Inilah 10 Menara Tertinggi di Dunia yang Mencakar Langit

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Mei 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat ini banyak negara yang telah membangun menara-menara untuk berbagai keperluan, seperti untuk observasi, telekomunikasi, hingga kegiatan pariwisata. Struktur vertikal tersebut juga adalah simbol bagi sebuah kota yang menjadi lokasi berdirinya. Salah satu menara terkenal di dunia yang juga merupakan sebuah ikon kota adalah Tokyo Skytree di Tokyo, Jepang.

China atau Tiongkok adalah salah satu negara yang gemar membangun menara dan struktur tinggi lainnya. Di daftar ini Tiongkok memiliki lima menara yang tersebar di berbagai kota. Selain itu ada juga menara yang terletak di negeri jiran kita. Selengkapnya langsung baca informasinya di bawah ini.

1. Tokyo Skytree

Tokyo Skytree

Tokyo Skytree adalah sebuah menara observasi, siaran, dan rumah makan yang terletak di Sumida, Tokyo, Jepang. Desain pertama menara ini keluar pada tahun 2006. Dua tahun kemudian konstruksi pertama dimulai dan menara ini selesai dibangun pada tahun 2012 awal.

Tokyo Skytree adalah menara tertinggi di dunia yang menjulang hingga 634 meter dan juga merupakan struktur bangunan buatan manusia tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab. Saat ini Tokyo Skytree adalah tempat utama siaran televisi dan radio untuk wilayah Kanto.

Selain berguna sebagai layanan publik, Tokyo Skytree juga telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Tokyo. Di atas menara ini kamu bisa menyaksikan indahnya pemandangan Kota Tokyo yang sangat megah. Kamu juga bisa mencoba makan di restorannya yang berada di ketinggian 345 meter. Tertarik mengunjungi salah satu tempat wisata di Tokyo ini?

2. Canton Tower

Canton Tower

Sebelum Tokyo Skytree muncul, Canton Tower adalah menara observasi serbaguna tertinggi di dunia. Ketinggian menara yang terletak di Distrik Haizhu, Kota Guangzhou ini mencapai 604 meter. Menara ini dibuka pada tahun 2010 untuk event olahraga Asian Games 2010.

Selain dapat melihat pemandangan Kota Guangzhou dari atas, pengunjung juga dapat merasakan pengalaman makan di restoran yang terletak di lantai 103 hingga 106. Pada malam hari Canton Tower akan terlihat bermandikan cahaya yang indah. Ini adalah salah satu tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Kota Guangzhou, Tiongkok.

3. CN Tower

CN Tower

Terletak di Pusat Kota Toronto, Kanada, CN Tower adalah menara tertinggi di dunia selanjutnya. Menara yang dibuka pada tahun 1976 ini memiliki ketinggian 553,3 meter di atas permukaan tanah. Sebelum hadirnya Burj Khalifa di Kota Dubai, CN Tower adalah struktur buatan manusia tertinggi di dunia. Itu berarti CN Tower telah menyandang gelar tersebut selama 32 tahun!

Pada tahun 2009, rekor menara tertinggi di dunia yang dimilikinya juga telah diambil alih oleh Canton Tower di Tiongkok. CN Tower adalah salah satu ikon utama Kota Toronto. Setiap tahunnya CN Tower dikunjungi oleh lebih dari dua juta turis dari berbagai negara.  Menara tersebut memiliki banyak fungsi seperti untuk observasi, telekomunikasi, atraksi, serta tentunya tempat makan di ketinggian.

4. Ostankino Tower

Ostankino Tower

Dengan tinggi 540,1 meter, Ostankino Tower adalah struktur tertinggi di Benua Eropa. Pada tahun 1967 (saat menara selesai dibangun) hingga 1974, Ostankino Tower pernah menjadi struktur tertinggi di dunia. Menara yang terletak di Kota Moskow, Rusia ini kini adalah menara tertinggi ke empat di dunia.

Ostankino Tower memiliki banyak kegunaan, seperti untuk observasi, telekomunikasi, hingga pariwisata. Pada tahun 1994 pernah ada rencana untuk menambah ketinggian menara ini hingga 561 meter dengan membangun antena di atasnya. Tapi hal itu gagal dilakukan karena kurangnya pendanaan. Moskow adalah kota yang sangat indah. Cobalah nikmati pemandangannya dari atas menara ini.

5. Oriental Pearl Tower

Oriental Pearl Tower

Sebagai salah satu kota terbesar di dunia, Shanghai tentu tidak ingin ketinggalan dalam membangun bangunan serba tinggi. Oriental Pearl Tower adalah salah satunya. Bangunan menara yang selesai dibangun pada tahun 1994 itu memiliki ketinggian 468 meter. Hingga tahun 2007, Oriental Pearl Tower adalah struktur tertinggi yang ada di Tiongkok.

Oriental Pearl Tower didesain memiliki struktur berbentuk bola sebanyak 11 buah, besar dan kecil. Dua bola terbesar memiliki diameter 50 m untuk bagian bawah dan 45 m untuk bagian atas. Mereka dihubungkan oleh tiga tusukan, masing-masing berdiameter 9 m. Sedangkan bola yang paling tinggi berdiameter 14 m. Fungsi menara ini adalah untuk observasi, telekomunikasi, hotel, dan tempat makan.

6. Milad Tower

Milad Tower

Milad Tower atau disebut juga dengan Tehran Tower adalah menara serbaguna yang terletak di Kota Teheran, Iran. Dengan tinggi mencapai 435 meter, Milad Tower adalah bangunan menara tertinggi keenam di dunia dan struktur buatan manusia tertinggi ke 24 di dunia. Milad Tower dibuka untuk umum pada tahun 2008.

Milad Tower adalah bagian dari International Trade and Convention Center of Tehran. Di dalamnya terdapat sebuah hotel bintang 5, pusat konvensi, pusat perdagangan dunia, serta sebuah taman IT. Selain untuk kegiatan komersial, menara ini juga berfungsi sebagai objek wisata. Pengunjung dapat mencoba pengalaman makan di restoran yang terdapat di dalamnya.

7. Kuala Lumpur Tower

Kuala Lumpur Tower

Selain memiliki Gedung Petronas, Malaysia juga memiliki sebuah menara yang juga berpredikat salah satu yang tertinggi di dunia. Menara tersebut bernama Kuala Lumpur Tower atau sering disingkat KL Tower. Selesai dibangun pada tahun 1994 dan dibuka untuk umum dua tahun setelahnya, KL Tower memiliki ketinggian hingga 421 meter.

Setiap tahunnya KL Tower selalu mengadakan acara balapan di mana peserta akan berlomba menaiki tangga ke atas. Menara ini juga digunakan sebagai observatorium falak Islam untuk mengamati bulan sabit yang menandai awal bulan Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah, untuk merayakan bulan puasa Ramadhan, dan Hari Raya Id. KL Tower juga berfungsi untuk kegiatan wisata dan budaya.

8. Tianjin Radio and Television Tower

Tianjin Radio and Television Tower

Kota lainnya di negara Tiongkok yang memiliki bangunan menara tinggi adalah Tianjin. Menara tersebut bernama Tianjin Radio and Television Tower. Sekitar dua pertiga menara ini adalah pod observasi dengan luas lantai mencapai 253 meter persegi. Tapi mayoritas tempat itu digunakan untuk berbagai peralatan komunikasi.

Tianjin Radio and Television Tower yang memiliki ketinggian 415,2 meter ini dibangun pada tahun 1991. Fungsi utama menara tertinggi kedelapan di dunia ini adalah untuk komunikasi.

9. Central Radio and TV Tower

entral Radio and TV Tower

Masih di Tiongkok, sekarang kita berlanjut ke Beijing. Di sana terdapat salah satu menara tertinggi di dunia yang bernama Central Radio and TV Tower.  Menara yang berfungsi sebagai observasi dan telekomunikasi tersebut adalah struktur bangunan tertinggi di ibukota Beijing.

Central Radio and TV Tower memiliki tinggi 405 meter. Di ketinggian 238 meter terdapat dek observasi yang dapat digunakan untuk melihat panorama kota. Terdapat pula tempat makan yang dibuka untuk para pengunjung menara.

10. Zhongyuan Tower

Zhongyuan Tower

Dari Beijing kita terbang ke selatan ke Kota Zhengzhou, Provinsi Henan. Di sana terdapat sebuah menara dengan ketinggian 388 meter di atas permukaan tanah. Menara tersebut bernama Zhongyuan Tower yang merupakan bangunan menara tertinggi ke 10 di dunia.

Fungsi utama Zhongyuan Tower adalah sebagai menara televisi, tempat makan yang mampu menampung 200 tamu, dan sebagai menara observasi. Menara ini selesai dibangun pada tahun 2011 dan terletak di area seluas 141 hektar.

Itulah daftar sepuluh menara tertinggi di dunia. Kedepannya mungkin akan ada lagi menara dengan ketinggian yang lebih tinggi. Mungkin saja menara itu terletak di negara kita Indonesia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *