10 Mall di Penang yang Menjadi Destinasi Wisata Belanja

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 26 Desember 2020

Pulau Penang adalah satu-satunya pulau di Malaysia yang menawarkan pengalaman berbelanja yang luar biasa. Penang mungkin kecil tetapi memiliki segala macam hiburan, dan itu termasuk pusat perbelanjaan. Sebagian besar mal dapat ditemukan di dalam ibu kota Georgetown dan di sekitar Bayan Lepas, di dekat bandara. Berikut ini adalah 10 Mall di Penang untuk kamu kunjungi saat berlibur.

1. 1st Avenue Mall

1st Avenue Mall

Lokasi mall di Penang ini yang bersebrangan dengan KOMTAR, Penang Time Square serta Prangin. First Avenue/1st Avenue yang terletak di jalan Magazine merupakan pusat perbelanjaan yang besar dan terlengkap.

The First Avenue sangat menekankan dalam memberikan yang terbaik kepada konsumennya. Jadi, jika kamu ingin mengunjungi mall ini, kamu pasti akan disambut oleh staf yang ramah dan akan dengan senang hati membantumu saat berada di tempat perbelanjaan ini.

Pusat perbelanjaan ini juga memiliki acara dan promosi berkesinambungan yang pasti bisa kamu manfaatkan.  Promosi ini dapat memberimu harga terbaik yang mungkin tidak akan kamu dapatkan di tempat lain.

Untuk kamu yang senang dengan barang bermerek, seperti  Victoria Secret, H&M, Coach, Cotton On, ataupun sketchers, mampirlah ke ke 1st Avenue. Selain itu, mall ini juga menawarkan beragam fasilitas hiburan dari mulai karaoke, bioskop, cafe internet, bowling, dan snooker bar.

  • Alamat: Jln. Magazine No. 182 lt. 5, George Town, Pulai Pinang, Penang, Malaysia
  • Jam Buka: 10.00-22.00
  • Telepon: +604 261 1121

2. Gurney Paragon

Gurney Paragon

Kalau kamu sedang berada di Penang dan mencari mall di Penang untuk berbelanja, cobalah mampir ke Gurney Paragon yang terletak di daerah pelabuhan dekat laut. Mall ini merupakan tempat terbagus untuk wisata belanja di kota Penang.

Terdapat lebih dari 40 butik kelas menengah sampai level kelas atas dalam gedung yang mempunyai 9 lantai ini. Selain itu ada juga 30 restoran dengan nama terkenal seperti Alfresco. Pengalamanmu akan semakin berkesan setelah berbelanja maupun menikmati makanan lezat di sini.

Mall Gurney Paragon juga menawarkan fasilitas entertainment untuk kamu yang ingin mencari hiburan. Terdapat teater Imax di lantai 9 di mall ini, jadi kamu bisa menikmati film favorit terbaru.

Mengapa pusat perbelanjaan Gurney jadi salah satu mall yang paling ramai dikunjungi? Hal itu karena mall dengan gedung yang mewah dan besar ini tak hanya memiliki shopping center tapi juga area perkantoran serta apartemen.

  • Alamat: Jln. Dr. Gurney No. 163-D, George Town, Penang City, Malaysia
  • Jam Buka: 10.00-22.00
  • Telepon: +604 228 8266

3. Queensbay Mall

Queensbay Mall

The Queensbay Mall merupakan salah satu mall di Penang yang paling luar biasa yang dapat kamu temukan di Penang. Menjadi pusat perbelanjaan terbesar dan terpanjang di Penang, kamu juga akan menyaksikan sebuah mall yang memiliki tema modern.

Satu langkah ke dalam mall akan membuat kamu merasa seolah-olah baru saja memasuki mall kelas atas. Meskipun mall ini adalah salah satu mall paling bergengsi yang dapat kamu temukan di negara bagian ini, layanan yang diberikan untuk kamu pasti terjangkau.

Queensbay mempunyai tagline “Semuanya dapat terjadi di sini” karena sejak tahun 2006 lalu tempat ini memang jadi salah satu mall populer untuk berbelanja dan mencari hiburan. Ada juga berbagai acara menarik yang dapat kamu ikuti di mall untuk meningkatkan pengalaman berbelanjamu.

Mall ini menjadi rumah bagi toko pakaian bermerek, elektronik dan gadget, restoran sampai bioskop terbesar. Terdiri dari 5 lantai di mall ini terdapat 10 penyewa utama dan 500 toko ternama, serta terdapat directory entertainment yang bisa kamu temukan di lantai 3.

  • Alamat: Persiaran Bayan Indah No. 100, Queensbay, Bayan Lepas, Penang, Malaysia
  • Jam Buka: 10.00-22.00
  • Telepon: +604 619 8989

4. Plaza Gurney

Plaza Gurney

Mall di Penang selanjutnya adalah Plaza Gurney yang berlokasi di tepi laut Penang. Tempat perbelanjaan yang sudah beroperasi semenjak tahun 2001 adalah salah satu mall besar. Terdapat 380 toko dengan ritel besar dan banyak merek internasional, seperti Coach, Fossil, dan Versace tersebar di 9 lantai.

Selain itu ada juga bioskop di lantai paling atas yang kebetulan merupakan multipleks terbesar di Malaysia. Jika kamu sudah selesai berbelanja dan ingin bersantai, ada berbagai pilihan hiburan seperti laser-tag dan escape room.

Di sini, kamu juga akan menemui pada beragam gaya hidup penduduk setempat serta merasakan pengalaman belanja lokal yang benar-benar baru di mall. Jika kamu berencana pergi untuk liburan ke Penang,  Plaza Gurney harus kamu dikunjungi.

  • Alamat: Jln. Dr. Gurney No. 170, Pulau Tikus, George Town, Penang, Malaysia
  • Jam Buka: 10.00-22.00
  • Telepon: +604 222 8222

5. Komtar

Komtar

Singkatan dari Kompleks Tunku Abdul Rahman, galeri pengamatan menara setinggi 761 kaki ini memiliki toko suvenir dan teleskop yang dioperasikan dengan koin, seperti Empire State Building di New York. Komtar yang terletak di daerah George Town adalah mall di Penang yang merupakan ikon kota Penang.

Komtar Penang adalah menara bertingkat 65 lantai di pusat Georgetown yang merupakan salah satu landmark paling menonjol di Penang. Lantai bawahnya adalah ruang ritel yang ditempati oleh butik lokal dan banyak kios yang mengkhususkan diri pada perbaikan ponsel, kamera dan laptop.

Di lantai atas merupakan area tempat perkantoran. Lantai bawah mall Komtar Penang adalah rumah bagi terminal bus dengan operator bus Rapid Penang yang melayani seluruh area Georgetown. Mall ini memiliki jalur luar ruangan, yang disebut Komtar Walk, terhubung ke Prangin Mall.

Mall ini memiliki struktur tertinggi di Penang yang berbentuk silinder dan merupakan bangunan tertinggi keenam di Malaysia. Mall ini mempunyai dek observasi di lantai 58 yang menawarkan pemandangan pulau dan melintasi selat ke daratan Penang.

  • Alamat: Lebuh Tek Soon, George Town, Penang, Malaysia
  • Jam Buka: 10.00-22.00
  • Telepon: +604 263 6195

6. Island Plaza

Island Plaza

Island Plaza merupakan mall di Penang yang terdekat ke Batu Ferringhi. Toserba, Metrojaya, dan supermarket, Cold Storage adalah penyewa utama mall ini dan kamu akan menemukan gabungan butik lokal dan beberapa merek internasional seperti Quiksilver, CK Jeans, MNG, dan Nike.

Mall ini juga merupakan tempat yang tepat untuk kegiatan yang tidak berhubungan dengan ritel karena memiliki bioskop di dalam hotel, W Cinemax, ditambah cabang gimnasium populer, Fitness First.

  • Alamat: Jln. Tanjung Tokong No. 118, Seri Tanjung Pinang, George Town, Penang, Malaysia
  • Jam Buka: 10.00-22.00
  • Telepon: +604 890 8228

7. Prangin Mall

Prangin Mall

Prangin Mall terletak di sebelah KOMTAR dan dekat dengan taman hiburan perkotaan dan Rainbow Skywalk, dan kawasan wisata Chulia Street di George Town. Mall ini memiliki sejarah panjangnya sendiri.

Alih-alih ketinggalan zaman, mall di Penang ini terus mengikuti tren baru dan sekarang masih berdiri tegak dengan desain modern dan tujuan akhir untuk terus melayani pelanggannya. Jika kamu mencari barang dengan harga terjangkau untuk dibeli di Penang, inilah mall yang tidak boleh kamu lewatkan.

Lot 33, penambahan baru-baru ini ke mall telah mengubah basement mall menjadi tempat makan yang mewah dan apik. Ada jembatan yang terletak di mall yang dapat menghubungkan ke KOMTAR dan 1st Avenue Mall. Mall ini memiliki bioskop multipleks yang layak di lantai atas.

  • Alamat: Jln. Dr. Lim Chwee Leong, George Town, Pulau Pinang, Malaysia
  • Jam Buka: 10.00-22.00
  • Telepon: +604 262 2233

8. Penang Plaza

Penang Plaza

Salah satu pusat perbelanjaan tertua di Penang, Penang Plaza memiliki nuansa lingkungan mall pinggiran kota. Pusat perbelanjaan ini menarik banyak penduduk lokal datang dan berbelanja di toko-toko ritel besarnya seperti supermarket Giant dan apotek Guardian.

Terletak di sepanjang Jalan Burmah, mall di Penang ini  memiliki toko buku murah di lantai dua tempat kamu bisa menemukan judul-judul seperti 'To Kill A Mockingbird' Harper Lee dan '' The Count Of Monte Cristo 'Alexandre Dumas masing-masing hanya seharga RM5.

  • Alamat: Jln. Burma No. 126, George Town, Pulau Pinang, Malaysia
  • Jam Buka: 08.30-22.00
  • Telepon: +604 226 8080

9. Penang Time Square

Penang Time Square

Sebuah proyek pengembangan gabungan yang terdiri dari mall, tower hunian dan blok perkantoran, Penang Times Square tentunya memiliki lokasi sentral di sepanjang Jalan Dato Keramat, sekitar satu km dari KOMTAR. Tersebar di tiga lantainya adalah butik pakaian, toko gadget, dan museum.

Selain itu ada juga salon kecantikan, serta beberapa restoran. Di sini kamu bisa menemukan temukan lokal seperti MTM Boutique, Asadi Concept Store, dan Opera. Namun, kebanyakan orang mengenal mall ini sebagai rumah dari beberapa klub dansa paling populer di pulau itu, Soju Room dan M2.

  • Alamat: Jln. Dato Kramat No. 144, George Town, Pulau Pinang, Malaysia
  • Jam Buka: 10.00-22.00
  • Telepon: +604 226 4100

10. Straits Quay

Straits Quay

Membentang di dua lantai, Straits Quay adalah mall di Penang yang terletak di sepanjang Jalan Seri Tanjung Pinang, menghadap ke marina dan menawarkan akses ke beberapa butik lokal yang bagus. Merek fesyen yang ada di sini termasuk Converse, Bran et Daguet dan Shoepoint.

Namun, kompleks ini lebih terkenal dengan restoran dan barnya seperti Healy Mac's Irish Bar & Restaurant, Starbucks Coffee, PappaRich, Dome Café dan Blue Reef Fish & Chips. Mall ini rumah bagi Penang Performing Arts Center, spa Thai Odyssey, taman trampolin, dan pusat kebugaran pribadi.

  • Alamat: 3F-G-1 Straits Quay, Jalan Seri Tanjung Pinang, Tanjung Tokong
  • Jam Buka: 10:30 - 22:30
  • Telepon: +604 891 8000

Saat berkunjung ke Penang, Malaysia, kamu bisa memiliki pilihan destinasi wisata alternati, yaitu deretan mall di Penang. Selain wisata alam, kamu juga bisa menikmati wisata belanja di Penang. Selamat berlibur dan berbelanja.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram