Ngidam Martabak? Ini Dia 10 Martabak Enak di Bogor

Ditulis oleh Syuri

Martabak adalah jajanan yang paling sering diincar orang-orang pada sore hingga malam hari. Teksturnya yang empuk dan tebal menyerupai kue bolu, pinggirannya yang krispi, dan aneka pilihan rasa yang ada membuat banyak orang menyukai martabak.

Tidak susah menemukan penjajak martabak di Kota Bogor, karena di pinggir jalan hingga di kafe pun banyak yang menyediakan. Tapi, kalau mau yang enak, tentu harus pilih-pilih, dong. Berikut adalah 10 tempat martabak enak di Bogor yang telah dirangkum Keluyuran untuk Anda.

1. Martabak Air Mancur

Martabak Air Mancur

* sumber: www.foody.id

Di posisi pertama martabak enak di Bogor ada Martabak Air Mancur. Sudah berdiri sejak 1993, martabak yang satu ini menjadi legenda tersendiri di kota Bogor. Sejak awal berbisnis, Martabak Air Mancur sudah punya varian martabak unik, yaitu menggunakan buah-buahan segar yang jarang digunakan, seperti kurma dan nangka. Namun, ada juga martabak manis yang umum seperti pisang, jagung, kacang cokelat, dan lain-lain.

Tak kalah dengan martabak kekinian, di sini ada martabak Toblerone, Nutella, green tea, hingga martabak brownies. Di sini juga ada martabak asin, yaitu martabak telur dengan pilihan isian kornet, sosis sapi, sosis ayam, hingga seafood. Yang datang ke Martabak Air Mancur bukan cuma orang Kota Bogor saja, loh, tapi dari kabupaten dan daerah Jabodetabek juga.

Daftar harga: Martabak Telor IDR 63K, Martabak Crunchy Greentea IDR 71.5K, Martabak Brownies Polos IDR 44K, Martabak Rainbow IDR 55K, Mie Baso IDR 24.5K, dan Aneka Jus IDR 20K. Ingin mencobanya? Datang saja ke Jalan Jend. Sudirman no. 64, Sempur, Bogor Tengah. Telp: (0251) 8328388 atau ke Jalan Pajajaran no. 20 T (ruko). Telp: (0251) 8338333. Mereka buka setiap hari dari jam 8.30 pagi – 11 malam.

2. Martabak Encek

Martabak Encek martabak enak di Bogor

* sumber: www.kompasiana.com

Satu lagi martabak legend di Bogor, yaitu Martabak Encek. Martabak ini sudah jualan sejak harganya masih Rp 250,- perak hingga kini dijual berkisar Rp 40 – 60 ribu per loyang. Uniknya, dari dulu varian rasa di Martabak Encek cuma ada martabak manis cokelat dan keju saja, tapi pembeli rela mengantri (tanpa duduk!) untuk mendapatkannya. Kira-kira kenapa, ya?

Orang-orang bilang, martabak yang satu ini tidak bisa dikalahkan oleh martabak mana pun juga. Menurut para pelanggan, martabak ini walaupun dimakan besoknya tidak akan jadi keras, rasanya masih tetap enak. Martabak Encek dijajakan layaknya street food dengan gerobak seadanya di pinggir jalan.

Yang mengolah dan memasak martabaknya cuma Encek sendiri, tidak dibantu karyawan sama sekali. Mungkin karena itulah rasanya tetap sama dari dulu hingga sekarang. Dan, sejak awal berdiri, martabak ini dimasak menggunakan arang, jadi ada cita rasa tersendiri yang tidak akan Anda temukan di martabak lainnya.

Martabak Encek buka sejak jam 2 siang dan sering sudah habis ketika malam belum menjemput. Kalau penasaran, langsung saja melipir ke Surken alias Jalan Surya Kencana no. 289, Babakan Ps., Bogor Tengah.

3. ORIENT Martabak

ORIENT Martabak 

* sumber: www.foody.id

ORIENT Martabak merupakan martabak enak di Bogor yang selanjutnya. Martabak merk ORIENT ada di beberapa daerah, untuk yang di Bogor lokasinya terletak di Jalan Raya Pajajaran no. 99, Bantarjati, samping SPBU Shell. Mereka buka setiap hari dari jam 1 siang – 11 malam. Tempatnya tidak terlalu besar, tapi nyaman dan bersih. Anda bisa memilih mau makan di tempat atau dibungkus.


Anda bisa memilih jenis martabak, mau yang Reguler, Large, dan Tipker alias tipis kering. Di sini tersedia varian Martabak Durian yang tidak menggunakan selai, melainkan durian asli yang disulap menjadi kinca. Harga Martabak Durian Reguler adalah Rp 63.000. Ukuran Reguler saja sudah besar, loh, apalagi yang Large. Terus isiannya tidak pelit, Anda bisa melihat isinya meluber keluar saking banyaknya. Yummy!

4. Martabak Aphin

Martabak Aphin

* sumber: pergikuliner.com

Kita tidak bisa melewatkan Martabak Aphin kalau membahas martabak enak di Bogor. Kalau Anda tiba-tiba ngidam martabak di siang bolong, jangan khawatir karena Martabak Aphin sudah buka sejak siang hari. Kedai sederhana ini menyediakan martabak yang endeus parah.

Di sini ada Martabak Kombis alias kombinasi yang rasanya bisa separuh-separuh. Misalnya ½ rasanya keju, dan ½-nya lagi rasa kacang cokelat. Martabak Kombis ini dihargai IDR 70K saja. Rasanya? Enak pakai banget! Rasa manisnya tidak bikin eneg, terus menteganya juga tidak lebay, cukup saja.

Ada pula varian martabak asin. Martabak Telur Special dibanderol harga IDR 55K. Martabak ini menggunakan tiga telur bebek, kebayang, dong, gurihnya gimana? Alamat Martabak Aphin ada di Jalan Raya Pajajaran no. 19, Sukasari, Bogor Timur. Mereka buka setiap hari dari jam 1 siang – 11 malam.

5. Martabak Blackpool

Martabak Blackpool

* sumber: www.foody.id

Penggemar martabak hitam? Di Bogor ada spesialisnya, yaitu Martabak Blackpool. Pada Mei 2015, Celine dan Hendy Haryanto mulai membuka kedai martabak dengan modal awal sebesar Rp 60 – 70 juta ini. Mereka ingin membuat makanan yang unik, akhirnya mereka sampai di ide membuat martabak berwarna hitam. Bisa dibilang kalau Martabak Blackpool merupakan pionir martabak hitam pertama di Kota Jakarta.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram