Rekomendasi 10 Menu Dae Jang Geum yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 September 2021

Nama Dae Jang Geum pasti tidak asing di telinga para penggemar K-Drama. Dae Jang Geum adalah sosok dokter wanita pertama yang dicatat dalam sebuah babad di era Dinasti Joseon. Perjalanan hidupnya pernah diangkat dalam sebuah drama yang berjudul Jewel in The Palace oleh sutradara Lee Byung Hoon.

Di Indonesia, nama Dae Jang Geum digunakan pada nama sebuah restoran Korea. restaurant ini mempunyai sajian yang sangat lezat mulai dari sajian fusion sampai makanan khas Negeri Ginseng. Selain itu, camilan dan dessert khas Korea bisa kamu temukan di sini. Nah, kita cari tahu yuk restoran Dae Jang Geum beserta menu paling enak yang dimilikinya!

Keunikan Dae Jang Geum

Bagai jamur di musim hujan, restoran Korea bermunculan di banyak tempat di Indonesia, terutama di kota -kota besar seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Yogya, Tangerang dan lain-lain. Masing-masing restoran memunculkan kreativitas yang menjadi daya tariknya.

Dae Jang Geum tidak kalah dalam hal ini. Saat banyak restoran mengusung konsep Korean modern, Dae Jang Geum Restaurant memesona dengan nuansa Korea tradisionalnya. Bangunan yang menjadi tempat restoran berdiri didesain a la rumah Korea zaman dulu, yakni Hanok.

Gerbang kayu has Hanok dipasang di area depan seolah menjadi pertanda bahwa pengunjung akan memasuki nuansa Korea masa lalu. Memang tidak semua restoran cabang Dae Jang Geum menggunakan konsep yang sama persis.

Namun, konsep dan gaya desainnya masih tetap mempertahankan gaya tradisional Korea. Di beberapa cabang seperti di Naglik, Yogyakarta, restorannya mengadaptasi hanok yang elegan.

Usut punya usut, Dae Jang Geum Restaurant memang bekerja sama langsung dengan sebuah lembaga di Korea. Tak heran jika nuansa Koreanya paling terasa dibandingkan dengan restoran Korea lainnya.

Di restoran ini kamu akan melihat hanok dengan gaya arsitekturnya yang menawan. Dekorasi dan kendi-kendi penyimpanan kimchi bisa kamu lihat di sini. Di sana sini terdapat plakat yag menggunakan karakter hanja seperti yang biasa ada di rumah hanok Korea.

Agar lebih puas merasai nuansa Korea, beberapa restoran menyediakan Hanbok Experience. Pengunjung bisa menyewa hanbok dan berfoto dengan latar hanok yang cantik.

Menu Paling Enak Dari Dae Jang Geum Restaurant

Kuliner Korea memang menggiurkan. Cara penyajian dan tampilannya membuat orang tertarik. Apalagi jika melihat hidangan berbumbu yang bikin air liur menetes. Dae Jang Geum Restaurant seolah tahu pasti hidangan khas Korea dengan plating dan resep yang sangat khas ini bisa bikin orang tergiur.

Menu-menu di restoran ini selalu bisa menarik pelanggan untuk mencicipinya. Ada jajanan khas Korea, minuman sampai hidangan utama di sini. Nah, siap-siap catat rekomendasi menu berikut ini, ya.

1. Hot and Spicy Cheese Tteokbokki

Siapa yang tak kenal dengan camilan khas Korea satu ini? Ketenaran camilan khas Korea yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan kuah gochujang ini merupakan salah satu menu paling favorit. Di Dae Jang Geum Restaurant, ada varian tteobokki pedas yang super lezat.

Rasa kuah gochujang yang pedas benar-benar bikin nagih. Tteobokki yang digunakannya pun kenyal dan tidak lembek meskipun dimasak dengan kuah gochujang yang kental. Ada keju mozzarella di atasnya yang membuat rasa tteobokki semakin lezat. Hidangan ini pas untuk teman nongkrong.

Satu porsi Hot and Spicy Cheese Tteokbokki dibanderol dengan harga sekitar Rp35.000. Selain tteokbokki, di dalamnya pun ada tambahan eomuk atau otak-otak khas Korea.

2. Samgyetang

Melihat hidangan sup Korea dalam sebuah mangkuk dolsot khas Korea berwarna hitam terasa lebih menarik. Pengalaman mencicipi kuliner Korea menjadi lebih real pasalnya kamu memakai peralatan makannya yang asli.

Hidangan yang biasanya menggunakan dolsot adalah hidangan berkuah seperti samgyetang ini. Nah, melihat samgyetang panas yang disajikan dalam sebuah dolsot pasti bikin tergoda. Apalagi aroma rempah dari kuah ayam ginseng ini langsung menyapa indera penciuman. Bikin perut keroncongan.

Samgyetang sedap disantap ketika hari sedang panas. Unik ya, kenapa makanan berbahan dasar ayam dan ginseng dengan bumbu rempah ini malah menjadi hidangan musim panas? Penasaran? langsung saja kunjungi Dae Jang Geum Restaurant dan pesan menu yang dibanderol sekitar Rp88.000 ini.

3. Kimchi Boggeumbap and Cheese

3. Kimchi Boggeumbap and Cheese

Nasi goreng kimchi pasti sering kamu lihat di acara televisi Korea dan program lainnya. Hidangan ini terbuat dari kimchi yang dipotong-potong kemudian dicampur dengan nasi putih. Rasanya memang seperti kimchi pada biasanya, namun nasi putihnya jadi lebih enak.

Ada rasa asam, asin dan manis yang bercampur dengan sempurna plus, telur ayam. Nasi goreng kimchi jadi hidangan yang lezat mengenyangkan. Oh, ya ada keju mozzarella di atas nasi gorengnya. Lelehan keju mozzarella membuat rasa asin sedikit mendominasi.

Kamu harus menyantap nasi goreng selagi panas agar keju mozarelanya meleleh dengan baik. Nasi goreng kimchi dibanderol dengan harga sekitar Rp38.000. Pastikan perutmu kosong sebelum menyantap hidangan ini. Pasalnya nasi goreng kimchi disajikan dalam porsi besar.

4. Jjajangmyeon

Coba acungkan tangan yang merasa korban jjajangmyeon akibat sering nonton K-Drama! Tenang, kamu tidak sendiri. Ada banyak orang yang mengalami hal serupa. Pesona jjajangmyeon memang sulit ditepis. Hidangan berupa mie yang disiram dengan saus kacang hitam ini adalah hidangan terkenal.

Di negeri asalnya, jjajangmyeon tidak hanya sekadar mie biasa, melainkan hidangan yang biasa disantap di momen-momen tertentu.

Kalau kamu berkesempatan mengunjungi Dae Jang Geum Restaurant, kamu harus cicipi hidangan ini. Hidangan bercita rasa sedikit asin dan berwarna pekat ini dihargai sekitar Rp63.200.

5. Jjamppong

Makan Jjamppong ibarat menguji seberapa kuat kamu sanggup menyantap makanan pedas Korea. Pasalnya Jjamppong merupakan hidangan yang terkenal dengan kuah pedasnya. Di Korea, Jjamppong merupakan hidangan yang terkenal.

Makan Jjamppong bisa bikin badan basah keringatan karena level pedasnya yang tinggi. Anehnya, Jjamppong tidak kehilangan penggemar. Meskipun lidah terbakar oleh kuah pedasnya, pelanggan yang memesan Jjamppong tetap banyak.

Kamu bisa memesan hidangan ini di Dae Jang Geum Restaurant, harganya sekitar Rp60.550. Selain mie, Jjamppong biasanya ada tambahan seafood dan sayuran.

6. Japchae

Japchae

Dae Jang Geum Restaurant punya hidangan japchae yang lezat. Secara harfiah, japchae diartikan sebagai sayuran campur. Hidangan ini mirip sohun di Indonesia. Japchae dihidangkan dengan daging sapi, sayur-sayuran segar seperti wortel, jamur shitake, paprika, dan spinacia.

Bahan-bahan tersebut kemudian diberi bumbu minyak wijen, bawang putih, kecap asin lalu dimasak dengan cara ditumis. Nasi putih hangat dengan japchae di atasnya adalah paduan yang lezat. Ini harus kamu coba. Hidangan ini dihargai sekitar Rp75.000.

7. Rabokki

Hidangan ini adalah campuran antara ramen dan tteokbokki. Kuah gochujang yang biasanya digunakan sebagai kuah tteobokki diganti dengah kuah ramen. Ramen dan tteobokki kemudian dimasak bersama lalu diberi tambahan telur.

Nah, hidangan ini adalah paket hemat. Pasalnya dalam satu mangkok kamu akan mendapatkan dua macam makanan, yakni ramen dan tteokbokki, pun dalam satu harga, yaitu sekitar Rp39.000.

8. Ojingeo Bokkeum

Dari tampilannya sudah bisa ditebak bahwa hidangan ini bercita rasa pedas. Tapi jangan khawatir pasalnya hidangan ini tidak sepedas kelihatannya kok. Pedasnya masih kalah dari jjamppong. O Jing O Bok Eum masih aman dikonsumsi oleh mereka yang tidak begitu menyukai masakan pedas.

Bahan dasar hidangan ini terbuat dari cumi, dan wortel yang dicampur dengan daun bawang, cabai bubuk dan kecap. Jika kamu sedang lapar berat, hidangan ini bisa jadi obat yang meredakan perut yang lapar.

Potongan cumi yan digunakan pun besar. Kalau biasanya kamu melihat hidangan cumi yang daging cuminya ngumpet, O Jing O Bok Eum memasukan potongan cumi yang besar. Dengan harga sekitar Rp65.500, menu ini sebanding dengan kelezatan dan porsinya.

9. Bulgogi

Daging sapi merupakan hidangan mewah di Korea. Daging sapi khas yang disebut dengan Hanwoo adalah hidangan favorit orang Korea. Mereka biasanya menyantap daging sapi dengan cara dipanggang di momen-momen istimewa.

Selain daging panggang Korea, Bulgogi di Dae Jang Geum restoran merupakan menu popular. Rasa khas Bulgogi ternyata cocok di lidah orang Indonesia. Penggemarnya banyak. Sajian daging sapi yang diberi bumbu bawang putih, jahe, daun bawang, lada bubuk, minyak wijen dan gula merah ini sangat lezat.

Tidak heran jika orang lain di luar Korea pun menyukai rasa dagingnya. Di Dae Jang Geum terdapat dua pilihan menu Bulgogi, satu yang menggunakan daging sapi impor dari Australia, satu lagi menggunakan daging sapi Amerika. Masing-masing dihargai sekitar Rp126.800 dan Rp151.800.

10. Dak Gan Jeong

Pada dasarnya hidangan ini berupa daging ayam yang dipotong kecil seukuran chicken popcorn yang digoreng dalam minyak panas sampai garing dan renyah. Daging tersebut dibalut dengan tepung yang gurih sehingga menambah cita rasanya.

Setelah itu, daging disiram saus kental yang manis dan pedas. Aromanya daging ayamnya sungguh sulit ditahan. Dae Jang Geum jago bikin sajian daging ayam selezat ini. Harganya tidak hanya berkisar Rp41.975 untuk satu porsinya.

Nah, itulah 10 rekomendasi menu Dae Jang Geum Restaurant paling enak. Menu-menu tersebut wajib kamu coba. Perlu kamu ketahui bahwa hidangan di Dae Jang Geum umumnya dihidangkan dalam porsi yang besar. Jadi, pastikan kamu mampu menghabiskan menunya. Selain itu, dalam daftar menu di Dae Jang Geum Restaurant terdapat pilihan menu khas Indonesia dan Jepang.

Jika kamu kurang sreg dengan cita rasa masakan Korea, dua menu tambahan tersebut bisa menjadi alternatifnya. Kamu masih tetap bisa merasakan atmosfer yang nyaman di restoran ini. Nah, selamat menikmati!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram