Inilah 10 Masjid dengan Arsitektur Modern di Indonesia

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia memiliki deretan masjid dengan arsitektur yang menawan. Berdasarkan fungsinya, masjid diperuntukan bagi kegiatan-kegiatan ibadah dan keagamaan. Selain itu, masjid juga memegang fungsi sosial sebagai sarana dalam menjalin silaturahmi, ukhuwah islamiyah antara sesama umat muslim.

Seiring dengan perkembangan zaman, masjid di Indonesia hadir dengan desain-desain yang semakin beragam. Banyak masjid baru di Indonesia, dibuat dengan desain arsitektur modern. Masjid-masjid tersebut dibangun dengan menabrak pakem-pakem standar pada sebuah masjid tapi tetap memperhatikan dan menyertakan nilai-nilai keutamaan sebuah masjid sebagai tempat ibadah.

Selain itu, masjid yang sudah lama berdiri pun banyak yang diremajakan dan dilengkapi dengan fasilitas atau ornamen yang tidak kalah modern. Dalam daftar masjid di Indonesia dengan arsitektur modern di bawah ini, Anda akan menemukan sebuah masjid besar yang dilengkapi dengan payung peneduh otomatis. Menarik ya?

Masjid-masjid ini juga bisa dikunjungi saat Anda berencana berwisata religi di bulan Ramadhan. Ingin tahu masjid mana saja di Indonesia yang dibangun dengan arsitektur cantik dan modern? Sudah siap terpesona dengan bentuk dan kemegahannya? Berikut pilihannya!

1. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal, JakartaSumber: infonusantara.id

Diresmikan pada 1978, Masjid Istiqlal termasuk masjid berusia tua dan bersejarah di Indonesia. Dalam pembangunannya, jalan yang dilalui hingga masjid ini berdiri tidak mudah. Ia sempat terhenti dan tidak ada pembangunan yang berarti selama beberapa tahun. Berdasarkan desain, sejak awal dirancang, ia mendobrak pakem-pakem masjid yang ada di Indonesia ketika itu.

Masjid Istiqlal yang dirancang oleh F. Silaban ini tidak menyertakan daun pintu dan jendela berukuran besar melainkan menggantinya dengan dinding-dinding yang dibangun secara vertikal serta horizontal. Dalam sebuah jurnal disebutkan bahwa Istiqlal memiliki desain arsitektur yang modern. Ia berdiri dengan megah karena menggabungkan antara tinggi, kesan besar, dan kokoh; yang merupakan ciri dari arsitektur modern. 

Pada 25 Juli 2020 lalu, Masjid Istiqlal mengalami renovasi. Banyak sudut masjid yang diremajakan.  Kini, Istiqlal mampu menampung 200.000 jemaah. Masjid ini secara keseluruhan memiliki lima lantai dengan satu kubah raksasa berukuran diameter 45 meter. Baik dari luar atau dalam, Masjid Istiqlal tidak henti membuat takjub.  

2. Masjid Al-Irsyad, Padalarang, Bandung Barat

Masjid Al-Irsyad, Padalarang, Bandung BaratSumber: takaitu.id

Masjid Al-Irsyad terletak di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Ia merupakan salah satu masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil dan selesai dibangun pada tahun 2010 lalu. Arsitektur Masjid Al-Irsyad sama sekali berbeda dengan masjid kebanyakan.

Masjid ini tampil minimalis dan modern dengan bentuknya yang kotak. Menariknya, dari bagian dinding luar masjid, terlihat lubang-lubang angin yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk dua kalimat tauhid berukuran raksasa. 

Pemilihan warna pada masjid ini menambah nilai modern, yaitu hitam, putih dan abu-abu. Luas Masjid Al-Irsyad kira-kira sebesar 1.871 meter persegi. Dengan luas sebesar itu, ia bisa menampung Jemaah hingga sekitar 1.500 orang. Saat berada di bagian dalam masjid, Anda tidak akan menemukan tiang-tiang penyangga yang biasa ditemui di masjid-masjid lain. 


Sudut paling menarik dari masjid ini adalah pada bagian mihrab. Anda tidak akan melihat tembok melainkan langsung pemandangan alam yang mengingatkan Jemaah pada kebesaran Allah. Mihrab pada Masjid Al-Irsyad memang dibuat terbuka, langsung menghadap gunung dan langit. Di sana terdapat sebuah benda bulat cukup besar berukir nama Allah SWT. 

Berkat desainnya yang menarik dan modern, Masjid Al-Irsyad menjadi satu-satunya bangunan berupa tempat ibadah di Asia yang masuk dalam 5 besar Building of The Year tahun 2010. Berkat menciptakan masjid dengan desain semenarik ini, Ridwan Kamil mendapat penghargaan dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Awards tahun 2018.  

3. Masjid Al-Safar, Cipularang

Masjid Al-Safar, CipularangSumber: voaindonesia.com

Desain arsitektur modern pada Masjid Al-Safar di Tol Cipularang Rest Area Km 88 sempat membuat heboh beberapa waktu lalu. Bangunan dari masjid rancangan Ridwan Kamil ini dinilai sesat karena mengandung banyak unsur segitiga atau illuminati. Hal ini langsung dibantah karena kenyataannya, masjid Al-Safar dirancang dengan terinspirasi dari seni geometri. 

Desain arsitektur masjid ini terinspirasi dari bentuk-bentuk tidak beraturan yang kerap  ditemukan di alam. Khusus untuk bangunan masjid, Ridwan Kamil menggunakan teknik lipatan kertas seperti origami dari Jepang. Tidak ingin terus kontroversi, Kang Emil juga mengenalkan masjid yang memuat desain segitiga dalam pembangunannya, yaitu Masjid Raya Jakarta hingga mihrab yang ada di Masjid Nabawi, Arab Saudi.

Pada 2019 lalu, ia masuk sebagai nominasi dalam penghargaan Abdullatif Al Fozan Award, yaitu sebuah ajang penghargaan atas desain arsitektur masjid di negara berpenduduk muslim. Di negeri sendiri kontroversi, di luar negeri diapresiasi. 

4. Masjid 99 Kubah, Makassar

Masjid 99 Kubah, MakassarSumber: datawisata.com

Masjid 99 Kubah atau Masjid Asmaul Husna menjadi salah satu ikon baru kebanggaan Sulawesi Selatan, khususnya Makassar. Selain modern, desain arsitekturnya pun unik. Masjid ini punya satu kubah besar yang dikelilingi oleh banyak sekali kubah kecil. 

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram