keluyuran web banner

10 Mall di Malang Buat Kamu yang Suka Wisata Belanja

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 23 Maret 2021

Sebagai salah satu kota besar di Jawa Timur, Malang memiliki banyak pusat perbelanjaan atau mall yang tersebar di beberapa wilayah. Seperti mall pada umumnya, mall yang ada di Malang tak hanya menyuguhkan wisata belanja, tapi pengunjung juga bisa menikmati kuliner atau menonton film di bioskop yang tersedia.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang pusat perbelanjaan yang ada Malang, berikut 10 mall yang patut kamu kunjungi bersama teman atau keluarga.

 1. Malang Town Square

Malang Town Square

* sumber: www.malangtimes.com

  • Alamat : Jl. Veteran No.2, Penanggungan, Kec. Klojen, Malang, Jawa Timur
  • Jam Operasional : 10.00 – 22.00 WIB
  • No. Telepon : (0341) 575761

Malang Town Square (Matos) merupakan salah satu mall terbesar dan paling terkenal di Malang. Mall yang terdiri dari empat lantai ini berdiri sejak pertengahan tahun 2005 dan selalu ramai pengunjung sampai sekarang, bahkan Matos bisa dibilang merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbaik yang ada di kota ini.

Matos menyediakan wisata belanja dan fasilitas yang sangat lengkap. Pengunjung bisa menemukan berbagai toko/outlet yang menawarkan berbagai kebutuhan, mulai dari supermarket, toko buku, food court, toko elektronik, bioskop, hingga berbagai kafe yang bisa dijadikan tempat nongkrong seru bagi anak-anak muda. 

2. Mall Olympic Garden

Mall Olympic Garden

* sumber: allabout-laksono.blogspot.com

  • Alamat : Jl. Kawi No.24, Kauman, Kec. Klojen, Malang, Jawa Timur
  • Jam Operasional : 10.00 – 22.00 WIB
  • No. Telepon : (0341) 366366

Mall Olympic Garden (MOG) juga merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan terlengkap di Malang. Mall yang terletak di pusat kota ini berdiri sekitar tahun 2008. Sejak saat itu, MOG tak hanya sukses menjadi shopping center yang elit dan modern, tapi juga menjadi pusat hiburan bagi masyarakat Kota Malang.

MOG sendiri memiliki empat lantai dan pengunjung bisa menemukan berbagai macam toko ternama di setiap lantainya. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas sehingga pengunjung bisa merasa nyaman, seperti area parkir, ATM center, hingga toilet yang memadai.

3. Sarinah Plaza

Sarinah Plaza

* sumber: bababeli.com

  • Alamat : Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.2-A, Kidul Dalem, Kec. Klojen, Malang, Jawa Timur
  • Jam Operasional : 09.00 – 20.30 WIB
  • No. Telepon : (0341) 326969

Salah satu mall yang juga patut dijadikan destinasi wisata belanja adalah Sarinah. Layaknya pusat perbelanjaan modern pada umumnya, Sarinah yang memiliki desain bangunan minimalis dan elegan ini menyuguhkan berbagai fasilitas. Pengunjung dapat menjumpai berbagai outlet yang menjual kebutuhan sehari-hari, pusat kuliner, hingga bioskop yang menayangkan film-film terbaru.

Mall yang terletak di pusat kota ini sebenarnya termasuk salah satu mall tertua di Malang. Sarinah sendiri tercatat memiliki sejarah panjang sebelum menjadi pusat perbelanjaan modern seperti sekarang. Meski telah beroperasi sejak sekitar tahun 1970-an, Sarinah tetap eksis dan ramai dikunjungi banyak orang.

4. Gajah Mada Plaza

Gajah Mada Plaza

  • Alamat : Jl. Agus Salim No.18, Sukoharjo, Klojen, Malang, Jawa Timur
  • Jam Operasional : 09.00 – 21.00 WIB

Satu lagi pusat perbelanjaan yang ada di tengah Kota Malang, yaitu Gajah Mada Plaza. Mall yang satu ini sudah sangat terkenal dan berjaya sejak lama. Selain karena lokasinya yang sangat strategis dan berdekatan dengan Alun-Alun Malang, Gajah Mada Plaza dari dulu dikenal sebagai pusat perbelanjaan yang sangat lengkap.

Dengan bangunan yang terdiri dari 3 lantai, mall ini memiliki banyak sekali fasilitas untuk para pengunjung. Ada pusat fashion yang membidik kalangan anak muda, ada pula swalayan yang menyediakan kebutuhan sehari-hari secara lengkap dengan harga yang terjangkau. Jadi jangan heran bila Gajah Mada Plaza tetap jadi favorit masyarakat Kota Malang meski umurnya sudah cukup tua.

5. Mall Dinoyo City

Mall Dinoyo City

* sumber: tabloidmatahati.com

  • Alamat : Jl. MT. Haryono No.195-197, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Malang, Jawa Timur
  • Jam Operasional : 10.00 – 21.30 WIB
  • No. Telepon : (0341) 560060

Pusat perbelanjaan yang satu ini tergolong cukup baru di Malang. Mall Dinoyo City atau MDC terletak di wilayah Dinoyo, tepatnya di suatu kawasan yang memang terkenal ramai sejak dulu. Selain dibangun dekat dengan Pasar Dinoyo yang jadi pusat perbelanjaan di wilayah ini, MDC juga berdekatan dengan beberapa kampus ternama di Malang.

Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau transportasi umum membuat MDC layak untuk dikunjungi. Alasan lainnya tentu saja karena mall ini menghadirkan berbagai fasilitas menarik seperti mall modern pada umumnya. Pengunjung bisa berbelanja di gerai-gerai fashion, swalayan, food court, hingga menonton film terbaru di bioskop.  

6. Mall Alun-Alun

Mall Alun-Alun

  • Alamat : Jl. Merdeka Timur, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam Operasional : 09.00 – 21.00 WIB

Sesuai dengan namanya, mall ini terletak di dekat Alun-Alun Kota Malang. Yang paling mencolok dari mall ini tentu saja adalah Ramayana, sebuah department store yang menjadi anchor tenant di mall tersebut. Pengunjung bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari di mall ini, tentunya dengan harga yang sangat bersaing.

Salah satu keistimewaan mall ini adalah lokasinya yang sangat strategis dan mudah dijangkau sehingga jadi favorit banyak orang, bahkan tampaknya hampir semua orang Malang pasti pernah berkunjung ke mall ini. Selain itu, Mall Alun-Alun juga diapit oleh beberapa pusat perbelanjaan lain, jadi kamu bisa berkunjung ke beberapa mall sekaligus ketika berada di pusat Kota Malang.

7. Malang City Point

Malang City Point

* sumber: nitenote.wordpress.com

  •  Alamat : Jl. Terusan Dieng No. 32, Pisang Candi, Kec. Sukun, Malang, Jawa Timur
  • Jam Operasional : 09.00 – 21.00 WIB
  • No. Telepon : (0341) 553800

Selanjutnya ada Malang City Point atau MCP yang berada di kawasan Sukun, sebuah daerah yang dianggap kurang strategis untuk sebuah pusat perbelanjaan. Walau begitu, MCP yang terintegrasi dengan hotel ini rupanya mampu menarik minat banyak orang sehingga pusat perbelanjaan ini selalu ramai oleh pengunjung.

MCP memang tergolong baru, namun mall yang satu ini menyuguhkan banyak gerai atau tenant ternama yang jadi daya tarik utama pengunjung. Di sini kamu juga bisa berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari produk elektronik, kecantikan, alat kesehatan dan olahraga, hingga berbagai macam kuliner.

8. Cyber Mall

Cyber Mall

* sumber: joeyz14.wordpress.com

  • Alamat : Jl. Raya Langsep No.2, Pisang Candi, Kec. Sukun, Malang, Jawa Timur
  • Jam Operasional : 10.00 – 21.30 WIB
  • No. Telepon : (0341) 570970

Mall yang bersebelahan dengan Malang City Point ini dulunya bernama Plaza Dieng. Mall tersebut sudah berjaya sejak era 90-an, bahkan dikenal sebagai tempat nongkrong yang sangat populer di kalangan anak-anak muda. Seiring berjalannya waktu, Plaza Dieng akhirnya lebih memfokuskan diri ke produk elektronik dan berubah menjadi pusat perbelanjaan IT yang cukup terkemuka di Malang.

Sempat berganti nama menjadi Dieng Computer Square, akhirnya mall yang satu ini kembali mengubah namanya menjadi Cyber Mall di sekitar tahun 2015. Sebagai pusat IT, pengunjung bisa menemukan berbagai macam produk elektronik di sini, mulai dari perangkat komputer, laptop, hingga bermacam-macam gadget lainnya.

9. Plaza Araya

Plaza Araya

  • Alamat : Jl. Blimbing Indah Megah No.2, Purwodadi, Kec. Blimbing, Malang, Jawa Timur
  • Jam Operasional : 10.00 – 21.00 WIB
  • No. Telepon : (0341) 409310

Mall berikutnya yang juga ada di Malang adalah Plaza Araya yang terletak di kawasan Blimbing. Tidak seperti kebanyakan mall di Malang, lokasi Plaza Araya memang agak jauh dari pusat kota. Mall yang satu ini justru berdekatan dengan terminal Arjosari sehingga memudahkan wisatawan yang baru datang ke Kota Malang untuk berbelanja.

 Plaza Araya terdiri dari 2 lantai dan memang kalah luas bila dibandingkan dengan mall-mall lainnya yang ada di Malang. Meski demikian, Plaza Araya tetap jadi tujuan wisata belanja karena mall ini menyajikan fasilitas yang lumayan lengkap, mulai dari supermarket, fashion, kuliner, hingga fasilitas bioskop.

10. Transmart MX Mall Malang

Transmart MX Mall Malang

* sumber: blog.joshuafavian.com

  • Alamat : Jl. Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Malang, Jawa Timur
  • Jam Operasional : 10.00 – 22.00 WIB
  • No. Telepon : -

Satu mall lagi yang tak boleh dilewatkan, yaitu Transmart MX Malang yang mulai beroperasi tahun 2019 lalu. Lokasinya sendiri sangat strategis dan bersebelahan dengan Malang Town Square. Karena berada di kawasan yang sangat ramai sekaligus berdampingan dengan Matos, mall yang satu ini pun tak pernah sepi pengunjung.

Seperti halnya Transmart di kota-kota lainnya, Transmart Malang juga mengusung konsep berbelanja, bersantap, bermain, dan juga menonton. Jadi, mall ini tidak hanya berfungsi sebagai pusat perbelanjaan atau tempat nongkrong, tapi juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata indoor yang nyaman bagi keluarga.

Itu dia beberapa mall di Malang yang berkonsep modern dan pastinya ramai pengunjung. Ada begitu banyak pilihan shopping center yang lengkap, menghibur, dan sangat cocok dijadikan destinasi wisata belanja bersama teman atau keluarga. Jadi apabila kamu sedang berada di Kota Malang, jangan lupa berkunjung ke mall-mall tersebut, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram