Inilah 10 Masjid di Iran dengan Arsitektur yang Memukau

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 24 Juni 2021

Sebagai salah satu negara Islam, Iran mempunyai banyak masjid. Ketika teknik arsitek Iran digunakan untuk membangun masjid-masjid ini, hasilnya menakjubkan. Arsitektur masjid di Iran bervariasi dari satu daerah ke daerah lain, karena untuk setiap lokasi memiliki struktur geometris, bahan, dan gaya yang spesifik.

Masjid-masjid ini seringkali memiliki struktur yang sangat kompleks karena menggunakan variasi warna, ubin, dan desain simbolik. Artikel ini akan memperkenalkan 10 masjid terindah di Iran yang harus masuk ke dalam daftar tempat yang kamu kunjungi saat berkunjung ke Iran. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Masjid Nasir Ol Molk, Shiraz

Masjid Nasir Ol Molk, ShirazSumber: tasteiran.net
  • Alamat: Jalan Lotf Ali Khan Zand, Shiraz, Provinsi Fars, Iran
  • Jam Buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 17.00
  • No Telp: +987132241661
  • Situs Web: http://nasiralmulk.ir/

Dikenal juga sebagai 'Masjid Merah Muda', Masjid Nasir Ol Molk adalah salah satu bagian arsitektur terindah di Iran. Pertama kali pengunjung akan melihat kaca patri yang mempesona. Kemudian, mereka akan melihat ribuan ubin yang dicat dengan warna mawar di langit-langit.

Terakhir, permadani Persia yang kaya menutupi lantai. Pengunjung akan merasa seperti melangkah ke pelangi yang penuh dengan campuran warna di tempat ibadah ini. Di dalam masjid terdapat halaman terbuka. Bunga selalu mengelilingi kolam persegi panjang di tengah.

Tempat yang dihormati ini selalu masuk dalam daftar masjid terindah di dunia. Untuk melihat pemandangan paling spektakuler, datanglah pagi-pagi sekali atau di sore hari karena saat itu sinar matahari menyebabkan pola kaca yang luar biasa terpantul ke lantai.

2. Masjid Shah, Isfahan

Masjid Shah, IsfahanSumber: irandestination.com
  • Alamat: Shahid Omrani Alley, Naqsh-e Jahan (Imam) Sq., Isfahan 81464, Iran
  • Jam Buka: Setiap Hari 09.00 - 17.00
  • No Telp: +98 31 3222 5868

Masjid ini dikenal dengan berbagai nama, seperti Masjid Abbasi Baru, Masjid Kerajaan, dan Masjid Imam. Dianggap sebagai salah satu mahakarya arsitektur Persia, masjid ini tercatat di Situs Warisan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kemegahan dan keindahan masjid terutama terletak pada ubin mosaik berwarna septet pada iwan atau ivan (aula atau ruang persegi panjang) terbuka dan prasasti kaligrafi yang indah. Saat masuk, jangan lupa untuk mengamati seni dan arsitektur pintu masuk serta pola di langit-langit.

Bagian tersebut adalah beberapa yang paling menakjubkan dari masjid ini. Berdiri di bawah kubah pusat, pengunjung dapat mengamati sifat akustik khusus. Sebuah batu di sini tepat di tengah kubah ketika diketuk menggema dengan keras ke seluruh bagian bangunan.

Ini adalah kecerdikan para arsitek karena imam jadi bisa berbicara dengan volume suara yang sedang tetapi masih didengar oleh semua orang di masjid. Pengunjung dapat menguji fenomena tersebut dengan menginjak tanah di atas batu, berdiri di atas batu, atau bertepuk tangan di bawah kubah.

Ini adalah pengalaman unik yang tidak dapat kamu miliki di semua masjid di Iran. Terlebih lagi, fitur masjid terdapat di uang kertas Iran 20000 Rial.

3. Masjid Jameh, Yazd

Masjid Jameh, Yazd
  • Alamat: Seyed Rokn-e-din Alley, Imam Street, Yazd, Iran
  • Jam Buka: Senin – Minggu kecuali hari Jumat, pukul 08.00 – 20.00
  • No Telp: +98 3536215199

Masjid ini juga disebut dengan nama 'Masjid Jumat'. Tempat ibadah abad ke-15 yang megah ini menampilkan beberapa menara tertinggi di Iran – dan mungkin di dunia – dengan ketinggian 48 meter.

Tampilan luarnya terdiri dari pola geometris kompleks yang dipenuhi dengan kaligrafi indah dan portal pintu masuk berubin yang indah. Di dalam, kamu akan menemukan ubin berbentuk sarang lebah.

Masjid ini terutama terkenal karena prevalensi fayans-nya (tembikar glasir bening), aksara kufi, dan langit-langit luas yang penuh dengan dekorasi berseni. Tempat ibadah ini terkenal sebagai salah satu arsitektur tertua dari jenisnya. Juga salah satu masjid tertua di Iran, pastinya.

Yang juga menarik adalah permainan cahaya tidak langsung yang menghiasi tempat suci ini. Untuk bisa mendapatkan makna dari seluruh tempat ini, sebaiknya didampingi oleh seorang ahli atau pemandu saat berkunjung.

4. Masjid Shah Cheragh, Shiraz

Masjid Shah Cheragh, ShirazSumber: thecitylane.com

Shah-e Cheragh atau "Raja Cahaya" adalah situs makam dan ziarah utama di kota wisata Shiraz, Iran selatan. Tempat suci yang dihiasi ubin tembok dari kaca berwarna yang mempesona ini adalah tempat Sayyed Mir Ahmad, salah satu saudara Imam Reza (AS), dimakamkan.

Setiap hari, masjid ini menarik ratusan umat beriman dari seluruh negeri atau bahkan luar negeri. Makam ini membanggakan elemen arsitektur dan motif dari berbagai abad dan halaman serta tilework-nya mewakili hiasan yang relatif modern dari periode Qajar akhir.

Kubahnya yang berubin biru diapit oleh menara masjid berujung emas yang mempesona. Ada juga museum sederhana di sudut barat laut halaman, di samping tempat suci ini, yang memamerkan benda-benda yang berhubungan dengan masjid.

Benda-benda tersebut termasuk beberapa Alquran kuno dan pintu yang sangat indah dihiasi dengan perak dan emas. Pengunjung dipersilakan untuk memasuki halaman di tengah kompleks tetapi pintu masuk ke tempat suci ini biasanya tidak diizinkan untuk non-Muslim.

5. Masjid Vakil, Shiraz

Masjid Vakil, ShirazSumber: iranroute.com
  • Alamat: Jalan Taleqani, Masjid Vakil, Shiraz, Provinsi Fars
  • Telepon: +98 71 3224 1475

Masjid yang sangat luas ini sering dikenal dengan sebutan 'Hutan Batu', karena hamparan lantai batunya. Juga, masjid tradisional Iran biasanya terdiri dari 4 aula (iwan), masjid Vakil hanya mempunyai 2 iwan saja.

Secara arsitektural, tempat spektakuler ini terdiri dari 48 pilar spiral, langit-langit mosaik, lengkungan mutiara dan minbar marmer yang indah (mimbar tempat Imam berbicara). Mimbar juga merupakan salah satu keunikan masjid. Pembuatnya mengukirnya dari sepotong marmer hijau yang kokoh.

Aula dan halamannya didekorasi menggunakan ubin rangi tangkai Shirazi yang khas. Masjid ini mudah dijangkau karena lokasinya yang sentral di provinsi ini.

6. Masjid Sheikh Lotfollah, Isfahan

Masjid Sheikh Lotfollah, Isfahan
  • Alamat: Naqshe-E Jahan Square, Sepah St, Imam Hossein Square, 4 Bagh St, Isfahan, Iran
  • Jam Buka: Setiap hari, pukul, 09.00 – 12.30, 14.00 – 18.00

Masjid Sheikh Lotfollah merupakan mahakarya arsitektur Iran yang terkenal, berdiri di sisi timur Alun-alun Naqsh-e Jahan, yang menjadi bangunan pertama dari empat monumen yang terdapat di alun-alun.

Perpaduan antara bentuk sederhana dan ornamen ubin interior dan eksterior yang beragam menjadikan masjid ini salah satu lokasi wisata paling terkenal di Isfahan.

Karena faktanya Masjid Sheikh Lotfollah dirancang untuk menjadi masjid pribadi, ukurannya lebih kecil dari Masjid Imam, dan tidak memiliki menara. Alun-alun Naqsh-e Jahan, berbeda dengan bangunan terpenting di Iran, tidak mengikuti arah Mekah.

Ini membuat Syekh Bahai, kepala arsitek proyek tersebut, menghadapi tantangan saat merancang dua masjid di alun-alun tersebut. Layaknya Masjid Imam, Masjid Syekh Lotfollah memiliki portal pintu masuk yang berbelok ke kanan

Dengan ini, pengunjung dipaksa untuk menghadap ke arah Mekah saat memasuki masjid. Lukisan dan ubin interior dibuat oleh Reza Abbasi, seniman terkenal Iran, dan kualitas serta keindahannya melebihi apapun yang dibuat di Iran sebelumnya.

Dinding, kubah, pintu masuk masjid dihiasi dengan ubin tujuh warna, kaligrafi, prasasti beberapa bab dari Alquran, nama-nama Imam, dan puisi.

7. Masjid Atiq Jameh, Isfahan

Masjid Atiq Jameh, Isfahan
  • Alamat: Provinsi Isfahan, Isfahan, Majlesi St, Iran
  • Jam Buka: Setiap hari, pukul 06.00 – 20.00
  • No Telp: +98 31 3445 6400
  • Situs Web: http://isfahan.ir/

Di lingkungan oasis sejati di Isfahan yang indah, terdapat salah satu bangunan paling kuno dan religius di Persia. Masjid Atiq Jameh Isfahan yang megah merupakan kombinasi dari beberapa teknik arsitektur dari era sejarah yang berbeda.

Fakta ini membuat bangunan itu lebih unik dari sebelumnya. Bangunan masjid ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Masjid Atiq Jameh merupakan contoh sempurna dari seni arsitektur Iran yang berbeda, semuanya ada di satu tempat.

Pengunjung akan menemukan desain menarik di setiap sudut keindahan kuno ini. Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur empat-iwan (ruang terbuka berkubah), masing-masing pasang gerbang saling berhadapan.

Setiap iwan didekorasi dengan keramik pirus yang menakjubkan dalam bentuk Muqarnas (sel mirip ceruk). Jika dilihat lebih dekat dan masuk ke dalam, ada dunia seni yang benar-benar baru. Di iwan utara, ada 40 pilar, mirip dengan yang ada di Masjid Nasir-ol Molk (masjid merah muda) di Shiraz.

Muqarnas dan pilar bukan satu-satunya item yang menarik di sini. Belok ke barat dan temukan salah satu dinding stuko Persia paling menakjubkan di dunia. Bagian dari bangunan ini bernama Masjid El-Jayto dan di sini bisa ditemukan mihrab yang terkenal dengan desainnya yang rumit.

8. Masjid Agha Bozorg, Kashan

Masjid Agha Bozorg, KashanSumber: iranroute.com
  • Alamat: Provinsi Isfahan, Kashan, Iran
  • Jam Buka: Setiap hari, pukul 09.30 - 19.00

Seperti banyak masjid bersejarah lainnya di Iran, Masjid Agha Bozorg juga bukan hanya masjid, tetapi juga sekolah. Selain itu, di sini dapat disaksikan karya seni dan arsitektur Persia yang luar biasa. Masjid Agha Bozorg dibangun pada akhir abad ke-18.

Masjid yang indah ini mempunyai halaman belakang yang ramai dan ada juga oasis yang tersembunyi di bawah tanah. Fitur yang paling menarik perhatian dari tempat ini adalah ubin biru dan batu pirusnya yang ditempatkan dengan rapi dan indah bersebelahan untuk membentuk pola geometris Persia.

Pengunjung dapat menemukan item menarik lainnya dari arsitektur Persia di halaman. Halaman tengah dan kolam indah di tengah adalah contoh bagus dari seni ini. Tempat lain yang menarik adalah langit-langit di bawah kubah.

9. Masjid Fatima Masumeh, Qom

Masjid Fatima Masumeh, QomSumber: wilton-photography.com
  • Alamat: Qom, Eram St, Iran
  • Jam Buka: Setiap hari, pukul 05.00 – 17.00
  • No Telp: +98 25 3717 5305
  • Situs Web: https://amfm.ir/

Masjid indah yang menakjubkan ini dinamai Fatima – nama saudara perempuan Imam Reza, Imam Syiah kedelapan. Karya cermin di masjid ini luar biasa. Dekorasi masjid Fatima dibuat dengan ubin biru halus, mosaik kaca tak berbatas.

Tempat suci ini terdiri dari ruang pemakaman, tiga halaman dan tiga ruang sholat besar, enam menara. Seluruh area total sekitar 38.000 meter persegi. Kubah emasnya yang khas adalah salah satu kubah terpenting di Iran.

Aula utara dihiasi dengan emas dari dalam dan bangunan luar juga dibatasi dengan emas. Ada juga museum di sini yang berisi banyak hadiah dan barang berharga.

Orang-orang telah memberikan hadian dan barang berharga ke tempat suci sepanjang sejarahnya yang panjang. Muslim Syiah menganggap tempat suci ini sebagai situs paling suci kedua di Iran setelah Masyhad.

10. Masjid Jamkaran

Masjid JamkaranSumber: id.pinterest.com
  • Alamat: Qom Kashan Rd.
  • Jam Buka: Setiap hari, buka 24 jam
  • No Telp: +982537256060
  • Situs web: http://jamkaran.ir/

Masjid Jamkaran terletak di Desa Jamkaran, dalam jarak 6 kilometer dari Qom, ibu kota agamais kedua di Iran. Masyarakat Syiah percaya bahwa pembangunan Masjid Jamkaran memiliki afiliasi dengan Syekh Hassan Ebn Mesleh Jamkarani.

Dia mengklaim bahwa dia telah melihat Imam Zaman, Imam Syiah ke-12, yang telah memerintahkannya untuk membangun masjid selama pertemuan mereka. Baru-baru ini, masjid ini mendapatkan reputasi yang baik di kalangan peziarah, terutama kaum muda.

Masjid Jamkaran telah beberapa kali diperbaiki dan direnovasi sejak pembangunannya. Masjid tersebut telah memiliki bangunan kecil sebelum Revolusi Iran tetapi telah banyak berubah setelah itu.

Menarik untuk diketahui bahwa pemerintah Presiden Mahmud Ahmadinejad menyumbangkan £ 10 juta untuk mendanai proyek perluasan masjid kecil menjadi masjid besar.

Itulah 10 masjid yang terkenal juga indah yang ada di Iran. Isfahan merupakan kota yang memiliki beberapa masjid bersejarah. Arsitektur Iran yang menakjubkan juga bisa disaksikan di masjid-masjid tersebut.

Masjid-masjid di Iran bukan hanya sebagai tempat beribadah, tapi juga refleksi dari kemegahan arsiketurnya.  Tertarik untuk berkunjung ke Iran?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram