Mengenal Filosofi Rumah Adat Bali Beserta Bagian-Bagiannya

Ditulis oleh Siti Hasanah

Selain pamerajan, terdapat beberapa bangunan suci yang lain, contohnya  pelinggih penugun karang yang terletak di dekat pamerajan. Pelinggih penugun ini biasanya terletak di bagian paling barat ataupun pokol barat daya.

Pelinggih penugun memiliki fungsi untuk pemujaan pada dewa penghuni tempat tinggal ataupun tanah yang telah ditempati tersebut.

4. Bale Daja atau Balai Meten

Bale Daja atau Balai Meten

Bale daja adalah bangunan yang berguna untuk menjadi tempat beristirahat atau tidur untuk kepala keluarga dan anak gadis. Bangunan yang berbentuk persegi panjang ini terdiri dari dua buah bale yang posisinya berada di kiri dan kanan ruangan. 

Untuk membuat bale daja digunakan tiang kayu yang jumlahnya 8 (sakutus) serta 12 (saka roras). Pondasi bale daja dibangun lebih tinggi dibandingkan pekarangan serta bangunan lainnya yang berada di dalam area rumah. Selain untuk menghindari resapan air, fungsinya juga sebagai estetika.

5. Bale Dauh atau Bale Tiang Sanga

Bale Dauh atau Bale Tiang Sanga

Bale dauh atau sering juga disebut sebagai bale loji adalah bangunan yang fungsinya sebagai tempat menerima tamu juga sebagai tempat tidur untuk anak remaja. Bale dauh bentuknya persegi panjang dan terletak di bagian dalam yang memiliki satu buah bale.

Bangunan ini pondasinya dibangun lebih rendah dibandingkan bale daja dan bale dangin. Bale dauh ini dibangun memakai tiang kayu yang mempunyai sebutan berbeda bergantung jumlah tiang yang digunakan. 

Bale dengan jumlah tiang 6 disebut dengan sekanem, sementara itu bale yang memiliki 8 tiang disebut sekutus atau astasari, dan bila jumlah tiangnya 9, maka disebut sangasari.

6. Bale Gede

Bale GedeSumber: erwakilan.baliprov.go.id

Seperti halnya bale manten juga bale dauh, bale gede bentuknya persegi dan memiliki tiang yang berjumlah 12. Fungsi ruangan ini untuk melaksanakan upacara adat. Karena itulah, posisinya harus lebih tinggi dibandingkan bale manten.

Rumah adat ini mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan bangunan lainnya. Bale gede tak hanya digunakan untuk ritual adat, tapi juga kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul dan menghidangkan makanan khas Bali sambil membakar aneka sesaji.

7. Jineng atau Klumpu

Jineng atau Klumpu

Bangunan yang satu ini mempunyai ukuran sedang. Sementara itu seluruh bahan untuk membuat bangunan ini terdiri dari kayu. Ciri khas jineng yaitu posisinya yang didesain lebih tinggi juga dirancang seperti goa yang memiliki atap terbuat dari jerami kering.

Akan tetapi saat ini jineng sudah sangat jarang dibuat menggunakan bahan tradisional tersebut. Sekarang,  sering kali dibuat menggunakan material berupa batu bata, pasir, semen, dan sebagainya. Untuk atapnya juga lebih banyak menggunakan genteng.


Bangunan yang satu ini oleh masyarakat Bali difungsikan sebagai tempat penyimpanan gabah yang telah dijemur. Tujuannya yaitu untuk menghindarkan gabah dari terkena serangan burung.

Selain itu, gabah disimpan di jineng agar terhindar dari jamur. Bagian bawah Jineng difungsikan sebagai tempat penyimpanan gabah yang belum dijemur.

8. Pawaregen atau Paon

Pawaregen atau PaonSumber: mamanbali.wordpress.com

Pawaregen adalah istilah yang digunakan untuk menyebut dapur dalam rumah adat Bali. Bangunan ini memiliki ukuran yang sedang. Posisi pawaregan terletak di sebelah selatan atau barat laut rumah utama.

Bangunan ini mempunyai dua area yaitu area untuk memasak dan area untuk penyimpanan alat-alat dapur. Untuk memasak masih digunakan kayu bakar.

Itulah penjelasan mengenai rumah adat Bali yang ternyata mempunyai filosofi dan aturan khusus untuk membuatnya. Karena mayoritas penduduknya beragama Hindu, maka tak heran jika di rumah adat Bali akan ditemukan Pura. Letak tiap bangunan pun tidak sembarangan, harus mengikuti aturan yang dipegang oleh masyarakat bali.

Rumah adat ini tak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal tapi juga aset budaya yang harus dilestarikan. Keberadaan rumah adat menjadi bukti dari kekayaan budaya Indonesia. Apakah rumah adat Bali memberikan inspirasi untuk hunian masa depanmu.

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram