10 Makanan Murah di Singapura yang Nggak Bikin Bokek

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 1 Mei 2020

Berwisata kuliner bisa menjadi pilihan tepat saat di Singapura nanti. Kebetulan, Singapura sendiri punya makanan yang lezat di lidah. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki harga yang murah. Ini tentu kabar baik buatmu yang ingin makan enak dan murah di Singapura.

Kalau kamu ingin makan enak dan murah di sana, maka simak artikel ini hingga usai. Pasalnya, bakal ada sejumlah rekomendasi makanan enak lagi murah di Singapura pada artikel ini. Mau tahu apa saja rekomendasi tersebut? Langsung saja simak langsung di bawah ini.

1. Curry Powder Carrot Cake

Curry Powder Carrot Cake

Makanan murah dan enak di Singapura yang pertama adalah Curry Powder Carrot Cake. Makanan ini merupakan jajanan khas Singapura yang terbuat dari wortel yang ditumis bersama dengan lobak dan udang. Agar semakin nikmat, jajanan ini bakal diberi udang dan bumbu kari.

Di Singapura, makanan ini bisa ditemukan di sejumlah hawker atau foodcourt-nya Singapura, salah satunya ada di Tampines Round Market and Food Centre, yang ada di jalan Tamines. Oh ya, soal harga, makanan ini lumayan terjangkau. Satu porsinya bisa kamu dapatkan dengan harga SGD 2 atau sekitar Rp20 ribu.

2. Mee Laksa

Laksa Singapura

* sumber: eatwhattonight.com

Tak hanya di Indonesia, Laksa juga ternyata ada di Singapura. Laksa Singapura sendiri mempunyai sejumlah perbedaan dengan laksa yang ada di negara kita. Di Singapura, Laksa (atau Mee Laksa) dibuat dari taoge panjang yang dicampur dengan udang ataupun fish cake.

Selain menggunakan bahan-bahan tersebut, Laksa Singapura juga memakai bihun atau kwetiau kecil yang teksturnya kering sebagai tambahan lainnya. Agar semakin mantap, perasan jeruk nipis dan sambal belacan pun turut ditambahkan pada semangkok makanan ini.

Semangkok Mee Laksa bisa kamu dapatkan dengan harga SGD 2,50 atau sekitar Rp 23.750. Bila kamu tertarik, kamu bisa datang ke Lik Ming Toa Payoh Laksa yang ada di Toa Payoh Lorong 4.

3. Nasi Lemak

Nasi Lemak

* sumber: pixabay.com

Makanan halal satu ini barangkali tak begitu asing di telingamu. Ya, ini adalah masakan khas Malaysia yang juga ada di Singapura dengan nasi sebagai bahan utamanya. Pada Nasi Lemak, nasi bakal diolah terlebih dulu bersama dengan santan dan daun pandan.

Cara pengolahan di atas dilakukan agar nasinya makin gurih dan harum aromanya. Setelah matang, nasi tersebut nantinya bakal disajikan dengan sejumlah lauk sesuai selera. Sayap ayam, ikan goreng, dan telur adalah beberapa di antaranya. Serupa dengan Mee Laksa, Nasi Lemak juga bisa kamu dapatkan dengan harga SGD 2, 50 saja. Murah, bukan?

4. Fried Carrot Cake

Fried Carrot Cake

Walaupun mengandung kata carrot (wortel), makanan ini justru tak mengandung wortel sama sekali. Adapun bahan utama makanan bernama lain Chai Tow Kway ini adalah campuran tepung beras dan lobak putih.

Pada makanan ini, bahan utama tersebut bakal dikukus, dipotong bambu, dan digoreng dengan sejumlah bahan, seperti telur, bawang putih dan lobak yang diasinkan (chai poh). Usut punya usut, makanan ini rupanya adalah makanan khas Tiongkok yang dibawa ke Singapura dan menjadi salah satu makanan Negeri Seribu Larangan tersebut.

Sama seperti beberapa rekomendasi sebelumnya, harga seporsi makanan ini juga seharga SGD 2 atau Rp 23.750.

5. Lontong Singapura

Lontong Singapura

Rupanya, lontong juga ada di Singapura. Di Kota Singa, lontong tak hanya disajikan bersama dengan telur, tahu, dan kuah kuning semata. Kubis dan kacang panjang pun turut hadir di dalam lontong salah satu negara ASEAN tersebut.

Tempat makan Nusa & Tara adalah tempat yang tepat untuk menyantap kuliner satu ini. Tempat makan ini letaknya ada di Jalan Bukit Merah, tepatnya di Bricworks Market 7 Food Centre. Satu porsi Lontong SIngapura di sini bisa kamu dapatkan dengan kocek SGD 2,50 saja.

6. Nasi Ayam Hainan

Nasi Ayam Hainan

* sumber: aromasian.com

Serupa dengan Nasi Lemak, makanan satu ini juga berasal dari Malaysia dan juga Singapura. Bahkan, makanan ini pun juga bisa kamu temui di Thailand. Cita rasa utama masakan ini ada pada daging ayamnya yang lezat.

Pada Nasi Ayam Hainan, daging ayam yang dipakai biasanya direbus bersama dengan kaldu atau air rebusan dalam jumlah banyak. Ini membuat tekstur daging ayamnya empuk, serta cita rasanya jadi begitu enak. Di Singapura, kamu bisa mendapatkan seporsi makanan ini dengan kocek SGD 1, 50 (sekitar Rp 14.500).

7. Ma Bo Lor Mee

Ma Bo Lor Mee

Ini adalah sajian mi khas Singapura lainnya, selain Mee Laksa tentunya. Sajian ini terbuat dari mi kuning kenyal yang diberi siraman kuah berwarna coklat. Kuah tersebut konon dibuat dari sejumlah rempah-rempah khas Singapura.

Agar semakin mantap, sajian mi ini bakal diberi sejumlah pelengkap. Irisan daging ayam dan fish cake adalah beberapa di antaranya. Kamu bisa datang ke kedai Ma Bo Lor Mee di Albert Center Market, bila ingin menyantap mi lezat ini. Satu porsinya bisa kamu dapatkan dengan harga GD 2,50 saja.

8. Mee Jawa

Mee Jawa

Masih ada sajian mi khas Singapura lainnya yang patut kamu coba. Mee Jawa adalah mi yang dimaksud. Sajian mi ini terbuat dari mi kuning yang direbus. Setelah itu, mi bakal disajikan bersama kuah kental kecoklatan, sayur tauge, dan cabai hijau.

Perasan jeruk nips dan potongan telur rebus pun terkadang hadir pada sajian mi satu ini. Sepiring mi ini bisa kamu dapatkan dengan kocek SGD 2 saja. Adapun tempat yang cocok untuk menyantap mi ini adalah Warong Jawa yang ada di Bedok South Road.

9. Chicken Rise and Noodle

Chicken Rise and Noodle

Sesuai namanya, makanan ini merupakan perpaduan nasi, ayam, dan mi di dalam satu piring. Pada makanan ini, mi yang dipakai lazimnya adalah mi kuning bertekstur kental. Sementara itu, ayam yang dipakai adalah atam iris yang telah diberi sentuhan bumbu lezat yang khas.

Di Singapura, makanan ini merupakan salah satu makanan mewah. Namun, kamu tak usah khawatir. Soalnya, sudah ada beberapa tempat yang menyajikan makanan ini dengan harga terjangkau. Hong Kong Syoa Sauce Chicken Rice & Noodle adalah salah satunya. Di tempat makan tersebut, sepiring Chicken Rice & Noodle bisa kamu dapatkan dengan kocek SGD 2 saja. Tertarik  untuk mencoba?

10. Roti Prata (Pharata)

Roti Prata

* sumber: ridhaskitchen.wordpress.com

Rekomendasi makanan murah yang terakhir ini merupakan versi Singapura-nya Roti Canai. Ini tak lepas dari bentuk makanan ini yang mirip dengan roti khas India tersebut. Adapun letak perbedaanya adalah teksturnya yang agak empuk dan sedikit beremah.

Di Singapura, roti ini biasanya disajikan secara polos (tanpa isi) ataupun berisi telur. Namun, Roti Prata kini telah memiliki isian yang jauh lebih variatif dan unik. Keju, cokelat, dan bahkan durian, turut menjadi isian roti satu ini. Tertarik? Roti ini bisa dijumpai di sejumlah gerai di Singapura, serta bisa kamu beli dengan kocek SGD 0, 90 (sekitar Rp 8.500) saja.

Itulah beberapa makanan murah lagi enak di Singapura. Bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba salah satu atau semua makanan tersebut?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram