10 Menu Chung Gi Wa Paling Enak dan Bikin Ketagihan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 September 2021

Chung Gi Wa merupakan salah satu restoran Korea terkenal yang sudah membuka banyak cabang di kota-kota besar Indonesia. Chung Gi Wa berarti white house, mengacu pada bangunan besar seperti istana. Tak heran jika bangunan restoran ini selalu besar.

Meskipun namanya white house atau istana putih, restoran Chung Gi Wa mengusung gaya tradisional Hanok di mana semua ornamen dan dekorasinya menggunakan kayu yang didominasi warna cokelat. Desain tersebut membuat citra Korea sangat terasa. Nah, agar sensasi makan di restoran Korea terasa lebih nyata, cek menu-menu paling enak dari restoran Chung Gi Wa ini terlebih dahulu yuk!

1. Samgyeopsal

Samgyeopsal di Chung Gi Wa merupakan salah satu yang popular dan banyak dicari oleh pelanggannya. Kamu bisa meminta kru Chung Gi Wa untuk membakarkan samgyeopsal pesananmu. Jadi, kamu tinggal duduk manis menunggu daging matang.

Satu porsi sampgyeopsal dibanderol sekitar Rp120.000. Samgyeopsal merupakan daging babi bagian perut. Daging ini biasanya dimasak dengan cara dipanggang dan dicelupkan ke dalam saus pedas khas Korea yang disebut ssamjang. Samgyeopsal secara harfiah diartikan sebagai daging babi tiga lapis.

Daging babi bagian perut ini mempunyai tiga gradasi warna sehingga terlihat berlapis-lapis. Nah, menu daging babi ini termasuk menu istimewa. Orang Korea hobi makan samgyeopsal. Saking sukanya, mereka menyantap daging ini paling tidak seminggu sekali.

2. Kimchi Jiggae

Kimchi jiggae atau sup kimchi adalah salah satu hidangan yang sangat bercita rasa khas Korea. Hidangan ini merupakan sup pedas yang dimasak bersama pasta cabe khas Korea dan potongan kimchi. Di dalam sup ini ditambahkan dengan potongan sayuran dan tahu.

Hidangan kimchi jiggae di Chung Gi Wa menggunakan tambahan daging babi. Kimchi jiggae disajikan dalam mangkuk dolsot yang bisa menjaga sup tetap panas. Untuk kamu penggemar daging babi, kimchi jiggae akan jadi variasi hidangan daging babi yang lezat. Harganya sekitar Rp58.000.

3. Makgeolli

Makgeolli merupakan arak beras. Minuman beralkohol ini adalah minuman tradisional Korea yang terbuat dari fermentasi beras yang sebelumnya dikukus. Makgeolli mempunyai warna putih keruh dan berampas beras.

Minuman tradisional ini mempunyai kadar alkohol yang lebih rendah jika dibandingkan dengan soju. Kadar alkohol makgeolli di bawah 8%, sedangkan kadar alkohol soju bisa mencapai 20%.

Makgeolli di Chung Gi Wa Menjadi minuman favorit. Pasalnya orang indonesia banyak yang tertarik ingin mencicipi rasa minuman tradisional ini. Di sini, makgeolli dihidangkan dalam sebuah mangkuk.

Pengunjung yang tertarik meminumnya bisa menuangkan makgeolli dari mangkuk besar ke cawan yang telah disediakan. Satu porsi makgeolli dibanderol dengan harga sekitar Rp85.000.

4. Galbi Yukgaejang

Galbi adalah daging iga sapi. Bagian daging ini biasa dibuat sup yang dalam bahasa Korea disebut yukgaejang. Daging iga sapi panggang ini dipotong-potong kecil kemudian dimasak dengan menggunakan gochujang atau pasta cabai, kaldu sapi yang gurih dan kecap.

Aroma rempah dari hidangan ingin terasa kuat karena di dalamnya terdapat banyak rempah khas Korea. Yukgaejang biasa dimasak dengan tambahan bahan lainnya seperti tauge, bawang bombay, daun bawang, dan telur. Yukgaejang enak disantap dengan nasi putih.

Yukgaejang di Chung Gi Wa dihargai sekitar Rp79.000. Di dalamnya terdapat potongan daging sapi yang besar dan banyak. Satu porsi yukgaejang ini pasti sangat mengenyangkan.

5. Honey Chicken

Selain daging sapi dan daging babi, konsumsi daging ayam di Korea termasuk tinggi. Anak muda, tua, laki-laki dan perempuan sangat gemar makan ayam. Orang Korea jago mengolah daging ayam menjadi hidangan yang lezat.

Ada yang digoreng dalam minyak mendidih sehingga menghasilkan daging yang renyah, dibumbui dengan saus lada hitam dan yang paling disukai adalah ayam goreng madu. Saus madu yang menjadi pelengkap hidangan ini adalah variasi hidangan ayam yang lezat.

Disantap dengan segelas bir dingin, pasti lezat sekali, seperti orang Korea asli. Mereka makan ayam goreng dengan segelas bir. Kamu bisa mencoba cicipi sensasi makan ayam goreng madu dengan bir di Chung Gi Wa. Hidangan yang termasuk snack ini dibanderol sekitar Rp80.000 untuk porsi kecil.

6. Haemul Pajeon 

Pajeon merupakan sejenis makanan berupa dadar tepung yang termasuk kedalam jenis camilan di Korea. Hidangan ini biasanya terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, daun bawang dan kimchi.

Ada beberapa jenis pajeon, salah satunya haemul pajeon atau seafood pajeon. Haemul pajeon dari Chung Gi Wa berisi aneka potongan seafood seperti udang cumi dan gurita. Ciri khas dari hidangan ini adalah daun bawangnya yang melimpah.

Ditambah dengan seafood, rasanya jadi nikmat. Pajeon ini dibanderol dengan harga sekitar Rp95.000 untuk satu porsi. Jika kamu tidak kuat menghabiskan satu porsi besar, kamu bisa memesan setengah porsi yang dihargai sekitar Rp60.000.

7. Naengmyeon

Ada yang pernah mencicipi mie dingin Korea? Itu lho mie yang terbuat dari gandum yang dimasak dengan kuah kaldu sapi yang kental dan gurih. Yang unik dari hidangan musim panas ini banyak digemari karena cita rasanya yang lezat dan unik.

Naengmyeon disajikan dalam sebuah mangkuk besar yang didalamnya diberi es batu. Mie ini mempunyai cita rasa yang segar dan ringan. Pasalnya naengmyeon tidak menggunakan banyak bumbu rempah seperti hidangan sup Korea lainnya. Mie dingin seharga Rp85.000 ini bisa kamu nikmati di siang hari saat matahari menyengat. Rasanya pasti menyegarkan.

8. Bibimbap

Bibimbap atau nasi campur Korea ternyata merupakan salah satu masakan yang paling digemari oleh penduduk di luar Korea. Nasi campur yang awalnya dibuat untuk menghabiskan sayuran dan lauk sisa ini pernah dinobatkan sebagai makanan terenak versi CNN Travel di tahun 2011.

Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar kira-kira Rp55.000, kamu sudah bisa mencicipi menu lezat nasi campur khas Korea yang terdiri dari berbagai sayuran ini. Dan pastinya menu ini bisa mengenyangkan dan menyehatkan karena adanya beragam sayuran di dalamnya.

9. Yangnyeom Chicken

Yang paling lezat adalah menyantap ayam goreng renyah dengan bumbu khas Koreanya yang pedas. Rasanya super nikmat. Pedasnya bumbu membuat tak bisa berhenti melahap semua porsi daging ayam yang dibalut tepung seharga sekitar Rp120.000 untuk satu ekornya ini.

Yangnyeom chicken menjadi sangat digemari oleh pengunjung Chung Gi Wa karena bumbunya yang lezat. Taburan biji wijen dan gurihnya ayam menjadi daya tarik yang membuat pelanggan ketagihan.

10. Bulgogi Gui

Bulgogi gui atau daging sapi panggang Korea mempunyai cita rasa yang lezat. Banyak hidangan lain yang diberi bumbu daging panggan Korea karena kelezatannya dan cita rasanya yang khas.

Berbeda dengan daging panggang dari negara lain, sapi panggang Korea tidak menggunakan banyak bumbu. Rahasia daging panggang ini terletak pada empat jenis bumbu yang digunakan, yakni gochujang, cabe bubuk, minyak wijen dan pasta kedelai.

Nah, kelezatan daging panggang Korea bisa kamu nikmati di Chung Gi Wa. Daging sapi yang digunakan adalah daging sapi pilihan yang empuk dan segar. Jadi, cita rasanya sudah pasti terjamin. Bulgogi gui seharga sekitar Rp120.000 bisa dinikmati ramai-ramai.

Tergiur dengan menu-menu khas Korea di atas? Kamu bisa langsung kunjungi restoran Chung Gi Wa terdekat. Restoran yang didirikan oleh orang Korea asli ini sudah tidak perlu diragukan lagi cita rasanya. Pasalnya ia sangat paham mengenai kuliner Korea dan racikan bumbunya.

Chung Gi Wa menyediakan banchan gratis dan bebas refill semaumu. Selain itu, ocha yang sedap pun siap menyambut kedatanganmu di restoran ini. Ayo ajak teman-teman dan keluargamu untuk bersantap bersama.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram