10 Makanan Khas Swedia yang Nikmat dan Bikin Penasaran

Ditulis oleh Siti Hasanah

Seperti negara Skandinavia lainnya Swedia terkenal dengan hidangan berbahan dasar ikan. Resep makanan khas Swedia sederhana dan sudah ada sejak lama. Bahannya terdiri dari daging babi atau sapi cincang, telur, bawang bombay, susu serta remah roti.

Semua bahan biasanya dicampur kemudian digoreng menggunakan banyak mentega dan dihidangkan dengan kentang tumbuk, selai lingonberry juga saus krim cokelat. Penasaran dengan makanan khas Swedia? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: 10 Makanan Khas Scandinavian yang Lezat juga Sehat

1. Artsoppa

Artsoppa

Artsoppa adalah salah satu makanan khas Swedia yang berupa sup kacang kuning tradisional Swedia yang bahannya berupa kacang polong yang tumbuhnya cepat. Makanan ini sangat terkenal di antara orang miskin yang umumnya memasak semua bahan tersebut dalam panci yang sama karena mereka tidak mempunyai panci yang lain.

Mirip dengan stew, tekstur supnya sangat kental, warnanya kuning, dan umumnya dinikmati pada hari Kamis. Ini adalah satu hari sebelum dilaksanakannya puasa hari Jumat. Bahan lain yang digunakan adalah daging babi asin berwarna merah muda yang diiris tipis dengan rempah-rempah di antaranya jahe, bawang bombay, marjoram, dan cengkeh.

Bila sup tidak ditambahkan daging babi, mungkin sup dibuat sebagai bagian dari second course dan ditambahkan dengan mustard serta kentang rebus. Sup kacang kuning memiliki pendamping ideal, yaitu punsch, minuman alkohol tradisional, dan roti renyah. Makanan ini juga merupakan hidangan sekolah yang populer karena murah, beraroma serta cukup mudah untuk disiapkan.

2. Renskav

 Renskav

Renskav adalah hidangan rusa yang dulunya eksklusif untuk orang Sámi. Kini makanan khas Swedia ini sudah menjadi favorit di seluruh Swedia saat musim dingin. Orang Sámi membuat renskav dari daging rusa beku yang sudah dikubur jauh di dalam tanah.

Kemudian daging diiris tipis, sesuai kebutuhan, lalu digoreng bersama dengan jamur di atas api terbuka. Renskav versi Swedia yang dimodifikasi masih memakai daging rusa yang diiris tapi dimasak dengan krim, bawang bombay, kentang dan, jangan lupa lingonberry.

3. Pyttipanna

Pyttipanna

Makanan khas Swedia ini mirip dengan hash yang terdiri dari kombo kentang, bawang bombay, dan daging (biasanya sosis asap atau bacon tapi kadang-kadang sisa steak, domba, atau ham hock) yang digoreng sampai menjadi caramelized.

Pyttipanna kemudian dihidangkan dengan telur mata sapi, acar bit juga gherkin yang asin dan tajam. Bisa juga dimasukkan beberapa daun bawang cincang atau peterseli supaya ada sedikit tekstur herba.

4. Surströmming

Surströmming

Surströmming atau fermentasi haring berada pada urutan pertama sebagai makanan yang bahkan kebanyakan orang Swedia pun tak berani untuk mencobanya. Ikan haring tersebut diawetkan dengan cara fermentasi, yang menghasilkan bau asam dan hidrogen sulfida yang khas. Baunya ini juga membuat takut bahkan wisatawan yang berani sekalipun. Makanan ini paling populer di utara Swedia.


Terlepas dari baunya yang menakutkan, masih ada orang yang menyukai makanan ini dan menempati tempat tersendiri di hati mereka. Sebenarnya ikan haring yang difermentasi ini mempunyai cukup penggemar sehingga mempunyai harinya sendiri, yaitu "surströmmingspremiären". Hari ini selalu berlangsung pada Kamis ketiga pada bulan Agustus.

5. Palt

 Palt

Nama palt merujuk pada beragam varian pangsit Swedia yang populer yang terbuat dari kentang mentah yang diparut dan diisi dengan beragam isian. Biasanya hidangan ini dikaitkan dengan daerah Swedia bagian utara dan umumnya disebut dengan nama pitepalt yang diambil dari nama Kota Piteå. Pitepalt merupakan spesialisasi tradisional dari kota ini.

Sering kali adonan terbuat dari gandum hitam, barley maupun tepung terigu. Untuk isiannya yang paling umum yaitu campuran bawang bombay tumis dan bacon goreng. Dikatakan varian palt jumlahnya sebanyak jumlah desa di Swedia. Salah satu varian yang paling menarik yaitu blodpalt, yang ditambah darah hewan.

Biasanya pangsit dihidangkan dengan disiram mentega cair, selai lingonberry, krim asam ataupun tawar, susu atau saus béchamel. Di bagian selatan Swedia yang paling umum adalah versi palt yang terbuat dari kentang rebus yang dikenal dengan nama korppkakor.

6. Sill

Sill

Selama liburan penting seperti Natal, Paskah serta pertengahan musim panas di Swedia orang biasa makan sill (acar ikan haring). Untuk membuat acar haring, ikan dimasukkan ke dalam garam, cuka, dan beragam jenis rempah. Terdapat beberapa rasa acar haring yang terpopuler, di antaranya “löksill” (rasa bawang), “matjessill”, dan “senapssill” (rasa mustard).

Meskipun biasa dihidangkan saat makan malam Natal, Paskah, atau pertengahan musim panas, makanan ini masih bisa ditemui pada hari-hari lain. Di supermarket di Swedia makanan ini banyak dijual jadi wisatawan bisa mencobanya kapan saja.

7. Köttbullar

Köttbullar

Bakso daging Swedia atau köttbullar adalah salah satu makanan khas Swedia. Bagian luar dari bola-bola atau bakso daging ini berwarna cokelat dan renyah, sementara bagian dalamnya ringan, berongga dan lembut. Resep pertama untuk hidangan ini muncul tahun 1754 di buku masak Cajsa Warg.

Biasanya bakso dibuat dari daging sapi yang dicampur dengan daging sapi muda atau daging babi. Kombinasi tersebut umumnya diberi bumbu dengan garam, bawang bombay, merica, dan allspice. Adonan tersebut kemudian dibentuk jadi bola atau bakso bulat kecil dan dimasak dengan mentega panas hingga kecoklatan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram