10 Masjid di India yang Bersejarah dan Berarsitektur Megah

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Juni 2021

Mungkin bagi kebanyakan orang, India lebih dikenal dengan umat Hindunya. Namun sebenarnya di India juga terdapat umat muslim. Jumlahnya di tahun 2019 sekitar 204 juta orang. Islam adalah agama kedua terbesar di negeri tersebut. Maka tak heran jika India memiliki beberapa masjid. Beberapa masjid terkenal di India telah ada selama berabad-abad.

Sementara beberapa baru dibangun sekarang ini, ada beberapa masjid yang berasal dari zaman Mughal dan kerajaan Islam lainnya. Masjid di India tidak hanya sakral, tetapi juga kaya akan sejarah dan memiliki cerita menarik untuk diceritakan. Masing-masing memiliki hubungan erat dengan bentuk seni Islam baik dengan arsitektur maupun prasasti. Berikut ini 10 masjid di India yang indah dan megah yang mesti kamu tahu!

1. Masjid Jama, Delhi

Masjid Jama, Delhi
  • Alamat: Jama Masjid Rd, Jama Masjid, Chandni Chowk, di New Delhi
  • Jam buka:  setiap hari dari pukul 07.00 – 12.00, 13.30 – 16.30
  • Telepon: +91 11 2336 5358

Masjid terbesar di India ini mampu menampung sekitar 25.000 jamaah saat sholat. Jama Delhi letaknya di antara situs keagamaan muslim paling populer di dunia, Taj Mahal. Sebuah bagian tak terpisahkan dari pariwisata Delhi, yang dibangun oleh kaisar Mughal Shah Jahan pada tahun 1644.

Dibuat dengan detail yang mengesankan di atas menara, kubah, lengkungan dan pintu, masjid yang sangat dekoratif ini terdiri dari empat menara besar dan tiga gerbang besar. Menara ini setinggi 40m dan terbuat dari batu pasir merah dan marmer putih.

Masjid ini mempunya panjang sekitar 80 m dan lebar 27 m. Agar mirip dengan Masjid Jama Agra, lantai masjid ini telah dilapisi dengan marmer berornamen putih dan hitam sehingga terlihat seperti sajadah Muslim.

Detail tatahan di lengkungan interior terlihat mengesankan sampai sekarang. Gerbang utara Masjid Jama Delhi mempunyai 39 anak tangga dan sisi selatan mempunyai 33 anak tangga. Gerbang timur masjid mempunyai 35 anak tangga.

2. Masjid Haji Ali, Mumbai

Masjid Haji Ali, Mumbai
  • Alamat: Dargah Rd, Haji Ali, Mumbai, Maharashtra 400026
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 06.00 – 22.00

Salah satu tempat wisata utama kota Mumbai adalah Haji Ali Dargah. Salah satu masjid di India ini adalah masjid paling terkenal. Mulai dari lokasinya hingga arsitekturnya, ada sesuatu yang mengesankan tentang bangunan ini. Tidak heran, masjid ini menarik banyak peziarah setiap hari.

Masjid ini menjadi tempat pemakaman seorang sufi terkenal, Pir Haji Ali Shah Bukhari. Letak masjid berada di sebuah pulau kecil di Laut Arab. Dibangun dari marmer putih, masjid tersebut berdiri tegak di tengah laut, tampak tenang dan kuat saat ombak menghantam strukturnya.

Haji Ali Dargah terbuka untuk orang-orang dari semua kasta dan keyakinan dan mengizinkan non-muslim juga untuk memasuki tempatnya. Menurut legenda, sang sufi datang ke India untuk menyebarkan Islam.

Sebelum kematiannya, ia meminta para pengikutnya untuk memasukkan mayatnya ke dalam peti mati dan membuangnya ke laut dan menguburkannya di tempat di mana peti itu ditemukan. Dargah dibangun di atas pulau kecil, tempat peti mati diistirahatkan.

Dibangun dengan gaya arsitektur Islam, kubah dan menara putih adalah contoh arsitektur gaya Mughal yang mempesona. Gerbang masuk dan menara masjid terbuat dari marmer putih bersih. Makam ini terletak di aula utama kompleks dan dikelilingi oleh pagar marmer putih.

3. Masjid Nizamuddin Dargah, Delhi

Masjid Nizamuddin Dargah, DelhiSumber: thedelhiwalla.com
  • Alamat: Boali Gate Rd, Nizamuddin, Nizammudin West Slum, Nizamuddin West, New Delhi
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 05.00 – 22.30
  • Telepon: +91 98117 78607

Salah satu ulama sufi paling terkenal di dunia, Nizamuddin Auliya beristirahat di Masjid Nizamuddin Dargah ini bersama dengan muridnya utamanya, Amir Khusro yang seorang penyair ternama. Ada juga makam Putri dari Shah Jahan Kerjaaan Mughal, yaitu Putri Jehanara Begum.

Arsitektur Dargah mengalami renovasi beberapa kali selama berabad-abad dan yang dilihat sekarang adalah ruangan berbentuk persegi dengan atap berbentuk kubah yang memiliki garis-garis vertikal dari marmer hitam dan penutup berhiaskan teratai.

Nizamuddin Dargah telah muncul di beberapa film Bollywood termasuk “Rockstar” dan “Bajrangi Bhaijaan.” Makam ini dikunjungi oleh beberapa pemuja dari semua agama setiap hari dan terlebih lagi pada hari Kamis ketika pengajian Qawwali diadakan setelah sholat Isya.

Begitu dalamnya aura ulama ini sehingga tidak hanya Dargah tetapi seluruh area dinamai menurut namanya di Delhi. Termasuk lima besar dari ulama Tarekat Chistiah di India, Hazrat Nizamuddin adalah ulama terkenal dari Sufi Chishtiah yang memiliki banyak pengikut di anak benua India.

Para pengikutnya termasuk pangeran dan juga orang miskin. Ulama yang dihormati itu menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 3 April 1325. Dua kali setiap tahun, festival 'Urs' dirayakan untuk memperingati hari kematian Hazrat Nizamuddin Auliya dan Amir Khusro.

4. Masjid Nagina

Masjid Nagina
  • Alamat: Jepura, Gujarat 389360, India
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 06.00–18.00

Masjid ini terletak di dalam Benteng Agra. Letaknya berada di sebelah kiri utara halaman. Ini adalah permata tersembunyi yang dibangun dengan gaya khas Mughal dengan marmer putih, bangunan lengkungan dan tiga kubah.

Hal yang menonjol dari masjid ini adalah balkon mewah yang diukir dengan panel kisi-kisi dan teras yang ditinggikan di ujung utara masjid. Dari balkon, orang bisa memandang Taj Mahal dari kejauhan.

5. Taj-ul Masajid

Taj-ul MasajidSumber: pinterest.com
  • Alamat: NH 12, Kohefiza, Kota Bhopal, di Madhya Pradesh

Untuk menuju masjid, pengunjung harus masuk dari sisi Selatan. Masjid ini dibangun atas perintah penguasa wanita ketiga dari Bhopal, yaitu Shah Jahan Begum yang bertujuan untuk membangun masjid terbesar di dunia.

Sayangnya masjid ini dibangun setelah kematiannya, tetapi masjid masih berdiri tegak hingga hari ini. Masjid ini mempunyai 27 kubah langit-langit bergigi di ruang sholat utamanya.

Masjid ini dikelilingi oleh dinding seperti benteng berwarna merah muda. Di bagian atas masjid terdapat kubah berbentuk telur, sangat khas masjid Islam.

6. Masjid Cheraman Juma, Kerala

Masjid Cheraman Juma, KeralaSumber: twitter.com
  • Alamat: Kodungallur - Shornur Rd, Desa Arakulam, Kodungallur, Kota Kerala
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 05.00 – 20.30
  • Telepon: +91 480 280 3170

Berasal dari tahun 629 M, masjid di Kerala ini dianggap sebagai yang pertama di India. Malik Deenar Arab adalah orang yang membangun masjid ini. Dia dianggap satu zaman dengan Nabi Muhammad. Bangunan kuno ini sudah mengalami renovasi berkali-kali selama bertahun-tahun.

Renovasi pertamanya dilakukan pada abad ke-11 M, akan tetapi tetap menjadi tempat ibadah dan intrik yang aktif bagi Muslim dan non-Muslim. Mengikuti arsitektur gaya Kerala yang khas, landmark masjid ini juga berisi lampu minyak kuno yang dianggap sudah menyala terus menerus selama lebih dari seribu tahun.

7. Masjid Hazratbal, Jammu dan Kashmir

Masjid Hazratbal, Jammu dan KashmirSumber: kashmirreader.com
  • Alamat: Hazratbal dekat stasiun Pemadam Kebakaran, Srinagar, Jammu dan Kashmir

Masjid marmer putih murni di tepi danau Dal di Srinagar ini terkenal dengan peninggalan Moi-e-Muqaddas, yang diyakini oleh banyak pengikutnya sebagai rambut Nabi Muhammad.

Nama masjid ini berasal dari kata bahasa Urdu hazrat, yang berarti 'dihormati' dan kata Kashmiri bal, yang berarti 'tempat'. Masjid ini dianggap sebagai tempat paling suci di negara bagian Jammu dan Kashmir.

Masjid ini dibangun di abad ke-20 dan mempunyai lokasi yang luar biasa karena dikelilingi oleh pegunungan Kashmir serta pemandangan danau Dal yang sangat ikonik.

8. Masjid Makkah, Hyderabad

Masjid Makkah, Hyderabad
  • Alamat: Charminar Rd, Charminar, Ghansi Bazaar, Hyderabad, Telangana
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 04.00 – 21.30
  • Telepon: +91 40 6674 5986

Untuk bisa dengan mudah menyaksikan bangunan berarsitektur jenius ini bisa melihatnya dari atas Charminar di Hyderabad. Masjid Makkah atau Masjid Mekah terletak dekat dengan landmark bersejarah, Istana Chowmahalla, Laad Bazaar.

Merupakan salah satu masjid tertua di India, situs religius muslim ini dibangun oleh Muhammad Quli Qutb Shah, penguasa kelima dinasti Qutb Shahi. Dipercaya bahwa batu bata yang digunakan untuk membangun lengkungan pusat masjid adalah terbuat dari tanah dan dibawa dari kota suci Mekkah.

Ruang salat utama masjid ini berdiri sekitar 23 meter di atas tanah dan dapat menampung sekitar 10.000 orang sekaligus. Masjid ini mempunyai lima lorong, galeri melengkung dan balkon segi delapan, empat menara terpasang dengan kubah kecil di atasnya.

Masjid ini dirancang dengan motif bunga dan lukisan dinding dan banyak lengkungannya bertuliskan ayat-ayat Alquran. Ruang salat utama mempunyai tinggi sekitar 23 meter, lebar sekitar 67 meter, dan panjang sekitar 55 meter. Diperkirakan butuh waktu 77 tahun untuk membangun masjid ini dan sekitar 8000 pekerja untuk menyelesaikan pembangunan masjid megah ini.

9. Bara Imambara, Lucknow

Bara Imambara, LucknowSumber: mediaindia.eu
  • Alamat: Machchhi Bhavan, Lucknow, Uttar Pradesh

Dibangun untuk tujuan mulia oleh Nawab ke-4 dari Awadh- Nawab Asaf-ud-Daula, Bara Imambara atau Asafi Imambara dianggap sebagai bangunan yang tanpa penahan terbesar di India. Keajaiban teknik ini terletak di kota Lucknow di Uttar Pradesh.

Bangunan ini termasuk di antara keajaiban arsitektur paling menakjubkan di negara ini. Pekerjaan pembangunan gedung keagamaan ini dimulai pada tahun 1784 dan memakan waktu 14 tahun untuk menyelesaikannya.

Seluruh bangunan terbuat dari batu bata Lakhnawi (batu bata ukuran kecil) dan plesteran kapur. Anehnya, tidak ada kayu atau logam yang digunakan untuk membangun gedung ini.

Unsur yang paling mencolok dari bangunan ini adalah atap lengkung dari aula tengah yang dibangun tanpa menggunakan balok atau balok tunggal. Bhool Bhualiya (labirin) terdiri dari sekitar 1.000 lorong, 489 pintu masuk yang identik dan sejumlah tangga yang naik atau turun.

10. Masjid Adhai Din Ka- Jhonpra Ajmer

Masjid Adhai Din Ka- Jhonpra Ajmer
  • Alamat: Ander Kote Rd, Lakhan Kothri, Ajmer, Rajasthan
  • Jam buka: Tiap hari, mulai pukul 06.00 - 19.00

Berada di perbatasan Ajmer, Masjid Rajasthan-Adhai Din ka Jhonpra adalah masjid populer di luar Dargah Khwaja Muin-ud-din Chishti Rahmatullah Alaih.

Reruntuhan luar biasa ini diyakini telah memberikan bentuk pada masjid yang tampak sekarang ini dengan tambahan tembok panjang yang dibangun dalam waktu dua setengah hari oleh Muhammad Ghori.

Awalnya dibangun sebagai perguruan tinggi Sanskerta untuk kemajuan bahasa, kompleks ini dirusak oleh Ghori dan pada 1198 ia mengubah bangunan itu menjadi masjid dengan perpanjangan dinding tujuh lengkung. Bagian yang diperpanjang ini dihiasi dengan kaligrafi Islam di depan aula berpilar.

Di dinding depan pintu masuk terlihat lengkungan yang terbuat dari batu kapur kuning. Panel persegi panjang menarik yang diukir di dinding ruang salat menyerupai desain masjid Persia.

Kesepuluh masjid di India ini memang terkenal dan bahkan masuk dalam beberapa judul film. Kebanyakan masjid-masjid ini berdiri dari zaman dahulu sejak zaman kerajaan-kerajaan Islam, salah satunya Kerajaan Mughal.

Arsitekturnya menghasilkan bangunan yang megah dan menawan. Bahkan ada bangungan yang tanpa menggunakan penahan. Itulah keunikan dari beberapa masjid di India. Tertarik untuk berkunjung ke sana?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram