Yuk Kunjungi 10 Mall di Bandung yang Paling Terkenal Ini

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 30 Mei 2021

Tempat yang paling lengkap buat jalan-jalan memang mall. Karena, di dalam mall ada toko baju, toko sepatu, toko tas, toko buku, tempat makan, tempat ngemil, bioskop, hingga arena permainan buat si kecil. Bahkan, ada mall yang menyediakan mini zoo dan arena ice skating juga.

Bandung adalah ibukota, pusat fashion dan kuliner, serta tujuan wisata yang paling sering didatangi di Jawa Barat. Jadi, wajar saja kalau di Bandung ada cukup banyak mall. Namun, inilah list mall di Bandung yang paling terkenal beserta off the record-nya (berdasarkan pengalaman pribadi):

1. Paris Van Java

  • Alamat: Jl. Sukajadi No.131-139, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

Paris Van Java Mall atau lebih beken dengan panggilan PVJ merupakan salah satu mall yang paling populer dan ramai dikunjungi oleh warga Bandung.

Bisa dibilang kalau PVJ ini merupakan mall high end, karena toko-toko yang ada di dalamnya kebanyakan dari brand internasional yang harganya cukup mahal. Tenant makanannya pun kebanyakan makanan internasional seperti suki, pizza, Chinese & Taiwanese street food, dan gerai fast food.

Fasilitas yang tersedia di Paris Van Java Mall juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Mengusung konsep semi-outdoor, PVJ memiliki banyak sekali spot hijau dan terbuka dimana beberapa area dipenuhi dengan tanaman dan pohon asli, sehingga membuat mall ini terasa asri.

PVJ juga merupakan mall ramah anak. Bagaimana tidak? Banyak sekali fasilitas bermain untuk anak-anak mulai dari bioskop, arena ice skating, mini zoo, wahana bermain, hingga taman seluas 2 ribu meter yang berada di atas gedung bernama "Sky Garden". Di area ini pengunjung dapat memanjakan mata dengan melihat berbagai jenis kupu-kupu, dan taman bunga yang indah.

Selain area mall yang sangat luas, PVJ juga didukung dengan lahan parkir yang tidak kalah luasnya. Dengan paket komplit yang tersedia di PVJ, tidak heran mall yang satu ini memang jadi favorit. Apalagi ketika memasuki bulan ramadhan, mall ini sering sekali dijadikan tempat ngabuburit favorit dan menyediakan tempat buka puasa yang beragam.

2. Trans Studio Mall

trans studio mall (Copy)Sumber: youtube.com
  • Alamat: Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Senin-Minggu, 10.00-22.00 WIB, Sabtu 10.00-23.00 WIB

Trans Studio Mall merupakan "pembaharuan" dari Bandung Super Mall. Makanya, orang-orang Bandung banyak yang masih suka keselip lidah setiap mau mengatakan TSM, malah jadi bilang BSM.

Semenjak diakusisi oleh Trans, BSM mengalami banyak perubahan. Bisa dibilang kalau mall ini jadi "naik kelas", mulai dari gedung, interior, konsep, food court, dan tenant semuanya baru dan lebih mewah.

Bahkan, bisa dibilang kelas TSM satu tingkat di atas PVJ dan Paskal 23. Mungkin karena TSM masih tergabung dalam kompleks Trans Hotel dan Trans Studio, sehingga semua hal jadi ikut naik dan jadi lebih mahal.

Namun, jika Anda hendak makan di food court TSM, akan sedikit ribet karena mereka memakai sistem kartu TSM. Jadi, Anda isi saldo kartu itu dulu, baru bisa digunakan untuk transaksi. Tapi, ada juga tenant yang memperbolehkan menggunakan uang cash.

Walaupun fasilitasnya sangat baik, TSM masih kalah pamor dengan PVJ, Paskal 23, bahkan BIP. Mungkin karena lokasinya yang jauh dari pusat kota, yaitu di Jalan Jendral Gatot Subroto no. 289, Batununggal. Lalu karena terkesan "mewah", jadi mungkin ada saja orang yang ragu untuk main dan berkunjung di sana.

3. Paskal 23

  • Alamat: Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

Paskal 23 baru diresmikan pada April 2017 lalu. Walaupun masih baru, mall ini langsung menyedot banyak perhatian warga Bandung dan luar Bandung, loh! Pasalnya, untuk ukuran luas, Paskal 23 tidak kalah dengan PVJ. Bahkan, tidak sedikit juga orang yang sering membandingkan bahwa Paskal 23 memiliki vibes yang mirip dengan PVJ.

Jika di PVJ hampir didominasi oleh brand luar negeri, maka Paskal 23 lebih balance karena ada cukup banyak tenant lokal juga. Paskal 23 mengusung konsep "Family & Community Hub", di mana mereka ingin Paskal 23 menjadi tempat komunitas, khususnya di Bandung, untuk berkreasi. Dibuktikan dari nama empat area lobby yang diberi nama dalam bahasa Sunda, yaitu Lobby Hejo, Langit, Cai, dan Ruhai.

Anda bisa juga merasakan ornamen Sunda yang kental dari mall ini, karena hampir di seluruh bagian gedung Paskal 23 banyak dihiasi oleh bambu dan anyaman rotan yang cantik.

Untuk mencapai mall ini, Anda bisa melalui Stasiun Kebon Kawung (Stasiun Bandung), lalu belok kiri ke arah Hotel Hilton atau RS Santosa. Tidak jauh dari situ, belok kiri dan Anda akan melihat penunjuk arah menuju Paskal 23.

4. CiWalk

  • Alamat: Jl. Cihampelas No.160, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

CiWalk adalah singkatan dari Cihampelas Walk. Ya, mall ini terletak di jalan yang selalu dipadati turis, yaitu Jalan Cihampelas. Mall ini sudah berdiri sejak tahun 2004. Meski tergolong sebagai mall lama,namun CiWalk tidak pernah jadi sepi peminat, loh! Hal ini dikarenakan konsep CiWalk yang ramah lingkungan, bersih, dan bentuk mall-nya yang unik.

Ketika masuk, kamu akan disambut oleh tenant makanan di sepanjang jalan, mulai dari fast food, pastry, kopi, hingga masakan Indonesia. Lalu, kamu akan melihat ada gedung di tengah-tengah, sementara kedua sisi gedung merupakan dua area berbeda yang diberi nama Young Street dan Broadway. Di kedua jalan ini juga dipenuhi oleh tenant makanan dan toko lainnya, seperti pakaian, aksesoris, dan gadget. 

Banyak orang yang menyukai CiWalk karena penempatan toko-tokonya rapi dan jalanan di luar gedung yang cukup luas untuk berjalan-jalan santai. Ditambah dengan angin sejuk yang berhembus diantara pohon pinus dan pohon-pohon rindang lainnya Anda bisa duduk-duduk dulu di bangku taman setelah kelelahan berbelanja.

Oh ya, salah satu nilai plus untuk CiWalk adalah musholanya! Musholanya sangat adem, lantainya dibuat dari kayu, lalu ada semacam air terjun mini dengan lafadz "Allah". Sejauh ini mushola CiWalk adalah yang terbaik diantara mall lainnya di Bandung.

5. Bandung Indah Plaza

  • Alamat: Jl. Merdeka No.56, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

Bandung Indah Plaza atau yang lebih dikenal dengan nama BIP, merupakan mall tertua di Bandung. Bangunan BIP sendiri tidak terlalu luas jika dibandingkan dengan mall-mall besar lainnya. Lokasinya yang berada di tengah kota Bandung menjadi salah satu kelebihan dari mall ini, apalagi banyak sekolah dan universitas yang berjarak tidak jauh dari mall ini.

Seperti halnya mall pada umumnya, di BIP juga terdapat banyak spot untuk berbelanja, foodcourt, dan juga bioskop. Mungkin hal ini pula yang menjadi alasan mengapa BIP masih sering dipadati pengunjung walaupun sudah banyak mall lainnya yang lebih bagus.

Overall, BIP masih menjadi mall yang cukup favorit bagi masyarakat Bandung. Mungkin karena mall ini termasuk middle-low, jadi orang-orang tidak segan untuk mengunjungi mall ini.

6. Istana BEC

istana bec
  • Alamat: Jl. Purnawarman No.13-15, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

Istana BEC atau Bandung Electronic Center terkenal sebagai pusat perbelanjaan gadget terbesar, mulai dari HP, laptop, kamera digital, aksesoris gadget, dan masih banyak lagi. Di sini, ada banyak sekali tenant yang menjual gadget dari berbagai merk terkenal, baik dengan baru maupun "second".

Tidak hanya seputar gadget, kini Bandung Electronic Center menjadi lebih luas dan tampil lebih menarik dengan dilengkapi dengan berbagai fasilitas khas mall besar lainnya seperti bioskop, wahana bermain anak, toko buku, foodcourt, serta pusat perbelanjaan seperti supermarket.

Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan BIP, kamu bisa mengunjungi Istana BEC dan BIP sekaligus hanya dengan berjalan kaki sekitar 5 menit saja.

7. The Kings Shopping Centre

the kings shopping centre (Copy)Sumber: facebook.com
  • Alamat: Jl. Kepatihan No.11-17, Balonggede, Regol, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-21.00 WIB

Setelah insiden kebakaran pada tahun 2014 lalu, The Kings Shopping Centre kini telah disulap menjadi mall yang lebih modern dan lebih luas sehingga menjadi salah satu mall yang wajib kamu kunjungi.

Berlokasi di tengah kota dan berdekatan dengan banyak tempat wisata seperti Alun-Alun Bandung dan Cibadak, mall yang satu ini hampir tidak pernah sepi semenjak pagi hingga malam hari.

Dulu, Kings sangat terkenal dengan toko-toko pakaian di dalamnya yang sangat ramai dan murah. Dan saat ini, hal tersebut masih coba dipertahankan dengan banyaknya tenant-tenant lokal yang mengisi area mall tersebut.

Oh iya, ada yang masih ingat "si Ulil"? Setelah tahap renovasi, kini area untuk bermain anak pun semakin diperbesar dan terdapat banyak wahana yang lebih modern. Tentunya, "si Ulil" versi baru juga masih hadir di The Kings Shopping Centre.

8. Festival City Link

Festival City Link
  • Alamat: Jl. Peta No.241, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

Festival City Link bukan sebuah festival, loh, ya.. FCL adalah salah satu mall di Bandung yang paling terkenal, walaupun tidak se-hype Paskal 23 dan PVJ. Mungkin karena lokasinya yang agak jauh dari pusat kota, yaitu di Jalan Peta. Akan tetapi, FCL termasuk tempat nongkrong yang oke punya di Bandung.

Bentuk bangunan dari Festival City Link sendiri termasuk enak dilihat, dan susunan tokonya juga cukup baik. Kalau dikategorikan, FCL mungkin satu level dengan BIP karena tempat makan dan toko-tokonya dibanderol harga low-end.

Lalu, tidak semua bagian mall terlihat aesthetic, karena ada beberapa ruangan kosong tak berlantai yang digunakan tenant bulanan untuk berjualan. Dan jualannya pun agak "nyeleneh" untuk ada di mall, seperti baju sisa ekspor misalnya. Padahal FCL dibangun oleh Agung Podomoro Land, loh.

Tapi, overall, FCL merupakan tempat yang oke untuk nongkrong. Food court mall ini bisa dibilang yang terbaik diantara mall lainnya di Bandung. Kelasnya berbeda dengan food court BIP, mulai dari konsep hingga penataan tenant-nya. Di sini juga ada bioskop yang cukup nyaman, yaitu XXI.

9. Istana Plaza

Istana Plaza
  • Alamat: Jl. Pasir Kaliki No.121-123, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

Istana Plaza merupakan salah satu mall di Bandung yang paling terkenal dan yang paling sepuh. Ketika BIP dibangun tahun 90-an, IP baru terlahir sekitar 10 tahun kemudian, lebih tepatnya pada tahun 2001. Tapi, tetap saja usia IP sekarang sudah cukup tua. Dan, sayangnya tidak ada perubahan yang berarti selama ini dari bentuk bangunan dan interior mall-nya.

Dulu di IP ada wahana ice skating yang terletak di tengah-tengah food court. Itulah titik awal di mana orang berbondong-bondong datang ke IP. Tapi, sekarang wahana ice skating sudah berganti menjadi food tenant. Dan orang-orang yang mau bermain seluncur es harus pergi ke PVJ. Walaupun begitu, sekarang di IP sudah ada bioskop walaupun kecil, yaitu dari Cinemaxx.

IP dekat sekali dengan SMA dan SMP, makanya kamu mungkin akan banyak menemukan anak sekolah berseragam di mall ini. Selain itu, sebenarnya IP bukan tempat yang kondusif untuk nongkrong karena lebih banyak pertokoannya daripada restoran yang bisa ditempati untuk berlama-lama, karena sebagian besar masih di dominasi food court.

10. Braga City Walk

Braga CityWalk.
  • Alamat: Jl. Braga No.99-101, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

BCW adalah nama gaul untuk Braga CityWalk. Terletak di Braga, jalan yang paling sering dipadati turis, membuat BCW jadi ikut-ikutan naik daun juga. BCW ini merupakan satu-satunya mix use development di kota Bandung yang menggabungkan antara shopping center, condominium, dan hotel, yaitu Hotel Aston.

Karena terletak di area heritage yang dilindungi pemerintah, bentuk bangunan BCW sangat indah. Berbeda dari mall-mall lain di Bandung, BCW sangat vintage. Walaupun begitu, isi dari mall ini tidak terlalu tempat nongkrong banget. Nilai lebihnya mungkin karena ada bioskop, dan cuma itu kelebihan dari BCW selain berada di Braga dan menyatu dengan hotel.

11. Bandung Trade Center

BTC Fashion Mall
  • Alamat: Jl. Dr. Djunjunan No.143-149, Pajajaran, Kec. Cicendo, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-21.00 WIB

BTC adalah singkatan dari Bandung Trade Center. Tapi, sekarang mall ini lebih dikenal sebagai BTC Fashion Mall. Sebenarnya konsep mall ini agak rancu karena isinya benar-benar toko baju dan fashion semua. Mungkin karena itulah namanya berganti menjadi "Fashion Mall".

Walaupun begitu, di sini juga terdapat bioskop, tempat karaoke, bank, dan juga food court. Jika tujuan kamu hanya mau sekedar hangout, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk mengunjungi mall ini.

Oh ya, lokasi BTC ini sangat dekat dengan pintu tol Pasteur dan beberapa pool travel. Jadi, jika kamu kebetulan sedang menunggu jadwal travel yang cukup lama, kamu bisa main dan berjalan-jalan ke BTC sembari menunggu.

12. Miko Mall

  • Alamat: Jl. Raya Kopo No.599, Cirangrang, Babakan Ciparay, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 11.00-21.00 WIB

Berada di perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Kota Bandung, Miko Mall memang lebih banyak dikunjungi oleh masyarakat yang berdomisili di sekitaran Bandung Selatan, apalagi lokasinya juga berada hanya 5 menit dari pintu Tol Kopo.

Seperti halnya mall lainnya, di Miko Mall kamu juga bisa menemukan bioskop, tempat karaoke, foodcourt, coffee shop, gadget store, serta berbagai macam outlet yang menjual pakaian, sepatu, tas dan kebutuhan lainnya. Hanya saja, kebanyakan dari outlet ini bukan berasal dari brand terkenal melainkan merk lokal seperti yang sering kita temui di Pasar Baru.

13. Ujung Berung Town Square

  • Alamat: Jl. A.H. Nasution No.46A, Pakemitan, Cinambo, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-22.00 WIB

Berada di area Bandung Timur, Ujung Berung Town Square atau biasa disingkat menjadi Ubertos, merupakan pembaharuan dari Bandung Timur Plaza atau BTP. Ubertos sendiri secara resmi didirikan pada tahun 2016.

Kini, Ubertos telah dipenuhi oleh berbagai tenant, mulai dari tenant lokal hingga tenant yang sudah terkenal seperti Ace Hardware, Superindo, Matahari, XXI, J.Co, KFC, dan masih banyak lagi. Wahana bermain anak dan juga tempat karaoke juga sudah tersedia di mall ini.

Namun, karena masih tergolong baru, Ubertos memang tampak lebih sepi jika dibandingkan dengan mall yang berada di pusat kota Bandung. Bahkan karena masih dalam tahap pengembangan, di beberapa sudut gedung juga terlihat masih dalam tahap renovasi, dan beberapa area di dalam mall masih terlihat agak kosong.

Itu dia mall-mall di Bandung yang paling terkenal (plus beberapa kekurangan dan kelebihannya) dari Keluyuran. Semoga artikel ini dapat menjadi pertimbangan untuk kamu ketika mau berkunjung ke mall yang telah kami sebutkan.

Selain daftar mall di atas, masih ada juga Istana Building Commodities Center (Plaza IBCC) yang merupakan pusat furniture. Yogya Riau Junction juga bisa dikategorikan sebagai mall karena terdiri dari beberapa tenant lainnya. Ada juga Setrasari Mall yang lebih berupa kompleks ruko, dan Living Plaza (seberang IP) yang merupakan mall khusus ACE Hardware serta Informa.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram