6 Masakan Khas Pakistan yang Jadi Favorit Saat Ramadhan

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 18 April 2021

Berbeda dengan bulan lainnya, bulan Ramadhan memang terasa lebih spesial dari yang lainnya. Salian banyak kuliner yang hanya ada saat Ramadhan, makanan juga terasa lebih nikmat. Apalagi jika berbuka dan sahur bersama keluarga, pasti nikmatnya berlipat-lipat. Tapi ada satu hal nih yang sering dirasakan orang-orang saat berpuasa, bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Pasalnya kita biasanya hanya makan dengan nasi putih dan lauk pauk yang itu-itu lagi. Kalau pun ingin variasi yah makan fast food, padahal ada makanan lain yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah makanan khas Pakistan yang bikin kamu ngiler. Makanan khas Pakistan ini hampir sama seperti makanan kita yang penuh rempah dan aroma yang kuat.

Kira-kira apa saja sih makanan Ramadhan khas Pakistan yang bisa bikin kamu makin semangat berpuasa? Jangan sampai ketinggalan, jawabannya ada di bawah ini ya!

1. Sofiyani Biryani

Sofiyani Biryani

Makanan khas Pakistan yang akan kita bahas adalah Sofyani Biryani yang dari gambarnya saja sudah bikin ngiler untuk menyantapnya saat berbuka puasa. Sofyani Biryani adalah biryani putih yang dimasak sepenuhnya memakai pasta almond dan khoya yang lembut. Untuk menambahkan rasa hangat biasanya ditambahkan cabai hijau, ditambah dengan bumbu lainnya agar terasa aromatiknya.

Nasi Biryani ini memang sangat unik, apalagi aromanya yang khas pasti bikin banyak orang suka. Apalagi untuk masyarakat Indonesia yang memang sudah terbiasa makan-makanan yang kaya rempah. Sofyani Biryani ini akan sangat cocok untuk lidah orang Indonesia.

Nasi Briyani memang identik dengan warna kuning, tapi di Pakistan warna ini tidak selalu didapatkan dari kunyit. Ada beberapa versi Biryani yang warnanya kuning dari campuran rempah atau dengan campuran kunyit. Biryani sendiri biasanya disajikan dengan daging ayam atau daging sapi, ini sesuai selera saja.

2. Tikka Samosa (Samosa Ayam)

Tikka Samosa (Samosa Ayam)

Makanan khas Pakistan lainnya yang biasanya dijadikan santapan favorit saat berpuasa adalah Tika Samosa. Tikka Samosa bisa disebut sebagai hidangan puasa yang wajib ada untuk disantap bersama keluarga. Tika Samosa ini sebenarnya adalah hidangan yang berasal dari Timur Tengah tapi kini sudah menyebar dan memiliki versi sendiri-sendiri di tiap negara.

Di Pakistan sendiri Samosa biasanya terbuat dari manda patti, sebutan untuk adonan lembaran Samosa. Sedangkan untuk isinya, manda patti ini biasanya diisi daging ayam yang sudah dibumbui. Daging ayam dengan saus tikka masala, setelah selesai diisi dan dibentuk selanjutnya digoreng hingga berwarna coklat keemasam.

Di Pakistan sendiri, orang-orang banyak menjadikan Tikka Samosa sebagai makanan pembuka atau takjil. Tikka Samosa ini akan terasa lebih enak dan nikmat jika kamu sajikan saat masih hangat. Jika ingin pedas kamu bisa tambahkan saus, tapi ingat jangan terlalu banyak makan sambal saat berbuka puasa. Bisa-bisa nanti kamu sakit perut dan tidak bisa ikut menjalankan shalat Tarawih bersama keluarga.

3. Tandoori Cutlet

Tandoori Cutlet

Makanan satu ini bisa menjadi hidangan yang cocok untuk diberikan pada anak-anak. Makanan khas Pakistan satu ini diberi nama Tandoori Cutlet, yang terbuat dari daging ayam cincang. Tandoori Cutlet ini sekilas terlihat seperti daging isian burger hanya saja terbuat dari daging ayam. Bentuknya bulat dan biasanya dimasak dengan cara di deep fry dengan tambahan sedikit minyak.

Tandoori Cutlet ini bisa disebut sebagai salah satu makanan yang kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bahkan bagi masyarakat Pakistan Tandoori Cutlet ini memang wajib ada dan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan. Jadi makanan ini akan sangat cocok untuk diberikan pada anak-anak karena didalamnya juga terdapat campuran sayuran.

Selain dijadikan hidangan untuk berbuka puasa, Tandoori Cutlet ini juga cocok untuk kamu santap saat sahur. Kamu bisa membuatnya di siang hari lalu menyimpan Tandoori Cutlet yang sudah kamu bentuk di kulkas. Saat waktunya sahur kamu bisa fry Tandoori Cutlet, bahkan kini sudah banyak kreasi Tandoori Cutlet yang bisa kamu coba kreasikan untuk berbuka dan sahur.

4. Kebab Ghilafi

Kebab Ghilafi

Salah satu kudapan untuk berbuka puasa khas masyarakat Pakistan adalah kebab Ghilafi. Kebab satu ini popularitasnya memang tidak kalah dari makanan khas Pakistan lainnya. Pasalnya cara membuat kebab Ghilafi ini juga sangat mudah dan tidak memakai banyak waktu. Sehingga banyak masyarakat Pakistan yang suka untuk membuat dan menyajikan kudapan satu ini.

Kebab Ghilafi ini terbuat dari campuran daging cincang dengan sayuran dan berbagai rempah-rempah. Setelah semua adonan tercampur rata, biasanya masyarakat disana membentuknya dalam bentuk bulat atau lonjong. Setelah adonan dicetak barurah kebab ini digoreng dalam minyak yang panas hingga warnanya coklat keemasan.

Kebab Ghilafi ini sangat cocok kamu sajikan bersama salah sayur dan di makan sebelum memakan makanan utama. Rasanya tentu saja lezat dan kaya rempah, pasalnya terdapat jahe, bawang-bawangan dan kacang mete di dalamnya. Kebab Ghilafi ini bisa menjadi salah satu ide makanan yang bisa kamu sajikan untuk keluarga saat berpuasa.

5. Roti Gulung Pakistan

Roti Gulung Pakistan

Makanan khas Ramadhan ala masyarakat Pakistan yang harus selalu ada adalah Roti Gulung. Makanan satu ini biasanya dijadikan snack yang disajikan saat malam hari atau sesudah shalat Tarawih. Sebenarnya roti gulung ini adalah makanan yang populer baik di Pakistan maupun India. Jadi jangan heran jika roti gulung ini masuk kedalam daftar makanan khas India juga.

Roti gulung ini biasanya berisikan kentang tumbuk, tapi bukan kentang tumbuk biasa lho. Kentang tumbuk ini akan diberikan bumbu seperti garam dan cabai agar terasa lebih nikmat dan hangat. Kamu cukup menyimpan kentang tumbuk pada roti, lalu gulung roti hingga menjadi lonjong. Setelah itu kamu cukup goreng roti gulung hingga berwarna coklat keemasan.

Roti gulung ini akan terasa lebih nikmat disajikan saat masih panas dengan di tambah chutney. Kalau di India, Chutney ini adalah bumbu bebas gluten yang rasanya gurih dan pedas. Chutney bisa di buat dari buah-buahan, sayuran atau herbal dengan tambahan cuka, gula dan rempah-rempah.

6. Karachi Falooda

Karachi Falooda

Terakhir ada dessert ala Pakistan yang akan terasa manis dan segar di mulut mu. Karachi Falooda ini sebenarnya masuk dalam salad buah yang biasa kita makan. hanya saja Karachi Falooda ini lebih spesial karena terbuat dari susu, sirup yang ditambahkan basil. Dessert ini memang kerap dijadikan makanan penutup setelah menyantap makanan berbuka puasa.

Falooda sendiri sebenarnya hidangan yang berasal dari tanah Persia, namun dibawa ke India pada abad pertengahan. Selain populer di India, Falooda ini juga menjadi salah satu hidangan dingin khas di Pakistan. Falooda ini terdiri dari bihun gandum, yang disajikan dengan ice cream, buah-buahan dan susu. Jadi minum ini jelas sehat dan baik untuk dikonsumsi saat berpuasa.

Dari 6 makanan khas Pakistan yang sudah kamu bahas, kira-kira adakah yang membuat kamu tertarik mencobanya? Beberapa makanan khas Pakistan ini memang sudah banyak di jual di Indonesia seperti nasi biryani dan samosa. Makanan khas Pakistan ini juga memang tidak jauh berbeda dengan makanan khas India,karena kedua negara ini memang bertetangga.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram