10 Makanan Pedas Korea yang Enak dan Membakar Lidah

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Budaya Korea, dalam hal ini Korea Selatan semakin banyak diminati. Ramai-ramai orang mencari tahu bagaimana masyarakat Korea melakukan rutinitas setiap harinya dan lain-lain. Salah satu produk budaya Korea Selatan yang mulai banyak digemari adalah makanan khasnya. Beberapa makanan khas diperkenalkan secara tidak langsung, salah satunya, melalui drama-drama yang tayang.

Melihat karakter dalam drama menyantap sesuatu, rasanya menggiurkan. Apalagi terlihat warnanya merah menyala. Dalam budaya Korea, rasa pedas pada masakan didapat dari mencampurkan pasta cabai atau gochujang dan bubuk cabai atau kochukaru ke dalam resep. Tidak heran jika warnanya sangat menarik mata saking merahnya.

Nah, Jika kamu ingin tahu apa saja makanan pedas Korea, artikel ini memuat beberapa makanan pedas Korea yang dijamin bikin ngiler! Sebelum itu mari simak sekilas informasi mengenai makanan Korea secara umum yuk!

Korea dan Kulinernya

Aneka sajian masakan Korea Selatan sebagian besar terdiri atas nasi, sayuran, makanan laut, dedagingan. Tradisi makan yang berlangsung di Korea Selatan biasanya menyajikan banyak lauk dalam piring-piring atau mangkuk kecil. Setidaknya ada sekitar 2 hingga 12 jenis lauk yang tersaji dalam satu meja, di satu waktu makan. Lauk tersebut dikenal juga dengan istilah banchan.

Tradisi makan di Korea Selatan tidak mengenal makanan pembuka, makanan utama atau penutup, seperti hidangan ala barat. Semua tersaji di satu meja di saat bersamaan. Masyarakat Korea juga terkenal punya cara pengolahan fermentasi makanan yang sudah berlangsung selama ribuan tahun.

Banyak bahan makanan yang diasinkan atau difermentasikan. Sebagian besar memiliki rasa yang pedas dan asam. Kita mengenal olahan tersebut dengan nama kimchi. Sementara itu bumbu atau rempah yang umum dipakai dalam masakan Korea antara lain daenjang atau pasta kedelai, bawang putih halus, jahe, daun bawang, kochukaru atau bubuk cabai dan gochujang atau pasta cabai.   

Makanan Pedas Korea yang Menggugah Selera

Siapa yang tak suka dengan makanan pedas? Walau menghadirkan sensasi terbakar pada lidah, ia selalu mampu menggugah selera. Tidak terkecuali makanan bercita rasa pedas dari Korea. Lalu apa saja makanan-makanan pedas dari negeri yang mendunia karena industri hiburannya ini? Ini dia ulasannya!

1. Tteokbokki (Spicy Rice Cakes)

Tteokbokki menjadi salah satu makanan Korea Selatan yang mendunia. Sebagai street food dia banyak digemari dan menjadi incaran para turis. Tteokbokki terbuat dari tepung beras yang dibumbui oleh beberapa rempah salah satunya pasta cabai atau kochujang/gochujang. Teksturnya kenyal sementara untuk bumbunya dominan pedas dan manis.

Tteokbokki biasanya disajikan bersama fish cake atau eomuk dan telur rebus. Bagian atasnya ditaburi biji wijen dan irisan daun bawang. Tak sulit menemukan Tteokbokki di Korea karena ia mudah didapatkan di mana-mana, mulai dari kios pinggir jalan, truk-truk makanan hingga restoran.

2. Buldak (Fire Chicken)

Buldak (Fire Chicken)Sumber: delishar.com

Makanan pedas Korea bernama Buldak terbuat dari daging ayam yang diolah menggunakan gochujang dan gochugaru. Kedua bumbu tersebut yang membuat masakan ini bisa ‘membakar’ lidah. Tidak hanya pedas, cita rasa Buldak juga cukup kaya karena dibumbui dengan bawang putih, jahe, kecap ikan, madu dan beberapa minyak yang menambah aroma.

Buldak biasa disajikan di atas Tteokbokki dengan tambahan keju mozzarella di bagian atas sebagai peredam pedas. Saat mengonsumsi Buldak, masyarakat Korea biasa mendampinginya dengan minum bir dingin. Mereka menyebutnya dengan istilah chimaek. Jika Anda termasuk yang kuat dengan pedas, makanan ini akan sangat cocok.

3. Maeundae Galbi Jjim (Iga Rebus Pedas)

Maeundae Galbi Jjim (Iga Rebus Pedas)Sumber: maangchi.com

Makanan peda Korea lain yang tak kalah populer yaitu Maeundae Galbi Jjim atau iga rebus pedas. Iga yang disajikan di sini sudah sangat empuk sehingga lumer di mulut. Cita rasanya perpaduan antara manis, gurih dan pedas. Cukup beberapa gigitan makanan ini sudah bisa membuat lidah terbakar.

Maeundae Galbi Jjim mudah ditemukan di restoran. Biasanya mereka juga menyajikan telur rebus untuk sedikit mengurangi sensasi pedas di lidah. Selain banyak dijual di restoran, iga rebus pedas ini biasanya disajikan di rumah pada acara-acara khusus.

4. Nakji Bokkeum (Gurita Pedas)

Nakji Bokkeum (Gurita Pedas)Sumber: idntimes.com

Sensasi kenyal dari tentakel gurita yang dipotong kecil-kecil dan dimasak menggunakan gochujang akan menjadi suguhan tak terlupakan begitu pertama kali dicoba. Rasa pedas membakar lidah semakin ‘menyiksa’ karena tekstur gurita yang kenyal. Meski begitu, hidangan bernama Nakji Bokkeum ini adalah salah satu kegemaran masyarakat Korea, terutama pecinta makanan laut.

Nakji Bokkeum tidak disajikan begitu saja, melainkan dengan nasi, tauge dan minyak wijen. Agar rasa pedas tidak terlalu menyengat, Anda harus memakannya secara bersamaan. Jika ingin mengurangi sensasi pedas, tambahkan minyak wijen sedikit lebih banyak. Saat ada kesempatan, jangan lupa mencobanya!

5. Dakbal (Ceker Pedas)

Makanan pedas Korea bernama Dakbal rasanya yang paling familiar dengan masyarakat Indonesia. Pasalnya kita juga biasa mengolah ceker dengan cita rasa yang pedas serta berempah. Ceker yang diolah menjadi Dakbal sangat lembut karena diolah dengan cara direbus lebih dulu sampai empuk kemudian digoreng.

Sensasi pedas pada Dakbal didapat dari mencampurkan gochujang. Anda bisa mengonsumsinya sebagai lauk atau cemilan. Saat disajikan biasanya terdapat taburan wijen dan irisan daun bawang di atas Dakbal. Bagi orang-orang di luar kawasan Asia, makanan ini tergolong ekstrem dan perlu keberanian tersendiri untuk menyantapnya.

6. Maeun Jokbal (Daging Babi Pedas)

Spicy Jokbal merupakan varian pedas dari olahan Jokbal yang terkenal. Ia merupakan cemilan yang populer di banyak restoran di Seoul. Hidangan yang terbuat dari kaki babi ini dimasak dengan cara dikukus hingga lembut kemudian dibumbui menggunakan saus pedas. Tak lupa taburan biji wijen dan irisan daun bawang yang sangat khas tak boleh terlewat.

Spicy Jokbal biasanya banyak disantap saat malam hari sambil minum-minum. Ia salah satu makanan pedas Korea yang tak kalah digemari oleh para penduduknya. Penasaran dengan rasanya? Bagi teman-teman muslim, harap berhati-hati ya! Tolong diingat, Jokbal adalah olahan kaki babi. 

7. Ramyeon (Mie Instan Pedas Korea)

Ramyeon (Mie Instan Pedas Korea)Sumber: dairysia.com

Ada banyak cara mengolah Ramyeon. Hidangan mie instan ala Korea ini bisa digabungkan dengan bahan makanan apa pun, seperti telur rebus, tahu, sayuran dan lain-lain. Hanya, masyarakat Korea lebih menyukai Ramyeon dengan cita rasa yang pedas. Masih kurang pedas, mereka biasanya menyantap mie ini dengan kimchi.

Menggunakan panci stainless atau aluminium berlapis perak yang berwarna sedikit keemasan, seporsi Ramyeon disajikan dan disantap dalam keadaan panas. Gaya menyantap Ramyeon semacam ini menjadi trend yang banyak ditiru oleh masyarakat di luar Korea, terutama para pecinta Korean drama. Jangan lupa makan dari tutupnya ya, biar semakin mirip!

8. Kimchi Jiigae (Sup Kimchi)

Makanan pedas Korea lainnya yang terkenal yaitu Kimchi Jjigae. Singkatnya ia merupakan sup kimchi yang dibuat dari kimchi segar atau kimchi yang sudah lama difermentasikan. Tersedia banyak variasi campuran dalam semangkuk sup kimchi ini, tapi yang paling banyak digemari adalah daging babi berlemak. Selain daging babi, hidangan ini juga bisa diolah dengan mencampurkan tahu.

Semangkuk Kimchi Jjigae yang dimakan dengan nasi menjadi salah satu comfort food yang tak pernah bosan disantap oleh masyarakat Korea. Rasa pedas dari rebusan cabai bersatu dengan sensasi asam dari kimchi benar-benar menyegarkan!

9. Budae Jjigae (Sup Campur Pedas)

Budae Jjigae (Sup Campur Pedas)Sumber: qraved.com

Sejarah panjang dan memilukan berada di balik kepopuleran Budae Jjigae. Terkenal dengan porsi yang besar dan berbagai bahan campuran, makanan ini sebenarnya tercipta dari kesulitan atau krisis pangan akibat perang Korea. Ketika itu, masyarakat Korea yang kesulitan mengambil sisa makanan milik tentara Amerika lalu mengolahnya kembali.

Dari makanan sisa tersebut mereka kemudian menambahkan kimchi, bawang putih tumbuk, saus khusus yang pedas dan mie instan. Tak disangka, ia menjelma jadi makanan yang layak dikonsumsi dan lezat.

Jangan heran jika pada seporsi Budae Jjigae terdapat sosis, daging kalengan atau ham karena boleh dikatakan ini adalah makanan percampuran antara Amerika dan Korea Selatan.

10. Jjampong (Mie Seafood Pedas)

Jjampong (Mie Seafood Pedas)Sumber: minews.id

Jjampong atau Jjambbong adalah makanan pedas Korea selanjutnya yang dapat menggoyang lidah Anda. Hidangan ini berupa mie kuah pedas yang dimasak menggunakan kaldu babi atau seafood dan diisi dengan aneka hasil laut. Biasanya hasil laut yang dipakai yaitu udang, cumi-cumi atau kerang.

Sajian berkuah pedas yang pas disantap saat cuaca dingin ini konon dibawa oleh imigran China pada masa awal pendudukan Jepang. Bagaimana pun ia kini sudah menjadi salah satu bagian dari kuliner Korea yang semakin banyak diminati oleh masyarakat internasional. Sudah terbayang kelezatan dan gurih dari kuahnya?

Bagaimana? Makanan pedas Korea yang sudah dijabarkan di atas, apakah membuat perut Anda keroncongan? Rasa pedas dan gurih serta manis akan membuat Anda ketagihan, bahkan sekadar membayangkannya bisa membuat mulut berliur. Jika suatu saat punya kesempatan, jangan lupa mencicipinya ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram