Inilah 10 Makanan Khas Trenggalek yang Sedap Memikat

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Trenggalek merupakan satu daerah di Jawa timur yang juga menyimpan potensi wisata kuliner selain dari pasir putihnya. Jika kamu berlibur ke Trenggalek tanpa mencicipi makanan khasnya liburanmu akan terasa tidak lengkap.

Yuk, simak ulasan tentang beberapa kuliner dari Trenggalek yang dapat kamu santap saat berlibur ke Kabupaten Trenggalek berikut ini!

1. Nasi Goreng Anglo

Nasi Goreng Anglo

* sumber: www.jetgriyomapan.com%20

Nasi goreng anglo merupakan nasi goreng yang dikenal juga dengan nasi goreng mawut merupakan makanan khas dari Trenggalek. Kenapa dikatakan sebagai nasi goreng mawut karena nasi gorengnya ditambahi dengan mie dan juga sayur. Satu hal yang juga unik adalah dari cara memasaknya.

Nasi goreng ini seperti namanya, dimasak masih menggunakan arang untuk memanaskan nasinya. Penggunaan arang sebagai bahan bakar, memerlukan anglo untuk tempat memasaknya. Nasi yang digoreng dengan arang memberikan aroma wangi yang berbeda pada nasi gorengnya.

Kenikmatan nasi anglo ini tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Rasa dari nasi goreng ini tentunya berbeda dari nasi goreng yang dimasak dengan menggunakan kompor. Kelezatan dari nasi goreng anglo juga cukup terjangkau jika dibandingkan nasi goreng biasa.

2. Sego Gegog

Sego Gegog

Sego gegog atau nasi gegog, jika kamu melihat dari penampilannya, kuliner ini terlihat seperti nasi kucing dari Yogya. Tetapi sego gegong berbeda dari nasi kucing, nasi ini memiliki rasa pedas yang khas. Nasi ini cocok untuk mereka yang sedang mencari kuliner pedas dari Trenggalek.

Sego gegong merupakan menu makanan yang berasal dari Trenggalek, yang tepatnya berasal dari daerah Kecamatan Bendungan. Sego gegog dari Bendungan ini cukup terkenal. Racikan dari kuliner yang terdiri dari sambal teri, serundeng dan dibungkus dengan daun pisang menjadikannya istimewa.

Sego gegog dimasak dengan cara dikukus dengan semua bahan yang telah dicampurkan tadi. Semua bahan dikukus bersamaan dengan nasi yang masih setengah matang. Sego gegog merupakan makanan yang cukup sederhana dan harganya pun terbilang murah alias terjangkau banget.

3. Sego Tiwul atau Nasi Tiwul

Sego Tiwul atau Nasi Tiwul

* sumber: makanantrenggalek.blogspot.com

Nasi tiwul tentunya kamu sering mendengar kuliner yang satu ini. Hidangan yang dibuat dari ketela pohon atau singkong yang telah dikeringkan. Makanan tradisional ini merupakan makanan dengan rasa yang unik dan juga sering digunakan sebagai bahan pangan pengganti padi.

Nasi tiwul dapat kamu padukan dengan berbagai jenis lauk pauk, karena fungsinya yang hampir sama dengan nasi. Terkadang kamu juga bisa menyantapnya sebagai cemilan dengan cukup ditaburi dengan kelapa parut saja. Biasanya sego tiwul dimakan dengan lauknya berupa ayam lodho atau ikan asin.

Jika kamu tertarik dengan makanan tradisional yang satu ini, kamu dapat menemukannya dengan mudah di pasar-pasar tradisional. Selain itu juga harga dari sego tiwul ini cukup terjangkau.

4. Rujak Cingur Sumbergedong

Rujak Cingur Sumbergedong

Satu makanan yang juga layak kamu cicipi adalah rujak cingur. Rujak cingur dari Trenggalek tidak berbeda dari rujak cingur yang ada di daerah lain. Tetapi ada satu yang membedakan rujak cingur Trenggalek dengan daerah lain, yaitu ada pada racikan bumbunya yang lebih khas.

Daerah Trenggalek yang berada di pesisir menjadikan bumbu rujak cingurnya berbeda dari rujak cingur kota lain. Bumbu dari rujak cingurnya ditambah dengan petis khas Treggalek sehingga memberikan rasa segar yang berbeda.

5. Tahu Lontong

Tahu Lontong

Tahu lontong adalah penganan yang berbahan dasar tahu yang diselimuti oleh telur yang telah dibumbui. Tahu lontong tersebut biasanya diberi tambahan berupa lontong, kecambah dan sayuran, lalu disiram dengan kacang tanah. Kerupuk juga merupakan bagian yang tidak lepas dari santapan ini.

Tahu lontong merupakan makanan yang tidak terlalu sulit unutk kamu cari. Tahu lontong merupakan makanan yang digemari, sehingga akan selalu ramai dengan pengunjung. Selain itu harga dari tahu lontong juga yang cukup terjangkau sekitar 8 ribu rupiah untuk satu porsinya.

6. Ikan Asap Prigi

Ikan Asap Prigi

Ikan asap merupakan makanan khas dari Trenggalek, terutama di daerah Prigi. Prigi merupakan sebuah daerah yang sering jadi destinasi wisata pantai di Trenggalek. Ikan yang dioleh di daerah ini terasa sangat lezat, karena ikan yang diolah masih dalam keadaan segar.

Ikan asap Prigi menjadi makanan yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Prigi. Jika kamu ingin mencicipinya, makanan ini dibanlrol dengan harga sekitar 10 – 15 ribu per ekornya. Ikan yang diasapkan ini dapat tahan lama sehingga kamu bisa menjadikannya oleh-oleh.

7. Pindang Sapi

Pindang Sapi

Jika mendengar kata pindang maka kita yang terlintas adalah makanan dengan bahan dasar ikan. Tetapi untuk kuliner yang satu ini pindang ini bukalah olahan makanan yang berasal dari ikan melainkan daging sapi. Bagian daging sapi yang digunakan biasanya adalah bagian iganya.

Sajian yang satu ini dimasak dengan banyak menggunakan campuran rempah-rempah. Sehingga masakan ini akan memberikan aroma yang sangat khas. Untuk membuat pindang ini iga sapi harus direbus kurang lebih satu jam. Agar lebih menyerap pindang sapi harus diinapkan selama satu hari.

8. Ayam Lodho

Ayam Lodho

Kuliner yang satu ini termasuk kuliner yang istimewa, karena tak semua orang dapat memasaknya. Makanan khas Trenggalek ini biasanya ada pada hari pertama perayaan Idul Fitri. Dan juga biasanya pada hari ketujuh setelah hari raya lebaran. Oleh karenanya banyak orang yang mencari makanan ini.

Ayam yang digunakan pada masakan ini adalah ayam kampung yang dibakar terlebih dahulu. Bumbu yang digunakan untuk ayam ini adalah bumbu kuning dengan campuran rempah-rempah. Saat ini kamu bisa menikmati ayam ini tanpa harus menunggu perayaan hari besar terlebih dahulu.

9. Sarabah

Sarabah

Ada satu minuman yang menjadi ciri khas Trenggalek yaitu sarabah. Sarabah merupakan minuman yang berasal dari jahe yang dicampur dengan susu dan juga gula aren. Jahe yang akan dibuat mnuman dihancurkan dengan blender terlebih dahulu, setelah itu baru direbus hingga air jahe matang.

Air jahe yang matang lalu dicampur dengan gula aren dan juga susu. Minuman ini paling cocok kamu minum disaat malam hari, yang akan membuat susana malam menjadi lebih hangat. Satu lagi minuman ini akan lebih mantap jika ditemani dengan camilan berupa gorengan.

Kamu bisa membuat sendiri minuman ini, jika inging mencoba mencicipinya, atau kamu dapat merasakannya saat mampir ke Trenggalek. Minuman ini dapat kamu nikmati dengan harga yang cukup terjangkau.  

10. Alen- Alen

Alen- Alen

Makanan yang satu ini merupakan cemilan yang dapat kamu santap disaat santai, sambil menonton televisi. Kamu juga dapat menjadikannya sebagai oleh-oleh saat mampir ke Kota Trenggalek. Camilan yang satu ini terbuat dari bahan tepung tapioka dengan bumbu khas masyarakat Trenggalek.

Rasa dari alen-alen ini akan membuat kamu tidak berhenti makan. Camilan yang satu ini dipercaya memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Alen-alen sendiri, saaat ini telah memiliki beragam rasa dari yang original, balado, hingga jagung bakar. Perkilonya alen-alen ini dihargai sekitar 20 ribu rupiah.

Itulah daftar makanan yang khas dari Trenggalek yang dapat kamu cicipi. Setipa daerah memiliki kekhasan dan keunikannya masing-masing, begitu pula dengan daerah Trenggalek. Saat mampir ke kota Trenggalek jangan ragu-ragu untuk menjelajahi kulinernya juga.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *