Inilah 10 Menu A&W yang Paling Enak dan Wajib Dicoba

Ditulis oleh Siti Hasanah

Restoran cepat saji di Indonesia sangat popular. Setidanya sampai saat tulisan ini dimuat, restoran cepat saji masih bisa dengan mudah ditemui di seluruh penjuru kota. Merek-merek luar negeri tentu saja mendominasi, sebut saja KCF, McD dan Burger King. Tiga merek ini selalu disebut setiap kali orang menginginkan makanan enak yang katanya berkalori tinggi tapi jadi favorit.

Namun, agaknya kita lupa bahwa ada satu jenama restoran cepat saji Amerika yang juga tergolong restoran lama yang ada di Indonesia, A&W. A&W ternyata bukan restoran kemarin sore di Indonesia. Restoran ni sudah masuk ke negara ini sejak tahun 1985. Apa saja menu paling enak yang disajikan oleh restoran yang nama lengkapnya Allen&Wright ini?

1. Golden Aroma Chicken

Restoran cepat saji identik dengan ayam goreng yang dibalut dengan tepung. Tepungnya dibumbui oleh bumbu khusus yang menjadi ciri khas setiap merek restoran. A&W juga punya menu ayam goreng yang jadi menu andalan. Plus, ayam ini banyak peminatnya sehingga jadi menu favorit.

Namanya Golden Aroma Chicken. Sekilas tidak ada beda dengan ayam goreng dari restoran cepat saji lainnya. Namun, Golden Aroma Chicken mempunyai aroma istimewa khas A&W.

Sesuai dengan namanya, aroma dari ayam goreng punya A&W ini unggul. Ketika masuk ke mulut tepung dan daging ayamnya tercium aroma khas.

Ada dua macam varian rasa Golden Aroma Chicken. Pertama, Golden Aroma Chicken original yang berwarna kuning keemasan, gurih dan renyah. Rasa bumbu khas ayam goreng paling enak punya A&W ini terasa sampai ke daging bagian dalamnya.

Yang kedua, ada Golden Aroma Chicken pedas. Varian rasa yang ini ditambahkan rasa pedas. Untuk kamu yang suka makanan pedas, kamu bisa pilih varian ayam yang ini. kamu suka yang mana? Golden Aroma Chicken ini dijual dengan harga rata-rata Rp17.000.

2. Mozza Burger

Mozza Burger

Mozza burger dari A&W adalah satu dari menu paling enak yang wajib kamu coba. Burger ini punya komposisi bahan yang berbeda. Roti burger diberi isian daging sapi impor dan bumbu rempah yang menghasilkan rasa dan aroma khusus.

Kemudian ada pula lapisan keju, daging asap yang renyah, sayuran seperti selada, tomat, timun dan acar serta saus khas. Satu porsi Mozza Burger dijual kisaran Rp36.500.

3. Mango Chicken Pocket

Ayam goreng dengan saus mangga. Rasaya gurih-gurih segar. Mango Chicken Pocket adalah roti pipih yang diisi ayam, kentang tumbuk, salad dan tentu saja saus mangga. Dari bentuknya sekilas mirip roti tortilla tapi tentu saja berbeda.

Chicken Mango Pocket adalah menu simple untuk kamu yang sedang tidak ingin makan besar. Porsi cukup mengenyangkan karena rupa-rupa bahan di dalamnya. Oh ya, saus mangga tidak kelewat manis atau asam kok. Rasa sausnya membaur dengan sempurna pada semua bahan-bahan.

4. Curly Fries

Curly Fries

Menu satu ini masuk ke dalam golongan kentang goreng, hanya saja proses dan bentuknya tidak seperti French fries pada umumnya. Curly Fries adalah kentang goreng dengan bentuk unik. Bentuknya keriting bulat-bulat.

Curly Fries mempunyai rasa yang berbeda dengan kentang goreng berbentuk finger. Kentang goreng ini diberi tambahan bumbu dan rasanya lebih empuk. Potongannya lebih tebal tetap tetap renyah dan ada tekstur khas kentang goreng yang selalu garing. Satu porsi Curly Fries dihargai Rp22.000.

5. Mushroom Chicken & Steak

mushroom chicken & steak_

Jika kamu bersantap di A&W, jangan lupa coba menu Mushroom Chicken & Steak, ya. Menu ini terdiri dari beberapa makanan seperti nasi, steak dengan saus jamur dan juga satu potong ayam goreng. Kamu bisa memilih varian Golden atau Spicy Aroma Chicken.

Nah, jika kamu bingung ingin menikmati daging sapi atau ayam, maka menu ini bisa kamu pilih. Satu porsi A&W Mushroom Chicken & Steak dibanderol dengan harga Rp38.000 saja.

6. Blackpepper Mixbowl Chicken

blackpepper mixbowl_

Satu menu lain yang bisa kamu coba cicipi di A&W adalah Blackpepper Mixbowl Chicken. Satu porsi menu ini terdiri dari nasi, daging ayam yang disiram saus lada hitam, serta aneka sayuran. Dari tampilannya sudah sangat menggoda, ya.

Memang benar, cita rasa menu mixbowl ini sangat lezat. Saus lada hitamnya menyatu dengan nasi dan ayam, membuat rasanya semakin mantap. Coba satu porsi Blackpepper Mixbowl Chicken ini dengan merogoh kocek sebesar Rp26.000 saja.

7. Deluxe Burger

deluxe burger_

Selain Mozza Burger, kamu juga bisa mencoba menu burger A&W lain, yaitu Deluxe Burger. Satu menu burger ini terdiri dari roti dengan wijen, daging sapi, potongan daging ayam, sayuran, acar dan keju. Rasa burgernya sangat lezat, lho.

Bumbu patty-nya meresap dan juga matang sempurna, apalagi sayurannya juga segar. Satu porsi Deluxe Burger di A&W dibanderol dengan harga Rp34.000.

8. Mountain Sundae

Mountain Sundae_

A&W punya beberapa pilihan menu dessert. Salah satunya adalah Mountain Sundae. Ini adalah menu es krim vanilla lembut dengan saus stroberi dan potongan waffle di dalamnya. Es krimnya dihadirkan dalam porsi yang cukup besar dan mengenyangkan. Satu porsi Mountain Sundae dibanderol dengan harga Rp23.000.

9. Waffle Ice Cream

aw waffle ice cream_

Tak hanya Mountain Sundae, Waffle Ice Cream juga sangat wajib untuk kamu coba. Ini adalah menu dessert berupa waffle yang renyah di luar dan lembut di dalam, dengan topping es krim vanilla lembut dan manis, serta tambahan saus stroberi atau pun cokelat di atasnya. Hmmm, bikin ngiler, ya! Satu porsi dessert ini dibanderol dengan harga Rp38.000.

10. Root Beer

Root Beer

Tidak ada A&W kalau tidak ada Root Beer. Inilah fakta dari restoran cepat saji asal Amerika ini. Root Beer A&W adalah yang paling terkenal dari semua menu yang ada di sana. Minuman ini pun merupakan minuman kebanggaan A&W dan cikal bakal restoran A&W.

Cerita menyebutkan bahwa dulu, allen membuka kios kecil di pinggir jalan dan Root Beer adalah produk yang ia jual. Formulasi Root Beer yang ia jual dibeli dari seorang apoteker.

Oh ya, Root Beer bukanlah minuman beralkohol lho. Meskipun namanya bir namun, minuman dingin Pelepas dahaga ini terbuat dari eskrak akar pohon sassafras atau yang disebut dengan anggur sarsaparilla yang diberi tambahan gula untuk menambah cita rasa.

Campuran bahan-bahan tersebut disampan di dalam sebuah botol sehingga ragi di dalam minuman tersebut mengeluarkan karbondioksida. Itulah sebabnya Root Beer bersoda.

Root Beer A&W lezat diminum dalam keadaan dingin. Ada yang bilang kalau suhu normal rasa Root Beer akan berubah seperti rasa balsam atau pasta gigi. Usut punya usut rasa mirip balsam ini tercipta karena adanya bahan-bahan perisa wintergreen yang digunakan dalam Root Beer.

Tapi tenang saja, ini masalah selera kok. Ada pelanggan yang tetap suka Root Beer A&W ini dalam keadaan dingin atau pun suhu normal.

Root Beer A&W tersedia dalam dua ukuran, ukuran regular dan besar dengan masing-masing harga Rp10.500 dan Rp16.000. Root Beer ukuran besar diberi tambahan es krim float di atasnya.

Tertarik untuk mencoba minuman signature dari A&W ini? Tenang saja rasanya tidak akan mengecewakan kok. Terbukti bahwa Root Beer ini banyak dipesan oleh pelanggan A&W yang datang ke gerainya.

Nah, kalau kamu suka yang mana? Atau ada menu lain favoritmu? Silahkan tulis di dalam kolom komentar ya. Siapa tahu temanmu membutuhkan rekomendasi lebih banyak tentang menu.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram