindang Patin

Makan siang di Sumatera Selatan jangan lupa menikmati hidangan pindang patin. Kuah pindang patin yang khas dengan perpaduan rasa asam, manis, dan pedas pasti bikin kalian langsung ngiler. Lauk pindang patin ini cocok dipadukan dengan nasi putih hangat dan es teh manis. Jangan sampai melewatkan kuliner satu ini, ya.

11. Celimpungan

Celimpungan

* sumber: zetizen.jawapos.com

Makanan ini punya bentuk yang bulat seperti pempek. Tapi, celimpungan ini punya adonan yang berbeda dengan pempek. Selain itu, makanan ini disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan dan racikan bumbu-bumbu lainnya menjadikan rasa celimpungan kaya akan aroma rempah yang menyenangkan.

12. Bakmi Ayam

Bakmi Ayam

Makanan khas Tionghoa ini menjadi salah satu santapan favorit warga Sumatera Selatan. Bukan hanya kuah beningnya yang kaya akan rasa, tetapi tekstur mienya pun sangat kenyal. Varian topping yang beragam mulai dari jamur sampai daging membuat kalian tidak akan bosan untuk mencicipi bakmi ayam khas Sumatera Selatan.

13. Godo Godo

Godo Godo

Sajian ini mirip dengan pempek, hanya saja tanpa menggunakan olahan ikan di dalamnya. Godo godo biasanya disajikan hangat-hangat dan ditemani cuko yang manis dan pedas. Kita juga bisa membuat godo-godo bikinan kita sendiri. Bahan-bahannya yaitu tepung terigu, ubi jalar dan telur. Godo-godo biasanya disantap dengan memadukan cuko sebagai cocolannya. Godo-godo sukses menjadi camilan favorit di sore hari.

14. Burgo

Burgo

Burgo adalah adonan tepung beras yang dimasak dadar tipis lalu disiram kuah santan nan gurih. Tampilannya mirip dengan kwetiau dan lembut untuk digigit. Kuah yang gurih dengan racikan santan dan aneka rempah-rempah melengkapi cita rasa makanan ini. Kuahnya yang kental menjadi ciri khas makanan ini. Biasanya makanan ini dijajakan dengan cara keliling oleh pedagang dari rumah ke rumah.

15. Lempok Durian

Lempok Durian

* sumber: ksmtour.com

Makanan berbahan dasar durian adalah salah satu makanan khas wilayah Sumatera Selatan. Walaupun lempok durian juga bisa dijumpai di berbagai wilayah sumatera lainnya, lempok durian khas Sumatera Selatan layak untuk dicicipi. Daging durian yang menjadi bahan pokok dari lempok durian diaduk kurang lebih 2-3 jam lamanya. Bentuk akhir dari lempok durian mirip seperti dodol. Bagi kalian penyuka durian, lempok durian bisa mencicipi jajanan ini.

Makanan khas Sumatera Selatan identik dengan bahan-bahan makanan yang berbau tajam. Dari ikan sampai durian menjadi bahan olahan pokok di wilayah Sumatera Selatan. Perpaduan cita rasa dari berbagai etnis menciptakan makanan-makanan khas yang digemari banyak kalangan di Nusantara maupun mancanegara.

Dari cita rasa dan cara memasak yang unik menjadi salah satu alasan Sumatera Selatan menjadi objek wisata dan kuliner favorit. Gimana nih ulasan Keluyuran seputar kuliner khas Sumatera Selatan? Kalau kalian ada referensi lain mengenai makanan khas daerah Sumatera Selatan boleh  tulis di kolom komentar, ya.

Dan, bagi kamu yang ingin kulineran pempek di Palembang maka kamu harus banget nyicipin 10 Pempek di Palembang yang Paling Enak ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar