8 Masjid Terbesar dari Berbagai Negara yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di dunia ini terdapat sejumlah masjid dengan ukuran yang sangat besar, utamanya masjid di negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Bahkan masjid terbesar di dunia yang terletak di kota Mekkah, Arab Saudi memiliki daya tampung hingga jutaan orang.

Indonesia juga memiliki banyak masjid besar yang tersebar di berbagai daerah, seperti Masjid Istiqlal di Jakarta dan Masjid Al-Akbar di Surabaya yang keduanya menyandang predikat sebagai masjid terbesar nomor satu dan nomor dua di Indonesia.

Berikut ini Keluyuran akan membahas beberapa masjid terbesar di dunia (bukan daftar atau urutan yang terbesar) dari beberapa negara, termasuk dua yang terbesar, yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

1. Masjidil Haram

Masjidil Haram

* sumber: id.m.wikipedia.org

Masjidil Haram adalah masjid terbesar di dunia sekaligus dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Muslim. Masjid yang memiliki 9 menara setinggi 89 meter ini disebutkan memiliki daya tampung hingga 4 juta jamaah saat musim haji. Di tengah-tengah masjid ini terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat atau arah yang dituju umat Islam saat mendirikan shalat.

Masjidil Haram yang terletak di pusat kota Mekkah ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Hingga saat ini Masjidil Haram terus mengalami pembangunan agar para jamaah semakin merasa nyaman. Banyak umat Muslim yang ingin berkunjung dan shalat di dalam Masjidil Haram karena memiliki banyak keutamaan.

Selain Ka’bah, beberapa bangunan bersejarah lainnya yang terdapat di dalam Masjidil haram adalah Hajar Aswad, Maqam Ibrahim, Shofa dan Marwah, Hijr Isma’il, dan Sumur Zam-zam yang tidak pernah mengering.

  • Alamat: Mekkah, Arab Saudi

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi

* sumber: pixabay.com

Masjid Nabawi adalah masjid yang didirikan secara langsung oleh Nabi Muhammad. Kini masjid yang terletak di pusat kota Madinah ini menjadi masjid terbesar kedua di dunia sekaligus tempat tersuci kedua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram. Masjid Nabawi mampu menampung hingga 1 juta jamaah saat musim haji.

Bangunan awal Masjid Nabawi bisa dibilang cukup sederhana, dengan luas mencapai 1050 meter persegi. Hingga saat ini Masjid Nabawi sudah mengalami beberapa kali perluasan. Arsitekturnya juga mengalami banyak peningkatan, termasuk kubah bergeser dan payung yang dapat terbuka secara otomatis yang dirancang oleh arsitek Jerman Mahmoud Bodo Rasch.

  • Alamat: Madinah, Arab Saudi

3. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

* sumber: id.wikipedia.org

Sebagai bangsa Indonesia, kita pasti sudah mengenal masjid ini. Ya, Masjid Istiqlal atau Masjid Kemerdekaan merupakan masjid terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. Masjid bergaya internasional yang berdiri megah di pusat kota Jakarta ini memiliki daya tampung lebih 200 ribu jamaah.

Peletakan batu pertama Masjid Istiqlal dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1961. 17 tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 22 Februari 1978, masjid dibuka untuk umum dengan Presiden Soeharto sebagai pemimpin acara.

Masjid Istiqlal tercatat sudah beberapa kali menerima kunjungan beberapa pemimpin dunia, salah satunya adalah mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama beserta istri.

  • Alamat: Jakarta, Indonesia

4. Masjid Agung Aljazair

Masjid Agung Aljazair

* sumber: id.wikipedia.org

Masjid Agung Aljazair disebut-sebut sebagai masjid terbesar di benua Afrika, predikat yang sebelumnya disandang oleh Masjid Hassan II di Maroko. Masjid yang dibuka pada tahun 2019 ini juga memiliki minaret atau menara masjid tertinggi di dunia, dengan ketinggian 265 meter.

Kompleks Masjid Agung Aljazair mencakup area seluas 400.000 meter persegi. Ruang shalat masjid ini mampu menampung sekitar 35 ribu jamaah, sementara lahan kompleks masjid dapat menampung lebih dari 100 ribu jamaah. Sebagai informasi, biaya pembangunan masjid ini mencapai lebih dari 1 miliar dolar Amerika atau di atas 10 triliun rupiah!

  • Alamat: Pins Martimes El Mohammadia, Mohammadia, Aljazair

5. Masjid Hassan II

Masjid Hassan II

* sumber: pixabay.com

Sebelum tahun 2019, Masjid Hassan II yang terletak di kota Casablanca, Maroko adalah masjid terbesar di Afrika. Kini status tersebut telah diambil alih oleh Masjid Agung Aljazair. Minaret Masjid Hassan II dengan ketinggian sekitar 210 meter juga telah kehilangan statusnya sebagai minaret tertinggi di dunia.

Masjid bergaya Moor yang terletak di bibir pantai Samudra Atlantik ini terlihat sangat megah. Daya tampung jamaahnya sendiri mencapai 105 ribu orang, 25 ribu orang di dalam masjid dan 80 ribu orang di luar masjid. Masjid Hassan II adalah salah satu tempat yang harus dikunjungi saat sedang liburan ke Maroko.

  • Alamat: Boulevard de la Corniche, Casablanca 20000, Maroko

6. Masjid Gordost Musulman Muhammad SAW

Masjid Gordost Musulman Muhammad SAW

* sumber: id.rbth.com

Masjid Gordost Musulman (Kebanggaan Muslim) Muhammad SAW yang terletak kota Shali, Chechnya diklaim sebagai masjid terbesar di benua Eropa. Masjid yang memadukan gaya arsitektur Arab, Persia, Asia Tengah, dan Byzantium ini diresmikan langsung oleh pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov pada hari Jum’at, 23 Agustus 2019.

Masjid ini mampu menampung hingga 30 ribu jamaah di bagian dalam dan 70 ribu jamaah di bagian luar. Pembangunannya sendiri memakan waktu 7 tahun, yang dimulai pada tahun 2012. Presiden Vladimir Putin selaku pemimpin tertinggi di Rusia juga menyampaikan selamat kepada warga Chechnya atas peresmian masjid yang sangat megah dan indah ini.

  • Alamat: Shali, Republik Chechnya, Federasi Rusia

7. Masjid Taj ul Masajid

Taj ul Masajid

* sumber: sco.wikipedia.org

India adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk Muslim yang sangat besar. Di India terdapat sejumlah masjid besar dengan daya tampung ribuan dan puluhan ribu orang. Taj-ul-Masajid yang terletak di kota Bhopal, Madhya Pradesh diklaim sebagai masjid terbesar di India dan salah satu di Asia Selatan yang mampu menampung lebih dari 100 ribu jamaah.

Taj ul Masajid memiliki gaya arsitektur khas India yang indah. Pembangunan masjid ini dimulai pada masa pemerintahan Kaisar Mughal Bahadur Shah Zafar pada abad ke-19. Masjid dengan fasad merah muda ini memiliki tiga kubah dan dua minaret di kedua sisinya.

  • Alamat: Bhopal, Madhya Pradesh, India

8. Masjid Lakemba

Masjid Lakemba

* sumber: gopray.com.au

Masjid Lakemba atau Imam Ali Bin Abi Thalib yang terletak di Lakemba, New South Wales, Australia adalah salah satu masjid terbesar di negara tersebut. Masjid yang dibangun oleh Muslim Australia keturunan Lebanon ini memiliki daya tampung yang cukup besar, yakni sekitar 5000 jamaah pada waktu shalat Jum’at.

Jamaah yang datang ke Masjid Lakemba bisa jauh lebih besar pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, sehingga memadati jalan raya di sekitarnya. Sejarah Masjid Lakemba dimulai pada tahun 1960-an ketika sebuah rumah kecil dibeli oleh Asosiasi Muslim Lebanon untuk dijadikan tempat ibadah.

  • Alamat: Lakemba, New South Wales, Australia

Nah, itulah beberapa masjid terbesar yang ada beberapa negara di dunia. Tentu saja masih banyak lagi masjid-masjid lainnya yang memiliki daya tampung jamaah yang sangat besar. Setiap negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam pasti memiliki sejumlah masjid jami dengan daya tampung yang besar.

Beberapa masjid di atas ada yang memberlakukan jam kunjungan alias tidak dibuka 24 jam untuk umum. Hal itu tentu saja dilakukan untuk alasan-alasan yang baik. Beberapa masjid juga terbuka untuk non-Muslim, namun dengan syarat harus mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *