10 Makanan khas Temanggung dengan Nama yang Unik

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Temanggung adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Selain memiliki destinasi wisata menarik, daerah ini terkenal sebagai daerah penghasil tembakau dan kopi terbesar di provinsi ini. Selain itu, kota kabupaten ini juga mempunyai beragam kuliner unik dengan nama yang aneh.

Kalau kamu mau tahu makanan khas Temanggung yang memiliki nama unik, simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Lento

Lento

Makanan khas Temanggung yang akan dibahas pertama adalah lento. Lento terbuat dari singkong yang ditumbuk secara halus. Setelah ditumbuk, singkong tersebut dicampur dengan kedelai dan tepung. Kemudian adonan tersebut digoreng sampai kering.

Sebagai informasi, lento ini memiliki beberapa jenis. Terkadang kuliner khas Temanggung ini sering juga disebut lento-lento. Namun ini bergantung dari jenis kacangnya yang menjadi bahan campurannya. Contohnya lento kedelai yang berarti campuran yang digunakan adalah kacang kedelai.

Tak hanya lento kacang kedelai, kamu juga bisa menjumpai lento kacang hijau. Isinya tentu saja adalah kacang hijau. Selain itu ada juga lento singkong. Isi lento ini adalah singkong yang dicampung dengan kacang tolo.

Kamu bisa menemukan makanan ini dijual di warung makan di Temanggung. Tak hanya itu, lento ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Temanggung. Jadi kalau bermain ke Temanggung, pastikan untuk mencoba kuliner ini.

2. Ndas Borok

Ndas Borok

Nama makanan khas Temanggung ini memang terdengar cukup unik, yaitu ndas borok ini. Ndas artinya kepala, borok sendiri artinya borokan atau luka lecet. Anehnya nama seperti ini diberikan pada makanan sehingga terdengar mengerikan.

Meskipun nama kuliner ini cukup mengerikan tapi rasanya jauh dari kesan seram seperti yang ditunjukkan namanya. Ndas borok dibuat dari singkong serta kelapa parut kemudian diberi topping berupa gula merah.

Rasa Ndas borok nikmat dan gurih yang merupakan perpaduan dari singkong dan kelapa parutnya. Sementara rasa manisnya berasal dari gula merahnya. Dipastikan panganan ini mengenyangkan karena berbahan dasar singkong yang merupakan sumber karbohidrat.

3. Tempong

Tempong

Di Indonesia dikenal beragam jenis makanan yang berbahan dasar tempe. Salah satunya adalah makanan dari Temanggung yang bernama tempong. Kuliner dari Temanggung ini dibuat dari tempe semangit, yaitu tempe yang didiamkan beberapa hari sampai sampai jadi sedikit membusuk.

Anehnya, yang membuat tempong ini enak karena dibuat dari tempe yang telah membusuk. Cara pembuatan tempong cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan tempe semangit dengan bumbu seperti kencur, cabe serta kemangi.

Setelah semuanya tercampur, adonan dibentuk bulat-bulat kemudian digoreng. Tempong cocok untuk dijadikan lauk teman makan nasi. Tapi makanan dari Temanggung ini juga cocok jadi oleh-oleh untuk dibawa pulang sehabis jalan-jalan di kota ini.

4. Mendut

Mendut

Sebenarnya mendut merupakan makanan tradisional khas dari daerah Jawa. Tekstur makanan ini kenyal. Kue mendut dibuat dari bahan utama berupa tepung beras ketan. Seperti apa rasa kue mendut ini? Yang pasti enak dan rasa manisnya akan terasa sekali.

Untuk memastikan kebenaran kelezatan makanan ini, kamu bisa mendatangi warung-warung yang menjual kue mendut di daerah Temanggung. Penampilan kue ini sekilas mirip dengan kue bugis, salah satu makanan dari Makassar. Harga makanan ini pun murah.

Ketika menggigit kue mendut, kamu akan mendapat kejutan. Saat digigit, kamu akan merasakan rasa manis yang berasal dari lelehan gula kelapa yang juga terasa sangat legit. Kue ini bisa kamu beli di toko penjual oleh-oleh atau di Pasar Entho.

5. Sego Gono

Sego Gono

Sego gono yang juga disebut nasi gono adalah makanan khas Temanggung yang sekilas nampak seperti nasi campur. Bisa juga seperti nasi goreng yang dimasak tanpa menggunakan kecap. Meski mirip namun rasa sego gono berbeda dengan makanan tadi.

Rasa nasi gono sangat kaya karena terdiri dari nasi, ikan teri, kelapa parut dan daun lembayung. Kalau dilihat dari bahan-bahan yang digunakan, sudah terbayang rasa nasi gono, pasti ada asin, gurih, dan teksturnya renyah karena ada ikan teri dan parutan kelapa.

6. Sego Urap

Sego Urap

Selain sego gono, ada juga sego urap atau disebut juga nasi urap. Makanan khas Temanggung  ini dibuat dari nasi ditambah dengan sayuran. Nasi urap dibuat dari nasi hangat yang diberikan tambahan sayuran hijau yang dibumbui parutan kelapa yang rasanya, gurih, asin dan manis.

Sebagai pelengkap, tak lupa ditambahkan kerupuk. Selain itu tambahan lainnya ada tempe juga tahu yang nenambah kenikmatan sego urap. Campuran antara nasi hangat dan sayuran yang diberi parutan kelapa berbumbu menambah kemantapan rasanya.

7. Balung Kuwuk

Balung Kuwuk

Nama kuliner dari Temanggung ini cukup unik. Namanya adalah balung kuwuk. Makanan khas Temanggung ini jika diartikan balung adalah tulang. Kuwuk itu sejenis kucing hutan. Memang sepintas balung kuwuk terlihat layaknya tulang yang kering.

Orang-orang menyebut balung kluwuk sebagai keripiknya orang Temanggung. Bahan untuk membuat makanan ini adalah ketela pohon atau disebut juga singkong. Ketela pohon tersebut dipotong tipis-tipis. Sesudah dipotong kemudian dijemur di bawah sinar matahari sampai kering.

Setelah kering, barulah digoreng sampang garing dan dibumbui. Pilihan bumbunya, seperti cabai, saus tomat, dan gula. Rasa balung kuwuk gurih, pedas dan asin menjadikan perpaduan yang mantap untuk dijadikan camilan selain teksturnya yang renyah.

8. Brongkos Kikil

Brongkos Kikil

Brongkos kikil adalah makanan khas Temanggung yang dibuat dari kikil kambing. Tak hanya kambing, kikil yang digunakan bisa dari sapi. Brongkos ini seru dan kaya rasa karena ada manis, pedas juga gurih. Pastinya kamu akan lahap memakannya.

Untuk pembuatan brongkos kambing ini, dagingnya dipotong kecil-kecil kemudian diberi kuah yang cukup kental dan disajikan dengan nasi hangat. Rempah yang ditambahkan untuk membuat brongkos ini contohnya kluwak. Agar lebih nikmat brongkos juga ditambah tahu putih.

Kalau kamu berkunjung ke Temanggung ada warung yang terkenal yang menjual brongkos kikil. Warungnya berada di Pasar Menggoro. Dari alun-alun kota Temanggung sekitar 7 km jaraknya. Nama warung itu pemiliknya adalah Bu Pujo.

9. Empis-Empis Tahu Tempe

Empis-Empis Tahu Tempe

Untuk kamu pencinta makanan pedas juga bersantan, makanan khas Temanggung ini cocok untuk kamu. Kuliner ini dikenal dengan nama empis-empis tahu tempe. Bahan untuk membuat empis-empis tahu tempe adalah dari tempe, tahu, udang, tomat, cabe rawit, santan, dan bawang.

Hidangan ini cocok sekali jika dihidangkan dengan nasi hangat. Kamu akan merasakan sensasi pedas di tiap suapan. Rasa makanan ini asin, pedas dan gurih. Banyak kejutan yang akan kamu rasakan di mulut karena bahan yang ada di dalamnya beragam. Kuliner ini bisa kamu temukan di warung atau restoran.

10. Perkedel Kimpul

Perkedel Kimpul

Perkedel dari Temanggung ini berbeda dari  perkedel umumnya. Ada nama kimpul di belakang perkedel ini yang berarti talas. Memang perkedel ini tak dibuat dari kentang seperti perkedel yang lain, melainkan dari talas.

Untuk membuatnya, talas pertama-tama direbus terlebih dahulu sampai empuk. Selanjutnya barulah talas tadi ditumbuk sampai halus. Kalau sudah halus, talas diberi bumbu bawang putih, bawang merah, merica, juga pala. Sesudah tercampur semua bahan kemudian digoreng.

11. Bajingan

Bajingan

Nama makanan ini begitu menyeratkan. Kata bajingan bisa berarti umpatan kasar atau berarti penjahat. Meskipun namanya mengerikan, makanan Khas Temanggung ini dijamin tak akan semengerikan namanya. Justru rasa makanan ini sangat nikmat.

Bajingan adalah sejenis kue basah yang berbahan dasar singkong. Bahan tersebut dipotong kecil-kecil.  Proses membuat bajingan yakni dengan merebus singkong yang telah dipotong-potong tadi kemudian barulah ditambahkan santan juga gula merah.

12. Ketan Gudig

Ketan Gudig

Makanan khas Temanggung yang terakhir adalah ketan gudig. Nama kuliner ini tak kalah aneh dengan nama makanan yang telah disebutkan sebelumnya. Gudik bisa berarti koreng. Itu bisa jadi karena motif polkadot yang terlihat di makanan tersebut.

Ketan gudig dibuat dari beras ketan dan diberi campuran kacang gelandang. Makanan khas Temanggung ini meskipun memiliki nama yang aneh, ketan gudig merupakan makanan wajib untuk acara hajatan. Rasa makanan ini manis. Makanan ini tergolong langka jadi kamu beruntung jika bisa mencicipinya.

Ada-ada saja ya kuliner Indonesia itu. Nama makanannya terkadang unik sehingga membuat orang-orang penasaran, seperti makanan khas Temanggung yang dijelaskan tadi. Apa kamu jadi penasaran dengan jajaran makanan tersebut?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *