Suka Shopping? Kunjungi 10 Mall Ternama di Solo Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Solo merupakan salah satu kota besar di Provinsi Jawa Tengah yang sering diakui sebagai kembarannya Yogyakarta. Kota ini biasa dijadikan sebagai destinasi wisata budaya, karena masyarakatnya sangat melestarikan budaya Jawa yang sudah ada sejak zaman dahulu. Solo juga dikenal sebagai kota pengrajin batik dimana ada banyak kampung batik yang bisa dikunjungi.

Selain wisata budaya dan batik, tentunya Solo tak lepas dari pusat perbelanjaan seperti halnya di kota lain. Mulai dari Kota Solo hingga Solo Baru, terdapat mall yang bisa kamu kunjungi untuk berbelanja atau sekadar ngadem dari panasnya Kota Solo. Ingin tahu pusat perbelanjaan di Solo? Berikut ini 7 mall di Kota Solo yang menjadi surganya pencinta shopping. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Solo Grand Mall

Solo Grand Mall

Solo Grand Mall atau dikenal dengan nama SGM adalah salah satu mall di Solo yang sudah berdiri sejak tahun 2004 di atas lahan 12.080 m2. Solo Grand Mall memiliki 7 lantai dan diklaim sebagai mall terbesar dan terlengkap di Kota Solo. Solo Grand Mall terletak di pusat Kota Solo dan berdekatan dengan Stadion Maladi Sriwedari.

Solo Grand Mall sering dijadikan sebagai tempat berbelanja dan tempat nongkrong. Hal unik dari mall ini adalah kamu bisa melihat kereta yang melintas pada waktu tertentu. Tepat di depan Solo Grand Mall terdapat rel kereta api yang menjadi jalur kereta Batara Kresna relasi Solo Balapan – Wonogiri.

  • Alamat: Jl. Slamet Riyadi No. 273, Penumping, Laweyan, Kota Surakarta
  • Operasional: 09.00 – 21.00 WIB

2. Solo Paragon Lifestyle Mall

Solo Paragon Lifestyle Mall

Solo Paragon Lifestyle Mall merupakan pusat perbelanjaan di Kota Solo yang letaknya tak jauh dengan Stadion Manahan Solo. Mall yang satu ini berada di tengah-tengah antara Stadion Manahan dengan Solo Grand Mall. Solo Paragon Lifestyle Mall mengusung konsep “shopping, dining and entertainment”.

Solo Paragon Lifestyle Mall terdiri dari 5 lantai dan berdiri di atas lahan 4,1 hektare. Mall ini terbilang lengkap, terlebih setelah disedakan bioskop mulai tahun 2013 lalu. Dalam kawasan Solo Paragon Mall juga terdapat Solo Paragon Hotel yang bisa kamu jadikan sebagai tempat menginap selama berlibur di Kota Solo.

  • Alamat: Jl. Yosodipuro No. 133, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Operasional: 10.00 – 22.00 WIB

3. Solo Square Mall

Solo Square Mall

Solo Square merupakan pusat perbelanjaan di Kota Solo yang bersebelahan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Sebelas Maret. Solo Square berada di jalan utama Semarang – Solo, dan letaknya dekat dengan Stasiun Purwosari Solo. Mall yang satu ini sangat mudah diakses baik dari dalam maupun luar Kota Solo.

Solo Square mulanya adalah alun-alun atau town squared yang kini diubah menjadi sebagai pusat perbelanjaan yang bersaing dengan mall lain di Surakarta. Mall ini tak jauh pula dengan Solo Grand Mall. Solo Square kini semakin ramai dikunjungi karena tenant yang dimiliki semakin banyak dan sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan event besar seperti job fair.

  • Alamat: Jl. Slamet Riyadi No. 451 – 455, Pajang, Laweyan, Kota Surakarta
  • Operasional: 10.00 – 22.00 WIB

4. The Park Mall Solo Baru

The Park Mall Solo Baru

Solo Baru merupakan kawasan elite yang masuk ke wilayah Kabupaten Sukoharjo. Solo Baru berada di perbatasan antara Kota Solo dengan Kabupaten Sukoharjo. Di Solo Baru sudah banyak fasilitas mulai dari komplek perumahan, rumah sakit, hingga mall elite. Ada dua mall di Solo Baru, salah satunya adalah The Park Mall Solo Baru.

Sesuai dengan namanya, The Park Mall terdapat area outdoor yang luas berupa taman. Tenant yang tersedia di The Park Mall sangat lengkap. Apalagi mall yang satu ini sering dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya festival kuliner di area outdoor The Park Mall. Jadi, tak hanya berbelanja, kamu bisa menikmati ragam kuliner di sini.

  • Alamat: Jl. Ir. Soekarno, Madegondo, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
  • Operasional: 11.00 – 20.00 WIB

5. Hartono Lifestyle Mall

Hartono Lifestyle Mall

Satu lagi mall di Solo Baru yaitu Hartono Lifestyle Mall yang lokasinya tidak jauh dari The Park Mall Solo Baru. Mall yang dibangun pada tahun 2012 ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan di Kota Solo yang banyak diminati masyarakat, terutama masyarakat Sukoharjo, karena lokasinya yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Hartono Lifestyle Mall memiliki taglineMore Fun More Activities” sehingga tak heran, ada banyak tenant dengan total 150 unit yang siap menyambutmu. Selain itu, Hartono Lifestyle Mall sering dijadikan sebagai tempat diselenggarakan event. Salah satunya adalah fashion show yang diadakan oleh Institut Seni Surakarta.

  • Alamat: Ir. Soekarno, Madegondo, Grogol, Kabupaten Sukoharjo
  • Operasional: 10.00 – 22.00 WIB

6. Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo atau PGS sebenarnya bukan mall seperti yang sudah disebutkan di atas. Namun, tempat ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang selalu ramai dikunjungi dan melayani pembelian pakaian secara grosir maupun eceran. Pusat Grosid Solo menyediakan berbagai pakaian yang dibutuhkan masyarakat, mulai dari batik hingga baju sehari-hari.

Masyarakat yang berbelanja di Pusat Grosir Solo biasanya merupakan pedagang di daerah ataupun kota lain. Karena segala bentuk pakaian bisa didapatkan di sini dengan cara eceran dan grosir. Selain itu, tersedianya fasilitas yang lengkap menjadikan tempat ini nyaman untuk berbelanja.

Pusat Grosir Solo menyediakan ragam batik dan pakaian dari yang murah hingga brand ternama.  Letaknya yang dekat dengan Keraton Surakarta Hadiningrat, membuat Pusat Grosir Solo menjadi tempat yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Kota Solo.

  • Alamat: Jl. Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Sukarta
  • Operasional: 09.00 – 16.00 WIB

7. Singosaren Plaza Solo

Ingin berbelanja elektronik yang lengkap di Kota Solo? Jika di Bandung ada Bandung Electronic Center yang menjadi pusat perbelanjaan alat elektornik, maka di Solo ada Singosaren Plaza Solo. Di sini menyediakan beragam alat elektronik mulai dari gadget hingga elektronik rumah tangga yang sangat lengkap.

Bukan hanya sebagai tempat pembelian barang elektronik saja, Singosaren Plaza Solo juga menyediakan toko untuk sevice barang elektronikmu yang rusak. Selain itu, kamu pun bisa menjual barang elektronik di toko yang menerima jual beli alat elektronik. Jika kamu lelah selama berbelanja, Singosaren Plaza Solo juga menyediakan beberapa tenant makanan.

  • Alamat: Jl. Gatot Subroto No. 27 – 28, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta
  • Operasional: 09.00 – 21.00 WIB

Kota Surakarta atau Solo dikenal dengan budaya yang dilestarikan, sehingga menarik banyak wisatawan dari dalam dan luar Pulau Jawa. Ketika liburan ke suatu tempat, sebagian orang senang mengunjungi pusat perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan atau berbelanja oleh-oleh. Jadi, kalau liburan ke Kota Solo, sempatkan untuk mampir ke mall di Kota Solo, ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *