10 Menara Jam Terbesar di Dunia yang Menarik Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menara jam adalah bangunan tinggi yang dilengkapi dengan jam raksasa di atasnya. Hal itu berfungsi sebagai penunjuk waktu bagi banyak orang dari jarak yang cukup jauh. Bahkan, menara jam terbesar di dunia yang terdapat di kota Mekkah, Arab Saudi dapat dilihat dari jarak puluhan kilometer jauhnya!

Saat ini ada banyak menara jam yang dibangun di sejumlah tempat di dunia. Salah satu yang paling terkenal dan populer adalah Big Ben yang terletak di kota London, Inggris. Berikut adalah beberapa menara jam terbesar (dihitung berdasarkan diameter jamnya) di dunia yang perlu diketahui.

1. Abraj Al Bait

Abraj Al Bait

* sumber: www.quizmastertrivia.com

Abraj Al Bait adalah sebuah kompleks pencakar langit yang terletak di kota Mekkah, Arab Saudi. Abraj Al Bait memiliki tujuh menara yang semuanya digunakan sebagai hotel tempat jamaah haji menginap. Salah satu menaranya yang bernama Makkah Royal Clock Tower merupakan salah satu gedung tertinggi di dunia dengan tinggi 601 meter.

Rekor lain yang dipegang oleh Makkah Royal Clock Tower adalah memiliki jam terbesar di dunia dengan diameter 43 meter. Terdapat empat jam yang dipasang di masing-masing muka gedung dan semuanya diterangi oleh sekitar dua juta lampu LED. Karena sangat besar dam tinggi, jam di kompleks Abraj Al Bait dapat terlihat hingga jarak 30 km!

  • Alamat: Mekkah, Arab Saudi

2. Central do Brasil

Central do Brasil

* sumber: riotimesonline.com

Central do Brasil adalah sebuah stasiun kereta api utama di Rio de Janeiro. Stasiun ini memiliki menara setinggi 135 meter yang memiliki jam terbesar keempat di dunia. Namun, di daftar ini jam di Central do Brasil berada di urutan kedua setelah jam di Menara Jam Royal Mekkah.

Sebagai info, Stasiun Kereta Api Central do Brasil ini berfungsi sebagai pusat transportasi penting di Rio de Janeiro karena menawarkan koneksi ke sejumlah stasiun bus kota dan sistem kereta bawah tanah atau metro. Permukaan jam di Central do Brasil memiliki diameter 20 meter yang dipasang di dekat bagian atas menara.

  • Alamat: Rio de Janeiro, Brasil

3. Duquesne Brewery Clock

10 Menara Jam Terbesar di Dunia yang Menarik Diketahui 1

* sumber: en.wikipedia.org

Duquesne Brewery Clock adalah jam tunggal yang dipasang di salah satu sisi gedung sebuah perusahaan yang terletak di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Dipasang pada tahun 1933, muka jam tersebut telah digunakan untuk mengiklankan sejumlah brand terkenal, salah satunya adalah Coca-Cola.

Duquesne Brewery Clock memiliki ukuran 18 m × 18 m, dengan jarum menit sepanjang 11 m dan jarum jam sepanjang 7,6 m. Jam ini dibangun di Georgia oleh Audichron dengan harga $ 12.500 (sekitar $ 246rb pada tahun 2019/Rp 3,5 miliaran). Jam raksasa ini digerakkan oleh motor Janett bertenaga 1,25 hp (0,93 kW).

  • Alamat: Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat

4. Grozny-City Towers Façade Clocks

Grozny-City Towers Façade Clocks

* sumber: www.pond5.com

Jam ini dipasang di Menara Kota Grozny yang terletak di Grozny, Chechnya. Kompleks menara gedung tersebut terdiri dari hotel bintang lima, apartemen 40 lantai, dan pusat bisnis yang terletak di dekat Masjid Pusat Grozny. Semuanya dibuka pada tanggal 5 Oktober 2011, bertepatan dengan perayaan ulang tahun Presiden Chechnya Ramzan Akhmadovich Kadyrov.

Grozny-City Towers Façade Clocks yang memiliki diameter 13,6 meter ini dipasang di sisi barat laut dan tenggara Menara Kota Grozny tertinggi (di ketinggian 140 meter). Jam ini dibangun pada bulan September tahun 2011 oleh Erben Kontrol dari Turki dengan panjang jarum menit dan jam masing-masing 7,30 meter dan 5,55 meter.

  • Alamat: Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat

5. Allen-Bradley Clock Tower

Allen-Bradley Clock Tower

* sumber: onmilwaukee.com

Allen-Bradley Clock Tower adalah sebuah landmark terkenal di Milwaukee, kota terbesar di negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat. Terdapat empat buah jam yang dipasang di setiap sisi menara setinggi 86 meter, yang semuanya memiliki diameter sekitar 12,25 meter.

Jam yang mulai beroperasi pada 31 Oktober 1962 ini merupakan jam empat muka terbesar di masanya. Setiap jarum jamnya memiliki panjang 4,8 meter dan berat 220 kg. Sementara setiap jarum menitnya memiliki panjang 6,1 meter dan berat 240 kg. Tanda jamnya sendiri memiliki tinggi 1,2 meter!

  • Alamat: Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat

6. Moscow State University

Moscow State University

* sumber: www.study.eu

Gedung utama Moscow State University yang terletak di kota Moscow, Rusia memiliki jam dengan diameter 9 meter, membuatnya menjadi salah satu menara jam terbesar di dunia.  Di gedung itu juga dipasang barometer (alat pengukur tekanan udara) dan termometer (alat pengukur suhu) dengan ukuran yang sama.

Bangunan tersebut juga dihiasi dengan patung-patung dan ukiran-ukiran. Di depannya terdapat sebuah teras yang menampilkan patung-patung siswa pria dan wanita yang menatap optimis dan percaya diri ke masa depan. Sebagai info, kampus dengan lebih dari 40rb mahasiswa ini dibangun pada tanggal 23 Januari tahun 1755.

  • Alamat: Moscow, Rusia

7. Gereja Santo Petrus, Zürich

Gereja Santo Petrus

* sumber: commons.wikimedia.org

Gereja Santo Petrus yang terletak di kota Zürich, Swiss dilengkapi dengan sebuah menara yang dipasangi jam raksasa berdiameter 8,64 meter. Menara jam Santo Petrus selama berabad-abad merupakan ‘waktu lokal resmi’ wilayah kota Zürich. Dengan demikian, semua jam kota publik di wilayah tersebut harus menyesuaikannya.

Jam yang disebut-sebut sebagai jam gereja terbesar di Eropa dan di dunia ini memiliki jarum menit sepanjang 5,73 meter, jarum jam sepanjang 5,07 meter (16,6 kaki), dan celah menit dari penunjuk besar berukuran 0,455 meter. Pada tahun 1996, gerakan mekanis berlistrik yang dipasang pada tahun 1844 dicabut dan digantikan oleh sistem komputer pusat yang lebih modern.

  • Alamat: Zürich, Swiss

8. Oslo City Hall

Oslo City Hall

* sumber: no.wikipedia.org

Oslo City Hall adalah gedung balai kota di Oslo, ibu kota Norwegia. Gedung tersebut dibangun dari bata merah dan memiliki dua menara setinggi 63 meter dan 66 meter. Nah, di sisi selatan menara bagian timur Oslo City Hall dilengkapi dengan jam raksasa berdiameter 8,6 meter.

Jam tersebut dapat dilihat dengan jelas dari area sekitar gedung. Sebagai informasi, Oslo City Hall tidak hanya berfungsi sebagai pusat pemerintahan kota saja, tetapi juga berfungsi sebagai tempat berlangsungnya berbagai acara dan upacara penting, termasuk upacara Hadiah Nobel Perdamaian yang berlangsung setiap bulan Desember.

  • Alamat: Oslo, Norwegia

9. Metropolitan Life Insurance Company Tower

Metropolitan Life Insurance Company Tower

* sumber: et.wikipedia.org

Metropolitan Life Insurance Company Tower adalah sebuah menara setinggi 213 meter yang dibangun pada tahun 1909. Menara ini terletak di Madison Avenue dekat persimpangan dengan East 23rd Street, di seberang Madison Square Park di Manhattan, New York City. Tower ini juga merupakan salah satu landmark pencakar langit di kota terbesar di Amerika Serikat tersebut.

Menara Metropolitan Life Insurance Company memiliki jam berdiameter 8 meter yang dipasang di empat sisi bangunan. Setiap jam jarum jamnya memiliki berat 350 kg dan 500 kg untuk setiap jarum menitnya. Sebagai informasi, di dalam gedung ini terdapat hotel mewah New York Edition Hotel yang dibuka pada tahun 2015.

  • Alamat: Madison Avenue, Manhattan, New York City

10. Philadelphia City Hall

Philadelphia City Hall

* sumber: commons.wikimedia.org

Philadelphia City Hall atau Balai Kota Philadelphia adalah pusat pemerintahan untuk kota Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Pada bagian logam menara setinggi 167 meter ini dipasang jam raksasa berdiameter 7,9 meter di ke empat sisinya. Jam tersebut dirancang oleh Warren Johnson dan dibangun pada tahun 1898.

Pada tahun 1976, Balai Kota Philadelphia ditetapkan sebagai Tempat Bersejarah Nasional. Oleh karena itu, tempat ini cukup populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut. Tidak hanya itu, Balai Kota Philadelphia juga merupakan tempat yang populer di kalangan para pembuat film Hollywood.

  • Alamat: Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat

Nah, itulah beberapa menara jam terbesar di dunia yang perlu diketahui. Ini bukanlah daftar resmi karena setiap orang kemungkinan memiliki kategori yang berbeda untuk menara jam dan jam terbesar itu sendiri.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *