8 Makanan Khas Sumedang yang Wajib untuk Anda Cicipi

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 15 Juni 2020

Siapa bilang makanan khas Sumedang cuma tahu Sumedang saja? Eits, tentu tidak. Kabupaten Sumedang yang memang sudah terkenal dengan tahu Sumedang-nya sejak lama ini juga memiliki beberapa makanan lezat lain yang menjadi ciri khasnya.

Ya, tidak sedikit dari masyarakat kita yang hanya mengetahui tahu Sumedang sebagai satu-satunya makanan khas dari Kabupaten Sumedang yang juga dijuluki Kota Tahu ini. Nah, dalam rangka menambah wawasan Anda mengenai kuliner lezat khas Kabupaten Sumedang, Keluyuran telah merangkum daftar 8 makanan khas Sumedang yang wajib untuk Anda coba karena kelezatannya.

Selain banyak makanan enak yang wajib untuk dicoba, Kabupaten Sumedang juga punya rentetan destinasi wisata yang harus Anda kunjungi bila datang ke sana. Anda penasaran, tempat wisata apa saja yang ada di Kabupaten Sumedang? Selengkapnya, simak dalam artikel 10 Tempat Wisata di Sumedang.

Bagaimana, Anda penasaran, bukan, dengan makanan khas Sumedang apa saja yang ada dalam daftar di bawah? Daripada menunggu lama, simak langsung saja pembahasan berikut ini, ya.

8 Makanan Khas Sumedang

1. Soto Bongko

Soto bongko

* sumber: iki.co.id

Tidak cuma Bogor saja yang punya sajian soto mie yang menggoyang lidah. Sumedang juga punya soto Bongko. Soto Bongko adalah makanan khas Sumedang yang merupakan sajian soto yang unik karena menggunakan lontong sebagai pengganti nasi.

Satu porsi soto bongko sendiri terdiri dari lontong, tauge yang sudah direbus, potongan tahu Sumedang dan taburan bawang goreng. Soto bongko menggunakan kuah kari kental dan dibubuhi kecap manis untuk menambah kelezatan rasanya.

Oh ya, sajian soto bongko khas Sumedang ini semakin sedap jika disantap dengan emping, lho. Adakah di Antara Anda semua yang sudah mencoba sajian berkuah nan lezat ini?

2. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang

* sumber: bisniswisata.co.id

Nah, kalau makanan khas Sumedang  yang satu ini, sih, saya yakin Anda sudah sangat mengenalnya dan mungkin saja, makanan yang biasa dijadikan camilan ini juga merupakan salah satu makanan favorit Anda. Ya, ada si gurih tahu Sumedang.

Tahu sumedang sendiri pertama kali dibuat dan dijajakan oleh warga Sumedang yang merupakan keturunan etnis Tionghoa pada awal abad ke-20 silam.

Pada awalnya keluarga perintis tahu Sumedang, Ong Kino, menjual tahu khas Kabupaten Sumedang tersebut di depan rumahnya. Karena rasanya yang lezat, akhirnya, tahu Sumedang dikenal oleh banyak orang dan mulai menyebar hingga ke seantero Jawa Barat.

Tahu Sumedang sendiri dibuat dengan cara yang tak jauh berbeda dari tahu biasa. Tahu Sumedang dibuat dari kedelai yang digiling, kemudian dibentuk seperti tahu, dikukus, lalu direndam dengan air garam dan tahap terakhir, tahu digoreng.

Oh ya, menggoreng tahu Sumedang ini harus dilakukan dalam minyak yang benar-benar panas. Dan, voila! Tahu Sumedang yang gurih dengan kulit renyah siap disantap.

For your information, tahu Sumedang sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet karena air yang ada di Kabupaten Sumedang dikabarkan mengandung kadar kalsium yang tinggi, sehingga tahu yang dibuat di sana bisa lebih kenyal dan tentunya awet meski tidak menggunakan bahan pengawet tambahan.

3. Emplod

emplod

* sumber: jabar.sindonews.com

Makanan khas Sumedang lainnya yang dapat Anda coba adalah emplod. Emplod terbuat dari singkong yang dikukus bersamaan dengan kelapa parut. Singkong yang telah dikukus dengan kelapa tadi ditumbuk hingga halus sembari ditambahkan garam.

Setelah itu, potong-potong adonan emplod tadi sesuai selera, kemudian goreng dengan minyak panas hingga matang. Anda sudah pernah mencoba?

4. Oncom Pasir Reungit

oncom pasirreungit

* sumber: www.tokopedia.com

Selanjutnya, ada oncom khas Sumedang yang diberi nama oncom Pasir Reungit karena berasal dari Desa Pasir Reungit, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang.

Oncom khas Pasir Reungit ini berbeda dengan oncom pada umumnya yang menggunakan ampas tahu sebagai bahan dasarnya. Ya, oncom khas Pasir Reungit ini menggunakan ampas ketela dan kacang tanah.

Meski bahan dasar yang digunakan berbeda, tampilan dari oncom Pasir Reungit dengan oncom lainnya tidak memiliki perbedaan sama sekali. Namun, rasanya tentu berbeda dengan oncom yang lain, tetapi tentu oncom khas Pasir Reungit ini memiliki cita rasa yang tidak kalah lezat. Nah, kalau Anda berkunjung ke Kabupaten Sumedang, jangan lupa untuk mampir ke Desa Pasir Reungit dan membeli oncom ini untuk dijadikan buah tangan.

5. Ubi Cilembu

ubi cilembu

* sumber: id.wikipedia.org

Siapa yang tidak kenal dengan ubi Cilembu? Ubi Cilembu ini adalah ubi jalar ras lokal dari Kecamatan Pamulihan, Sumedang yang punya rasa manis dan legit. Bahkan, lebih manis dari ubi pada umumnya sehingga banyak orang yang menyukai ubi jalar khas Sumedang ini.

Ubi Cilembu ini dapat mengeluarkan cairan manis seperti madu bila ubi dipanggang dengan menggunakan oven. Ubi Cilembu tidak cocok untuk digoreng karena akan cepat gosong. Hal ini disebabkan karena ubi Cilembu memiliki kandungan gula yang tinggi. Hayo, siapa disini yang suka dengan ubi Cilembu?

6. Salak Bongkok

salak bongkok

* sumber: www.jitunews.com

Salak Bongkok juga merupakan makanan khas Sumedang yang harus Anda cicipi. Sesuai dengan namanya, salak Bongkok ini berasal dari Desa Bongkok, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Buah salak khas Sumedang ini memiliki ukuran yang tebal dengan rasa yang manis, Apakah Anda tertarik untuk mencoba salak Bongkok ini?

7. Sawo Citali

sawo citali

* sumber: sebandung.com

Selain salak Bongkok, Sumedang juga punya sawo Citali. Sawo Citali ini berasal dari desa Sukatali, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang.

Sawo Citali dikabarkan memiliki rasa serta bentuk yang berbeda dari sawo lainnya. Sawo khas Citali ini memiliki cita rasa manis serta tekstur yang sangat lembut. Satu gigitan saja dijamin bisa membuat Anda ketagihan. Anda ingin mencoba sawo Citali ini?

8. Kadedemes

kadedemes

* sumber: www.masakandapurku.com

Terakhir, ada kadedemes. Kadedemes adalah olahan makanan khas Sumedang yang berbahan dasar kulit singkong. Ya, masyarakat Kabupaten Sumedang mengolah kulit singkong, tepatnya bagian dalam dari kulit singkong atau ketela pohon menjadi sebuah sajian lezat yang menggugah selera ini.

Kadedemes sendiri dimasak dengan cara dioseng dan dicampurkan dengan berbagai macam bumbu agar cita rasanya lebih lezat. Anda tertarik untuk mencoba sajian ini?

Itulah kedelapan makanan khas Sumedang yang tentu saja wajib Anda coba kala berkunjung ke sana. Saya yakin, kalau tahu Sumedang, pasti sudah sering Anda cicipi. Karena tahu Sumedang sendiri kini sudah banyak dijual di luar daerah asalnya. Bahkan, tahu yang renyah dan gurih ini juga dijual di kawasan wisata Lembang yang tersohor ke seluruh Indonesia.

Nah, karena tahu Sumedang sudah sering dinikmati dan sangat mudah didapat, maka tidak ada salahnya Anda mencoba makanan khas Sumedang lain yang ada dalam daftar di atas. Semua makanan yang masuk dalam daftar kali ini tentunya punya cita rasa yang tidak kalah lezat dari tahu Sumedang.

Oh ya, Keluyuran juga punya daftar makanan khas Sunda lainnya yang dibahas dalam artikel 10 Makanan Khas Jawa Barat yang menarik untuk disimak.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram