Inilah 10 Makanan Ringan Khas Lampung yang Enak Banget

Ditulis oleh Siti Hasanah

Jika kamu inging mencoba makanan khas Lampung tetapi bukan makanan beratnya, kamu bisa coba camilan-camilan yang khas dari Provinsi Lampung ini. Kue tradisional dan juga kue perpaduan dengan kue eropa yang memikat.

Mau berlibur ke Lampung? Berikut ini adalah ulasan makanan ringan yang dapat kamu coba dari saat singgah di Lampung.

1. Kue Engkak

Kue Engkak

Kue engkak merupakan kue tradisional khas Lampung yang sekilas tampilannya mirip dengan kue lapis legit. Walaupun penampilannya hampir mirip, tetapi kue engkak tidak sama dengan kue lapis legit. Kue engkak memiliki bahan dasar tepung ketan, telur, mentega, gula, susu kental, dan santan.

Jika dibandingkan dengan lapis legit, kue engkak memiliki tekstur kue yang lengket dan juga kenyal. Kue engkak dimasak dengan cara di kukus dengan api yang sedang. Kue ini biasanya hadir pada hari -hari besar seperi hari raya lebaran, dan  kue ini dibandrol dengan harga sekitar 185 ribu rupiah.

2. Benjak Enjak

Benjak Enjak

Benjak enjak merupak satu kue tradisional khas Lampung yang menggunakan pisang dan ketan sebagai bahan dasarnya. Kue manis mirip dengan wajik, yang biasa disajikan saat berkumpul bersama keluarga. Selain itu juga biasa disajikan kepada tamu yang bertandang ke rumah.

Pembuatan benjak enjak ini dengan cara mencampurkan pisang dengan beras ketan yang telah di kukus setengah matang. Untuk menambah rasa manis kamu harus menambahkan gula pada adonannya. Kue benjak enjak merupakan kue yang kaya kandungan serat, sehingga mudah dicerna.

Kue benjak enjak merupakan kue yang saat ini sudah cukup sulit untuk ditemui. Kue ini merupakan kue khas dari zaman kerjaan Tolang Pohwang. Jika kamu mampir ke Provinsi Lampung kamu dapat mencoba mencicipi kue ini, agar kue ini mampu tetap eksis hingga saat ini.

3. Kue Tat

Kue Tat

Kue tat merupakan kue yang berasal dari kue yang dikenalkan Belanda pada zaman dahulu dari Lampung hingga Bengkulu yaitu klapertat. Sehingga kamu juga akan menemukan kue yang sejenis di daerah Bengkulu. Untuk  lebih praktis masyarakat Lampung menyebutnya dengan sebutan kue tat.

Sajian kue tat mirip dengan kue nastar, hanya saja ukurannya lebih besar. Kue tat merupakan kue yang memiliki selai nanas di dalam lapisan kuenya. Bahan dari kue tat ini juga hampir mirip dengan bahan kue nastar, hanya saja kue tat lebih kering dibandingkan dengan nastar yang teksturnya lembut.

Kue tat merupakan kue yang baisa disajikan pada momen-momen tertentu seperti upacara adat atau pada hari raya. Tetapi saat ini kamu dapat menikmati kelezatan kue tat tanpa harus menunggu momen penting. Kamu dapat menikmati kue ini dengan harga sekitar 40 ribu rupiah.

4. Geguduh

Geguduh

Lampung memiliki camilkan khas yang biasa disantap saat mereka berkumpul, yaitu kue geguduh. Kue ini memiliki bahan dasar pisang. Kue geguduh dimasak dengan cara menghaluskan pisang hingga lembut lalu dicampur dengan tepung terigu yang lalu digoreng.


Sebelum digoreng, biasanya dalam adonannya kan ditambah dengan susu atau juga selai, atau perasa yang lainnya. Pisang yang digunakan untuk penganan ini adalah pisang kapok, sedangkan untuk memberikan aroma wangi biasanya digunakan aroma daun pandan dan juga air kapur sirih.

5. Lapis Legit

Lapis Legit

Kue lapis legit merupakan kue yang biasa hadir di saat hari raya besar seperti lebaran di Provinsi Lampung. Lapis legit sendiri merupakan makanan yang dikenalkan pada masa kolonial Belanda dengan nama spekkoek, yang artinya lemak babi. Tetapi kue ini tentu saja tidak mengandung babi.

Nama lemak babi, sendiri disematkan karena bentuk kue yang memiliki lapisan-lapisan seperti lemak babi. Kue ini memiliki rasa yang lezat, empuk dan juga memiliki aroma yang harum dari rempah-rempah yang digunakannya. Rempah yang bisa dipakai adalah cengkih, kayu manis, adas, dan pala.

Kue ini termasuk kue yang cukup mahal, hal itu dikrenakan bahan yang digunakan seperti telur, mentega, dan terigu dalam jumlah yang banyak. Jika kamu ingin merasakan kenikmatan kue yang mewah ini kamu dapat membelinya dengan harga sekitar 30-80 ribu rupiah untuk satu loyangnya.

6. Pempek Nori

Pempek Nori

Jika mendengar kata pempek, maka kamu akan langsung ingat dengan kota Palembang. Tetapi ternyata bukan hanya Palembang yang memiliki pempek. Lampung juga memiliki pempek khas mereka sendiri yaitu pempek Nori. Pempek Lampung ini memiliki rasa keju, selain dari yang biasa ada.

Bahan dari pempek Lampung hampir sama dengan pempek lain pada umumnya. Biasanya pempek menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya. Selain itu sama dengan pempek Palembang, pempek Lampung juga memiliki cuko, agar pempeknya terasanya semakin mantap.

7. Sekubal

Sekubal

Sekubal merupakan makanan yang menggunakan beras ketan dan santan sebagai bahan utamanya. Jika kamu lihat sekubal hampir mirip dengan lotong atau lepet, yang juga berbahan dasar beras ketan. Sekubal biasanya menggunakan janur atau daun pisang sebagai bahan pembungkusnya.

Sekubal merupakan penganan yang istimewa, karena makanan ini biasanya hadir pada saat acara-acara penting seperti khitanan atau juga pada hari raya seperti Iebaran atau Idul Adha. Proses pembuatan sekubal memakan waktu yang cukup lama sekitar 8-10 jam.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram