Inilah 8 Makanan Khas Tasikmalaya yang Wajib untuk Dicoba

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 13 April 2020

Selain memiliki berbagai destinasi wisata yang indah, seperti wisata pantai di Pantai Cipatujah, Pantai Karang Trawulan, sampai kawasan wisata Gunung Galunggung, Kota Santri ini juga terkenal akan ragam kuliner khasnya yang lezat. Makanan khas Tasikmalaya juga sudah menjadi primadona di kalangan wisatawan.

Ya, bukan hanya Kota Bandung, Kota Bogor atau Kota Cirebon saja yang menjadi surga kuliner di Jawa Barat. Kota Tasikmalaya juga bisa dibilang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi.

Nah, apakah Anda berniat untuk mengunjungi Kota Santri Tasikmalaya? Anda ingin menikmati ragam makanan khas Tasikmalaya namun tidak tahu makanan apa saja yang harus alias wajib untuk Anda cicipi di sana? Tenang, Keluyuran punya rekomendasi 10 makanan khas Kota Tasikmalaya yang wajib untuk dicoba.

For your info, Keluyuran juga sebelumnya sudah membahas makanan khas Sunda lainnya dalam artikel 10 Makanan Khas Jawa Barat yang menarik untuk disimak dan tentunya bisa memberikan pengetahuan lebih kepada Anda tentang kuliner khas Tatar Sunda.

Anda penasaran? Mari simak langsung saja pembahasan tentang daftar 8 makanan khas Tasikmalaya yang dijamin bakal membuat Anda ketagihan walau hanya sekali cicip saja.

8 Makanan Khas Tasikmalaya

1. Sambal Goang

makanan khas tasikmalaya sambal goang

* sumber: food.detik.com

Makanan khas Kota Tasikmalaya yang pertama adalah sambal goang. Sambal goang biasa disajikan sebagai pendamping santapan tradisional khas Sunda. Salah satu di antara makanan yang cocok untuk disantap bersama sambal goang adalah ikan goreng.

Sambal goang terbuat dari cabai rawit, kencur, dan bawang putih yang dihaluskan, kemudian diberi minyak panas. Bukan cuma nikmat jika disantap dengan ikan goreng saja, sambal goang juga pas untuk menjadi cocolan ayam goreng hingga pepes. Hayo, siapa disini yang suka pedas? Wajib banget cobain sambal satu ini, nih!

2. Kupat Tahu Singaparna

Tahu Kupat Solikhin

* sumber: surakarta.go.id

Selanjutnya, ada kupat tahu Singaparna. Rasanya, nggak ada yang nggak kenal dengan kupat tahu, ya? Satu porsi kuliner asli dari Tasikmalaya ini terdiri dari ketupat, potongan tahu serta tauge yang sudah direbus. Bahan-bahan tadi kemudian diberi bumbu kacang. Kupat tahu Singaparna juga biasanya disajikan dengan tambahan kecap manis, bawang goreng serta kerupuk bawang.

Rasanya? Nggak perlu ditanya lagi, enak dan bikin nagih! Kupat tahu Singaparna ini nikmat disantap saat sarapan, lho. Oh ya, sebenarnya ada dua jenis kupat tahu yang berasal dari Tasikmalaya. Salah satunya adalah kupat tahu Mangunreja. Namun, kupat tahu ini masih kalah populer dibandingkan kupat tahu Singaparna.

3. Cilok Goang

cilok goang

* sumber: resepnusantara.id

Tasikmalaya juga punya olahan cilok khas yang diberi nama cilok goang. Ya, nama goang sendiri diambil dari nama sambal khas Tasikmalaya, yakni sambal goang. Seporsi cilok goang ini terdiri dari cilok yang diberi kuah kaldu. Tidak hanya cilok saja, kadang satu porsi cilok goang juga dihidangkan dengan tambahan siomay, pangsit hingga ceker ayam.

Cilok goang ini cocok disantap oleh Anda yang suka makanan berkuah dengan sensasi rasa pedas gurih yang nikmat. Anda tertarik untuk mencoba?

4. Citruk

citruk tasik

* sumber: www.tokopedia.com

Makanan khas Tasikmalaya lainnya adalah citruk. Nama citruk sendiri merupakan kependekan dari aci ngajetruk. Citruk adalah makanan yang serupa dengan kerupuk. Penganan ini punya tekstur renyah dengan cita rasa gurih yang bikin Anda ketagihan. Citruk sendiri berbahan dasar tepung tapioka atau aci dan tepung terigu yang dibentuk bulat pipih.

Makanan ringan tradisional ini juga menggunakan rempah-rempah sehingga membuatnya jadi kaya akan rasa. Sudah pernah coba citruk? Kalau mampir ke Tasikmalaya, jangan lupa untuk membelinya, ya.

5. Kolontong

kolontong

* sumber: ulinulin.com

Satu lagi makanan manis khas Tasikmalaya yang bisa membuat Anda ketagihan adalah kolontong atau kelontong. Makanan berbentuk bulat panjang ini terbuat dari beras ketan dan gula merah.

Kolontong dapat dengan mudah ditemukan di Tasikmalaya, khususnya kawasan Cisayong yang merupakan sentra produsen makanan khas Tasikmalaya yang paling banyak dicari masyarakat, terutama ketika hari raya lebaran hampir tiba.

Oh ya, for your information, dari berbisnis kolontong ini, sang pemilik bahkan dikabarkan dapat menciptakan lapangan kerja bagi para tetangganya, lho. Hebat sekali, bukan?

Nah, kalau Anda berkunjung ke Tasikmalaya, tak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi penganan satu ini. Anda tertarik untuk mencoba kolontong manis khas Tasikmalaya?

6. Godeblag

godeblag tasik

* sumber: travelingholic.com

Selanjutnya, ada godeblag. Godeblag merupakan makanan ringan khas Kota Tasikmalaya yang bahan baku utamanya adalah singkong. Godeblag ini berbentuk bulat pipih dan tersedia dalam satu varian rasa, yakni original dengan cita rasa asin yang gurih.

Kini, godeblag khas Tasikmalaya mulai susah ditemukan karena cara pembuatannya yang rumit dan membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Meski begitu, masih ada beberapa pengrajin dari makanan ringan ini yang tetap berjualan di pasar-pasar yang ada di Kota Santri.

7. Lengko Ayam

lengko ayam

* sumber: travelingyuk.com

Lengko ayam adalah salah satu makanan khas yang populer di Kota Tasikmalaya. Lengko ayam ini terdiri dari lontong, potongan daging ayam juga telur yang diberi kuah kaldu berwarna kuning. Lengko ayam khas Tasikmalaya ini cocok untuk dijadikan menu sarapan, nih. Ada yang sudah mencoba?

8. Pecel Oranye

pecel oranye

* sumber: princessponi2.blogspot.com

Pecel Oranye juga menjadi salah satu makanan khas Tasikmalaya yang wajib untuk Anda coba, nih. Warung Pecel Oranye ini telah berdiri sejak Indonesia masih dalam masa pendudukan Belanda, tepatnya tahun 1920 silam.

Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia warung pecel ini sempat berganti nama menjadi Pecel Asia. Nah, setelah masa pendudukan Jepang berakhir, namanya kembali diubah menjadi Pecel Oranye.

Pikiran Rakyat menuturkan, bumbu pecel di warung legendaris ini memiliki cita rasa manis, asam dan juga sedikit ada rasa asin ketika disantap. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba pecel legendaris satu ini?

Itulah kedelapan makanan khas dari Kota Tasikmalaya yang menggugah selera. Jika Anda berkunjung ke kotanya para santri, jangan lupa untuk mencicipi delapan makanan khas  yang masuk dalam daftar di atas.

Kalau Anda menyukai makanan pedas, Anda dapat memilih cilok goang atau bahkan langsung menikmati sambal goang dengan nasi hangat, ikan bakar atau pepes ayam. Bila Anda mencari makanan ringan khas Tasikmalaya, Anda bisa membeli citruk atau aci dijetruk yang renyah dan gurih, atau bahkan godeblag yang juga tak kalah nagih dari citruk.

Nah, jika Anda suka makanan manis, Anda dapat memilih kolontong atau kelontong, si manis yang terbuat dari beras ketan tadi. Anda dapat langsung mengunjungi daerah Cisayong untuk dapat mencicipi kolontong manis dengan rasa yang otentik.

Tidak cuma makanan khasnya saja yang menarik, Kota Tasikmalaya juga punya berbagai destinasi wisata yang patut dikunjungi. Selain Pantai Karang Trawulan dan Pantai Cipatujah juga kawasan wisata Galunggung, ada juga Gua Malawang yang menarik untuk dikunjungi.

Anda dapat mengetahui informasi selengkapnya mengenai tempat wisata menarik di Kota Santri dalam artikel 10 Tempat Wisata di Tasikmalaya dari Keluyuran ini. Nah, jadi, selain berwisata kuliner di Tasikmalaya, Anda juga dapat menikmati waktu bersama teman dan keluarga di tempat-tempat cantik yang ada di sana. Tunggu apalagi, yuk segera berkunjung ke Kota Santri!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram